Sunday, 10 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII. Membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup


DOWNLOAD DISINI UNTUK SUSUNAN YANG LEBIH RAPIH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Klasifikasi Benda
Sub Topik                             :      Membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup
Alokasi Waktu                       :     2  JP (1 kali tatap muka)
Pembelajaran Ke -                :    2


Kompetensi Inti:                   
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar :          
1.1         Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ; hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2         Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.   
2.3         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.2         Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
1.2.Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan   tak hidup

A.    INDIKATOR
1.      Memiliki rasa ingin tahu, teliti dan peduli lingkungan melalui diskusi atau kerja kelompok dan melakukan pengamatan tentang mahluk hidup dan benda tak hidup
2.      Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab dan saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3.      Menjelaskan ciri-ciri mahluk hidup dan benda tak hidup
4.      Menjelaskan perbedaan mahluk hidup dan benda tak hidup

B.    TUJUAN
1.      Melalui kegiatan pengamatan peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda di sekitar berdasarkan ciri-cirinya.
2.      Melalui kajian LKS peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan mahluk hidup dan benda tak hidup  berdasarkan  ciri-cirinya.
3.      Melalui studi pustaka dan diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan perbedaan mahluk hidup dan benda tak hidup berdasarkan ciri-cirinya.

C.    MATERI
-          Berbagai makhluk hidup yang berada di sekitar kita memiliki ciri mendasar yang hampir sama dengan makhluk yang lainnya. Ciritersebut adalah bernapas, bergerak, tumbuh dan berkembang, membutuhkan makanan dan minuman, berkembangbiak, peka terhadap rangsang serta menyesuaikn diri dengan lingkungan.
-          Setiap saat makhluk hidup membutuhkan energi untuk aktivitas hidupnya. Energi yang dimiliki oleh makhluk hidup berasal dari makanan yang mereka makan. cara makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan yang dimakannya melalui proses  pernapasan . 
-          Alat pernapasan yang dimiliki oleh makhluk hidup, seperti insang, trakea paru-paru, stomata dan lenti sel.
-          Alat gerak yang dimiliki makhluk hidup diantaranya flagel, bulu getar, sirip, sayap, tangan, kaki.
-          Pengertian pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat irreversibel ( tak dapat kembali ke semula ) pertambahan volume ini di sebabkan karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel.Pertumbuhan bersifat kuantitatif artinya bisa diukur dengan alat ukur, Sedangkan perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan bersifat kualitatif .
-          Makhluk Hidup memerlukan makan dan minum, salah satu fungsi makanan dan minuman bagi makhluk hidup adalah sebagai sumber energi.
-          Untuk melestarikan kelangsungan hidupnya makhluk hidup berkembangbiak /reproduksi. Berkembangbiak dapat dilakukan secara generative (sexual) atu vegetative (asexual).
-          Beradaptasi atau menyesuaikan diri terhadap lingkungan di lakukan dengan tujuan agar  mahluk hidup dapat bertahan hidup di lingkungannya.

D.    PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan          : Scientific
2.         Metode                 : Diskusi dan Pengamatan
3.         Model                   : Discovery Learning

E.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.         Media
a.       Lingkungan sekitar
b.      Gambar
2.         ALAT DAN BAHAN
a.       Lembar kerja siswa
b.      Benda-benda di sekitar sekolah seperti:
·         Hewan  dan tumbuhan yang ada di sekitar sekolah
·         Kursi
·         Meja
·         Batu, dll
3.         Sumber Belajar
a.       Buku  IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013 
b.      Beberapa makhluk hidup dan benda tak hidup
c.       LKS  Ciri-ciri makhluk hidup

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (stimulation)
Pemusatan perhatian : 
·      Guru meminta peserta didik untuk keluar kelas dan mengamati benda-benda di sekitar,kemudian guru mengajukan pertanyaan seperti:
Apa saja yang kalian lihat di luar kelas tadi?
Apakah benda-benda yang kalian lihat di luar kelas tadi memiliki ciri-ciri yang sama?
Sebutkan perbedaan yangterdapat pada benda-benda tersebut!
·      Guru  menyampaikan  tujuan dari pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Indentifikasi Masalah






Observasi





Pengumpulan data


Pengolahan data dan analisis

Verifikasi




Generalisasi
·      Menyampaikan  informasi tentang  kegiatan  yang  akan dilakukan  yaitu melalukan pengamatan di lingkungan sekitar sekolah untuk mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup.
·      Membagi  lembar kerja yang berisi tabel pengamatan. 
·      Membagi peserta didik dalam    kelompok, masing-masing terdiri dari 4


·      Peserta didik mengamati benda- benda di sekitar sekolah secara kelompok.
·      Peserta didik bersamakelompoknya berdiskusi untuk mengkaji LKS


·       Peserta didik mencatat hasil pengamatan pada kolom yang tersedian pada LKS


·      Mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS


·      Mempresentasikan hasil pengamatan masing-masing kelompok di depan kelas
·      Diskusi hasil pengamatan yang sudah dipresentasikan 

·      Membuat kesimpulan

50 menit
Penutup

·      Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran   
·      Guru  memberikan  penghargaan (misalnya  pujian  atau bentuk penghargaan  lain  yang relevan)  kepada kelompok yang berkinerja baik
·      Peserta didik  menjawab  kuis tentang  ciri-ciri makhluk hidup
·      Pemberian tugas untuk mempelajari pengklasifikasian benda tak hidup
20 menit

G.   PENILAIAN

1.  Metode dan Bentuk Instrumen
No
Metode
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
2
Tes unjuk kinerja
Laoran hasil pengamatan
3
Tes Tertulis
Tes Uraian
a.       Lembar Pengamatan Sikap

LEMBAR PENILAIAN SIKAP PADA KEGIATAN DISKUSI
NO
NAMA
TANGGUNG JAWAB
PERCAYA DIRI
KERJA SAMA
JUMLAH SKOR 
 1





 2





 3





 4





 5





 6





Rubrik penilaian Sikap dalam kegiatan diskusi

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1






tanggungjawab
3:  tekun dalam menyelesaikatugas dengan hasiterbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:  berupaya tepawaktu dalam menyelesaikantugas,namun
Belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:  tidak berupaysungguh-sungguh dalam menyelesaikatugas,datugasnytidakselesai
2
Percaya diri
3.   aktif dalatanya jawab, dapat mengemukaan gagasan
Ataide.
2.   aktif dalatanya jawab, tidaikut mengemukaan gagasan
Ataide.
1.  Tidak aktif dalatanya jawab, tidaikut mengemukaan gagasaataide.
3
Kerja sama
3. Bekerja sama dengan baik dan menghargai pendapat teman
2. Bekerja sama dengan baik tetapi kurang menghargai teman
1. Tidak bekerja sama dengan baik dan tidak menghargai pendapat teman

Nilai= Jumlah skor  x 4
         Skor maksimal

Kriteria nilai dan predikat
A    : 3,67 – 4.00
C+    : 2,01 - 2,33
A-   : 3,34 - 3,66
C      : 1,67 - 2,00
B+   : 3,01 - 3,33
C-     : 1,34 - 1,66
B     : 2,67 - 3,00
D+    : 1,01 - 1,33
B-    : 2,34 - 2,66
                 D      : ≤ 1,00

b.      Lembar pengamatan ketrampilan

NO
Nama benda sekitar lingkungan sekolah
Ciri-ciri benda
Penggolongan Benda
Mahluk hidup
Benda tak hidup
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10





Rubrik penilaian:
Skor 1, apabila jawaban benar
Skor 0, apabilajawaban salah

Nilai = jumlah jawaban benar  x 100
             jumlah soal
c.       Instrumen soal tes tertulis

Jawablah soal berikut dengan benar dan jelas!
1.        Jelaskan ciri mendasar yang dimiliki makhluk hidup sehingga dapat membedanya dengan benda mati!
2.        Bagaimana cara makhluk hidup menjaga kelangsungan hidup jenisnya?
3.        Apakah perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan?
4.        Apakah yang terjadi pada makhluk hidup jika terjadi perubahan pada lingkungannya?
5.        Tuliskan 2 fenomena alam yang menjadi petunjuk bahwa    tumbuhan dapat bergerak!
           
 Kunci jawaban :
 1.    Berkembang biak
2.    Berkembang biak
3.    Pengertian pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat irreversibel ( tak dapat kembali ke semula ) pertambahan volume ini di sebabkan karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel.Pertumbuhan bersifat kuantitatif artinya bisa diukur dengan alat ukur, Sedangkan perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan bersifat kualitatif .
4.    Melalui adaptasi
5.    Daun menutup pada sore hari, ujung akar menuju ke air.



Mengetahui,

Ciasem. Agustus 2014
Kepala SMP Muhammadiyah

Guru  IPA




Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.





Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
NIP : 197106161998021003











LEMBAR KERJA SISWA
                 
1.        TUJUAN
  • Mengetahui perbedaan mahluk hidup dan benda tak hidup
  • Mengetahui ciri-ciri mahluk hidup
2.        CARA KERJA
  • Bekerjasamalah dengan anggota kelompokmu!
  • Amati lingkungan di sekitar sekolah!
  • Isilah tabeldi bawah ini dengan nama benda yang diamati beserta ciri-ciri dan penggolongannya!
3.        TABEL PENGAMATAN
NO
Nama benda sekitar lingkungan sekolah
Ciri-ciri benda
Penggolongan Benda
Mahluk hidup
Benda tak hidup
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10





4.        PERTANYAAN
  1. Dari tabel pengamatan yang telah kalian buat, jawablah  pertanyaan berikut:
  2. Benda apa sajakah yang termasuk mahluk hidup?
  3. Apa yang membedakan mahluk hidup dengan benda tak hidup?
  4. Sebutkan ciri-ciri apa saja yang dimiliki oleh mahluk hidup!


No comments:
Write komentar