DOWNLOAD DISINI UNTUK SUSUNAN YANG LEBIH RAPIH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Klasifikasi
Benda
Sub
Topik : Membedakan makhluk hidup dengan benda tak
hidup
Alokasi
Waktu : 2 JP (1 kali tatap muka)
Pembelajaran
Ke - : 2
Kompetensi Inti:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar :
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat
; tekun ; hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.2
Mengidentifikasi
ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di
lingkungan sekitar.
1.2.Menyajikan hasil analisis data
observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
A. INDIKATOR
1.
Memiliki rasa ingin tahu, teliti dan peduli lingkungan melalui
diskusi atau kerja kelompok dan melakukan pengamatan tentang mahluk hidup dan
benda tak hidup
2.
Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab dan saling menghargai
dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
3.
Menjelaskan ciri-ciri mahluk hidup dan benda tak hidup
4.
Menjelaskan perbedaan mahluk hidup dan benda tak hidup
B.
TUJUAN
1.
Melalui kegiatan
pengamatan peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda di sekitar berdasarkan
ciri-cirinya.
2.
Melalui kajian LKS
peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan mahluk hidup dan benda tak
hidup berdasarkan ciri-cirinya.
3.
Melalui studi
pustaka dan diskusi kelompok peserta didik dapat menjelaskan perbedaan mahluk
hidup dan benda tak hidup berdasarkan ciri-cirinya.
C.
MATERI
-
Berbagai
makhluk hidup yang berada di sekitar kita memiliki ciri mendasar yang hampir
sama dengan makhluk yang lainnya. Ciritersebut adalah bernapas, bergerak,
tumbuh dan berkembang, membutuhkan makanan dan minuman, berkembangbiak, peka
terhadap rangsang serta menyesuaikn diri dengan lingkungan.
-
Setiap
saat makhluk hidup membutuhkan energi untuk aktivitas hidupnya. Energi yang
dimiliki oleh makhluk hidup berasal dari makanan yang mereka makan. cara
makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan yang dimakannya melalui proses pernapasan .
-
Alat
pernapasan yang dimiliki oleh makhluk hidup, seperti insang, trakea paru-paru,
stomata dan lenti sel.
-
Alat
gerak yang dimiliki makhluk hidup diantaranya flagel, bulu getar, sirip, sayap,
tangan, kaki.
-
Pengertian
pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat
irreversibel ( tak dapat kembali ke semula ) pertambahan volume ini di sebabkan
karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel.Pertumbuhan
bersifat kuantitatif artinya bisa diukur dengan alat ukur, Sedangkan
perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan
bersifat kualitatif .
-
Makhluk
Hidup memerlukan makan dan minum, salah satu fungsi makanan dan minuman bagi
makhluk hidup adalah sebagai sumber energi.
-
Untuk
melestarikan kelangsungan hidupnya makhluk hidup berkembangbiak /reproduksi. Berkembangbiak
dapat dilakukan secara generative (sexual) atu vegetative (asexual).
-
Beradaptasi
atau menyesuaikan diri terhadap lingkungan di lakukan dengan tujuan
agar mahluk hidup dapat bertahan hidup di
lingkungannya.
D.
PENDEKATAN/STRATEGI/METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Diskusi dan Pengamatan
3.
Model : Discovery Learning
E.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
a. Lingkungan sekitar
b.
Gambar
2.
ALAT DAN BAHAN
a. Lembar kerja
siswa
b. Benda-benda di sekitar sekolah seperti:
·
Hewan dan
tumbuhan yang ada di sekitar sekolah
·
Kursi
·
Meja
·
Batu, dll
3.
Sumber
Belajar
a.
Buku IPA
SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b.
Beberapa
makhluk hidup dan benda tak hidup
c.
LKS Ciri-ciri
makhluk hidup
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
Situasi (stimulation)
|
Pemusatan perhatian :
·
Guru meminta peserta didik untuk keluar kelas dan mengamati benda-benda di
sekitar,kemudian guru mengajukan pertanyaan seperti:
Apa saja yang kalian lihat
di luar kelas tadi?
Apakah benda-benda yang
kalian lihat di luar kelas tadi memiliki ciri-ciri yang sama?
Sebutkan perbedaan
yangterdapat pada benda-benda tersebut!
·
Guru menyampaikan tujuan dari
pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
Tugas dan Indentifikasi Masalah
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
·
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu melalukan pengamatan di
lingkungan sekitar sekolah untuk mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup dan benda tak hidup.
·
Membagi lembar
kerja yang berisi tabel pengamatan.
·
Membagi peserta
didik dalam kelompok, masing-masing terdiri dari
4
·
Peserta didik mengamati benda- benda di sekitar sekolah secara
kelompok.
·
Peserta didik bersamakelompoknya
berdiskusi untuk mengkaji LKS
·
Peserta didik mencatat hasil pengamatan pada kolom yang tersedian pada
LKS
·
Mengolah dan menganalisis data hasil pengamatan untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada LKS
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan masing-masing kelompok di depan kelas
·
Diskusi hasil pengamatan yang sudah dipresentasikan
·
Membuat kesimpulan
|
50 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik dan guru
mereview hasil kegiatan pembelajaran
·
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada
kelompok yang berkinerja baik
·
Peserta
didik menjawab kuis tentang ciri-ciri
makhluk hidup
·
Pemberian tugas untuk
mempelajari pengklasifikasian benda tak hidup
|
20
menit
|
G.
PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
No
|
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
2
|
Tes unjuk kinerja
|
Laoran
hasil pengamatan
|
3
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
a.
Lembar Pengamatan Sikap
LEMBAR PENILAIAN SIKAP PADA
KEGIATAN DISKUSI
NO
|
NAMA
|
TANGGUNG
JAWAB
|
PERCAYA
DIRI
|
KERJA SAMA
|
JUMLAH
SKOR
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
Rubrik penilaian Sikap dalam
kegiatan diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
tanggungjawab
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik yang
bisa
dilakukan,
berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikantugas,namun
Belum menunjukkan
upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidakselesai
|
2
|
Percaya diri
|
3. aktif dalam tanya jawab,
dapat mengemukaan
gagasan
Atau ide.
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan
gagasan
Atau ide.
1. Tidak aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan
gagasan atau ide.
|
3
|
Kerja sama
|
3. Bekerja
sama dengan baik dan menghargai pendapat teman
2. Bekerja
sama dengan baik tetapi kurang menghargai teman
1. Tidak
bekerja sama dengan baik dan tidak menghargai pendapat teman
|
Nilai=
Jumlah skor x 4
Skor maksimal
Kriteria nilai dan predikat
A : 3,67 – 4.00
|
C+ : 2,01 - 2,33
|
A- : 3,34 - 3,66
|
C : 1,67 - 2,00
|
B+ : 3,01 - 3,33
|
C- : 1,34 - 1,66
|
B : 2,67 - 3,00
|
D+ : 1,01 - 1,33
|
B- : 2,34 - 2,66
|
D : ≤ 1,00
|
b.
Lembar pengamatan ketrampilan
NO
|
Nama benda sekitar lingkungan sekolah
|
Ciri-ciri benda
|
Penggolongan Benda
|
|
Mahluk hidup
|
Benda tak hidup
|
|||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
Rubrik penilaian:
Skor 1, apabila jawaban benar
Skor 0, apabilajawaban salah
Nilai = jumlah jawaban benar x 100
jumlah soal
c.
Instrumen soal tes tertulis
Jawablah
soal berikut dengan benar dan jelas!
1.
Jelaskan ciri mendasar yang dimiliki
makhluk hidup sehingga dapat membedanya dengan benda mati!
2.
Bagaimana cara makhluk hidup menjaga
kelangsungan hidup jenisnya?
3.
Apakah perbedaan antara pertumbuhan
dan perkembangan?
4.
Apakah yang terjadi pada makhluk
hidup jika terjadi perubahan pada lingkungannya?
5.
Tuliskan 2 fenomena alam yang
menjadi petunjuk bahwa tumbuhan dapat bergerak!
Kunci
jawaban :
1. Berkembang
biak
2. Berkembang
biak
3. Pengertian
pertumbuhan (growth) adalah proses pertambahan volume yang bersifat
irreversibel ( tak dapat kembali ke semula ) pertambahan volume ini di sebabkan
karena pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel.Pertumbuhan
bersifat kuantitatif artinya bisa diukur dengan alat ukur, Sedangkan
perkembangan (development) adalah proses perubahan kearah kedewasaan (maturation) dan
bersifat kualitatif .
4. Melalui
adaptasi
5. Daun
menutup pada sore hari, ujung akar menuju ke air.
Mengetahui,
|
Ciasem.
Agustus 2014
|
|
Kepala
SMP Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili
Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad
Fauzi Hamzah, S.Pd
|
|
NIP
: 197106161998021003
|
LEMBAR KERJA SISWA
1.
TUJUAN
- Mengetahui perbedaan mahluk hidup dan benda tak
hidup
- Mengetahui ciri-ciri mahluk hidup
2.
CARA
KERJA
- Bekerjasamalah dengan anggota kelompokmu!
- Amati lingkungan di sekitar sekolah!
- Isilah tabeldi bawah ini dengan nama benda yang
diamati beserta ciri-ciri dan penggolongannya!
3.
TABEL
PENGAMATAN
NO
|
Nama benda sekitar lingkungan sekolah
|
Ciri-ciri benda
|
Penggolongan Benda
|
|
Mahluk hidup
|
Benda tak hidup
|
|||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
4.
PERTANYAAN
- Dari tabel pengamatan yang telah kalian buat,
jawablah pertanyaan berikut:
- Benda apa sajakah yang termasuk mahluk hidup?
- Apa yang membedakan mahluk hidup dengan benda tak
hidup?
- Sebutkan ciri-ciri apa saja yang dimiliki oleh
mahluk hidup!
No comments:
Write komentar