DOWNLOAD DISINI UNTUK SUSUNAN YANG LEBIH RAPIH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan : SMP MUHAMMADIYAH
Mata
Pelajaran : IlmuPengetahuanAlam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Objek IPA
danPengamatannya
Sub
Topik : PengukuranSebagaibagiandariPengamatan
AlokasiWaktu : 3 JP (2 kali tatapmuka)
PembelajaranKe
- : 2
Kompetensi Inti :
1.
Menghayatidanmengamalkanajaranagama
yang dianutnya.
2. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya.
3. Memahamipengetahuan
(faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkanrasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4. Mencoba,
mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain
yang samadalamsudutpandang/teori.
KompetensiDasar:
3.1Memahamikonseppengukuranberbagaibesaran yang
adapadadiri, makhlukhidup, danlingkunganfisiksekitarsebagaibagiandariobservasi,
sertapentingnyarumusansatuanterstandar (baku) dalampengukuran.
4.1 Menyajikaanhasilpengukuranterhadapbesaran-besaranpadadiri,
makhlukhidup, danlingkunganfisikdenganmenggunakansatuantakbakudansatuanbaku.
A. INDIKATOR
1. Memiliki rasa ingintahumteliti,
terbuka, kritis, melaluidiskusidankerjakelompokdalammelakukanpengukuran
2. Menunjukkanketekunan,
tanggungjawabmsalingmenghargaidalamkegiatanbelajardanbekerjabaiksecaraindividudankelompok
3. Melakukanpengukurandengansatuanbakudantidakbakudanmengkomunikasikanhasilnya
4. Menjelaskanpengertianpengukuran
5. Menjelaskanpentingnyasatuanbaku
6. Melakukankorversisatuaninternasional
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswadapatmelakukanpengukurandengansatuantakbaku,
melakukaninferensidanmengkomunikasikanhasilnya.
2. Siswadapatmenjelaskanpengertianpengukuran.
3. Siswadapatmenjelaskanpentingnyasatuanbaku.
4. SiswadapatmelakukankonversisatuandalamSIdenganmemanfaatkannilaiawalannya.
C. MATERI
a. PENGERTIAN BESARAN dan PENGUKURAN
Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur yang memiliki nilai dan satuan. Besaran ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran.
Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur yang memiliki nilai dan satuan. Besaran ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran.
Pengukuran adalah membandingkan suatu besaran dengan satuan yang dijadikan
sebagai patokan. Dalam fisika pengukuran merupakan sesuatu yang sangat vital.
Suatu pengamatan terhadap besaran fisis harus melalui pengukuran.
Pengukuran-pengukuran yang sangat teliti diperlukan dalam fisika, agar
gejala-gejala peristiwa yang akan terjadi dapat diprediksi dengan kuat
Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa sesuatu itu dapat dikatakan
sebagai besaran harus mempunyai 3 syarat yaitu ;
1.
dapat diukur atau dihitung
2. dapat dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai
3.
mempunyai satuan
Bila ada satu saja dari syarat tersebut diatas tidak dipenuhi maka sesuatu
itu tidak dapat dikatakan sebagai besaran.
Besaran berdasarkan cara memperolehnya dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu :
Besaran berdasarkan cara memperolehnya dapat dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu :
1. Besaran Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari
pengukuran. Karena diperoleh dari pengukuran maka harus ada alat ukurnya.
Sebagai contoh adalah massa. Massa merupakan besaran fisika karena massa dapat
diukur dengan menggunakan neraca.
2. Besaran non Fisika yaitu besaran yang diperoleh dari
penghitungan. Dalam hal ini tidak diperlukan alat ukur tetapi alat hitung
sebagai misal kalkulator. Contoh besaran non fisika adalah Jumlah.
b.
PENGERTIAN
SATUAN
Satuan adalah sesuatuatauukuran yang digunakanuntukmenyatakansuatubesaran. Satuandidefinisikansebagaipembandingdalamsuatupengukuranbesaran. Setiapbesaranmempunyaisatuanmasing-masing, tidakmungkindalam 2 besaran yang berbedamempunyaisatuan yang sama. Apabilaadaduabesaranberbedakemudianmempunyaisatuansamamakabesaranitupadahakekatnyaadalahsama. Sebagaicontoh Gaya (F) mempunyaisatuan Newton danBerat (w) mempunyaisatuan Newton. Besaraninikelihatannyaberbedatetapisesungguhnyabesaraninisamayaitubesaranturunangaya.
Satuan adalah sesuatuatauukuran yang digunakanuntukmenyatakansuatubesaran. Satuandidefinisikansebagaipembandingdalamsuatupengukuranbesaran. Setiapbesaranmempunyaisatuanmasing-masing, tidakmungkindalam 2 besaran yang berbedamempunyaisatuan yang sama. Apabilaadaduabesaranberbedakemudianmempunyaisatuansamamakabesaranitupadahakekatnyaadalahsama. Sebagaicontoh Gaya (F) mempunyaisatuan Newton danBerat (w) mempunyaisatuan Newton. Besaraninikelihatannyaberbedatetapisesungguhnyabesaraninisamayaitubesaranturunangaya.
Satuan dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Satuan Baku, yaitu satuan yang hasil pengukurannya sama untuk setiap orang dan diakui
secara disetiap negara di dunia (international). Contohnya m, kg, s, liter, km, m3, ons,
km/jam, dan lain-lain. Atau disebut Sistem Satuan Internasional
1. Satuan Baku, yaitu satuan yang hasil pengukurannya sama untuk setiap orang dan diakui
secara disetiap negara di dunia (international). Contohnya m, kg, s, liter, km, m3, ons,
km/jam, dan lain-lain. Atau disebut Sistem Satuan Internasional
Sistem
satuan internasional telah disepakati pada tahun 1960 oleh Konferensi Umum
Kesebelas mengenai berat dan ukuran, dengan nama Sistem international (SI).
Sistem satuan internasional menggunakan satuan dasar meter, kilogram, dan sekon, atau biasa disebut sistem MKS dan satuan yang lain yang biasa dipakai dalam fisika adalah centimeter, gram sekon atau sistem CGS.
Sistem satuan internasional menggunakan satuan dasar meter, kilogram, dan sekon, atau biasa disebut sistem MKS dan satuan yang lain yang biasa dipakai dalam fisika adalah centimeter, gram sekon atau sistem CGS.
2. Satuan tidak baku, yaitu satuan yang hasil
pengukurannya tidak sama untuk setiaporangdan tidak diakui secara internasional.
Contohnya hasta, jengkal, depa, kaki, dan lain-lain.
D. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode :
DiskusiinformasidanEksperimen
3. Model :
Discovery Learning
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Lingkungan sekitar
2.
Alat dan bahan
a. Alat :mistar, jangkasorong, micrometer, pensil, gelasukur, stopwatch
b. Bahan : temansekelas, tanaman, pot, batu, air, kertas manila, benang.
3.
Sumberbelajar
a. BukuSiswaIPA SMP Kelas VII.
KementrianPendidikandanKebudayaan 2013
b. LembarKerjaSiswa
c. IPA Erlangga
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama :
3 JP
Kegiatan
|
Langkah- langkah Model Discovery
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakansituasi ( Stimulasi)
|
Guru mengenalkanbendasekitarmisalnyabuahjeruk, daun,
mejadll
Guru mengajukanpertanyaan :
Tuliskanapasaja yang dapatdiukurpadabendatersebut,
danapasaja yang tidakdapatdiukur!
Guru
menyampaikantujuanpembelajarandanmanfaatmempelajariBesarandansatuan.
|
10 menit
|
KegiatanInti
|
PembahasantugasdanIdentifikasiMasalah
Observasi
Pengumpulan Data
Pengolahan data dananalisis data
Komunikasi
Generalisasi
|
Menyampaikaninformasitentangkegiatan
yang akandilakukanyaitumelakukanpengamatanpadabenda-benda yang
adadisekitarnya.
o Langkah-langkah :
Membagisiswadalam8
kelompok.
Diskusisiswasecarakelompokmengerjakan LKS Sub
TopikPengukuranSebagaiBagiandariPengamatan
Siswamelakukanpengamatanbenda-bendasekitar
Siswamengidentifikasibesaran yang
dapatdiukurdanbesaran yang tidakdapatdiukurdanmengukurdenganmenggunakansatuanbakudansatuantakbaku
Mencatat data hasilpengamatanpadakolom yang
tersediapada LKS
Menganalisis data pengamatan
Presentasihasilpengamatan
Menarikkesimpulan :Besaranadalahsegalasesuatu yang
dapatdiukursertamemilkinilaidansatuan.
|
50 menit
|
Penutup
|
Siswadan guru mereviewhasilkegiatanpembelajaran.
Guru memberi reward (penghargaan) kepadakelompok
yang memilikikinerjabaik.
PemberiantugasuntukmempelajarimanfaatObyek IPA
danPengamatannyadalamkehidupansehari-hari.
Tugasmembaca Sub Topikbesaranpokok.
|
20 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk
Instrumen
metode
|
Bentuk instrument
|
Sikap
|
Lembarpengamatansikap
|
TesUnjukKerja
|
Tespenilaiankinerjapengukuran
|
Testertulis
|
Tesuraian
|
2.
ContohInstrumen
a.
LembarPengamatanSikapPesertaDidik
NO
|
NamaSiswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jml
|
|||||||||||
Rasa ingintahu
|
Ketelitiandankehati-hatiandalammelakukanpercobaan
|
Ketekunandantanggungja-wabdalambelajardanbekerjabaiksecaraindividuataukelompok
|
Ketrampilanberkomunikasipadasaatbelajar
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
Rubrik
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingintahu
|
3:
Menunjukkan rasa ingintahu yang besar,antusias,
aktifdalammelakukankegiatankelompok
2:
Menunjukkan rasa ingintahutetapitidakterlaluantusias,
baruterlibataktifsetelahdisuruh
1:
Tidakmenunjukkanantusiasdalampengukuran,
sulitterlibataktifmeskipuntelahdidoronguntukaktif
|
2
|
Ketelitiandanhatihati
|
3:
Melakukanpengukuransesuaiprosedurdanserius
2:
Melakukanpengukuransesuaiprosedursetelahdiberi
petunjuk
1:
Tidakmelakukanpengukuran, sulitterlibataktifmeskipun
telahdidoronguntukaktif.
|
3
|
Ketekunandantanggungjawabdalambelajardanbekerjabaiksecaraindividumaupunkelompok
|
3: Tekunmenyelesaikantugassampaiakhirpengukuran,
dantepatwaktu
2: Berupayatepatwaktudalammenyelesaikantugaskelompok
1: Tidakberupayasungguhsungguhuntukmenyelesaikantugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3: Dapatmempresentasikandasilpengukuranbesarandenganbaikdanbenar
2: Berupayasungguhsungguhuntuk presentasi,meskipunbelumsempurna
1: Tidakmelakukanpresentasi,meskipundisuruhmajuoleh
guru
|
Kriteriapenskoran
:
Baik 3
Cukup 2
Kurang 1
KriteriaPenilaian :
10 – 12 A
7
- 9 B
4 – 6 C
≤ 3 D
b.
PenilaianProdukHasilPercobaan
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
TINGKAT KEMAMPUAN
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Cara
mengukurbesaran (panjang, massa, suhu)
|
|||
2
|
Ketepatanmenggunakansatuanbakudantakbaku
|
|||
3
|
Melaporkan data
hasilpengukuran
|
|||
JUMLAH
|
Rubrik
No
|
Ketrampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Melakukanpengukuranbesaran (panjang, massa, suhu)
|
3
2
1
|
Pemilihanalatukurtepatsesuaibesaran yang diukur,
penempatanskalaalatukurtepatpadabesaran yang diukur,
membacahasilpengukurandenganbenar
Ada duaaspek yang benar
Ada satuaspek yang benar
|
2.
|
Ketepatanmenggunakansatuanbakudantakbaku
|
3
2
1
|
Ketepatansatuan yang
digunakanpadaobyek yang diukur
Kurangtepatsatuan yang
digunakanpadaobyek yang diukur
Tidaktepatdalammenggunakansatuanbakudansatuantidakbaku
|
3.
|
Melaporkan data hasilpengukuran
|
3
2
1
|
Melaporkan data
sesuaidenganpengamatan
Melaporkan data
sebagiansesuaipengamatan
Melaporlan data
tidaksesuaipengamatan
|
Kriteriapenskoran
:
Baik 3
Cukup 2
Kurang 1
KriteriaPenilaian
:
10 – 12 A
7 - 9 B
4 – 6 C
≤
3 D
c.
PenilaianTestertulis
1.
Jelaskanpengertianmengukur
!
2.
Tuliskanbesaranapa
yang adapadabuahapel !
3.
Tuliskanbesarandansatuan
yang tepatpadakegiatanpengukurantinggisebuahpohon !
4.
Tuliskan 3 syaratsuatusatuandikatakanbersifatstandarataubaku!
5.
Sebutkan 3
contohmanfaatpengukuranbesarandalamkehidupanseharihari?
Kuncijawaban
No
|
Jawaban
yang diharapkan
|
Skor maksimal
|
|||
1.
2..
3.
4.
5.
|
Mengukuradalahmembandingkansuatubesarandenganbesaran
lain yang sejenis yang
ditetapkansebagaisatuan
Besaran
yang adapadabuahapelyaitu :massa ,volume, panjang
Besaranpanjangdengansatuan
meter
Diakuisecarainternasional,
bersifattetap, mudahdigunakan (ditiru)
Pengukurandapatdijumpaipadaperistiwamenimbangtepung,
pembeliantaliataukabellistrik,
pengujianmassajeniszatuntukmengetahuikemurnianzat, pembelianbensin,
pengukurantinggibadandandoktermengukursuhupasiennya, dsb
|
20
20
20
20
20
|
|||
Nilai =
|
JumlahSkor
|
x 100%
|
|||
JumlahSkorMaksimal
|
|||||
No comments:
Write komentar