Sunday, 10 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII. Perubahan Kimia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Perubahan Benda-benda di sekitarkita
Sub Topik                              :     Perubahan Kimia
 Alokasi Waktu                      :     2  JP
Pembelajaran Ke -                :    2

Kompetensi Inti
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
1.1.       Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1.       Menunjukkan perilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu: obeyektif; jujur;teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
3.5.       Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6.       melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia

A.  Indikator
1.      Menjelaskan dengan kalimat sendiri tentang perubahan kimia
2.      Menjelaskan dengan kalimat sendiri ciri-ciri perubahan kimia
3.      Menjelaskan bentuk-bentuk perubahannya
4.      Memisahkan perubahan bentuk benda
5.      Memiliki rasa ingin tahu, bertanggungjawab, dan peduli lingkungan
6.      Melakukan refleksi berdasarkan data bahwa perubahan kehidupan merupakan bagian dari keimanan
7.      Menjelaskan perbedaan antara perubahan fisika dan kimia
8.      Menyebutkan contoh-contoh perubahan materinya baik secara perubahan fisika dan kimia

B.  Tujuan Pembelajaran
1.        Melalui kajian berita dan pustaka siswa dapat menjelaskan akibat kegiatan manusia terhadap pencemaran air, tanah, dan udara.
2.        Melalui kajian berita dan pustaka siswa dapat menjelaskan dengan kalimat sendiri dampak pencemaran air, tanah, dan udara terhadap ekosistem dan keberlangsungan kehidupan manusia.
3.        Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan perubahan kimia
4.        Menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia
5.        Mengembangkan keterampilan untuk memisahkan perubahan bentuk benda
6.        Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, bertanggungjawab, dan peduli lingkungan melalui diskusi.
7.        Mengembangkan perilaku perubahan kehidupan dalam upaya mengamalkan perintah Allah swt melalui refleksi.
8.        Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan perbedaan antara perubahan fisikan dengan kimia
9.        Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perubahannya Melalui presentasi hasil diskusi siswa dapat mengembangkan keterampilan berbicara
10.    Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tanggung jawab, dan menghargai perbedaan pendapat

C.  Materi
1.        Perubahan kimia adalah perubahan zat yang dapat menghasilkan zat baru dengan sifat kimia yang berbeda dengan zat asalnya.
Zat baru yang terbentuk dalam perubahan kimia disebabkan adanya perubahan komposisi materi

2.        Ciri-ciri perubahan kimia
·           Terbentuknya gas
·           Terbentuknya endapan
·           Terjadinya perubahan warna
·           Terjadinya perubahan suhu

3.        Perubahan pembentukan gas
Reaksi elektrolisis air air membentuk gelembung-gelembung kecil (gas hidrogen) dan oksigen

4.        Perubahan pembentukan endapan
Reaksi timbal nitrat dengan natrium iodida menghasilkan endapan timbal iodida yang berwarna kuning

5.        Terjadi perubahan warna
Reaksi tembaga sulfat dengan air akan berubah warna pada tembaga sulfat menjadi warna biru

6.        Terjadi perubahan suhu
Perubahan kimia akan ditandai dengan perubahan panas atau aliran kalor dari atau ke lingkungan

7.        Perbedaan perubahan fisika dan kimia
No
Perubahan Fisika
Perubahan Kimia
1
Tidak terbentuknya zat baru
Terbentuk zat baru
2
Komposisi materi tidak berubah
Komposisi materi sebelum dan sesudah reaksi mengalami perubahan
3
Tidak terjadi perubahan warna, bau, rasa, dan tidak terbentuk endapan
Ditandai dengan terbentuknya gas, endapan, perubahan suhu, perubahan warna, perubahan bau, dan perubahan rasa

8.        Contoh-contoh perubahan materi di alam
No
Perubahan Fisika
Perubahan Kimia
1
Beras diubah menjadi beras tepung
Singkong menjadi tape
2
Kayu diubah menjadi kursi
Pembakaran kayu
3
Gula dilarutkan dalam air
Makanan berubah menjadi basi
4
Bola lampu listrik menyala
Susu diubah menjadi keju
5
Air berubah menjadi es
Besi berkarat

D.    Pendekatan /Strategi/Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan    : Scientific
b.      Metode           : Diskusi dan Eksperimen
c.       Model : Discovery Learning

E.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.      Media
lilin, tape, kertas
b.      Alat dan Bahan
Alat dan bahan pada praktikum
c.       Sumber Belajar
a.       Buku siswa IPA Kelas VII Puskurbuk 2013
b.      LKS

F.     KegiatanPembelajaran

Kegiatan
Langkah-Langkah
Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi(stimulasi)
Pemusatan perhatian :
Guru menunjukkan yaitu, lilin, kucing,manusia,es,tape, abu kertas, air dan gas dalam balon.
·         Perhatikan gambar mana yang termasuk perubahan kimia?
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 Menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah

Observasi

Pengumpulan data





Pengolahan data dan analisis


Verifikasi





Generalisasi
Mengamati:
1.      Benda di sekitar, misalnyakertas yang dibakar, besi berkarat, singkong menjadi tape, es, lilindsb.

Menanya :
1.      Mengapakertas yang dibakarmenjadiabu, abutidakbisaberubahmenjadikertaskembali.
2.      Mengapaes yang berubahmenjadiair, akanberubahlagimenjdiesjikadidinginkan?

Eksperimen/explore:
1.      Menemukan Perbedaan Perubahan
2.      Menentukan ciri-ciri

Asosiasi :
1.      Menganalisis data dalambentuk table tentangeksperimenperbedaanperubahan
2.      Mengimpulkanhasileksperimen

Komunikasi :
1.      Membuatlaporan
2.      Mempresentasikanhasillaporan

100 menit
Penutup

·         Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·         Guru memberikan penghargaan (misal pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
·         Pemberian tugas untuk mempelajari materi berikutnya
10 Menit

G.    Penilaian
a.      Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Penilaian Kinerja zat padat, cair, gas
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian

b.      Contoh Instrumen
                                                        i.      Lembar Pengamatan Sikap
1.  Pengamatan Perilaku Ilmiah

NO
ASPEK YANG DI NILAI
4
3
2
1
KETERANGAN
1
Rasa ingin tahu





2
Ketelitian dan kejujuran  dalam melakukan pengamatan (observasi)





3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja, baik secara individu maupun kelompok





4
Ketrampilan dalam bertanya dan menjawab pada saat  diskusi kelompok atau diskusi kelas






RUBRIK LEMBAR PENILAIAN PERILAKU

NO
ASPEK YANG DI NILAI
RUBRIK
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
4 : Menunjukkan rasa ingin tahu besar, antusias, aktif dalam
      kegiatan  berkelompok
3 : Menunjukkan rasa ingin tahu tetapi tidak terlalu antusias, dan
      baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2 : Kurang menunjukkan rasa ingin tahu, kurang antusias dan sulit
     terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun disuruh
1 : Tidak menunjukkan antusias dan tidak aktif dalam kegiatan
      Kelompok walaupun disuruh untuk terlibat
2
Ketelitian, Jujur, dalam melakukan pengamatan (observasi)
4 : Melakukan pengamatan dengan sangat teliti dan jujur
3 : Melakukan pengamatan dengan teliti namun kurang jujur
2 : Melakukan pengamatan dengan kurang teliti namun jujur
1 : Melakukan pengamatan dengan tidak teliti dan tidak jujur
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja, baik secara individu maupun kelompok
4 : Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik dan
     berupaya tepat waktu
3 : Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas namun belum
     menunjukkan hasil terbaiknya
2 : Kurang tepat waktu namun menunjukkan hasil yang baik
1 : Tidak bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas dan
      tugasnya tidak selesai
4
Ketrampilan dalam bertanya dan menjawab pada saat  diskusi kelompok atau diskusi kelas
4 : Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan pendapat dan
     menghargai pendapat siswa lain
3 : Aktif dalam tanya jawab, tidak dapat mengemukakan pendapat,
     menghargai pendapat orang lain
2 : Kurang aktif dalam tanya jawab namun dapat mengemukakan
     pendapat dan menghargai pendapat siswa lain
1 : Tidak aktif dalam tanya jawab, tidak dapat mengemukakan
     pendapat dan tidak dapat menghargai pendapat siwa lain

LEMBAR PEROLEHAN SKOR SISWA PADA PENGAMATAN PERILAKU ILMIAH
No
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Aspek 1
Aspek 2
Aspek 3
Aspek 4
1







2







3







4







5









                                                      ii.      Lembar Pengamatan penilaian Praktikum
Berilah tanda centang di bawah kolom skor :
5, jika siswa melakukan aspek keterampilan sangat tepat
4, jika siswa melakukan aspek keterampilan tepat
3, jika siswa melakukan aspek keterampilan agak tepat
2, jika siswa melakukan aspek keterampilan kurang tepat
1, jika siswa melakukan aspek keterampilan tidak tepat

JUDUL PRAKTIKUM :……………
No
Aspek keterampilan
Jawaban
5
4
3
2
   1     1
 I
Persiapan





1
Membawa alat dan bahan





2
Membersihkan alat dan bahan yang akan digunakan





3
Mengecek ketepatan pemilihan alat dan bahan





4
Membaca prosedur kerja












 II
Pelaksanaan





1
Mengambil bahan tidak berceceran





2
Mengambil bahan sesuai kebutuhan





3
Menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur kerja





4
Perolehan data pengamatan





5
Menganalisa hasil pengamatan





6
Membuat kesimpulan












III
Penyelesaian





1
Membersihkan alat  dan bahan





2
Menyimpan alat






LEMBAR PEROLEHAN SKOR SISWA PADA UNJUK KERJA

JUDUL PRAKTIKUM : ……………..
NO
NAMA
ASPEK YANG DINILAI
Jumlah skor
Nilai
Persiapan
Pelaksanaan
Penyelesaian
1
2
3
4
1
2
3
4
5
6
1
2
1















2















3















4















5















6















7

















I.       INSTRUMEN SOAL PENGETAHUAN
Soal Uraian
1.        Apa yang dimaksud dengan perubahan kimia!
2.        Sebutkan ciri-ciri perubahan kimia!
3.        Sebutkan contoh perubahan kimia!
4.        Sebutkan perbedaan antara perubahan kimia dengan fisika!
5.        Sebutkan contoh-contoh perubahan materi di alam!

KUNCI JAWABAN URAIAN
No
Jawaban
1
Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru
2
Ciri-ciri perubahan kimia adalah :
·      Terbentuknya gas
·      Terbentuknya endapan
·      Terjadinya perubahan warna
·      Terjadinya perubahan suhu
3
Contoh perubahan kimia antara lain :
·      Kertas yang dibakar
·      Besi berkarat
·      Kayu yang dibakar
4
Perbedaan antara perubahan kimia dan fisika :
No
Perubahan Fisika
Perubahan Kimia
1
Tidak terbentuknya zat baru
Terbentuk zat baru
2
Komposisi materi tidak berubah
Komposisi materi sebelum dan sesudah reaksi mengalami perubahan
3
Tidak terjadi perubahan warna, bau, rasa, dan tidak terbentuk endapan
Ditandai dengan terbentuknya gas, endapan, perubahan suhu, perubahan warna, perubahan bau, dan perubahan rasa
5
Contoh Perubahan materi di alam
No
Perubahan Fisika
Perubahan Kimia
1
Beras diubah menjadi beras tepung
Singkong menjadi tape
2
Kayu diubah menjadi kursi
Pembakaran kayu
3
Gula dilarutkan dalam air
Makanan berubah menjadi basi
4
Bola lampu listrik menyala
Susu diubah menjadi keju
5
Air berubah menjadi es
Besi berkarat



RUBRIK JAWABAN URAIAN
No
Uraian
Skor
1
Jika semua jawaban benar
15
2
Jika semua jawaban benar
15
3
Jika semua jawaban benar
15
4
Jika semua jawaban benar
25
5
Jika semua jawaban benar
30
Total
100

No comments:
Write komentar