A.
Identitas
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : X / 2
Topik : Plantae
Tema
: Tumbuhan lumut (Bryophyta) dan peranannya, Tumbuhan
paku (Pterydophyta) dan peranannya, Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dan
peranannya
Alokasi Waktu : 6 x
45 Menit
B.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI3
|
:
|
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
KOMPETENSI DASAR
3.8
|
:
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya
dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
|
4.8
|
:
|
Menyajikan data hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peran tumbuhan
dalam kelangsungan hidup di bumi
|
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
3.8.1
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
|
Bryophyta merupakan
tumbuhan yang masih
memiliki ciri tumbuhan
talus, yaitu …
a. tidak mempunyai
pembuluh
b. tidak mempunyai alat
kelamin
c. tidak mempunyai
akar, batang, dan daun yang
jelas
d. mengalami
pertumbuhan membesar
e. tidak berfotosintesis
|
C
|
1
|
3.8.2
|
Mengklasifikasikan
tumbuhan lumut (Bryophyta)
|
Berikut merupakan ciri-ciri
lumut.
1. Mempunyai Gemma cup
2. Bentuk tubuh lembaran
3. Sporafitnya kapsul /
tanduk
4. Sporofitnya seperti
payung
5. Dapat dibedakan antara
organ yang mirip daun, batang dan akar
Yang merupakan ciri kelas
anthocerotpsida adalah …
a. 2 dan 3
b. 1 dan 2
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 2 dan 5
|
A
|
1
|
3.8.3
|
Menjelaskan
daur hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
|
Susunlah menjadi daur hidup
bryophyte.
1.
Spora (n)
2.
protonema
(n)
3.
Lumut
jantan (anteredium) & lumut betina (arkegonium) (n)
4.
Fertilisasi
5.
zigot
(2n)
6.
embrio
(2n)
7.
sporangium
(2n
8.
Sel induk
spora
Pilihlah
dengan tepat …
a.
12345678
b.
12345768
c.
12354768
d.
13245678
e.
13245678
|
1
|
|
3.8.4
|
Mengaitkan
peranan Bryophyta dalam kelangsungan kehidupan di bumi
|
Dibawah
ini merupakan yang bukan manfaat dari luut adalah …
a.
untuk
obat hepatitis,
b.
bahan pembalut dan bahan bakar
c.
Mengurangi
kadar CO2
d.
Mengurangi
kadar O2
e.
dan
organisme perintis.
|
1
|
|
3.8.5
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri umum tumbuhan paku (Pteridophya)
|
Berikut
pernyataan yang benar tentang tumbuhan paku …
a.
Memiliki
klorofil, dapat berfotosintesis, cara hidup autotrof (kemoautotrof).
b.
Memiliki
akar, batang, dan daun sejati, Kecuali kelas Equisetopsida
c.
Mengalami
metagenesis dengan fase sporofit lebih lama dibandingkan gametofit
d.
Habitat
di tempat lembap, dan tidak ada yang hidup di air.
e.
Memiliki
pembuluh pengangkut xylem, floem tidak ada
|
C
|
1
|
3.8.6
|
Mengklasifikasikan
tumbuhan paku (Pteridophya)
|
Tentukan
kelas pada tumbuhan berikut (gambar dengan strobilus berserta alassan).
a.
Psilopsida
b.
Lycopsida
c.
Equisetopsida
d.
Pteropsida
e.
Antoceropsida
|
1
|
|
3.8.7
|
Menjelaskan
daur hidup tumbuhan paku (Pteridophya)
|
Jika spora paku jatuh
di tempat yang sesuai, akan
tumbuh menjadi ....
a. protalium
b. protonema
c. sporangium
d. sporofil
e.
tanaman paku
|
1
|
|
Perhatikan bagan
keturunan tanaman paku berikut.
Nomor 1, 2, dan 3
adalah ...
a. gametofit, sporofit,
dan ovum
b. sporofit, protalium,
dan ovum
c. protalium, ovum, dan
sporofit
d. sporofit, ovum, dan
mikrosporofit
e. protalium, sporofit,
dan mikrosporofit
|
1
|
|||
3.8.8
|
Mengaitkan
peranan Pteridophya dalam kelangsungan kehidupan di bumi
|
Paku
yang bersimbiosis dengan alga untuk mengikat Nitrogen (kesuburan tanah) …
a.
Adiantum sp
b.
Marsilea crenata
c.
Azzola piñata
d.
Annabaena azolae
e.
Pteris sp
|
1
|
|
3.8.9
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri umum tumbuhan biji (Spermatophyta)
|
Berikut
pernyataan yang tidak benar tentang tumbuhan paku …
a.
memiliki
klorofil, dapat berfotosintesis, cara hidup autotrof
b.
memiliki
akar, batang, dan daun sejati
c.
berkembang-biak
dengan biji.
d.
habitat
di air yaitu hydrophyta, di tempat lembap yaitu xerophyta, dan di tempat
kering yaitu higrophyta.
e.
memiliki
pembuluh pengangkut
|
D
|
1
|
3.8.10
|
Mengklasifikasikan
tumbuhan biji (Spermatophyta)
|
Dasar
pengelompokan tumbuhan biji menjadi angiospermae dan gymnospermae adalah …
a.
berdasarkan
letak bakal biji
b.
berdasarkan
letak bakal buah
c.
berdasarkan
letak bakal buah dan biji
d.
berdasarkan
keping biji
e.
berdasarkan
habitat
|
1
|
|
3.8.11
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) beserta contohnya.
|
Ciri
ciri tumbuhan adalah sebagai berikut …
1.
Mempunyai
akar batang dan daun sejati
2.
Mempunyai
strobilus
3.
Mempunyai
bunga
4.
Mengalami
pergiliran keturunan
5.
Daun
ada yang kaku seperti jarum
Dari
ciri diatas manakah yang termasuk kedalam ciri Gymnospermae …
a.
1,
2, 5
b.
1,2,3
c.
2,3,4
d.
13,4
e.
2,35
|
A
|
1
|
3.8.12
|
Menjelaskan
daur hidup tumbuhn biji terbuka
|
Perhatikan
siklus berikut
Yang
ditunjukan pada no. 6 adalah …
a.
Pertumbuhan
zigot
menjadi embrio dan
ovulum menjadi biji
b.
Sporangia
dalam strobilus
berkembang menjadi
serbuk
c.
Gametofit
jantan membuat
saluran ke telur
d.
Fertilisasi
Polinasi
|
1
|
|
3.8.13
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) beserta contohnya.
|
Berikut yang bukan merupakan
ciri-ciri umum dari
tumbuhan dikotil adalah
....
a. berkeping dua
b. tulang daun menjari
atau menyirip
c. memiliki akar
serabut
d. memiliki kambium
e.
memiliki bunga dengan kelipatan 4 atau 5
|
||
3.8.14
|
Menjelaskan
daur hidup tumbuhan biji tertutup
|
Bila terjadi
penyerbukan, serbuk sari akan berkecambah membentuk buluh (tabung) serbuk
inti sperma I (n) dan satu inti sperma II (n). Kemudian apa yang akan terjadi
…
a.
Inti
sperma I (2n) membuahi ovum (n) dan menghasilkan zygot (2n). Inti sperma II
(n) membuahi inti kandung lembaga sekunder (2n) dan menghasilkan endosperma
b.
Inti sperma I (n)
membuahi ovum (n) dan menghasilkan zygot (2n). Inti sperma II (n) membuahi
inti kandung lembaga sekunder (2n) dan menghasilkan endosperma
c.
Inti
sperma I (n) membuahi ovum (n) dan menghasilkan endosperma (2n). Inti sperma
II (n) membuahi inti kandung lembaga sekunder (2n) dan menghasilkan zygot
d.
Inti
sperma I (n) membuahi ovum (n) dan menghasilkan endosperma (2n). Inti sperma
II (n) membuahi inti kandung lembaga sekunder (n) dan menghasilkan zygot
e.
Inti
sperma I (2n) membuahi ovum (2n) dan menghasilkan endosperma (2n). Inti
sperma II (n) membuahi inti kandung lembaga sekunder (2n) dan menghasilkan
zygot
|
B
|
1
|
3.8.15
|
Mengaitkan
peranan tumbuhan spermatophyta dalam kehidupan.
|
Berikut adalah contoh
spesies dari kingdom Plantae
yang biasa dijadikan
sebagai sumber karbohidrat
utama, yaitu ....
a. Cocos nucifera
b. Ficus benjamina
c. Salacca sp.
d. Psidium guajava
e.
Oryza sativa
|
1
|
Lembar
Pengamatan Sikap
1.)
Pengamatan perilaku
ilmiah
No
|
Nama
Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajardan bekerja
|
Keterampilan
berkomunikasi saat diskusi
|
Jumlah
|
||||||||
3
|
3
|
2
|
1
|
2
|
1
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
Rubrik
penilaian perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu
namun tidak antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam
pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian
dalam melakukan pengamatan
|
3: mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil percobaan sesuai
prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Keterampilan berkomunikasi saat
melaksanakan diskusi
|
3: aktif dalam tanya jawab, dapat
mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2: aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1: aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
|
Penilaian keterampilan
Instrumen penilaian
Diskusi : Digunakan untuk menilai
kegiatan diskusi peserta didik
Lembar Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Mengkomunikasikan hasil
pengamatan
|
|
2
|
Mengusulkan
pendapat atau beragumentasi pada saat diskusi
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan pada saat diskusi
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan pada saat diskusi
|
Rubrik Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Mengkomunikasikan hasil pengamatan
|
4
|
Penyampaian mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, dan memberi
waktu audiens untuk berfikir
|
3
|
Penyampaian mudah dipahami, komunikatif
dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Penyampaian kurang mudah dipahami, kurang
komunikatif dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
1
|
Penyampaian tidak mudah dipahami, tidak
komunikatif dengan audiens, dan tidak
memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Mengusulkan pendapat atau beragumentasi pada saat diskusi
|
4
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 2 kali
berargumen)
|
3
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 1 kali
berargumen)
|
||
2
|
Berpendapat atau
berargumentasi tetapi tidak sesuai dengan topik materi
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk berargumen
|
||
3
|
Mengajukan pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Pertanyaan menunjukkan
pemahaman dengan kejelian terhadap materi yang dipelajari: analisis hasil
observasi atau penafsiran dari hasil observasi
|
3
|
Pertanyaan menunjukkan
kemampuan berfikir yang sangat tepat: merupakan hasil observasi , mengarah
pada hasil observasi, atau bersifat rasional
|
||
2
|
Pertanyaan kurang
mengarah pada topik materi pembahasan baik hasil observasi, analisis, atau
pembahasan materi yang terkait
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk bertanya
|
||
4
|
Menjawab pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Dalam menjawab
pertanyaan disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan baik
pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
3
|
Dalam menjawab
pertanyaan kurang disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
2
|
Dalam menjawab
pertanyaan tidak disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk menjawab pertanyaan diskusi
|
Penilaian Sikap Sosial
(Pengamatan)
Digunakan untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam hal berperilaku ilmiah
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kejujuran dalam mencatat data hasil pengamatan
|
|||
2
|
Ketelitian dalam melakukan pengamatan
|
|||
3
|
tanggung jawab pada saat melakukan pengamatan dan setelah melakukan
pengamatan
|
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Kejujuran dalam mencatat data hasil
pengamatan
|
3
|
Menuliskan, mencatat, atau menggambar sesuai
dengan hasil pengamatan baik secara langsung maupun dari hasil pengamatan
|
2
|
Menuliskan, mencatat, atau menggambar kurang
sesuai (ada yang melihat gambar dari buku) dengan hasil pengamatan baik
secara langsung maupun dari hasil pengamatan
|
||
1
|
Menuliskan, mencatat, atau menggambar tidak
sesuai dengan hasil pengamatan
|
||
2
|
Ketelitian dalam melakukan pengamatan
|
3
|
Mengisi semua bagian struktur jamur yang
ditunjuk
|
2
|
Mengisi sebagian bagian struktur jamur yang
ditunjuk
|
||
1
|
Tidak mengisi bagian struktur jamur yang
ditunjuk
|
||
3
|
tanggung jawab pada saat melakukan
pengamatan
|
3
|
Bertanggung jawab dalam menyelesaikan semua
tugas yang ada di dalam LKPD
|
2
|
Menyelesaikan sebagian tugas yang ada di
dalam LKPD
|
||
1
|
Tidak menyelesaikan sebagian tugas yang ada
di dalam LKPD
|
Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media, Rubrik penilaian dan lainnya oleh
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
No comments:
Write komentar