Saturday, 15 April 2017

RPP Kingdom Animalia 4C RPP BIologi Kurikulum 2013








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                       

Satuan Pendidikan                              : SMAN 12 Bandung
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester                                    : X/2
Materi Pokok                                      : Dunia Hewan (Animalia)
Alokasi Waktu                                    : 12 × 45 menit
Jumlah Pertemuan                               : 4 kali

A.       Kompetensi Inti
KI 1 dan 2
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3
KI 4
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar (KD)
No
Kompetensi Dasar (KD)
3.9
Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi



4.9
Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya
Cloud Callout: Pengembangan IPK sampai mencapai KD



No
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
3.9.1.   
Mengidentifikasi ciri-ciri umum filum dalam kingdom Animalia (hewan)
4.9.1.   
Membuat tabel kompleksitas proses fisiologis berbagai jenis hewan invertebrata dari pengamatan gambar
3.9.2
Menjelaskan habitat,  cara hidup, ciri-ciri tubuh, cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan invertebrata.
4.9.2
Membuat tabel/peta konsep/charta tentang klasifikasi hewan vertebrata berdasarkan bentuk tubuh dan kompleksitas berbagai sistem organ
3.9.3
Menjelaskan habitat,  cara hidup, ciri-ciri tubuh, cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan vertebrata
4.9.3
Membuat tabel perbedaan kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata berdasarkan pengamatan objek maupun gambar.
3.9.4
Mengklasifikasikan hewan invertebrata berdasarkan ciri-ciri
4.9.4
Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya
3.9.5

Mengklasifikasikan hewan vertebrata berdasarkan ciri-ciri


Cloud Callout: Literasi: mengidentifikasi informasi, menganalisis, menyimpulkani, membuat klasifikasi3.9.6
Membandingkan  hewan invertebrata dengan hewan vertebrata berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi






Cloud Callout: Berpikir kritis, kolaboratif, dan komunikatif
 





C.    Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan pembelajaran kooperatif dalam mempelajari materi pokok tentang dunia hewan peserta didik dapat mensyukuri makhluk ciptaan Tuhan, menunjukkan perilaku cermat, teliti, rasa ingin tahu, kerjasama, dan tanggung jawab, memiliki pengetahuan dalam mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi dan memiliki keterampilan dalam menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya. 
Rounded Rectangular Callout: Literasi

 

D.    Materi Pembelajaran:
1.      Materi Fakta: Berbagai jenis hewan Vertebrata hidup di bumi.


 Ikan

Image result for Gambar kadalKadal

Ayan

Image result for Gambar kucingKucing




2.      Materi Konsep:

·         Chordata
-          Urochordata (Tunicata): Ascidiacea (contohnya, sea squirt/hewan penyemprot laut), Thaliacea (contohnya Pyrosoma sp.), Larvacea (contohnya, Oikopleura sp.).
-          Cephalochordata (lancelet), contohnya, Amphioxus sp.
-          Vertebrata: Pisces (ikan), Amphibia, Reptilia, Aves (burung), Mammalia.
·         Pisces (ikan), ciri-cirinya bernapas dengan insang/dilengkapi labirin; memiliki gelembung renang; bersisik; gurat sisi; jantung dua ruangan; peredaran darah tertutup tunggal; poikiloterm; alat ekskresi ginjal; alat pencernaan makanan lengkap (mulut – faring – esofagus – lambung – usus – rektum – anus); contohnya kuda laut, ikan lele, bandeng. 
·         Amphibia, ciri-cirinya kulit lunak dan basah; alat pernapasan insang, paru-paru, kulit; jantung tiga ruang, peredaran darah tertutup ganda; poikiloterm; alat ekskresi ginjal; alat pencernaan lengkap dari mulut hingga kloaka;  contohnya salamander dan katak.
·         Reptilia, ciri-cirinya kulit kering dan bersisik; alat pernapasan paru-paru; jantung empat ruang; peredaran darah tertutup ganda; alat ekskresi ginjal; alat pencernaan lengkap mulai dari mulut hingga kloaka; poikiloterm; contohnya kadal, penyu, buaya.
·         Aves (burung), ciri-cirinya tubuh berbulu; homoioterm; alat pencernaan lengkap (mulut – esofagus – tembolok – lambung kelenjar – empedal – usus halus – usus besar – kloaka); mulut berparuh; memiliki alat suara siring, pundi-pundi udara, sayap; jantung empat ruang; peredaran darah tertutup ganda; alat pernapasan paru-paru; alat ekskresi ginjal; contohnya ayam, beo, merpati, penguin.
·         Mammalia, ciri-cirinya hewan menyusui; berambut; alat pencernaan lengkap mulai dari mulut hingga anus; homoioterm; bernapas dengan paru-paru; jantung empat ruang; peredaran darah tertutup ganda; alat ekskresi ginjal; contohnya tikus, gajah, monyet. 
·         Peranan Hewan
-          Menguntungkan: bahan makanan (daging sapi, ikan, udang, telur), obat (madu, minyak ular), bahan sandang (sutera, kulit hewan untuk jaket dan sepatu).
-          Merugikan: hama tanaman, vektor suatu penyakit, penyakit cacingan.  

2.      Materi Prinsip
·         Hewan memiliki peranan yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia.
Ø  Menguntungkan: bahan makanan (daging sapi, ikan, udang, telur), obat (madu, minyak ular), bahan sandang (sutera, kulit hewan untuk jaket dan sepatu).
Ø  Merugikan: hama tanaman, vektor suatu penyakit, penyakit cacingan.
           
3.      Materi Prosedural
·         Klasifikasi hewan vertebrata.

E.     Metode Pembelajaran:
  • Pembelajaran kooperatif.



F.     Kegiatan Pembelajaran:

  1. Pertemuan ke-1
No IPK
IPK
3.9.1
Mengidentifikasi ciri-ciri umum filum dalam kingdom Animalia (hewan)
3.9.2
Menjelaskan habitat,  cara hidup, ciri-ciri tubuh, cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan invertebrata


  1. Pertemuan ke-2
No IPK
IPK
3.9.3
Mengklasifikasikan hewan invertebrata berdasarkan ciri-ciri
4.9.1
Membuat tabel kompleksitas proses fisiologis berbagai jenis hewan invertebrata

  1. Pertemuan ke-3
No IPK
IPK
3.9.4
Menjelaskan habitat,  cara hidup, ciri-ciri tubuh, cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan vertebrata
3.9.5
Mengklasifikasikan hewan vertebrata berdasarkan ciri-ciri
4.9.2
Membuat tabel/peta konsep/charta tentang klasifikasi hewan vertebrata berdasarkan bentuk tubuh dan kompleksitas berbagai sistem organ

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu (menit)
1.   Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan berdoa bersama  
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik, mengondisikan kelas dan pembiasaan
·         Membangun apersepsi dengan menanyakan materi tentang pengelompokan hewan invertebrata
‘ Kelas invertebrata’
·         Guru memperlihatkan gambar/film video tentang contoh-contoh hewan vertebrata yang hidup di lingkungan sekitar, misalnya ikan, ayam, katak, kadal, dan kucing sebagai motivasi
·         Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran dan penilaian yang dilakukan
·         Guru menyampaikan menekankan pentingnya bekerja dalam tim, saling berdiskusi, dan menghargai pendapat dalam proses pembelajaran
15
2.   Inti
·        Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar/film video tentang contoh-contoh vertebrata yang hidup di lingkungan sekitar, misalnya ikan, katak, kadal, ayam, dan kucing.
·        Peserta didik secara individu melakukan pengamatan gambar/ film video secara cermat dan teliti.
·        Peserta didik dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·        Membentuk kelompok kecil (misalnya, 4 orang) dengan tingkat kepandaian yang seimbang antar kelompok.
Rounded Rectangular Callout: Collaborate
Creative
Communication
Critical thinking &
Problem solving
PPK
Literasi
Cloud Callout: Melatih berpikir kritis dan pemecahan masalah; menganalisa, dan menyelesaikan suatu masalah
·        Peserta didik anggota kelompok kecil mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu pengelompokkan hewan vertebrata sesuai dengan pengetahuannya/ pengalamannya. (membuat peta konsep)(mengumpulkan informasi)
Cloud Callout: Komunikatif dan Kolaboratif; menyampaikan hasil gagasan dan ide-ide, saling melengkapi untuk memperoleh solusi yang tepat
·        Pembelajaran kooperatif (saling mengajari antar teman sekelompok) tentang materi yang dibahas, yaitu vertebrata. Dilanjutkan diskusi kelas. (mengomunikasikan)
·        Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang pengelompokka hewan vertebrata.
·        Rounded Rectangular Callout: Literasi

Secara klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·        Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa.
100
3.   Penutup
·         Resume: Guru membimbing peserta didik membuat  kesimpulan tentang pengelompokkan hewan vertebrata.
·         Refleksi: Memberikan pertanyaan  (kuis) berkaitan dengan vertebrata.
·         Tindak lanjut: Penugasan membuat pengelompokkan hewan vertebrata berdasarkan bentuk tubuh dan kompleksitas berbagai sistem organ.Cloud Callout: Berpikir kritis dan pemecahan masalah, Kreatif, dan HOTS, serta Penguasaan Literasi

·         Menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
20


  1. Pertemuan ke-4
No IPK
IPK
3.9.6
Membandingkan  hewan invertebrata dengan hewan vertebrata berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi
4.9.3
Membuat tabel perbedaan kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata berdasarkan pengamatan objek maupun gambar
4.9.4
Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya

G.       Sumber Belajar/Bahan Ajar/Alat
1.      Sumber belajar:
·         Buku teks Biologi SMA/MA kelas X, Program peminatan kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIPA), Bab 8.
·         Campbell N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th ed.  Benjamin Cummings Publishing Company, Inc., Redword City, England

2.      Media/Alat:
·         Komputer, Proyektor, Gambar Hewan Vertebrata, fasilitas internet ( modem).

H.       Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian:
No.
Aspek
No. IPK
IPK
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
1.
Pengetahuan
3.9.4
Menjelaskan habitat,  cara hidup, ciri-ciri tubuh, cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan vertebrata
Tes Tertulis
PG



3.9.5
Mengelompokkan hewan vertebrata berdasarkan ciri-ciri
Tes Tertulis
PG
Uraian
2.
Keterampilan
4.9.2
Membuat tabel pengelompokkan hewan vertebrata berdasarkan bentuk tubuh dan kompleksitas sistem organ berbagai
Penugasan
Portofolio
3
Sikap

Aspek Sikap:
ü  Berdoa secara khusu
ü  Bersyukur
ü  Cermat
ü  Teliti
ü  Rasa ingin tahu
ü  Jujur
ü  Kerjasama
Observasi


Instrumen Penilaian 

Instrumen Penilaian  Kompetensi  Sikap:
Untuk sikap akan dilihat peserta didik yang memiliki sikap yang sangat positif terhadap kelima sikap di atas, dan hasilnya akan dicatat dalam jurnal sebagai berikut;
TANGGAL
NO.
NAMA
CATATAN PENTING SISWA
(Bisa positif atau negatif)
KET.

1.



2.



3.



4.



Dst









Hasil penilaian sikap dalam jurnal akan direkap dalam satu semester dan diserahkan ke wali kelas, untuk dipertimbangkan dalam penilaian sikap dalam rapor (menunjang penilaian sikap dari guru PAI dan guru PPKN).
                               


               






















Instrumen Penilaian  Kompetensi  Keterampilan:

        INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO


Indikator:
·         Membuat tabel perbedaan kompleksitas sistem organ berbagai jenis hewan vertebrata berdasarkan pengamatan objek maupun gambar. 

Aspek penilaian      : Keterampilan
Judul kegiatan        : Pengelompokkan  Hewan Vertebrata (Pengamatan Morfologi dan  Anatomi)
Tanggal Penilaian  : 
Kelas                        :

                                           
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Penulisan yang benar
Kebenaran konsep
Ketepatan menjawab pertanyaan
Kesesuaian dengan kompetensi
1.







2.







3.







4.







5.







6.







                Pedoman Penskoran :
                1 = jika tidak benar/tidak tepat/tidak lengkap/tidak sesuai
                2 = Jika Kurang benar/ tepat/ lengkap/kurang sesuai
                3 = jika tepat/benar/ lengkap/sesuai
               
Penilaian:
                Jumlah SKOR X 100
                                4
               
                               


















Instrumen Penilaian  Kompetensi  Pengetahuan:
               

               
No.
IPK
Materi
Level
Indikator Soal
Soal
Kunci
1.
Menjelaskan habitat,  cara hidup, ciri-ciri tubuh, cara reproduksi, peranannya bagi kehidupan berbagai hewan vertebrata
Hewan Vertebrata
Pengetahuan/
pemahaman
Disajikan beberapa macam ikan, peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok ikan bertulang rawan dengan benar
Berikut ini berbagai macam ikan yang kita kenal
1)  Ikan pari
2)  Ikan salem
3)  Ikan hiu
4)  Ikan gurame
5)  Ikan mas
Kelompok ikan bertulang rawan (chondrichtyes) adalah….
A.     1 dan 3
B.     2 dan 4
C.     3 dan 5
D.     3 dan 4
E.      4 dan 5

A










Pengetahuan/
pemahaman
Disajikan beberapa ciri organisme tertentu, peserta didik menyebutkan kelompok kelas organisme tersebut dengan tepat
Ditemukan suatu organisme dengan ciri-ciri:
(1) tubuh memiliki sisik
(2) rangka tersusun atas endoskeleton
(3) bertulang belakang
(4)bernapas dengan paru-paru
(5) tipe reproduksi ovipar
Didalam klasifikasi makhluk hidup, organisme yang memiliki ciri-ciri tersebut termasuk dalam kelas….
A.     Chondroictyes
B.     Amphibia
C.     Reptilia
D.     Aves
E.      Mamalia

C














2
Mengelompokkan hewan vertebrata berdasarkan ciri-ciri
Hewan Vertebrata
Penalaran
Disajikan hasil pengamatan  ciri sejumlah hewan tertentu, peserta didik menentukan ciri kelompok hewan tertentu dengan tepat
Hasil pengamatan sejumlah hewan, tercatat ciri – ciri sebagai berikut :
1)      Memiliki alat gerak
2)      Reproduksi secara vivivar
3)      Memiliki kelenjar mamae
4)      Bernafas dengan paru – paru
5)      homoioterm
Hewan yang digolongkan dalam kelompok mamalia memiliki ciri khasnya, yaitu
https://tse2.mm.bing.net/th?id=OIP.tVBHVhCC4jexZly2crV5OwEsDI&pid=15.1&P=0&w=265&h=178 https://tse2.mm.bing.net/th?id=OIP.sg9FK6tqsyEJrGEzakK_KAEsD6&pid=15.1&P=0&w=194&h=162
            A

https://tse3.mm.bing.net/th?id=OIP.Md2059ea3e825893ae8c57a2bcbbff6d4o0&pid=15.1&P=0&w=181&h=158  https://tse1.mm.bing.net/th?id=OIP.Z90U01SaY7WiUoxXuU1Q_QEsCW&pid=15.1&P=0&w=309&h=156
          B
https://tse4.mm.bing.net/th?id=OIP.6xrn0EeiXv920lV9tinoTQEsDH&pid=15.1&P=0&w=292&h=195https://tse3.mm.bing.net/th?id=OIP.ZZxuas0Ly_DaNNJQHcKEzQEsEh&pid=15.1&P=0&w=167&h=162
   C
https://tse4.mm.bing.net/th?id=OIP.GlvnjmCmOzuNgCOV1ZL1IAEsDW&pid=15.1&P=0&w=232&h=167  https://tse4.mm.bing.net/th?id=OIP.m2km2vkmfHwpadFlbyzDWQEsDh&pid=15.1&P=0&w=228&h=172
           D           
https://tse4.mm.bing.net/th?id=OIP.6xrn0EeiXv920lV9tinoTQEsDH&pid=15.1&P=0&w=292&h=195https://tse4.mm.bing.net/th?id=OIP.m2km2vkmfHwpadFlbyzDWQEsDh&pid=15.1&P=0&w=228&h=172 
E    






E



Penalaran
Disajikan beberapa gambar hewan vertebrata, peserta didik dapat Mengelompokkan dan memberikan alasan pengelompokkan  hewan-hewan tersebu dengan tepat

Perhatikan gambar di bawah ini!
https://tse4.mm.bing.net/th?id=OIP.0K0ntdCwk9pvU8t6F_SFGgEiCu&pid=15.1&P=0&w=260&h=157
Berdasarkan gambar di atas, buatlah pengelompokkan hewan berdasarkan kelas, dan jelaskan alasannya

Kunci :
Mammalia : Jerapah, Gajah, anjing
Reptilia :  Kura-kura, ular, kadal
Pisces : ikan
Amphibi: katak
Aves: burung, bebek











Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
Pembelajaran Remedial
a.    Mengulang konsep Dunia Hewan vertebrata bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan; (dengan teknik tutor sebaya)
b.    Mengulang pembelajaran konsep Dunia Hewan vertebrata bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi minimal yang ditetapkan (dengan teknik pembelajaran ulang oleh guru)
c.    Memberikan perbaikan bagi peserta didik yang belum mampu memahami  tentang Dunia Hewan vertebrata dengan teknik pembelajaran ulang;
d.   Memberikan perbaikan bagi peserta didik yang belum mampu berkreasi dalam membuat tabel/peta konsep/charta tentang klasifikasi hewan vertebrata berdasarkan ciri(dengan teknik penugasan).


Pembelajaran Pengayaan
a.    Memberi kegiatan pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai batas ketuntasan atau melebihi target pencapaian konsep Dunia Hewan vertebrata, dengan memberikan perluasan materi atau peningkatan kompetensi (menyiapkan modul pembelajaran pengayaan);
b.    Peserta didik yang sudah  terampil memahami  tentang berkreasi dalam membuat tabel/peta konsep/charta tentang klasifikasi hewan vertebrata berdasarkan ciri dengan penugasan dan mampu menyajikan model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya tentang klasifikasi hewan vertebrata
c.    Memberikan apresiasi terhadap hasil kerja peserta didik (misal: dipajangkan, digandakan, diumumkan terbuka, dsb.)















1 comment:
Write komentar