Saturday, 15 April 2017

RPP Fungi / Jamur RPP Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SMA Negeri 1 Lembang
Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas /Semester           : X MIPA/Ganjil
Materi Pokok                : Jamur
Alokasi waktu               : 3 minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan 2
Menumbuhkan kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsive, dan pro aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3
KI 4
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.

Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
KD Pengetahuan
No
KD Keterampilan
3.6
Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan

4.6
Menyajikan laporan hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
No
IPK Pengetahuan
No
IPK Keterampilan
3.6.1
Membuat preparat basah pengamatan struktur protista


3.6.2
Menggambar hasil pengamatan
4.6.1
Membandingkan hasil pengamatan hasil pengamatan antara jamur air, lendir dan alga
3.6.3
Mengidentifikasi jenis-jenis protista



3.6.4
Mengklasifikasi jenis-jenis protista
4.6.2
Menyusun laporan tertulis hasil pengamatan protista mirip hewan, jamur dan alga
3.6.5
Mendiskusikan peranan rotista dalam kehidupan sehari-hari
4.6.3
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan

C.        Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode pembelajaran cooperative learning, praktikum, diskusi dan tanya jawab, peserta didik dapat:
1.       Membuat preparat basah pengamatan struktur Protista
2.      Menggambar hasil pengamatan
3.      Mengidentifikasi jenis-jenis Protista berdasarkan keimiripannya
4.      Mengklasifikasi jenis-jenis rotista
5.      Menentukan peranan rotista dalam kehidupan sehari-hari
sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan  prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasama.

D.     Materi Pokok Pembelajaran
1.      Ciri-ciri umum protista dan penggolongannya
2.      Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold dan jamur air)
3.      Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) 
4.      Ciri-ciri umum protista mirip hewan (protozoa)
5.      Peranan protista dalam kehidupan
E.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                                        : Saintifik
2.      Metode dan Model Pembelajaran   :
Pertemuan
No IPK
Metode dan Model Pembelajaran
I
3.6.1
3.6.2
4.6.1

Cooperative Learning
Praktikum
Diskusi
Tanya jawab
II
dan
III
3.6.3
3.6.4
3.6.5
4.6.2
4.6.3
Cooperative Learning
Diskusi
Tanya jawab
F.      Alat, Media
1)    Alat
LCD, laptop, spidol, papan tulis.
2)    Media
a)     LKPD X/3.6-1 Struktur Protista
b)     LKPD X/3.6-2 Klasifikasi dan Peranan Protsta
c)      Video :
-          The bioluminescence phenomenon
-          Introduction of Protista
d)     Gambar :
-          Gambar beragam jenis Protista
-          Gambar Protista dalam filumnya

G.     Sumber Belajar
1.         Video, power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topic Protista
2.          Buku teks biologi
a.    Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA kelas XI. Jakarta : Erlangga.
b.   Campbell N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th ed.  Benjamin Cummings Publishing Company, Inc., Redword City, England.

H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (3 x 45 menit)
No IPK
IPK
3.6.1
Membuat preparat basah pengamatan struktur protista
3.6.2
Menggambar hasil pengamatan
4.6.1
Membandingkan hasil pengamatan hasil pengamatan antara jamur air, lendir dan alga

Pertemuan 1
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
I. Pendahuluan
Guru:
Orientasi
  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
  2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sifat disiplin (PPK)
  3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi (4C: Critical thinking)
  1. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman siswa dengan materi sebelumnya, yaitu tentang Monera
  2. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan, contohnya:
a.       Kalian telah mempelajari tentang Kingdom Monera. Apa saja yang menjadi ciri utama kingdom Monera?
b.      Jika makhluk prokariotik adalah makhluk yang tidak memiliki membran inti, maka apa nama makhluk yang memiliki membran inti?

Motivasi
  1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari Protista dalam kehidupan sehari-hari misalnya bagaimana cara mencari tahu air yang bersih dan air yang tercemar.
  2. Apabila materi ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka siswa diharapkan dapat menjelaskan tentang cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
  4. Mengajukan pertanyaan, contohnya: (4C: Critical thinking)
a.       Jika untuk menentukan air berih dari bakteri kita mengunakan media agar, bagaimana cara membuktikan air yang kita konsumsi bersih dari protista?
b.      Bagaimana cara membuat preparat basah protista?

Memberikan Acuan
1)     Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu melakukan praktikum, dan diskusi kelompok, kemudian mempresentasikannya di depan kelas
2)     Pembagian kelompok belajar
10 menit


































II. Kegiatan Inti
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran

Stimulation

(Mengamati)
Siswa diberi rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  tentang     cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista   dengan cara:
·         Mengamati
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) X/3.6-1 tentang klasifikasi protita
·         Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar tentang  tentang   cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi (PPK).
·         Melihat
Melihat video yang ditayangkan oleh guru: The bioluminescence phenomenon
5 menit
Problem Statement

(Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan LKPD yang diberikan dan video yang ditampilkan (dimulai dari pertanyaan faktual ampai ke pertanyaan hipotetik) yang dapat diajawab melalui kegiatan belajar, untuk  mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. (PKK), contohnya:
  • Mengapa perairan itu mengeluarkan cahaya berpendar?
  • Bagaimana membuktikan di dalam perairan terdapat makhluk hidup yang dapat berpendar?
  • Apakah cara yang digunakan untuk mengetahui makhluk hidup di perairan akan selalu sama?
5 menit
Data collection


(Mengumpulkan data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
·         Aktivitas: melakukan praktikum pembuatan preparat basah pengamatan struktur Protista dari sampel air yang dibawa siswa (air sawah, air kolam, air solokan, dan air kultur jerami)
·         Membaca sumber lain selain buku teks: mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan tentang   cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista (literasi)
·         Mengumpulkan informasi: mencatat semua hasil diskusi   cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista, mencari referensi.
·         Menggambar struktur protista yang ditemukan dalam lembar pengamatan yang disediakan.
25 menit
Data Procesing


(Menalar)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara: (4C: Collaborative)
·         Mendiskusikan: membahas hasil pembuatan preparat bassah
·         Mengolah informasi hasil praktikum cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista yang telah dikumpulkan. (HOTS)
·         Peserta didik mendiskuikan hasil diskusi dan memverifikasi hasilnya dengan data atau teori pada buku sumber. (literasi)
Generalization


(Menarik kesimpulan dan mengomunikasikan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan, melalui: (4C: Communicative)
·         Mempresentasikan atau menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang   cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista secara lisan dan tulisan, serta media lainnya
·         Memberi pendapat, tanggapan atau pertanyaan kepada kelompok presenter
·         Menyimpulkan poin penting tentang    cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista
35 menit
Catatan:
Selama pembelajaran  cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan.


III. Penutup
Siswa:
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran  tentang  cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista  yang baru dilakukan.
·         Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran tentang   cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista  yang baru diselesaikan, dengan cara: menyusun data hasil praktikum dalam berbagai bentuk media (misalnya slide powerpoint disertai gambar dan foto dokumentasi). (4C: Creative)
·         Mengagendakan materi atau tugas yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah yaitu tentang klasifikasi protita dengan membaca materi dan membuat ringkasan,

Guru:
·         Memeriksa pekerjaan peserta didik tentang cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista
·         Siswa yang selesai mengerjakan tugas membuat data hasil diskusi dalam bentuk slide power point, dinilai dan diberi nomor urut peringkat.
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik dalam materi  tentang  cara membuat  preparat basah pengamatan struktur protista
10 menit

Pertemuan 2-3 (6 x 45 menit)
No IPK
IPK
3.6.3
Mengidentifikasi jenis-jenis protista
3.6.4
Mengklasifikasi jenis-jenis protista
3.6.5
Mendiskusikan peranan Protista dalam kehidupan sehari-hari
4.6.2
Menyusun laporan tertulis hasil pengamatan protista mirip hewan, jamur dan alga
4.6.3
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan

Pertemuan 2-3
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
I. Pendahuluan
Guru:
Orientasi
  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
  2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sifat disiplin (PPK)
  3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Apersepsi (4C: Critical thinking)
  1. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman siswa dengan materi sebelumnya, yaitu tentang struktur protista
  2. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan, (4C: Critical thinking) contohnya:
a.       Bagaimana bentuk protista yang kamu amati?
b.      Adakah perbedaan pada beberapa protista yang kamu amati?
c.       Apa persamaan atau ciri umum protista berdasarkan pengamatanmu?

Motivasi (4C: Critical thinking)
  1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari  klasifikasi dan peranan Protista dalam kehidupan sehari-hari misalnya bagaimana memanfaatkan protista berdasarkan struktur dan sifatnya.
  2. Apabila materi ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka siswa diharapkan dapat menjelaskan  klasifikasi dan peranan Protista
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
  4. Mengajukan pertanyaan, contohnya: (4C: Critical thinking)
a.       Jika makhluk hidup dapat diklasifikasikan dengan ssuatu dasar, maka apa yang akan menjadi dasar klasifikasi Protista?
b.      Bagaimana klasifikasi pada protista?
c.       Apa saja peranan pada protista?


Memberikan Acuan
1)     Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu melakukan diskusi kelompok dan kajian pustaka, kemudian mempresentasikannya di depan kelas
2)     Pembagian kelompok belajar
10 menit


































II. Kegiatan Inti
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran

Stimulation

(Mengamati)
Siswa diberi rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi  tentang  klasifikasi dan peranan Protista   dengan cara:
·         Mengamati
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) X/3.6-2  tentang  klasifikasi dan peranan Protista
·         Menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar tentang  tentang   klasifikasi dan peranan Protista untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi (PPK).
·         Melihat
Melihat video yang ditayangkan oleh guru: introduction to Protist
5 menit
Problem Statement

(Menanya)
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan LKPD yang diberikan dan video yang ditampilkan (dimulai dari pertanyaan faktual ampai ke pertanyaan hipotetik) yang dapat diajawab melalui kegiatan belajar, untuk  mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. (PKK), contohnya:
  • Apa persamaan yang dimiliki oleh makhluk tersebut (alga, protozoa, dan jamur lendir) sehingga dimaukkan dalam protita?
  • Bagaimana Protista dikelompokkan?
  • Apakah protista dapat menguntungkan atau merugikan manusia?
5 menit
Data collection


(Mengumpulkan data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
·         Aktivitas: melakukan diskusi kelompok mengenai klasifikasi dan peranan Protista (literasi).
·         Membaca sumber lain selain buku teks: mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber untuk menambah pengetahuan tentang   peranan Protista (literasi)
·         Mengumpulkan informasi: mencatat semua hasil diskusi  tentang klasifikasi dan peranan Protista
25 menit
Data Procesing


(Menalar)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara: (4C: Collaborative)
·         Mendiskusikan: membahas hasil diskusi
·         Mengolah informasi hasil diskusi klasifikasi dan peranan Protista yang telah dikumpulkan. (HOTS)
Generalization


(Menarik kesimpulan dan mengomunikasikan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan, melalui: (4C: Communicative)
·         Mempresentasikan atau menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang   klasifikasi dan peranan Protista secara lisan dan tulisan, serta media lainnya
·         Memberi pendapat, tanggapan atau pertanyaan kepada kelompok presenter
·         Menyimpulkan poin penting tentang    klasifikasi dan peranan Protista
·         Mempresentasikan hasil percobaan yang telah dilakukan
35 menit
Catatan:
Selama pembelajaran   klasifikasi dan peranan Protista berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan.
15’
III. Penutup
Siswa:
·         Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran  tentang   klasifikasi dan peranan Protista yang baru dilakukan.
·         Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran   klasifikasi dan peranan Protista yang baru diselesaikan, dengan cara: membuat laporan hasil pengamatan dan bahan presentasi klasifikasi dan peranan protista. (4C: Creative)
·         Mengagendakan materi atau tugas yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah yaitu tentang kingdom jamur dengan membaca materi dan membuat ringkasan,

Guru:
·         Memeriksa pekerjaan peserta didik tentang  klasifikasi dan peranan Protista
·         Siswa yang selesai mengerjakan tugas membuat data hasil diskusi dalam bentuk laporan maupun slide power point, dinilai dan diberi nomor urut peringkat.
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik dalam materi  tentang    klasifikasi dan peranan Protista
10 menit


I.       Penilaian Hasil Belajar
Pertemuan 1
IPK
Ranah Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
-
Afektif
Observasi selama pembelajaran dan presentasi
Daftar cek sikap
Instrument terlampir
3.6.1
3.6.2
Kognitif
Tes tertulis
Tes Objektif: Pilihan Ganda
Instrument terlampir
4.6.1
Psikomotor
Penilaian Kinerja Proses:
Keselamatan kerja dan pengamatan
Rubrik penilaian kinerja Proses: keselamatan kerja
Instrument terlampir

Pertemuan 2-3

IPK
Ranah Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
-
Afektif
Observasi selama pembelajaran dan presentasi
Daftar cek sikap
Instrument terlampir
3.6.3
3.6.4
3.6.5
Kognitif
Tes tertulis
Tes Objektif: Pilihan Ganda bervariasi
Instrument terlampir
4.6.2
4.6.3
Psikomotor
Penilaian Kinerja Produk:
Rancangan percobaan
Laporan hasil pengamatan
Media Power Point
Rubrik penilaian kinerja produk:
Laporan hasil pengamatan
Media presentasi
Instrument terlampir

Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media, Rubrik penilaian dan lainnya oleh
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd



No comments:
Write komentar