RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Identitas
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : X / 2
Topik : Ekosistem
Sub Topik :
Komponen penyusun ekositem, Interaksi
mahluk hidup, aliran energi, siklus biogekimia.
Alokasi Waktu : 6 x
45 Menit
B.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI3
|
:
|
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
C. KOMPETENSI DASAR
3.10
|
:
|
Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang
ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya.
|
4.10
|
:
|
Mensimulasi-kan interaksi antar komponen dalam suatu ekosistem
|
D. INDIKATOR, TPK, MATERI
No
|
Indikator
|
Tujuan pembelajaran khusus
|
3.10.1
|
Mengidentifikasi
komponen penyusun ekosistem
|
Setelah mengamati lingkungan sekitar siswa dapat mengidentifikasi
komponen penyusun ekosistem biotik
dan abiotik dengan benar.
|
3.10.2
|
Mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan
abiotik, serta biotik dan biotik lainnya
|
Setelah mengidentifikasi komponen penyusun ekosistem
siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik,
serta biotik dan biotik lainnya dengan benar
|
3.10.3
|
Memprediksi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan
ekosistem
|
Setelah melakukan simulasi dengan guru siswa dapat memprediksi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keseimbangan
ekosistem
|
3.10.4
|
Mendeskripsikan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem
|
Setelah melakukan simulasi dengan guru siswa dapat mendeskripsikan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem
|
3.10.5
|
Menjelaskan
interaksi dalam ekosistem
|
Setelah melakukan simulasi dengan guru siswa dapat
menjelaskan interaksi dalam ekosistem
|
3.10.6
|
Mendeskripsikan
jenis-jenis interaksi juga berbagai kemungkinan yang terjadi dalam interaksi
|
Setelah melakukan studi literatur siswa dapat mendeskripsikan
jenis-jenis interaksi juga berbagai kemungkinan yang terjadi dalam interaksi
|
3.10.7
|
Menjelaskan peran mikroorganisme/organisme dalam
berbagai daur biogeokimia
Menguraikan komponen ekosistem dari hasil pengamatan
|
Setelah mengamati daur biogeokimia siswa dapat
menjelaskan peran mikroorganisme/organisme dalam berbagai daur biogeokimia
Menguraikan komponen ekosistem dari hasil pengamatan
|
3.10.8
|
Membuat
bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang
berlangsung dalam ekosistem
|
Membuat
bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang
berlangsung dalam ekosistem
|
3.10.9
|
Menganalisis jika terjadi ketidakseimbangan
hubungan antar komponen (karena faktor alami dan akibat perbuatan
manusia)
|
Setelah mengamati vidio suksesi siswa dapat menganalisis jika
terjadi ketidakseimbangan hubungan antar komponen (karena faktor
alami dan
akibat perbuatan manusia)
|
4.10.1
|
Mensimulasi-kan interaksi antar komponen dalam suatu ekosistem
|
Setelah
memahami komponen penyusun ekosistem, aliran energi dan rantai makanan sisa
dapat mensimulasi-kan interaksi antar komponen dalam suatu ekosistem
|
E. METODE, PENDEKATAN, SUMBER dan MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Metode : Pengamatan dan Demonstrasi.
b.
Pendekatan : Saintifik
c.
Sumber Pelajaran
1.Untuk Siswa :Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo Media
Pratama:Bandung
2. Untuk Guru : Campbell, N. 2003. Biologi. Erlangga: Jakarta
d.
Media Pembelajaran :
1.
Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD)
2.
Slide PPT
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang ekosistem
b. Apersepsi,
1.
Coba amati gambar beberapa contoh ekosistem darat, ceritakan perbedaanya?
2.
Apakah yang menyebabkan perbedaan tersebut?
Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
Mengamati ekosistem
dan komponen yang menyusunnya
Menanya
Peserta didik
dimotivasi untuk menanyakan tentang:
·
Apa saja komponen
ekosistem dan bagaimana hubungan antar komponen?
·
Bagaimana terjadi
aliran energi di alam?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Melakukan
pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi
komponen-komponen yang menyusun ekosistem
· Menganalisi
hubungan antara komponen biotik dan abiotik serta hubungan antara biotik dan
biotik dalam ekosisten tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan
lingkungan (demonstrasi dengan guru)
· Mendiskusikan
kemungkinan yang dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidak seimbangan
lingkungan
· Mengamati adanya interaksi
dalam ekosistem dan aliran energi (demonstrasi dengan guru)
·
Mendiskusikan ketidakseimbangan lingkungan dan memprediksi kemungkinan yang akan
terjadi akibat hal tersebut
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan data
berbagai komponen ekosistem dan mengaitkannya dengan keseimbangan ekosistem
yang ada
·
Menyimpulkan bahwa di
alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya
rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa berlangsung
Mengkomunikasikan
Menjelaskan
secara lisan komponen ekosistem, aliran energi, ketidak seimbangan ekosistem
dan akibatnya.
|
10 Menit
10 Menit
20 Menit
20 Menit
10 Menit
|
3
|
Penutup
|
·
Siswa dibimbing oleh guru, mereview hasil pembelajaran yang sudah mereka
pelajari hari ini
·
Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang berkinerja baik
·
Guru memberikan soal kuis kepada siswa untuk mengukur tingkat kepahaman
siswa
·
Guru memberi salam penutup dan
mengakhiri pembelajaran
bersama-sama siswa dengan mengucapkan hamdalah
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-2
|
|||
1
|
Pendahuluan
|
Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang ekosistem
Apersepsi,
Mengamati hujan.
Guru
menyampaikan inti tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
mengamati video
terbentuknya hujan dari proses penguapan.
Menanya
Peserta didik
menanyakan tentang:
·
Siklus apa saja yang
berlangsung di alam untuk menjaga keseimbangan seperti yang ada di teks atau
video?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
· Mendiskusikan daur biogeokimia
menggunakan bagan/charta
· Mendiskusikan ketidakseimbangan
lingkungan yang mana yang menyebabkan kerusakan daur
tersebut dan memprediksi kemungkinan yang akan
terjadi akibat ke tidak seimbangan tersebut
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan dan
menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan antara komponen dan proses
biogeokimia
·
Menyimpulkan bahwa di
alam jika terjadi ketidak seimbangan komponen ekosistem termasuk daur
biogeokimia, harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses bisa
berlangsung
Mengkomunikasikan
·
Menjelaskan secara
lisan daurbiogeokimia dan perannya dalam ekosistem
·
Membuat charta daur biogeokimia salah satu unsur.
|
10 Menit
10 Menit
20 Menit
20 Menit
10 Menit
|
3
|
Penutup
|
·
Siswa dibimbing oleh guru, mereview hasil pembelajaran yang sudah mereka
pelajari hari ini
·
Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang berkinerja baik
·
Guru memberikan soal kuis kepada siswa untuk mengukur tingkat kepahaman siswa
Guru
memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajaran bersama-sama siswa dengan
mengucapkan hamdalah
|
10 Menit
|
G. Penilaian Proses dan
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
a)
Penilaian Pengetahuan :
Tes objektif : Pilihan Ganda
b)
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
kerja kelompok
c)
Penilaian Keterampilan
: Simulasi Interaksi Ekosistem
2.
Instrumen
Penilaian (terlampir)
Analisis
Materi
·
Komponen
ekosistem:
- Komponen abiotik (udara,
air, tanah, garam mineral, sinar matahari, suhu, kelembapan, pH).
- Komponen biotik (bakteri,
jamur, ganggang, tumbuhan, hewan, manusia).
·
Interaksi
antarspesies:
-
Netralisme
merupakan hubungan antara makhluk hidup berbeda jenis yang tidak saling
mempengaruhi, meskipun makhluk hidup tersebut berada dalamhabitat yang
sama. Disebut Netralisme ialah jika terjadi perbedaan dalam jenis
asupan pakannya. Contohnya, interaksi antara kucing dan ayamdi kebun.
Kucing dan ayam tidak saling mempengaruhi karena mempunyai jenis makanan yang
berbeda di antara yang satu dengan yang lain.
Hubungan ini tidak bersifat saling menguntungkan ataupun saling merugikan.
-
Kompetisi,
berarti persaingan dua organisme atau lebih
untuk mendapatkan kebutuhan hidup mereka. Berdasarkan kebutuhan tersebut
kompetisi dibagi menjadi: Kompetisi
teritorial yaitu kompetisi
untuk memperebutkan wilayah atau teritori tempat tinggal organisme, hal ini
berkaitan dengan kompetisi selanjutnya. Kompetisi
makanan yaitu kompetisi untuk
memperebutkan mangsa atau makanan dari wilayah-wilayah buruan
- Komensalisme, adalah di
mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan
tidak diuntungkan Contoh Anggrek (menumpang tempat hidup)
dengan Pohon Mangga
-
Amensalisme, yaitu saat
satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan
contoh : Pohon Walnut dengan tumbuhan lainnya (tidak dapat hidup karena pohon
walnut menghasilkan senyawa alelopati.
-
Parasitisme,
adalah di mana pihak yang satu mendapat
keuntungan dan merugikan pihak lainnya contoh Tanaman benalu (mendapat sari makanan) dengan inangnya (diambil sari
makanannya).
-
Predasi,
yaitu
hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab
tanpa mangsa, predator tak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi
sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh : Singa dengan mangsanya, yaitu
kijang, rusa,dan burung hantu dengan tikus
-
Protokooperasi,
yaitu hubungan antara dua organisme yang berbeda
spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak, namun kedua organisme
tersebut tidak hidup berdampingan atau bersama. Contoh : Kupu-kupu dengan bunga, kupu-kupu memperoleh nektar dan bunga
telah dibantu penyerbukannya oleh kupu-kupu.
-
Mutualisme.
Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme
yang berbeda spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak, serta kedua
organisme tersebut hidup berdampingan atau bersama. Contoh, bakteri
flagelatayang hidup pada usus rayap, membantu proses pencernaan rayap, dan
flagelata mendapatkan tempat hidup yang sesuai.
·
Aliran
energi dan siklus materi dalam ekosistem terjadi melalui rantai makanan dan
jaring-jaring makanan.
- Rantai makanan,
merupakan proses makan dan dimakan di antara organisme dengan urutan satu arah
yang mengakibatkan terjadinya perpindahan energi dari satu organisme ke
organisme yang lainnya.
- Jaring-jaring
Makanan, rantai-rantai makanan yang saling berhubungan
·
Piramida
ekologi: piramida jumlah, piramida biomassa, piramida energi.
-
Piramida
biomassa, dapat dinyatakan sebagai diagram yang mengambarkan perpaduan massa seluruh
makhluk hidup di habitat tertentu yang diukur dan dinyatakan dalam satuan gram.
-
Piramida
Energi, memperlihatkan jumlah energi yang dipindahkan dari satu tingkat ke
tingkat diatasnya dalam suatu jarring makanan.
·
Produktivitas:
produktivitas primer dan sekunder.
·
Siklus
biogeokimia:
1. Siklus karbon
2. Siklus nitrogen
3. Siklus Air
4. Siklus Fosfor
5. Siklus
Sulfur
·
Dinamika
Komunitas
- Perubahan komunitas siklis, terjadi pada periode tertentu, tetapi mudah
kembali ke keadaan yang hampir sama dengan keadaan sebelumnya.
- Perubahan komunitas non-siklis adalah perubahan komunitas yang terjadi
secara drastis dengan kondisi komunitas cenderung berubah secara permanen.
·
Suksesi
-
Suksesi primer adalah
suksesi yang terjadi pada lahan atau wilayah yang mula-mula tidak bervegetasi
atau lahan yang pernah bervegetasi, tetapi mengalami gangguan berat hingga
komunitas asal hilang secara total atau tidak ada lagi kehidupan.
-
Suksesi sekunder adalah suksesi yang terjadi pada
lahan atau wilayah yang pada awalnya telah bervegetasi sempurna, kemudian
mengalami kerusakan, tetapi tidak sampai menghilangkan komunitas asal secara
total.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
NO
|
INDKATOR
|
SOAL
|
JENJANG
|
JAWABAN
|
1
|
Mengidentifikasi komponen penyusun
ekosistem
|
Perhatikan Gambar Ekosistem Berikut
Tentukan komponen biotik yang berada
pada gambar …
a. air, rusa, katak, rumput
b. udara, air, kura-kura
c. air, kura-kura, capung
d. rusa, udara, rumput
e. rusa, rumput, ikan
|
C3
|
E
|
2
|
Mendeskripsikan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem
|
Di sebuah desa daerah pantai dengan
curah hujan rendah tidak ditemukan penduduk yang memelihara kuda. Jika
kaitannya dengan Interaksi Hal apa
yang menyebabkan penduduk tidak memelihara kuda…
a. ketersedian makanan kuda sangat minim
b. kuda tidak cocok pada habitat kering.
c. tidak tersedianya air untuk minum
d. kuda mencemari lingkungan
kuda sulit bereproduksi dengan
lingkungan panas
|
C4
|
A
|
3
|
Menjelaskan interaksi dalam ekosistem
|
Perhatikan Gambar. 2 berikut.
Jika dilakukan perburuaan ular atau
ular ditiadakan, apa yang akan terjadi …
a. elang tidak dapat makan, dan populasi katak
meningkat.
b. populasi ayam dan katak akan semakin banyak
c. populasi elang dan ayam akan semakin banyak
d. populasi tikus dan katak semakin banyak,
sedangkan ayam akan berkurang
e. tidak akan berpengaruh terhadap setiap
individu.
|
C4
|
D
|
4
|
Menjelaskan peran
mikroorganisme/organisme dalam berbagai daur biogeokimia
Menguraikan
komponen ekosistem dari hasil pengamatan
|
Pada sawah yang ditanami tumbuhan Azolla piñata (tumbuhan penghasil
Amoniak) ternyata memiliki kesuburan tanah yang baik. Jika hubungannya dengan
daur biogekimia, daur mana yang berpengaruh pada kejadian tersebut ….
a. Nitrogen
b. Oksigen
c. Carbon
d. Fosfor
e. Air
|
C3
|
A
|
5
|
Membuat bagan tentang interaksi antar
komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem
|
Dalam suatu ekosistem
kolam terdapat :
1) ikan karnivora 2) bakteri pengurai 3) Fitoplankton 4) ikan herbivora 5) zat-zat organik dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya . . . a. 2, 5, 3, 4, dan 1 b. 5, 3, 4, 1, dan 2 c. 3, 4, 1, 5, dan 2 d. 5, 3, 4, 2, dan 1 e. 3, 4, 5, 1, dan 2 |
C4
|
|
6
|
Menganalisis jika terjadi ketidakseimbangan
hubungan antar komponen (karena faktor alami dan akibat perbuatan
manusia)
|
Jika suatu komunitas
mendapat gangguan ulah manusia menebangi pohon, tentukan dampak yang akan
terjadi.
a. Terjadi banjir, longsor dan hilangnya
komunitas burung dan serangga.
b. Terjadi longsor, kebakaran hutan, dan
susksesi
c. Terjadi kebakaran hutan, suksesi dan Oksigen
bertambah banyak
d. Terjadi banjir, longsor, dan suksesi
e. Terjadi banjir, longsor dan hilangnya
komunitas harimau
|
A
|
Lembar
Pengamatan Sikap
1.)
Pengamatan perilaku ilmiah
No
|
Nama
Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajardan bekerja
|
Keterampilan
berkomunikasi saat diskusi
|
Jumlah
|
||||||||
3
|
3
|
2
|
1
|
2
|
1
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
Rubrik
penilaian perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu
namun tidak antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam
pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian
dalam melakukan pengamatan
|
3: mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati hasil percobaan
sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil percobaan sesuai
prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam menyelesaikan
tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Keterampilan berkomunikasi saat
melaksanakan diskusi
|
3: aktif dalam tanya jawab, dapat
mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2: aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1: aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
|
Penilaian keterampilan
Instrumen penilaian
Diskusi : Digunakan untuk menilai
kegiatan diskusi peserta didik
Lembar Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Mengkomunikasikan hasil
pengamatan
|
|
2
|
Mengusulkan
pendapat atau beragumentasi pada saat diskusi
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan pada saat diskusi
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan pada saat diskusi
|
Rubrik Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Mengkomunikasikan hasil pengamatan
|
4
|
Penyampaian mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, dan memberi
waktu audiens untuk berfikir
|
3
|
Penyampaian mudah dipahami, komunikatif
dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Penyampaian kurang mudah dipahami, kurang
komunikatif dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
1
|
Penyampaian tidak mudah dipahami, tidak
komunikatif dengan audiens, dan tidak
memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Mengusulkan pendapat atau beragumentasi pada saat diskusi
|
4
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 2 kali
berargumen)
|
3
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 1 kali
berargumen)
|
||
2
|
Berpendapat atau
berargumentasi tetapi tidak sesuai dengan topik materi
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk berargumen
|
||
3
|
Mengajukan pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Pertanyaan menunjukkan
pemahaman dengan kejelian terhadap materi yang dipelajari: analisis hasil
observasi atau penafsiran dari hasil observasi
|
3
|
Pertanyaan menunjukkan
kemampuan berfikir yang sangat tepat: merupakan hasil observasi , mengarah
pada hasil observasi, atau bersifat rasional
|
||
2
|
Pertanyaan kurang
mengarah pada topik materi pembahasan baik hasil observasi, analisis, atau
pembahasan materi yang terkait
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk bertanya
|
||
4
|
Menjawab pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Dalam menjawab
pertanyaan disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan baik
pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
3
|
Dalam menjawab
pertanyaan kurang disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
2
|
Dalam menjawab
pertanyaan tidak disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk menjawab pertanyaan diskusi
|
Penilaian Sikap Sosial
(Pengamatan)
Digunakan untuk menilai
sikap sosial peserta didik dalam hal berperilaku ilmiah
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kejujuran dalam mencatat data hasil pengamatan
|
|||
2
|
Ketelitian dalam melakukan pengamatan
|
|||
3
|
tanggung jawab pada saat melakukan pengamatan dan setelah melakukan
pengamatan
|
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Kejujuran dalam mencatat data hasil
pengamatan
|
3
|
Menuliskan, mencatat, atau menggambar sesuai
dengan hasil pengamatan baik secara langsung maupun dari hasil pengamatan
|
2
|
Menuliskan, mencatat, atau menggambar kurang
sesuai (ada yang melihat gambar dari buku) dengan hasil pengamatan baik
secara langsung maupun dari hasil pengamatan
|
||
1
|
Menuliskan, mencatat, atau menggambar tidak
sesuai dengan hasil pengamatan
|
||
2
|
Ketelitian dalam melakukan pengamatan
|
3
|
Mengisi semua bagian struktur jamur yang
ditunjuk
|
2
|
Mengisi sebagian bagian struktur jamur yang
ditunjuk
|
||
1
|
Tidak mengisi bagian struktur jamur yang
ditunjuk
|
||
3
|
tanggung jawab pada saat melakukan
pengamatan
|
3
|
Bertanggung jawab dalam menyelesaikan semua
tugas yang ada di dalam LKPD
|
2
|
Menyelesaikan sebagian tugas yang ada di
dalam LKPD
|
||
1
|
Tidak menyelesaikan sebagian tugas yang ada
di dalam LKPD
|
Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media, Rubrik penilaian dan lainnya oleh
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
No comments:
Write komentar