Lembar Kerja Peserta Didik
“Bagaimana kapasitas pernapasan Paru-paru ?”
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas : XI/ ….
Nama Anggota Kelompok :
A. Teori Singkat
Volume paru-paru berkisar antara 5-6
liter. Volume paru-paru terdiri dari:
1.
Volume
Tidal (VT) : Volume udara hasil inspirasi atau ekspirasi secara normal.
2.
Volume
Cadangan Inspirasi (VCI) : Volume udara ektra yang dapat diinspirasikan setelah
volume tidal.
3.
Volume
Cadangan Ekspirasi (VCE) : Jumlah udara yang masih dapat diekspirasikan dengan
ekspirasi sekuat-kuatnya pada akhir ekspirasi normal.
4.
Volume
Residu (VR): Volume yang masih tersisa setelah ekspirasi sekuat-kuatnya.
Kapasitas paru-paru adalah kombinasi volume
paru-paru.Beberapa jenos kapasitas paru-paru sebagai berikut:
1.
Kapasitas
Inspirasi: Volume nidal ditambah volume cadangan inspirasi.
2.
Kapasitas
residu fungsional: Volume cadangan ekspirasi ditambah dengan volume residu.
3.
Kapasitas
Vital: Volume cadangan inspirasi ditambah dengan volume tidal dan volume
cadangan ekspirasi.
4.
Kapasitas
paru-paru total: Kapasitas total ditambah volume residu.
B. Tujuan
1. Mengetahui kapasitas pernapasan paru-paru
C. Alat dan Bahan
a. Alat: Bak air yang besar
1. Botol/stoples yang berukuran 5 liter
2. Selang plastik lebih kurang
sepanjang 40 cm
3. Gelas ukur
4. Timbangan badan
b. Bahan:Air secukupnya
1. Spidol besar
C. Cara Kerja
1. Letakkan botol bervolume 5 liter dan
isilah dengan air sebanyak 100 cm³
secara bertahap hingga penuh,sambil dibuat skala dengan spidol.
2. Baliklah botol berskala yang telah penuh
air tersebut pada bak air sambil dipasang selang karet seperti pada gambar.
3. Hiruplah napas dalam-dalam dan embuskan
napas sekuat-kuatnya lewat mulut ke dalam botol bersklala melalui selang
plastik/selang karet
4. Amati beberapa volume air yang turun
(volume air yang turun berarti kapasitas udara pernapasan kita)
5. Timbanglah berat badan siswa yang
mengembuskan napas tersebut
6. Bandingkan dengan jkawan-kawan yang
memiliki berat badan berbeda
7. Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel
seperti contoh
8. Lakukan pula pengukuran kapasitas pernapasan
paru-paru setelah berlari-lari di tempat.

No
|
Nama
|
Berat Badan Dan Umur
|
Kapasitas pernapasan sebalum barlari
|
Kapasitas pernapasan sesudah lari
|
1
2
3
4
5
|
|
|
|
|
D. Pertanyaan
1. Apakah kapasitas vital paru-paru perempuan
dengan laki-laki sama?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Bagaimanakah kapasitas paru-paru-paru
setelah melakukan aktivitas, mengapa demikian?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E. Kesimpulan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................
No comments:
Write komentar