Sunday, 4 February 2018

LKS kapasitas pernapasan Paru-paru

Lembar Kerja Peserta Didik
“Bagaimana kapasitas pernapasan Paru-paru ?”


Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas                                       : XI/ ….
Nama Anggota Kelompok      :


A. Teori Singkat

            Volume paru-paru berkisar antara 5-6 liter. Volume paru-paru terdiri dari:
1.      Volume Tidal (VT) : Volume udara hasil inspirasi atau ekspirasi secara normal.
2.      Volume Cadangan Inspirasi (VCI) : Volume udara ektra yang dapat diinspirasikan setelah volume tidal.
3.      Volume Cadangan Ekspirasi (VCE) : Jumlah udara yang masih dapat diekspirasikan dengan ekspirasi sekuat-kuatnya pada akhir ekspirasi normal.
4.      Volume Residu (VR): Volume yang masih tersisa setelah ekspirasi sekuat-kuatnya.

Kapasitas paru-paru adalah kombinasi volume paru-paru.Beberapa jenos kapasitas paru-paru sebagai berikut:
1.      Kapasitas Inspirasi: Volume nidal ditambah volume cadangan inspirasi.
2.      Kapasitas residu fungsional: Volume cadangan ekspirasi ditambah dengan volume residu.
3.      Kapasitas Vital: Volume cadangan inspirasi ditambah dengan volume tidal dan volume cadangan  ekspirasi.
4.      Kapasitas paru-paru total: Kapasitas total ditambah volume residu.

B. Tujuan
1. Mengetahui kapasitas pernapasan paru-paru

C. Alat dan Bahan

a.       Alat: Bak air yang besar
1.      Botol/stoples yang berukuran 5 liter
2.      Selang plastik lebih kurang sepanjang 40 cm
3.      Gelas ukur
4.      Timbangan badan
b.      Bahan:Air secukupnya
1.      Spidol besar

C. Cara Kerja
1.      Letakkan botol bervolume 5 liter dan isilah dengan air sebanyak 100 cm³ secara bertahap hingga penuh,sambil dibuat skala dengan spidol.
2.      Baliklah botol berskala yang telah penuh air tersebut pada bak air sambil dipasang selang karet seperti pada gambar.
3.      Hiruplah napas dalam-dalam dan embuskan napas sekuat-kuatnya lewat mulut ke dalam botol bersklala melalui selang plastik/selang karet
4.      Amati beberapa volume air yang turun (volume air yang turun berarti kapasitas udara pernapasan kita)          
5.      Timbanglah berat badan siswa yang mengembuskan napas tersebut
6.      Bandingkan dengan jkawan-kawan yang memiliki berat badan berbeda
7.      Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel seperti contoh
8.      Lakukan pula pengukuran kapasitas pernapasan paru-paru setelah berlari-lari di tempat.

No
Nama
Berat Badan Dan Umur
Kapasitas pernapasan sebalum barlari
Kapasitas pernapasan sesudah lari
1
2
3
4
5





D. Pertanyaan
1.      Apakah kapasitas vital paru-paru perempuan dengan laki-laki sama?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Bagaimanakah kapasitas paru-paru-paru setelah melakukan aktivitas, mengapa demikian?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E. Kesimpulan
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... .........................................................................................



No comments:
Write komentar