|
“Bakteri”
Pendahuluan
: Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria)
adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti se
Tujuan
|
:
|
Menjelaskan struktur bakteri.
|
|
:
|
Membedakan
bakteri gram positif dan gram negative.
|
1. Perhatikan
Gambar.1 dibawah ini
B
|
C
|
A
|
Sumber : Biology Campbel Edisi 8
(Gambar.1
Bentuk-bentuk Bakteri)
Amati
ketiga gambar tersebut.
a. Pada
gambar A berbentuk …
Pada
Gambar B berbentuk …
Pada
gambar C berbentuk …
b. Gabarkan
bentuk bakteri dibawah ini.
Coccus
|
Monococcus
|
Dicoccus
|
Streptococcus
|
Staphylococcus
|
Sarcina
|
Bacillus
|
Maonobacilus
|
Dibacillus
|
Streptobacillus
|
|
|
Spiral
|
Coma
|
|
|
|
|
2. Perhatikan
Gambar.1 dibawah ini
Sumber
. www.biologipinters.com
Dari gambar …. Isilah
data dibawah ini
No
|
Gambar
|
Letak Flagel
|
Jumlah Flagel
|
1.
|
A
|
|
|
2.
|
B
|
|
|
3.
|
C
|
|
|
Diskusikan dengan teman
kelompok kalian, kemudian berilah nama pembagian bakteri berdasarkan letak dan
jumlah flagel.
Gambar a ……………….
Gambar b ………………
Gambar c ………………
3. Dari
gambar yang Nampak, sebutkan perbedaan antara bakteri gram negative dan
positif.
Sumber
. www.biologipinters.com
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Kesimpulan
1. ………………………………………………………………………………………………
2. …………………………………………………………………………………………………
3. …………………………………………………………………………………………………
Lembar
Kegiatan Peserta Didik. 2
Tujuan
:
Menganalisis struktur, cara hidup dan
peran bakteri terhadap kehidupan sehari-hari
Petunjuk
Pengerjaan.
1.
Bacalah 6 artikel mengenai peranan
bakteri yang telah disediakan.
2.
Tentukan bentuk, cara mendapatkan
makanan, kebutuhan oksigen dan peranannya.
3.
Lakukan secara berdiskusi dan
berkelompok.
4.
Masukanlah data yang didapat kedalam
table.1 yang disediakan.
Kegiatan 1.
Tabel. 1. Pengamatan bakteri dari
bentuk, cara hidup dan peranan
No
|
Nama Bakteri
|
Bentuk
(Basil, Cocus, Spiral, dll)
|
Cara Mendapatkan Makanan (Heterotrof,
Autotrof)
|
Kebutuhan Oksigen
(Aerob, Anaerob)
|
Peran
(Merugikan / menguntungkan)
|
1.
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
Setelah kalian mengisi table 1. diskusikalah
dengan teman sekelompokmu dengan ketentuan sebagai berikut.
1.
Jika bakteri termasuk peran merugikan
maka tuliskanlah minimal 2 prilaku yang dapat mencegah agar tidak
terinfeksi/tertular bakteri tersebut.
2.
Jika bakteri peran menguntungkan maka
tuliskanlah minimal 2 kegiatan/usaha untuk mengembangkan/mendapatkan keuntungan
dari bakteri tersebut.
No comments:
Write komentar