Sunday, 4 February 2018

LKS Struktur Bakteri


Lembar Kegiatan Peserta Didik. 1
“Bakteri”

Pendahuluan : Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria) adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti se
Tujuan
:
Menjelaskan struktur bakteri.

:
Membedakan bakteri gram positif dan gram negative.

1.      Perhatikan Gambar.1 dibawah ini










B
C
A

     Sumber : Biology Campbel Edisi 8
(Gambar.1 Bentuk-bentuk Bakteri)
Amati ketiga gambar tersebut.
a.       Pada gambar A berbentuk …
Pada Gambar B berbentuk …
Pada gambar C berbentuk …





b.      Gabarkan bentuk bakteri dibawah ini.
Coccus






Monococcus
Dicoccus
Streptococcus
Staphylococcus
Sarcina
Bacillus





Maonobacilus
Dibacillus
Streptobacillus


Spiral





Coma





2.      Perhatikan Gambar.1 dibawah ini
Sumber . www.biologipinters.com
Dari gambar …. Isilah data dibawah ini
No
Gambar
Letak Flagel
Jumlah Flagel
1.
A


2.
B


3.
C



Diskusikan dengan teman kelompok kalian, kemudian berilah nama pembagian bakteri berdasarkan letak dan jumlah flagel.
Gambar a ……………….
Gambar b ………………
Gambar c ………………
3.      Dari gambar yang Nampak, sebutkan perbedaan antara bakteri gram negative dan positif.



















Sumber . www.biologipinters.com
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Kesimpulan
1.      ………………………………………………………………………………………………
2.      …………………………………………………………………………………………………
3.      …………………………………………………………………………………………………










Lembar Kegiatan Peserta Didik. 2

Tujuan : Menganalisis struktur, cara hidup  dan peran bakteri terhadap kehidupan sehari-hari
Petunjuk Pengerjaan.
1.      Bacalah 6 artikel mengenai peranan bakteri yang telah disediakan.
2.      Tentukan bentuk, cara mendapatkan makanan, kebutuhan oksigen dan peranannya.
3.      Lakukan secara berdiskusi dan berkelompok.
4.      Masukanlah data yang didapat kedalam table.1 yang disediakan.

Kegiatan 1.
Tabel. 1. Pengamatan bakteri dari bentuk, cara hidup dan peranan
No
Nama Bakteri
Bentuk
(Basil, Cocus, Spiral, dll)
Cara Mendapatkan Makanan (Heterotrof, Autotrof)
Kebutuhan Oksigen
(Aerob, Anaerob)
Peran
(Merugikan / menguntungkan)
1.






2






3






4






5





6






Setelah kalian mengisi table 1. diskusikalah dengan teman sekelompokmu dengan ketentuan sebagai berikut.
1.      Jika bakteri termasuk peran merugikan maka tuliskanlah minimal 2 prilaku yang dapat mencegah agar tidak terinfeksi/tertular bakteri tersebut.
2.      Jika bakteri peran menguntungkan maka tuliskanlah minimal 2 kegiatan/usaha untuk mengembangkan/mendapatkan keuntungan dari bakteri tersebut.



No comments:
Write komentar