Wednesday, 7 February 2018

LKS VIRUS LENGKAP


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK. 1
MENGENAL VIRUS

Tujuan
:
Mengidentifikasi ciri-ciri Virus berdasarkan struktur tubuhnya.

:
Menjelaskan replikasi daur virus


Bahan dan Alat :
1.      Gambar struktur virus
2.      Literatur yang relevan tentang Virus

1.      Amani gambar. 1 dibawah ini.

D
C
B
A


Identifikasi bagian-bagian virus A, B, C, D. Tuliskan (kedalam tabel.1) data yang diamati.
NO
Aspek
Virus A
Virus B
Virus C
 Virus D
1
Persamaan







2.
Perbedaan







                                                            (Tabel. 1)

  1. Tentukan nama-nama jenis virus tersebut berdasarkan struktu yang diamati. (Gunakan Rubrik. 1)
a.       Virus A ………….
b.      Virus B ………….
c.       Virus C …………

  1. Lakukan diskusi dengan mengacu pada literasi mengenai aya yang dimaksud dengan …
a.       DNA / RNA …..
b.      Membran Emplove …
c.       Capsomer …….

















LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK. 2
REPODUKSI VIRUS

Pendahuluan                   :      Virus memperbanyak diri dengan 2 fase, yaitu litik atau  lisogenik
Tujuan
:
Mengidentifikasi ciri-ciri Virus berdasarkan struktur tubuhnya.

:
Menjelaskan replikasi daur virus


Bahan dan Alat :
1.      Gambar struktur virus
2.      Gambar daur litik dan lisogenik virus
3.      Literatur yang relevan tentang Virus

                                                                                  
LANGKA KERJA:
1.      Amati skema siklus hidup Virus bakteriofage yang meliputi : siklus Litik dan Lisogenik
2.      Tuliskan perbedaan dan persamaan antara kedua siklus tersebut !

   
 
ANALISIS
DATA
                                                   


Perbedaan dan persamaan Siklus Litik dan Lisogenik:
Centang pada tabel jika komponen a, b, c, dan d berada pada siklus litik dan/atau lisogenik.

Perbedaan
Siklus litik
Siklus lisogenik
a.       Penggabungan
b.      Fase sintetik
c.       Fase perakitan
d.      Lisis





Persamaan




1.      Apakah ada hubungan antara 2 siklus tersebut.

2.      Fase manakah yang menghasilkan virus yang lebih banyak ?

1.     
SIMPULAN
Buatlah simpulan berdasarkan data dan hasil pengamatan!
_______________________________________________
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK. 3
PERANAN VIRUS DALAM KEHIDUPAN

Lakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok (5-6 siswa)
Tujuan :  
1      Merangkum informasi peranan virus bagi kehidupan
2      Mengidentifikasi penyakit yang disebabkan oleh virus
 Bahan dan Alat: Alat tulis  danInternet, majalah, koran
Prosedur:
1.   Rangkumlah infomasi tentang peranan virus berdasarkan sumber belajar yang kalian bawa
2.    Identifikasi macam-macam penyakit yang disebabkan oleh virus, masukkan dalam table yang tersedia

HASIL PENGAMATAN
        














ANALISIS
DATA
                                                   



1.        Dari hasil rangkuman, adakah virus yang menguntungkan? Jika ada, sebutkan dan jelaskan manfaat virus dalam kehidupan.
       .......................................................................................................
       .......................................................................................................
2.    Penyakit yang disebabkan oleh virus kebanyakan menular, bagaimana cara penularan penyakit tersebut? Berikan penjelasan.         
       .......................................................................................................
       .......................................................................................................         
3.    Bagaimana cara Anda agar dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus ? Berikan penjelasannya.
       .......................................................................................................
       .......................................................................................................


2.     
SIMPULAN
Buatlah simpulan berdasarkan data dan hasil pengamatan!
_________________________________________________
________________________________________________
_________________________________________________












No comments:
Write komentar