Saturday 3 February 2018

RPP Bakteri Pertemuan 2 RPP Biologi Kurikulum 2013

DOWNLOAD DISINI UNTUK TAMPILAN YANG LEBIH RAPIH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan    : SMA Negeri
Mata Pelajaran           : Biologi
Kelas /Semester         : X MIPA/Ganjil
Materi Pokok               : Bakteri
Alokasi waktu              : 3 x 45 menit
Pertemuan Ke             : 1


A.        Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan 2
Menumbuhkan kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsive, dan pro aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3
KI 4
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.        Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
KD Pengetahuan
No
KD Keterampilan
3.4
Menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta  perannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat
4.1
Menyajikan data tentang ciri ciri dan peran bakteri dalam kehidupan berdasarkan hasil studi literatur dalam bentuk laporan tertulis.
No
IPK Pengetahuan
No
IPK Keterampilan
3.4.1
Menjelaskan bagian-bagian struktur bakteri
4.3.1
Membuat poster struktur bakteri dan ciri-cirinya
3.4.2
Menjelaskan ciri-ciri bakteri secara umum.
4.3.2
Mengkomunikasikan bagian-bagian struktur dan fungsi bakteri
3.4.3
Membedakan reproduksi seksual dan aseksual


3.4.4
Menjabarkan reproduksi seksual bakteri



C.        Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi dan ceramah ekspositori peserta didik dapat menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta  perannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat sehingga dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan  prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dankerjasma.


D.      Materi Pembelajaran

1.       Faktual
a.       Struktur bakteri
2.       Konseptual
a.       Ciri umum bakteri
b.      Reproduksi aseksual dan seksual
3.       Prosedural
a.       Tahapan reproduksi

E.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                                                       : Saintifik
2.       Metode dan Model Pembelajaran           :
Pertemuan
No IPK
Metode
I
3.4.1
3.4.2
3.4.3
3.4.4
4.4.1
4.4.2
Diskusi dan Ceramah ekspositori
Diskusi dan Ceramah ekspositori
Diskusi dan Ceramah ekspositori
Diskusi dan Ceramah ekspositori
Diskusi dan Ceramah ekspositori
Diskusi dan Ceramah ekspositori


F.       Alat, Media
1)      Alat
LCD, laptop, spidol, papan tulis
2)      Media
a)      Gambar sabul detol
b)      Gambar Bakteri
c)       Gambar Reproduksi Seksual Bakteri
d)      LKPD






G.     Kegiatan Pembelajaran



Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
15’
Apersepsi.
1.       Guru bertanya kepada siswa
a. “Apakah kalian pernah melihat / mencium / merasa nasi yang sudah dikatakan basi ?”
b. “Apa yang menyebabkan nasi menjadi basi?”
2.       Guru memperlihatkan gambar sabul detol yang tertera tulisan anti bakteria. Kemudian menanyakan “mengapa dituliskan anti bakteria ?”
3.       Guru menanyakan ciri bakteri dalam klasifikasi 5 kingdom yang telah dipelajari.
4.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
65’
1.       Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kegiatan yang akan dipelajari hari ini
2.       Siswa dibagi kedalam 8
3.       Guru memberikan LKPD pada masing-masing kelompok.
4.       Siswa membaca LKPD terlebih dahulu
5.       Siswa mengerjakan LKPD kegiatan 1 secara berkelompok.
6.       Siswa mengamati gambar struktur bakteri pada LKPD dan menentukan bagian-bagian serta penjelasannya.
7.       Siswa (Masing masing kelompok mempresentasikan temuannya didepan kelas mengenai struktur bakteri)
8.       Siswa mengerjakan  LKPD kegiatan 2 secara berkelompok.
9.       Siswa menentukan mana repruduksi konjugasi, tranformasi serta transduksi.
10.   Siswa menuliskan penjelasan masing masing tahapan pada LKPD
11.   Siswa (Masing masing kelompok mempresentasikan temuannya didepan kelas mengenai reproduksi bakteri)

Penutup

1.       Guru mengajukan sejumlah pertanyaan yang mengarah pada kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.

2.       Guru menguji kemampuan peserta didik dalam materi dengan memberikan 4 buah soal.

3.       Guru memberikan penghargaan bagi seluruh siswa atau kelompok yang berkinerja baik dan memotivasi kelompok yang lain.
4.       Guru memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan selanjutnya dan memerintahkan untuk membacanya.

10’


H.     Sumber Belajar
1.      Video, power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik bakteri
2.          Buku teks biologi
a.    Lestari, Endang Sri dan idun kistinnah. 2010. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA/MA kelas XI. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.   Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA kelas XI. Jakarta : Erlangga.
c.    Campbell N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th ed.  Benjamin Cummings Publishing Company, Inc., Redword City, England.

I.        Penilaian Hasil Belajar

No
Aspek
No
IPK
IPK
Teknik Penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
Penilaian
Rubrik
Penilaian
1
Pengetahuan
3.4.1
Menjelaskan bagian-bagian struktur bakteri
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
3.4.2
Menjelaskan ciri-ciri bakteri secara umum.
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
3.4.3
Membedakan reproduksi seksual dan aseksual
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
3.4.4
Menjabarkan reproduksi seksual bakteri
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
2
Keterampilan
4.4.1
Membuat poster strukur bakteri dan penjelasannya
Observasi
Instrumen Penilaian
Terlampir
Terlampir

No comments:
Write komentar