(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/Semester : X MIPA/Ganjil
Materi
Pokok : Bakteri
Alokasi
waktu : 3 x 45 menit
Pertemuan
Ke : 1
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 dan 2
|
|
Menumbuhkan kesadaran akan kebesaran
Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku disiplin, jujur, aktif,
responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsive, dan pro aktif dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual,
konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentangilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
|
KD
Pengetahuan
|
No
|
KD
Keterampilan
|
3.4
|
Menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta perannya dalam berbagai aspek kehidupan
masyarakat
|
4.1
|
Menyajikan data tentang ciri ciri dan peran bakteri dalam
kehidupan berdasarkan hasil studi literatur dalam bentuk laporan tertulis.
|
No
|
IPK
Pengetahuan
|
No
|
IPK
Keterampilan
|
3.4.1
|
Menjelaskan bagian-bagian struktur
bakteri
|
4.3.1
|
Membuat
poster struktur bakteri dan ciri-cirinya
|
3.4.2
|
Menjelaskan ciri-ciri bakteri secara umum.
|
4.3.2
|
Mengkomunikasikan
bagian-bagian struktur dan fungsi bakteri
|
3.4.3
|
Membedakan reproduksi seksual dan
aseksual
|
||
3.4.4
|
Menjabarkan reproduksi seksual
bakteri
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi dan
ceramah ekspositori peserta didik dapat menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta perannya dalam berbagai aspek kehidupan
masyarakat sehingga dapat membangun
kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan
prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab,
dankerjasma.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Faktual
a. Struktur bakteri
2. Konseptual
a. Ciri umum bakteri
b. Reproduksi aseksual dan seksual
3. Prosedural
a. Tahapan reproduksi
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode dan Model Pembelajaran :
Pertemuan
|
No
IPK
|
Metode
|
I
|
3.4.1
3.4.2
3.4.3
3.4.4
4.4.1
4.4.2
|
Diskusi
dan Ceramah ekspositori
Diskusi
dan Ceramah ekspositori
Diskusi
dan Ceramah ekspositori
Diskusi
dan Ceramah ekspositori
Diskusi
dan Ceramah ekspositori
Diskusi
dan Ceramah ekspositori
|
F.
Alat,
Media
1)
Alat
LCD, laptop, spidol, papan tulis
2)
Media
a) Gambar
sabul detol
b) Gambar
Bakteri
c) Gambar
Reproduksi Seksual Bakteri
d) LKPD
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
15’
|
Apersepsi.
1.
Guru
bertanya kepada siswa
a. “Apakah kalian pernah melihat /
mencium / merasa nasi yang sudah dikatakan basi ?”
b. “Apa yang menyebabkan nasi
menjadi basi?”
2. Guru memperlihatkan gambar sabul
detol yang tertera tulisan anti bakteria. Kemudian menanyakan “mengapa
dituliskan anti bakteria ?”
3. Guru menanyakan ciri bakteri dalam
klasifikasi 5 kingdom yang telah dipelajari.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
|
Kegiatan
Inti
|
65’
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
kegiatan yang akan dipelajari hari ini
2.
Siswa
dibagi kedalam 8
3.
Guru
memberikan LKPD pada masing-masing kelompok.
4.
Siswa
membaca LKPD terlebih dahulu
5.
Siswa
mengerjakan LKPD kegiatan 1 secara berkelompok.
6.
Siswa mengamati gambar struktur bakteri
pada LKPD dan menentukan bagian-bagian serta penjelasannya.
7.
Siswa
(Masing masing kelompok mempresentasikan temuannya didepan kelas mengenai struktur
bakteri)
8.
Siswa
mengerjakan LKPD kegiatan 2 secara
berkelompok.
9.
Siswa
menentukan mana repruduksi konjugasi, tranformasi serta transduksi.
10.
Siswa
menuliskan penjelasan masing masing tahapan pada LKPD
11.
Siswa
(Masing masing kelompok mempresentasikan temuannya didepan kelas mengenai reproduksi
bakteri)
|
|
Penutup
|
|
1.
Guru mengajukan sejumlah pertanyaan yang
mengarah pada kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.
2.
Guru menguji kemampuan peserta didik dalam
materi dengan memberikan 4 buah soal.
3.
Guru memberikan penghargaan bagi seluruh siswa atau
kelompok yang berkinerja baik
dan memotivasi kelompok yang lain.
4.
Guru
memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan
selanjutnya dan memerintahkan untuk membacanya.
|
10’
|
H.
Sumber Belajar
1.
Video,
power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik bakteri
2.
Buku teks biologi
a.
Lestari,
Endang Sri dan idun kistinnah. 2010. Biologi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA/MA kelas XI. Bandung : Pusat
perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Irnaningtyas.
2013. Biologi Untuk SMA kelas XI.
Jakarta : Erlangga.
c.
Campbell
N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th
ed. Benjamin Cummings Publishing
Company, Inc., Redword City, England.
I.
Penilaian Hasil Belajar
No
|
Aspek
|
No
IPK
|
IPK
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
1
|
Pengetahuan
|
3.4.1
|
Menjelaskan bagian-bagian struktur bakteri
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
3.4.2
|
Menjelaskan ciri-ciri
bakteri secara umum.
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.3
|
Membedakan reproduksi seksual dan aseksual
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.4
|
Menjabarkan reproduksi seksual bakteri
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
2
|
Keterampilan
|
4.4.1
|
Membuat poster strukur bakteri dan penjelasannya
|
Observasi
|
Instrumen Penilaian
|
Terlampir
|
Terlampir
|
No comments:
Write komentar