DOWNLOAD DISINI UNTUK SUSUNAN YANG LEBIH RAPIH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Klasifikasi
Benda
Sub
Topik : Mengidentifikasi benda-benda di sekitar kita
Alokasi Waktu :
2 JP
Pembelajaran
Ke - : 1
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya
tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian
tampakmata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar :
1.1.Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik kiiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu, obyektif,
jujur, teliti,cermat,tekun, hati hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis,
kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari hari.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaaan dan melaporkan percobaan.
2.4. Menunjukkan perhargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari hari
3.2.Mengidentifikasi ciri hidup dan
tak hidup yang ada di sekitar kita
4.2.Menyajikan
hasil analisis data observasi terhadap benda tak hidup dan benda hidup
A.
INDIKATOR
1. Mengamati benda benda disekitar kita
2. Mengidentifikasi benda benda
disekitar kita.
3. Mengelompokkan benda berdasarkan asal .
4. Mengelompokan benda berdasarkan sifatnya .
5. Mengelompokkan benda berdasarkan
kegunaan
6. Mengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup
7. Menyebutkan ciri benda hidup dan
benda tak hidup
8. Memiliki rasa ingin tahu, teliti dan
peduli lingkungan melalui diskusi kelompok dalam melakukan observasi.
9. Menunjukkan ketekunan, tanggung
jawab dan saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara
individu dan kelompok.
10. Menganalisis observasi berbagai
perbedaan benda benda di sekitar berdasarkan ciri cirinya.
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengamati benda benda di
sekitar kita.
2. Melalui observasi siswa dapat
mengidentifikasi benda benda di sekitar kita.
3. Siswa dapat menjelaskan benda benda
disekitar kita yang bersifat alamiah dan buatan
4. Siswa dapat menjelaskan benda benda yang
bersifat kompleks dan sederhana.
5. Siswa dapat menjelaskan kegunaan
dari berbagai benda di sekitar kita.
6. Siswa dapat mengelompokkan benda
hidup dan tak hidup di sekitar kita.
7. Siswa dapat menyebutkan ciri benda
hidup dan benda tak hidup.
8. Mengembangkan perilaku rasa ingin
tahu, teliti dan cermat serta keagungan terhadap Tuhan, saling menghargai
pendapat melalui observasi kelompok.
9. Siswa dapat menganalisis hasil
observasi identifikasi benda benda disekitar kita
C. MATERI
1.
Berdasarkan asalnya benda dibedakan 2 :
a. Benda alamiah : benda yang berasal
dari alam langsung seperti batu, tanah pasir, air, logam dan udara.
b. Benda buatan manusia : pensil baju,
ban mobil, kaca, sepeda, wajan, gelas dan piring. Benda buatan manusia bahan
dasarnya diambil dari alam, misalnya wajan dari aluminium, pencil dari bahan
karbon.
2.
Benda dilihat dari sifatnya dibedakan 2
a. Benda sederhana : besi, aluminium, karet, kaca, kulit sintetis.
b. Benda kompleks : mobil, computer,
kompor gas, sepeda motor.
3.
Benda benda yang ada disekitar kita memiliki banyak kegunaan yang menunjang
kebutuhan hidup manusia antara lain
a. Bahan bangunan : batu, pasir, air logam , kapur
b. Bahan peralatan rumah tangga : besi,
tembaga, aluminium, gerabah.
4. Benda di sekitar kita dibedakan atas
benda hidup dan tak hidup. Benda hidup memiliki ciri ciri hidup antara lain,
bernapas, bergerak, perlu nutrisi tumbuh
kembang, peka terhadap rangsang, adaptasi, perlu oksigen, mengeluarkan zat sisa
dan reproduksi. Yang membedakan benda hidup dan tak hidup terutama pada ciri
bernapas,berkembang biak, tumbuh kembang tdan adaptasi
D. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Observasi dan diskusi
3.
Model : Problem Based Learning
E.
MEDIA, ALAT,DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
a. Alam sekitar
b.
Papan tulis
c.
Komputer, LCD
d.
benda atau gambar “Pengamatan terhadap burung
danpesawat terbang” serta beberapa benda-benda sehari hari, seperti tas,bola,
buah-buahan, berbagai jenis tumbuhan.
2. Alat
a. Alat indra
b. lingkungan
3.
Sumber belajar
a. Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013
b.
Sumber lain yang relevan (misalnya internet). Buku IPA BSE
c.
Lembar
observasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-langkah model discoveri
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan stimulasi(situasi)
|
Pemusatan perhatian:
-Guru
menayangkan gambar
anak bermain
bola dan robot
yang sama
sama bergerak.
-Guru
menanyakan pada siswa:
apakah perbedaan gambar
anak bermain bola dengan
robot yang
bergerak.
-Guru
menyampaikan tujuan
dan manfaat mempelajari
identifikasi benda benda
disekitar
kita.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi
masalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data
dan analisis data
Verifikasi
Generalisasi
|
-Menyampaikan informasi
tentang kegiatan yang akan
dilakukan yaitu identifikasi
benda benda disekitar kita.
-Membagi siswa menjadi 6
kelompok.
-Membagikan lembar observasi
-Melakukan observasi terhadap
benda di sekitar kita.
-Diskusi kelompok untuk
mengkaji lembar observasi
identifikasi benda benda
disekitar kita.
-Siswa mencacat hasil
observasi pada lembar
observasi.
- Mengolah dan menganalisis
data dari setiap observasi
kelompok untuk menjawab
pertanyaan dalam lks
-Presentasi hasil percobaan
-Diskusi kelompok untuk
identifikasi benda benda
disekitar kita
-Membuat kesimpulan tentang
identifikasi benda benda
di sekitar kita
|
50 menit
|
Penutup
|
-Siswa dan guru mereview hasil
Kegiatan pembelajaran
-Guru memberikan penghargaa
kepada kelompok yang
berkinerja baik.
-Siswa menjawab kuis tentang
identifikasi benda di sekitar
kita.
-Pemberian tugas untuk
Mempelajari benda di sekitar
Kita.
|
20 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Metoda dan bentuk instrument
Metode
|
Bentuk instrument
|
Sikap
Tes tert
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubric
Tes uraian
|
Instrumen
Sikap
No
|
Aspek
|
Rubrik
|
Skor
|
1.
|
Rasa ingin Tinggi
|
Memperhatikan dengan seksama
Ada data
Ada Analisis data
|
100
|
2.
|
Rasa ingin Tahu Sedang
|
Memperhatikan dengan seksama
Ada data
Tidak Ada Analisis data
|
75
|
3.
|
Rasa ingin Tahu rendah
|
Tidak Memperhatikan dengan seksama
Tidak ada
data
Tidak ada Analisi data
|
50
|
LEMBAR OBSERVASI SISWA BENDA DISEKITAR KITA
No
|
Nama
Benda
|
Pengelompokan benda
|
Kegunaan
|
|||||||
Asal
|
Sifat
|
Hidup/tak hidup
|
||||||||
Alamiah
|
Buatan
|
Sederhana
|
Komplek
|
Hidup
|
Tak hidup
|
|||||
1.
|
Meja
|
X
|
v
|
V
|
||||||
2.
|
baju
|
X
|
X
|
X
|
||||||
3.
|
Bangku
|
X
|
X
|
X
|
||||||
4.
|
Kerudung
|
X
|
X
|
X
|
||||||
5.
|
Genteng
|
X
|
X
|
X
|
||||||
6.
|
Speker
|
X
|
X
|
X
|
||||||
7.
|
||||||||||
8.
|
||||||||||
9.
|
||||||||||
10.
|
||||||||||
1. INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Ket
|
|||
Melakukan Observasi dengan Benar
dan lengkap
|
Melakukan Observasi dengan Benar
|
Melakukan Observasi salah
|
||||
Skor
|
Skor
|
Skor
|
||||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
||||||
7.
|
||||||
8.
|
||||||
9.
|
||||||
10.
|
Rubrik
Penilaian Keterampilan
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RUBRIK
|
Skor Maksimal
|
1
|
Melakukan Observasi dengan Benar dan lengkap
|
Hasil obsevasi ada data benar
Original
Runtut
Ada Analisis
|
100
|
2
|
Melakukan Observasi dengan Benar
|
Hasil obsevasi ada data benar
Original
Runtut
|
80
|
3
|
Melakukan Observasi salah
|
Hasil obsevasi ada data salah
Tidak Original
Tidak Runtut
|
50
|
2.
INSTRUMEN SOAL PENGETAHUAN
A. Soal Uraian
1. Sebutkan dan berilah contoh
pengelompokan benda berdasarkan asal!
2. Sebutkan dan berilah contoh
pengelompokan benda berdasarkan siifat!
3. Jelaskan kegunaan benda yang ada
disekitar kita!
4. Jelaskan ciri ciri makhluk hidup yang membedakan
dengan makhluk tak hidup.
Kunci jawaban
1.
Berdasarkan asal ada 2 yaitu benda alamiah: batu, air tanah, tumbuhan hewan dan
benda buatan: mobil robot,wajan, sepeda motor.
2.
Berdasarkan sifat ada 2 yaitu benda sederhana : besi, plastic,kaca dan benda
kompleks: mobil, computer, sepeda motor.
3.
Kegunaan benda disekitar kita:
-
Sarana transportasi
-
Pelaku fotosintesis
-
Bahan bangunan
4.
Ciri hidup yang membedakan tak hidup:
-
Reproduksi: menambang jumlah
-
Pertumbuhan: bertambah ukuran
-
Bernapas: perlu oksigen untuk oksidasi makanan
Rubrik Penilaian Uraian
No
|
Uraian
|
skor
|
1.
|
Jika semua benar
|
20
|
2.
|
Jika semua benar
|
20
|
3.
|
Jika semua benar
|
30
|
4.
|
Jika semua benar
|
30
|
Jumlah skor
Nilai = Jml skor min/jml skor
mak=100
|
100
|
B. Soal
pilihan ganda
1. Berikut
ini contoh benda yang bersifat alamiah antara lain;
a. Batu c. Air
b.
tanah d. Sepeda
2. Tumbuhan merupakan benda alamiah
yang berperan utama dalam penghasil
makanan dalam proses…
a. Fotosintesis c. Adaptasi
b. Respirasi d.Peka terhadap rangsang
3. Berikut ini merupan ciri makhluk
hidup yang membedakan dengan benda hidup, kecuali…
a. Bernapas c. peka terhadap rangsang
b. Berkembang biak d.Bergerak
4. Bukti
makhuluk hidup bernafas adalah ...
a. Bila dekat dengan kaca ada uap air
b. Bila dekat kaca ada oksigen
c. Adanya embun pada daun
d. Adanya stomata pada daun
Rubrik Penilaian Uraian Pilihan Ganda
NO
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Benar
|
1
|
2.
|
Benar
|
1
|
3.
|
Benar
|
1
|
4
|
Benar
|
1
|
Jumlah skor
4
Nilai = jumlah skor/jumlah skor maksimum x 100 = 100
|
trm kasih rpp nya, sangat -sangat membantu...moga Allah SWT memberikan kebaikan yang berlimpah...
ReplyDelete