Sunday, 4 February 2018

RPP Biologi Kelas XII Lengkap Kurikulum 2013 BAB Pertumbuhan dan Perkembangan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMBUHAN DAN PERKEMBANGAN



 





Disusun oleh:

Muhamad Fauzi Hamzah


Departemen Pendidikan Biologi
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
PPG pasca SM3T
UPI 2017







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan                : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran                       : Biologi
Kelas / Semester                    : XI / 2
Topik                                     : Pertumbuhan dan Perkembangan
Pertemuan                              : 1-2
Alokasi Waktu                      : 4 x 45 menit

B. KOMPETENSI INTI
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetah uan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

C. KOMPETENSI DASAR
2.1     Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.1         Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup berdasarkan hasil percobaan.
4.1         Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.



Pertemuan 1
Indikator
Tujuan Pembelajaran Khusus
Analisis Materi

Waktu
Penilaian
2.1.1
Mengajukan pertanyaan berkualitas






2.1.2
Memberi respon atas jawaban pertanyaan
2.1.1.1
Setelah berdiskusi tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, siswa dapat mengajukan pertanyaan berkualitas


2.1.2.1
Setelah berdiskusi tentang pertumbuhan dan perkembangan, siswa dapat memberi respon atas jawaban pertanyaan
Mengajukan pertanyaan keuntungannya dapat meningkatkan berbagai macam keterampilan komunikasi seperti dapat mengumpulkan informasi yang banyak, efektif managemen orang, membangun hunbungan yang lebih kuat.

Pendahuluan
1.     Motivasi
a.    Memberi salam, absensi dan mengkondisikan siswa untuk belajar.
2.     Apersepsi:
a.    Guru bertanya pengalaman siswa tentang sakit kepala
-  “apakah perbedaan antara bayi,anak-anak dan individu dewasa?
-  “apakah individu dewasa awalnya  berasal dari bayi?
3.     Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran tentang pertumbuhan dan perkembangan.
5 menit

3.1.1
Menjelaskan perbedaan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan
3.1.1
Setelah mengamati KMS (kartu menuju sehat) dan membaca buku biologi, siswa dapat menjelaskan perbedaan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan
1.    Proses pertambahan ukuran (volume, masa, tinggi) bersifat irreversible
2.    Meliputi perubahan fisik
3.    Bersifat kuantitatif/ dapat diukur dengan auksanometer karena ada pembelahan mitosis dan perubahan ukuran sel
Perkembangan
1.    Proses menuju kedewasaan (sederhana menjadi kompleks), meliputi aspek fisik maupun psikis
2.    Spesialisasi/ diferensiasi sel menjadi struktur dan fungsi tertentu
3.    Bersifat kualitatif/ tidak dapat diukur
4.    Siswa diberi waktu untuk membaca buku atau internet tentang pertumbuhan dan perkembangan
5.    Siswa mengamati KMS secara bergantian
6.    Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tentang perbedaan karakteristik pertumbuahan dan perkembangan
15 menit








Keterampilan sikap (rubrik)



3.1.2
Mengidentifikasi bagian-bagian dari biji
3.1.2
Setelah mengamati biji kacang hijau dan jagung, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian dari biji
1.      Struktur biji
2.      Mekanisme perkecambahan
AIR -à GIBERELIN à ENZIM DAN NUTRISI
·         Imbibisi air ke dalam biji
·         Embrio melepas giberelin
·         Giberelin merangsang alueron melepas enzim amylase, protease, hydrolase
·         Amylase mengubah amilum endosperm menjadi glukosa
·         Protease mengubah protein endosperm jadi asam amino
7.    Siswa menerima LKS tentang pertumbuhan dan perkembangan perkecambahan
8.    Siswa mengamati perbedaan bagian antara biji yang berkecamah dan tidak berkecambah.
15 menit
Keterampilan sikap (rubrik)


3.1.3
Menjelaskan perbedaan antara perkecambahan epigeal dan hipogeal

3.1.3
Setelah mengamati video perkecambahan epigeal dan hypogeal, siswa dapat menjelaskan perbedaan antara perkecambahan epigeal dan hipogeal.

Tipe perkecambahan
1.      Epigeal à pertumbuhan hipokotil lebih cepat dari epikotil menyebabkan  kotiledon terangkat ke permukaan tanah
2.      Hipokoti; à pertumbuhan epikotil lebih cepat dari hipokotil menyebabkan kotiledon tetap dibawah permukaan tanah
9.     Siswa mengamati video tentang perkecambahan
10. Siswa menuliskan perbedaan pertumbuhan kecambah pada tipe epigeal dan hipogeal
11. Siswa menjawab pertanyaan yang ada di LKS
25 menit
Penilaian sikap (rubrik)


Jawaban LKS
3.1.4
Mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan

3.1.4
Setelah membaca buku dan penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan

Pertumbuhan tumbuhan dipengaruhi oleh faktor gen, faktor internal (hormon tumbuhan) dan faktor eksternal (lingkungan). Faktor eksternal berupa pengaruh lingkungan terdiri atas, cahaya, suhu, kelembapan, air dan mineral serta oksigen.

12. Siswa membaca buku dan mencari informasi lain dari internet tentang faktor- faktor yang mempengarui pertumbuhan dan perkembangan.
13. Siswa mencatat hasil pengumpulan data
14. Siswa mendiskusikan hasil membaca dan data-data yang diperoleh data-data yang diperoleh
15. Guru membimbing siswa dalam diskusi   
     menyatukan persepsi/ jawaban
20 menit
Penilaian sikap (rubrik)








Jawaban LKS

3.1.5
Mengidentifikasi faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan

3.1.5
Setelah membaca buku dan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan

Faktor internal berupa hormon tumbuhan terdiri atas hormon auksin, sitokinin, giberelin, asam absisat dan gas etilen.
16. Seorang perwakilan siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas tentang bagian-bagian biji dan tipe perkecambahan
17. Siswa lain bertanya jika ada yang kurang di pahami atau menanggapi jika ditemui perbedaan hasi pemahaman.



Penutup
1.      Siswa merangkum hasil dari kegiatan pembelajaran
2.      Siswa diberi tugas kelompok untuk merendam biji dan menamam sesuai dengan petunjuk LKS
3.      Siswa diberikan kesempatan bertanya jika ada materi yang belum dipahami
10 menit











Pertemuan Kedua
Indikator
Tujuan Pembelajaran Khusus
Analisis Materi

Waktu
Penilaian
2.1.1
Melakukan praktikum sesuai langkah kerja



2.1.2
Mencatat data hasil praktikum dengan detail





2.1.3
Menggambar grafik sesuai dengan hasil pengamatan









2.1.1.1
Setelah mendengarkan arahan dari guru, siswa dapat melakukan prktikum sesuai langkah kerja

2.1.2.1
Setelah melakukan praktikum tentang pertumbuhan dan dormansi, siswa dapat mencatat data hasil praktikum dengan detail

2.1.3.1
Setelah mencatat hasil praktikum, siswa dapat menggambar grafik sesuai dengan hasil pengamatan
Sifat teliti identik dengan sikap hati-hati, sehingga mengerjakan sesuatu dengan penuh perhatian dan hati-hati sehingga akan meminimalisasi kesalahan.

Pendahuluan
1.     Motivasi
a.    Memberi salam, absensi dan mengkondisikan siswa untuk belajar
b.    Mengaitkan dengan materi sebelumnya tentang perkecambahan
2.     Apersepsi:
a.    Guru memberikan gambar
Pertanyaan:
-       Apa yang menyebabkan pertumbuhan di tempat gelap lebih cepat?
b.    Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
5 menit

4.1.1
Membuat grafik hubungan pengaruh faktor eksternal terhadap perkecambahan



4.1.1
Setelah mengerjakan LKS dan melakukan praktikum tentang pengaruh faktor eksternal terhadap perkecambahan, siswa dapat membuat grafik hubungan pengaruh faktor eksternal terhadap perkecambahan.
Grafik dibuat berdasarkan data hasil praktikum. penilaian grafik berupa judul, ketepatan variable, skala
1.    Siswa duduk sesuai kelompok belajar
2.    Siswa membuat grafik dan mengerjakan pertanyaan-pertanyaan LKS sesuai hasil praktikum
3.    Seorang perwakilan siswa mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas tentang faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan
4.    Siswa lain bertanya jika ada yang kurang di pahami atau menanggapi jika ditemui perbedaan hasi pemahaman.

10 menit









Soal-soal kognitif
(terlampir)
4.1.2
Membuat rancangan eksperimen tentang pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
4.1.2
Setelah melakukan praktikum tentang pengaruh faktor eksternal terhadap perkecambahan, siswa dapat membuat rancangan eksperimen tentang pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Rancangan percobaan berupa rumusan masalah, tujuan, alat bahan yang digunakan dan rancangan langkah kegiatan
5.     Siswa membuat rancangan eksperimen (group project) tentang pengaruh faktor lingkungan terhadap pertumbuhan
6.     Siswa mempresentasikan hasil rancangan yang telah dibuat
7.     Siswa dan guru menanggapi dengan memberikan tanggapan dan saran sebagai perbaikan
8.     Guru memberikan penjelasan tentang pembuatan laporan 
4.14
Membuat laporan tertulis hasil eksperimen.
4.14
Setelah melakukan praktikum berdasarkan rancangan eksperimen, siswa dapat membuat laporan tertulis hasil eksperimen.
1.    Laporan harus diketik pada kertas HVS ukuran kuarto dengan font standart, 1,5 spasi
2.    Laporan disusun sesuai aturan dalam penulisan karya tulis ilmiah, yaitu sbb :
BAB I : Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB II : Tinjauan Pustaka
A. Kajian Teoritik
B. Hipotesis (kalau ada)
BAB III : Metodologi Penelitian
A. Bahan penelitian (eksperimen); Populasi dan Sampel (observasi)
B. Variabel Penelitian
C. Alat dan bahan Penelitian
D. Tehnik pengumpulan data (langkah kerja)
E. Tehnik analisis data
BAB IV : Hasil penelitian dan Pembahasan
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan
BAB V : Penutup : Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
Daftar pustaka
Penutup
1.     Siswa merangkum hasil dari kegiatan pembelajaran
2.      Siswa diberikan kesempatan bertanya jika ada materi yang belum dipahami
3.      Siswa mengerjakan tes tertulis


F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan          : Saintifik, konsep
Metode                 : Praktikum dan diskusi

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.     Media              : LKS, video
b.    Alat                 :
c.     Sumber Belajar
1.    Buku           : Campbell. 2003. Biologi Edisi kedelapan jilid 3. Jakarta: Erlanggga.
  Irnaningtyas. 2013. Biology for Senior High School XI1. Jakarta: Erlangga
2.    Video tipe perkecambahan

Metode
Bentuk Instrumen
ü  Penilaian
ü  Penilaian Sikap
ü  Penilaian keterampilan (unjuk kerja)
Tes Tertulis
Lembar pengamatan dan rubrik
Lembar pengamatan dan rubrik penilaian
I.                   PENILAIAN




3 comments:
Write komentar
  1. Kak boleh minta file RPP pertumbuhan dan perkembanganta kak

    ReplyDelete
  2. Kak kok ga bisa di download ya ? mohon izin untuk donwload file ini kak. terima kasih

    ReplyDelete