Sunday, 4 February 2018

RPP Biologi Kelas XII Lengkap Kurikulum 2013 BAB Sistem Pernafasan Pertemuan 1








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.           Identitas
Satuan Pendidikan                 :    Sekolah Menengah Atas Botani UPI
Mata Pelajaran                        :    Biologi
Kelas / Semester                     :    X / 2
Topik                                      :    Sistem Pernafasan
Tema                                       :    Struktur Organ dan Fungsi serta kelainan.
Alokasi Waktu                        :  4 x 45 Menit

B.           KOMPETENSI INTI
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3
:
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

C.          Kompetensi Dasar
3.8
:
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pernapasan dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pernapasan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
4.8
:
Merencanakan, melaksanakan, dan menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) mengenai pengaruh pencemaran udara emisi gas buang kendaraan bermotor, asap rokok, kabut asap)  dan kelainan pada struktur serta fungsi jaringan organ pernapasan terhadap kesehatan












D.    Indikator, Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK), dan Analisis Materi

No
Indikator
Tujuan Pembelajaran Khusus
Anlisis Materi
Kegiatan Pembelajaran

Langkah Pembelajaran




Pendahuluan (10 Menit)
1.      Pengkondisian kelas (Salam, berdoa, absensi, menyiapkan pembelajaran)
2.      Apersepsi (Setelah mempelajari sistem pencernaan makanan kalian tahu bahwa proses makan yang diawali masuk dari mulut untuk apa. Sekarang coba kalian pikirkan adakah sesuatu yang masuk dari hidung dan itu untuk apa ?
3.      Motivasi (Coba kalian tutup hidung beberapa detik, Apa yang kalian rasakan ?. Mengaitkan dengan pembelajaran dan rasa syukur
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.8.1
Mengaitkan struktur hidung dengan fungsinya sebagai organ pernapasan.
Setelah menyimak video dan membaca buku struktur hidung peserta didik dapat mengaitkan struktur hidung dengan fungsinya sebagai organ pernapasan
Hidung (Nasal): mempunyai rongga yang berisi rambut-rambut halus dan lendir yang berfungsi menyaring udara dari debu-debu yang masuk bersama udara, mematikan kuman dan menghangatkan suhu udara agar sesuai dengan suhu tubuh.
Peserta didik mengamati vidio dan berdiskusi mengenai struktur hidung dan fungsinya
Kegiatan Inti (80 menit)
Mengamati
·         Siswa menyimak vidio organ penyusun sistem pernafasan pada manusia
·         Siswa mengamati gambar pada LKPD

Menanya
·         Dengan ditayangkan vidio gambar organ pernafasan, diharapkan siswa bertanya mengenai materi tentang bagian-bagian organ pernafasan tersebut serta fungsinya

Mengumpulkan data
1.      Siswa melakukan studi literatur dan internet untuk mengisi LKPD tentang struktur organ dan fungsi
2.      Siswa melakukan studi literature tentang kelainan organ ekskresi pada manusia.

Mengasosiasi
1.      Siswa dibimbing oleh guru untuk melakukan diskusi kelas membahas struktur dan fungsi organ pernafasan
.
Mempresentasikan
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dalam LKPD di depan kelas, sementara kelompok lain menanggapi.
3.8.2
Mengaitkan struktur faring dengan fungsinya  sebagai organ pernapasan.

 Setelah menyimak video dan membaca buku struktur faring peserta didik dapat mengaitkan struktur faring dengan fungsinya sebagai organ pernapasan
Tekak (Faring): faring berbentuk seperti tabung  sepanjang 12,5 sampai 13 cm yang terletak di belakang rongga hidung dan mulut yang berfungsi sebagai jalan bagi udara dan makanan. Udara dari hidung akan dilewatkan di faring kemudian menuju ke laring.

Peserta didik mengamati vidio dan berdiskusi mengenai struktur faring dan fungsinya
3.8.4
Mengaitkan struktur trakea dengan fungsinya  sebagai organ pernapasan.
Setelah menyimak video dan membaca buku struktur trakea peserta didik dapat mengaitkan struktur trakea dengan fungsinya sebagai organ pernapasan
Batang tenggorokan (Trakea): berbentuk seperti pipa yang terletak memanjang di bagian leher dan rongga dada (toraks). Trakea tersusun dari cincin tulang rawan dan otot polos. Dinding bagian dalam trakea berlapis sel-sel epitel berambut getar (silia) dan selaput lendir yang berfungsi menahan dan mengeluarkan udara kotor atau debu
Peserta didik mengamati vidio dan berdiskusi mengenai struktur trakea dan fungsinya
3.8.5
Mengaitkan struktur bronkus dengan fungsinya  sebagai organ pernapasan.
Setelah menyimak video dan membaca buku struktur bronkus peserta didik dapat mengaitkan struktur bronkus dengan fungsinya sebagai organ pernapasan
Cabang batang tenggorokan (Bronkus): Bronkus merupakan cabang trakea yang mengarah ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Cabang bronkus disebut
bronkiolus. Masing-masing bronkiolus berakhir pada sekelompok kantong udara yang disebut alveoli (tunggal alveolus)
Peserta didik mengamati vidio dan berdiskusi mengenai struktur bronkus dan fungsinya
3.8.6
Mengaitkan struktur paru-paru dengan fungsinya  sebagai organ pernapasan.
Setelah menyimak video dan membaca buku struktur paru-paru peserta didik dapat mengaitkan struktur paru-paru dengan fungsinya sebagai organ pernapasan
Paru-paru (Pulmo) : Paru-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas sebelah kiri dan kanan, paru-paru dibungkus oleh selaput yang disebut pleura. Di dalam paru-paru terdapat alveoli . Dinding alveoli sangat tipis dan elastis sebagai tempat difusi atau pertukaran gas pernapasan, yaitu oksigen dan karbon dioksida. Mengembang dan mengempisnya paru-paru disebabkan perubahan tekanan dalam rongga dada
Peserta didik mengamati vidio dan berdiskusi mengenai struktur paru-paru dan fungsinya
3.8.7
Menentukan kemungkinan gangguan atau penyakit yang ditimbulkan jika terjadi kerusakan pada masing-masing organ pernafasan.
Setelah berdiskusi kelompok dan studi literatur siswa dapat menentukan kemungkinan gangguan atau penyakit yang ditimbulkan jika terjadi kerusakan pada masing-masing organ pernafasan minimal 3.

Siswa berdiskusi dengan kelompok serta studi literatur mengenai gangguan atau penyakit yang ditimbulkan jika terjadi kerusakan pada masing-masing organ

4.8.1
Menyajikan hasil analisis sturktur organ dengan fngisnya, serta kelainan atau kerusakannya.
Setelah mengamti vidio, berdiskusi dan mengisi LKPD siswa dapat menyajikan gambar struktur organ pernafasan pada manusia dengan fungsinya

Siswa mengkomunikasikan hasil pengamatan dan diskusi kelompok





Penutup (10 Menit)
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah didiskusikan.
2.      Siswa diberikan tes.
3.      Guru memberi informasi untuk pertemuan selanjutnya yaitu materi tentang mekanisme pembentukan urin..
4.      Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam bersama-sama.

E.     Materi Pembelajaran
Terlampir
F.     Metode, Pendekatan, Sumber dan Media Pembelajaran
a.       Metode                   : Pengamatan, Diskusi.
b.      Pendekatan             : Saintifik.
c.       Sumber Pelajaran               
1.Untuk Peserta didik                     :Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo Media Pratama:Bandung
2. Untuk Guru                    : Campbell, N. 2003. Biologi. Erlangga: Jakarta
d.      Media Pembelajaran           :
1.      Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
2.      Slide PPT Organ pernafasan dan Fungsinya

G.    Teknik Penilaian
Penilaian Pengetahuan : Tes objektif  : Pilihan Ganda
Penilaian Sikap : Observasi/ pengamatan kerja kelompok
Penilaian Keterampilan : Tabel stuktur organ fungsi dan kelainan yang akan terjadi.
Instrumen Penilaian  (terlampir)


No comments:
Write komentar