RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Botani UPI
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : X / 2
Topik : Sistem Pernafasan
Tema
: Struktur Organ dan Fungsi serta
kelainan.
Alokasi Waktu : 4 x
45 Menit
B.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI3
|
:
|
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
C.
Kompetensi Dasar
3.8
|
:
|
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pernapasan dan
mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses
pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pernapasan
manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
|
4.8
|
:
|
Merencanakan, melaksanakan, dan menyajikan hasil analisis data dari
berbagai sumber (studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi) mengenai
pengaruh pencemaran udara emisi gas buang kendaraan bermotor, asap rokok, kabut asap) dan kelainan pada
struktur serta fungsi jaringan organ pernapasan terhadap kesehatan
|
D. Indikator, Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK), dan Analisis Materi, KBM
No
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran Khusus
|
Anlisis
Materi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Langkah
Pembelajaran
|
|
|
|
|
1. Pengkondisian kelas (Salam, berdoa, absensi,
menyiapkan pembelajaran)
2. Apersepsi (Setelah mempelajari pernafasan kemarin
coba organ mana yang pernama kali dilalui udara ?
3. Motivasi (Coba kalian tarik nafas dengan perlahan
dan hembuskan uga perlahan Apa yang kalian rasakan ?. Mengaitkan dengan
pembelajaran dan rasa syukur
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
(10
Menit)
|
|
3.8.1
|
Memerinci mekanisme inspirasi pada manusia
|
Setelah
menyimak tayangan video tentang mekanisme inspirasi dan diskusi kelompok,
siswa dapat memerinci mekanisme inspirasi pada manusia
|
Mekanisme inspirasi dimulai dari otot
diafragma berkontraksi sehingga diafragma yang semula melengkung berubah
menjadi datar, pada saat bersamaan otot tulang antar rusuk berkontraksi,
volume rongga dada membesar, paru-paru mengembang, tekanan udara paru-paru
mengecil, udara dari luar masuk ke dalam paru-paru
|
Peserta didik
mengamati vidio dan berdiskusi mengenai mekanisme inspirasi pada manusia
|
KEGIATAN INTI
Mengamati (10 menit)
Siswa menyimak
tayangan video tentang mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada manusia
Menanya
(5’)
Siswa bertanya tentang apa yang mereka simak dalam video.
Contoh
pertanyaan yang akan muncul:
“Apakah perbedaan inspirasi
dan ekspirasi?”
Mengumpulkan Data (35’)
1.
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKS Mekanisme Pernapasan
2.
Siswa memerinci
mekanisme inspirasi dan ekspirasi
3.
Siswa membedakan
mekanisme inspirasi dan ekspirasi
4.
Siswa menghitung kapasitas
vital paru-paru
5.
Siswa menjelaskan
hubungan antara aktivitas seseorang dengan kapasitas vital paru-paru
6.
Siswa menyimpulkan
faktor yang mempengaruhi kapasitas vital paru-paru
Mengasosiasi (10’)
Siswa secara
berkelompok mendiskusikan praktikum yang telah dilakukan dengan menjawab
pertanyaan pada LKS
Mengomunikasikan (10’)
1. Siswa menuliskan data
hasil pengamatan di papan tulis
2. Siswa mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas
3. Siswa diberi penguatan materi dan konfirmasi konsep
yang belum tepat tentang mekanisme pernapasan
|
3.8.2
|
Memerinci
mekanisme ekspirasi pada manusia
|
Setelah
menyimak tayangan video tentang mekanisme ekspirasi dan diskusi kelompok,
siswa dapat memerinci mekanisme ekspirasi pada manusia
|
Mekanisme ekspirasi dimulai dari otot
diafragma yang semula datar berubah menjadi melengkung kembali, pada saat yang bersamaan otot-otot antartulang rusuk akan berelaksasi, volume rongga dada menyempit, paru-paru mengecil,
tekanan udara paru-paru menjadi besar, udara keluar dari paru-paru
|
Peserta didik
mengamati vidio dan berdiskusi mengenai ekspirasi pada manusia
|
|
3.8.4
|
Membedakan mekanisme inspirasi dan ekspirasi
berdasarkan kontraksi otot
|
Setelah
melakukan diskusi kelompok, siswa dapat membedakan inspirasi dan ekspirasi
berdasarkan kontraksi otot
|
Inspirasi merupakan proses aktif yang
memerlukan kontraksi otot, sedangkan ekspirasi tidak memerlukan kontraksi
otot
|
Peserta didik
mengamati vidio dan berdiskusi mengenai perbedaan mekanisme inspirasi dan ekspirasi berdasarkan
kontraksi otot
|
|
3.8.5
|
Menghitung kapasitas vital paru-paru
|
Setelah melakukan
praktikum dengan meniup balon, siswa dapat menghitung kapasitas vital
paru-paru
|
Kapasitas vital
paru-paru merupakan jumlah udara maksimal yang dapat dikeluarkan dengan kuat
setelah inspirasi maksimum, atau sama dengan penambahan volume tidal, volume
cadangan inspirasi, dan volume
cadangan ekspirasi.
|
Peserta didik melakukan
praktikum
|
|
3.8.6
|
Menjelaskan hubungan antara aktivitas seseorang
dengan kapasitas vital paru-paru
|
Setelah menganalisis data tabel pengamatan dan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan
hubungan antara aktivitas seseorang dengan
kapasitas total paru-paru
|
Hubungan antara aktivitas seseorang terhadap
kapasitas total paru-paru berbanding lurus, artinya semakin tinggi aktivitas
seseorang kapasitas vital paru-paru semakin besar
|
Peserta didik melakukan
praktikum dan diskusi
|
|
3.8.7
|
Membuat laporan hasil
praktikum tentang kapasitas vital paru-paru
|
Setelah melakukan
praktikum dan menganalisis data pengamatan, siswa dapat membuat laporan
tentang kapasitas vital paru-paru
|
|
|
|
|
|
|
|
Penutup (10 menit)
1.
Siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang telah didiskusikan.
2.
Siswa
diberikan tes.
3.
Guru memberi
informasi untuk pertemuan selanjutnya.
4.
Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
bersama-sama.
|
E. Materi
Pembelajaran
Terlampir
F. Metode, Pendekatan,
Sumber dan Media Pembelajaran
a.
Metode : Pengamatan, Diskusi.
b.
Pendekatan : Saintifik.
c.
Sumber Pelajaran
1.Untuk Peserta didik :Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo Media
Pratama:Bandung
2. Untuk Guru : Campbell, N. 2003. Biologi. Erlangga: Jakarta
d.
Media Pembelajaran :
1.
Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD)
2.
Slide PPT Organ pernafasan dan Fungsinya
G. Teknik Penilaian
Penilaian
Pengetahuan : Tes objektif : Pilihan
Ganda
Penilaian
Sikap : Observasi/ pengamatan
kerja kelompok
Penilaian Keterampilan : Laporan praktikum kapasitas paru-paru.
Instrumen
Penilaian (terlampir)
No comments:
Write komentar