RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Sistem Organisasi
Sub
Topik : Konsep Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu :
2
JP
Pembelajaran
Ke - : 1
Kompetensi
Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
3.4Mendeskripsikankeragamanpada
system organisasikehidupanmulaidaritingkatselsampai organism,
sertakomposisibahankimiautamapenysusn sel.
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan
bagian-bagiannya.
4.6Melakukanpengamatandenganbantuanalatuntukmenyelidikistrukturtumbuhandanhewan.
A. INDIKATOR
1. Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas organ padatumbuhan, hewan, danmanusiabesertafungsinya, sebagai ciptaan
Tuhan.
2. Menunjukkan sikap teliti, cermat, tekun , kritis dan
bertanggung jawab ketika melakukan pengamatan
danpenemuan organ padatumbuhan, hewan, danmanusiasebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
3. Mengidentifikasi organ pada tumbuhan, hewan,
danmanusia.
4. Menyajikan dan mengkomunikasikan hasil observasi dan penemuan tentang organ
pada tumbuhan, hewan, danmanusia.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melaluipengamatanlingkungansekitar,
pesertadidikdapatmengembangkanketerampilanperilaku rasa
ingintahu, teliti, jujur,
tekun, tanggungjawab, mengagumiketeraturan dan kompleksitas makhlukhidupdanbendatakhidupsebagai ciptaan
Tuhandansalingmenghargaipendapatmelaluikegiatanpengamatan, diskusikelompok.
2. Melaluiobservasilingkungansekitardanpenemuan,
siswadapatmenjelaskanberbagaimacam organ padatumbuhan, hewan, danmanusia.
3. Berdasarkanhasilobservasidanpenemuan,
siswadapatmengkomunikasikanberbagaimacam organ padatumbuhan, hewan,
danmanusiabesertafungsinyamasing-masing.
C. MATERI
1. Tuhantelahmenciptakanberbagaijenismakhlukhidupdengansangatteratur.
Tuhanjugamenciptakanalamsemestainidengansempurna,
Makhlukhidupmerupakanorganisme yang kompleks.
2. Organismehidup
(tumbuhan, hewan, danmanusia) tersusunatassatuanterkecilkehidupanyaitu sel.
Selpadaorganismemembentukjaringanhidup, yang
kemudianjaringan-jaringandenganfungsi yang samamembentuk organ yang
menjalankanfungsitertentu.
3. Organ
merupakansekumpulanjaringan yang memilikifungsidanstruktursama. Setiap organ
menjalankanfungsinyadandidukungoleh organ lainnyasehinggamembentuk system
organ.Organ padahewanberagamkelengkapannya,
semakintinggitingkatansuatuhewanmaka
organ-organnyasemakinlengkap.Misalnyaantaraikandengansapi, tentunya organ
padasapilebihbanyakdankompleksdibandingkan organ padaikan.Organ
padamanusialebihlengkapdibandingkanhewan.
4. Organ yang
dimilikihewantingkattinggidanmanusiaantara lain mata, paru-paru, jantung, hati,
lambung, ginjal, telinga, dankulit. Masing-masingmemilikifungsi yang
berbeda-beda.Mata berfungsiuntukmelihat. Organ
iniantaralainterbentukdarijaringanototdanjarigansaraf. Paru-paruberfungsisebagaialatpernapasan.
Organ iniantaralainterbentukdarijaringanototdanjaringansaraf.
Jantungberfungsimemompadarahsupayaberedarkeseluruhtubuh. Organ
iniantaralainterbentukdarijaringanototjantung, jaringanpengikat,
danjaringansaraf. Hatiberfungsisebagaitempatmenawarkanracun yang
terbentukdalamtubuh. Organ iniantaralainterbentukdarijaringanotot,
jaringanpengikat, danjaringansaraf. Lambungmerupakan organ yang
berfungsisebagaisalahsatualatpencernaan. Organ
iniantaralainterbentukdarijaringanepitel, jaringanototpolos, danjaringanpengikat.
Telingaberfungsisebagaialatpendengarandankeseimbangantubuh. Organ
initerbentukantaralainolehjaringanotot, jaringanepitel, danjaringansaraf.
Kulitberfungsisebagaipelindungtubuhdanpengaturansuhu. Organ
initerbentukantaralainolehjaringanotot, jaringanepitel, danjaringansaraf.
5. Organ-organ
pokok yang terdapatpadatumbuhanadalahakar, batang, dandaun.
Bungadanbuahbukanmerupakan organ pokokpadatumbuhan, keduanyamerupakancabang
yang berubahbentukdantumbuhterbatas.Dauntersusunolehjaringan epidermis,
jaringantiang, jaringanbungakarang,
danjaringanpengangkut.Fungsidaunadalahsebagaitempatfotosintesis yang
menghasilkanmakananuntukkehidupantumbuhanitusendiri, danberfungsisebagai organ
pernapasan.Akartersusunolehjaringan epidermis, jaringanparenkim,
danjaringanpengangkut.Jaringan-jaringantersebutbekerjasamasehinggaakardapatberfungsisebagai
organ penyerap air danzathara (mineral), sebagaipenegakbatangdan organ
pernapasan. Batangtersusunolehjaringan epidermis, jaringanparenkim,
jaringankorteks, jaringansilinderpusat,
danjaringanpengangkut.Fungsibatangadalahsebagaialatpengangkutan,
danpenopangtubuhtumbuhan.Padabeberapajenistumbuhan,
batangberperansebagaitempatpenyimpananbahanmakanancadangan.
6. Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh. Organ
ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan
saraf.
7. Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. Organ ini
terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.
D. Pendekatan/Strategi/MetodePembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode : kooperatifdanDiskusi
3. Model : Discovery-inquiry Learning
E. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Lingkungan, Charta , Laptop,
LCD
2.
AlatdanBahan
a. Alat : gunting, siletpenyayat, selotip. Spidol, kertasplano
b. Bahan : tumbuhan , Torso Manusia
*) siswadimintamembawatumbuhandarirumah
3. SumberBelajar
a) Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b) LKS Sistemorganisasikehidupan
c) Artikel systemorganisasikehidupan
d) Internet
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model Discovery
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
|
Pendahu
luan
|
MenciptakanSituasi (Stimulasi)
|
Pemusatanperhatian :
a. Guru memperlihatkanfenomenaalammelalui Koran atautayangan
video berita orang jual organ untuksesuapnasidan video tumbuhan ( sumber :
youtube). Berdasartayangantersebutpesertadidikdimintaberpikirkritisterkait
organ yang menyusunorganismetumbuhandanhewan.
b. Guru menyampaikantujuandanmanfaatmempelajarimempelajari
organ padatumbuhan,hewan, danmanusia.
|
10 menit
|
KegiatanInti
|
PembahasanTugasdanIdentifikasiMasalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dananalisis
Verifikasi
|
Menyampaikaninformasitentangkegiatan
yang akandilakukan
MembagiLembarKerjadanpesertadidikdimintamembacanya
Guru menjelaskanhal-hal yang adapadaLembarKerja
Membagisiswadalamtatanankelompok.
PesertadidikmelakukankegiatansesuaidenganpanduanLembarKerja
Mengumpulkan data yang dibutuhkansesuaidenganpanduan di LembarKerja
Mencatat, mengolahdanmenganalisis
data
darisetiappengamatanuntukmenjawabpertanyaan-pertanyaanpadaLembarKerja.
MembuatlaporanobservasidanpenemuansesuaidenganpanduanpadaLembarKerja.
Presentasihasilpercobaan
Diskusi organ
penyusuntumbuhandanhewanberdasarkanhasil
data hasilobservasidanpenemuan
Membuatkesimpulantentang organ
padatumbuhan, hewan, danmanusiabesertafungsinya
|
60menit
|
Penutup
|
Generalisasi
|
Siswa dan guru mereviewhasilkegiatanpembelajaran
Guru memberikanpenghargaan (misalnyapujianataubentukpenghargaan lain
yang relevan) kepadakelompok yang berkinerjabaik
Siswamenjawabkuistentang organ
padatumbuhandanhewan
Pemberiantugasuntukmempelajaripemanfaatan.
Ditayangkan video kembaliuntukmenjawabsecarakritismasalah yang tersirat
di tayangantersebut
HasilKerjakelompokdipajang agar dapatdilihatsemuapesertadidik
|
10 menit
|
G. PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar Pengamatan
Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
|
Tes Unjuk
Kerja
|
LaporanhasilObservasiSiswa
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
mengagumi organ
padatumbuhandanhewanbesertafungsinyasebagaiwujudkebesaranTuhan dalamnemcipta
|
||||
2
|
memiliki rasa ingin
tahu (curiosity)
|
||||
3
|
menunjukkan ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi organ
padatumbuhandanhewan
sebagai wujudkebesaranTuhan dalammencipta
|
1: menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap organ
padatumbuhandanhewanbesertafungsinya
dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2: belum secara eksplisit menunjukkan
ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap organ padatumbuhandanhewanbesertafungsinya.
3: belum menunjukkan ekspresi
kekaguman, atau menaruh minat terhadap
organ padatumbuhandanhewanbesertafungsinyadan atau ungkapan verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin
tahu
|
1: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif
dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3
|
Menunjukkan ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
1: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa
dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum
menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya
tidak selesai
|
b.
TesUraian
1. Apa yang dimaksuddengan organ?
2. Gambarkansatucontohtumbuhan,
kemudianidentifikasikanbagian organ yang sesuai !
3. Jelaskanfungsidari organ padaTumbuhan !
4. Bagaimanakahjikatumbuhantidakmemilikisalahsatu
organ padabagiantubuhnya?
5. Jelaskanfungsidari organ padahewan vertebrata danmanusia
!
6. Bagaimanakahjikahewanataumanusiatidakmemilikisatu
organ padabagiantubuhnya?
KuncijawabandanpedomanpenskoranTesSoalUraian
Jawabansoalnomor
|
|
1. Organ adalahbagian yang
tersusunatasbeberapajaringan yang samadanmenjalankanfungsitertentu.
|
|
|
|
3. Daun: sebagai
tempat fotosintesis
Batang: menegakkan tumbuhan, tempat
melekatnya cabang, alat
transprotasi air dan unsur
hara, dan hasil fotosintesis, cadangan makanan
Akar: menegakkan tanaman, alat penyerapan air, cadangan makanan
Buah: cadangan makanan
Bunga: alat reproduksi
|
|
4. Jika tumbuhan tidak memiliki
salah satu organ utama (daun, batang, atau akar) maka tumbuhan itu tidak bisa
hidup. Namun jika tumbuhan tidak memiliki organ tambahan (buah atau bunga)
maka tumbuhan tersebut masih bisa hidup.
|
|
5. Mata berfungsi untuk melihat.; Paru-paru berfungsi
sebagai alat pernapasan; Jantung berfungsi memompa darah supaya beredar ke
seluruh tubuh.; Hati berfungsi sebagai tempat menawarkan racun yang terbentuk
dalam tubuh.; Lambung merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat
pencernaan; Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan
tubuh; Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. ; ginjal
sebagai alat eksresi, Usus berfungsi sebagai alat pencernaan
|
|
6. Jika hewan atau manusia tidak memiliki salah satu
organ saja maka masih bisa hidup tetapi tidak normal. Contoh: jika tidak
memiliki mata maanusia masih bisa hidup
|
KriteriapenilaianTesSoaluraian
Kriteria
|
Skor
|
Jawabanbenardanlengkap
|
5
|
Jawabanbenartetapitidaklengkap
|
3
|
Jawabansalah
|
1
|
Tidakmenjawab
|
0
|
mas, boleh minta file ini gak ya?
ReplyDelete