Sunday, 10 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII. Konsep Organisasi Kehidupan








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Sistem Organisasi
Sub Topik                              :     Konsep Organisasi Kehidupan
 Alokasi Waktu                      :     2  JP
Pembelajaran Ke -                :    1


Kompetensi Inti                     :    
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 Kompetensi Dasar
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas  ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam  pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4Mendeskripsikankeragamanpada system organisasikehidupanmulaidaritingkatselsampai organism, sertakomposisibahankimiautamapenysusn sel.
4.5  Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya.
4.6Melakukanpengamatandenganbantuanalatuntukmenyelidikistrukturtumbuhandanhewan.

A.   INDIKATOR
1.   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas organ padatumbuhan, hewan, danmanusiabesertafungsinya, sebagai ciptaan Tuhan.
2.  Menunjukkan sikap teliti, cermat, tekun , kritis dan bertanggung jawab ketika melakukan pengamatan   danpenemuan organ padatumbuhan, hewan, danmanusiasebagai wujud  implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
3.  Mengidentifikasi  organ pada tumbuhan, hewan, danmanusia.
4.  Menyajikan dan mengkomunikasikan hasil observasi dan penemuan tentang organ pada tumbuhan, hewan, danmanusia.

B.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Melaluipengamatanlingkungansekitar, pesertadidikdapatmengembangkanketerampilanperilaku  rasa  ingintahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  mengagumiketeraturan dan kompleksitas makhlukhidupdanbendatakhidupsebagai ciptaan Tuhandansalingmenghargaipendapatmelaluikegiatanpengamatan, diskusikelompok.
2.  Melaluiobservasilingkungansekitardanpenemuan, siswadapatmenjelaskanberbagaimacam organ padatumbuhan, hewan, danmanusia.
3.  Berdasarkanhasilobservasidanpenemuan, siswadapatmengkomunikasikanberbagaimacam organ padatumbuhan, hewan, danmanusiabesertafungsinyamasing-masing.



C.   MATERI
1.   Tuhantelahmenciptakanberbagaijenismakhlukhidupdengansangatteratur. Tuhanjugamenciptakanalamsemestainidengansempurna, Makhlukhidupmerupakanorganisme yang kompleks.
2.    Organismehidup (tumbuhan, hewan, danmanusia) tersusunatassatuanterkecilkehidupanyaitu sel. Selpadaorganismemembentukjaringanhidup, yang kemudianjaringan-jaringandenganfungsi yang samamembentuk organ yang menjalankanfungsitertentu.
3.    Organ merupakansekumpulanjaringan yang memilikifungsidanstruktursama. Setiap organ menjalankanfungsinyadandidukungoleh organ lainnyasehinggamembentuk system organ.Organ padahewanberagamkelengkapannya, semakintinggitingkatansuatuhewanmaka organ-organnyasemakinlengkap.Misalnyaantaraikandengansapi, tentunya organ padasapilebihbanyakdankompleksdibandingkan organ padaikan.Organ padamanusialebihlengkapdibandingkanhewan.
4.    Organ yang dimilikihewantingkattinggidanmanusiaantara lain mata, paru-paru, jantung, hati, lambung, ginjal, telinga, dankulit. Masing-masingmemilikifungsi yang berbeda-beda.Mata berfungsiuntukmelihat. Organ iniantaralainterbentukdarijaringanototdanjarigansaraf. Paru-paruberfungsisebagaialatpernapasan. Organ iniantaralainterbentukdarijaringanototdanjaringansaraf. Jantungberfungsimemompadarahsupayaberedarkeseluruhtubuh. Organ iniantaralainterbentukdarijaringanototjantung, jaringanpengikat, danjaringansaraf. Hatiberfungsisebagaitempatmenawarkanracun yang terbentukdalamtubuh. Organ iniantaralainterbentukdarijaringanotot, jaringanpengikat, danjaringansaraf. Lambungmerupakan organ yang berfungsisebagaisalahsatualatpencernaan. Organ iniantaralainterbentukdarijaringanepitel, jaringanototpolos, danjaringanpengikat. Telingaberfungsisebagaialatpendengarandankeseimbangantubuh. Organ initerbentukantaralainolehjaringanotot, jaringanepitel, danjaringansaraf. Kulitberfungsisebagaipelindungtubuhdanpengaturansuhu. Organ initerbentukantaralainolehjaringanotot, jaringanepitel, danjaringansaraf.
5.    Organ-organ pokok yang terdapatpadatumbuhanadalahakar, batang, dandaun. Bungadanbuahbukanmerupakan organ pokokpadatumbuhan, keduanyamerupakancabang yang berubahbentukdantumbuhterbatas.Dauntersusunolehjaringan epidermis, jaringantiang, jaringanbungakarang, danjaringanpengangkut.Fungsidaunadalahsebagaitempatfotosintesis yang menghasilkanmakananuntukkehidupantumbuhanitusendiri, danberfungsisebagai organ pernapasan.Akartersusunolehjaringan epidermis, jaringanparenkim, danjaringanpengangkut.Jaringan-jaringantersebutbekerjasamasehinggaakardapatberfungsisebagai organ penyerap air danzathara (mineral), sebagaipenegakbatangdan organ pernapasan. Batangtersusunolehjaringan epidermis, jaringanparenkim, jaringankorteks, jaringansilinderpusat, danjaringanpengangkut.Fungsibatangadalahsebagaialatpengangkutan, danpenopangtubuhtumbuhan.Padabeberapajenistumbuhan, batangberperansebagaitempatpenyimpananbahanmakanancadangan.
6.   Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.
7.  Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.

D.    Pendekatan/Strategi/MetodePembelajaran
1.      Pendekatan     :  Scientific
2.      Metode                        :  kooperatifdanDiskusi
3.      Model              :  Discovery-inquiry Learning

E.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media
Lingkungan, Charta , Laptop, LCD 
2.      AlatdanBahan
a. Alat       : gunting, siletpenyayat, selotip. Spidol, kertasplano
b.    Bahan : tumbuhan , Torso Manusia
*) siswadimintamembawatumbuhandarirumah
3. SumberBelajar
a)  Buku  IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013 
b) LKS  Sistemorganisasikehidupan
c) Artikel  systemorganisasikehidupan
d) Internet

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Discovery
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Pendahu
luan
MenciptakanSituasi (Stimulasi)
               Pemusatanperhatian : 
a.    Guru  memperlihatkanfenomenaalammelalui Koran atautayangan video berita orang jual organ untuksesuapnasidan video tumbuhan ( sumber : youtube). Berdasartayangantersebutpesertadidikdimintaberpikirkritisterkait organ yang menyusunorganismetumbuhandanhewan.

b.    Guru  menyampaikantujuandanmanfaatmempelajarimempelajari organ padatumbuhan,hewan, danmanusia.
10 menit
KegiatanInti
PembahasanTugasdanIdentifikasiMasalah





Observasi



Pengumpulan  data


Pengolahan  data dananalisis







Verifikasi






               Menyampaikaninformasitentangkegiatan    yang  akandilakukan
               MembagiLembarKerjadanpesertadidikdimintamembacanya
               Guru menjelaskanhal-hal yang adapadaLembarKerja

               Membagisiswadalamtatanankelompok. 
               PesertadidikmelakukankegiatansesuaidenganpanduanLembarKerja

               Mengumpulkan data yang dibutuhkansesuaidenganpanduan di  LembarKerja

               Mencatat, mengolahdanmenganalisis  data  darisetiappengamatanuntukmenjawabpertanyaan-pertanyaanpadaLembarKerja.
               MembuatlaporanobservasidanpenemuansesuaidenganpanduanpadaLembarKerja.

               Presentasihasilpercobaan
               Diskusi  organ penyusuntumbuhandanhewanberdasarkanhasil  data hasilobservasidanpenemuan
               Membuatkesimpulantentang   organ padatumbuhan, hewan, danmanusiabesertafungsinya
60menit
Penutup
Generalisasi
           Siswa dan guru mereviewhasilkegiatanpembelajaran
           Guru  memberikanpenghargaan  (misalnyapujianataubentukpenghargaan  lain  yang  relevan)  kepadakelompok yang berkinerjabaik
           Siswamenjawabkuistentang  organ padatumbuhandanhewan
           Pemberiantugasuntukmempelajaripemanfaatan.
           Ditayangkan video kembaliuntukmenjawabsecarakritismasalah yang tersirat di tayangantersebut
           HasilKerjakelompokdipajang agar dapatdilihatsemuapesertadidik
10 menit






G.   PENILAIAN
1.  Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Uraian
Tes Unjuk Kerja
LaporanhasilObservasiSiswa

2. Instrumen
a.  Lembar Pengamatan Sikap
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
mengagumi  organ padatumbuhandanhewanbesertafungsinyasebagaiwujudkebesaranTuhan dalamnemcipta
2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

                             Rubrik Penilaian Sikap
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi  organ padatumbuhandanhewan  sebagai wujudkebesaranTuhan dalammencipta
1: menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap  organ padatumbuhandanhewanbesertafungsinya  dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan

 2: belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap organ padatumbuhandanhewanbesertafungsinya.

 3: belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap  organ padatumbuhandanhewanbesertafungsinyadan    atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
1: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
1: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
3: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai


b.      TesUraian
1.    Apa yang dimaksuddengan organ?
2.    Gambarkansatucontohtumbuhan, kemudianidentifikasikanbagian organ yang sesuai !
3.    Jelaskanfungsidari organ padaTumbuhan !
4.    Bagaimanakahjikatumbuhantidakmemilikisalahsatu organ padabagiantubuhnya?
5.    Jelaskanfungsidari organ padahewan vertebrata danmanusia !
6.    Bagaimanakahjikahewanataumanusiatidakmemilikisatu organ padabagiantubuhnya?

KuncijawabandanpedomanpenskoranTesSoalUraian
Jawabansoalnomor
1.    Organ adalahbagian yang tersusunatasbeberapajaringan yang samadanmenjalankanfungsitertentu.
1:bunga
2,4,5:daun
6:buah
7.akar
1.      Dan
3.    Daun: sebagai tempat fotosintesis
Batang:  menegakkan tumbuhan, tempat melekatnya cabang, alat  transprotasi  air dan unsur hara, dan hasil fotosintesis, cadangan makanan
Akar: menegakkan tanaman, alat penyerapan air, cadangan makanan
Buah:  cadangan makanan
Bunga:  alat reproduksi
4.    Jika tumbuhan tidak memiliki salah satu organ utama (daun, batang, atau akar) maka tumbuhan itu tidak bisa hidup. Namun jika tumbuhan tidak memiliki organ tambahan (buah atau bunga) maka tumbuhan tersebut masih bisa hidup.
5.    Mata berfungsi untuk melihat.; Paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan; Jantung berfungsi memompa darah supaya beredar ke seluruh tubuh.; Hati berfungsi sebagai tempat menawarkan racun yang terbentuk dalam tubuh.; Lambung merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan; Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh; Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. ; ginjal sebagai alat eksresi, Usus berfungsi sebagai alat pencernaan
6.    Jika hewan atau manusia tidak memiliki salah satu organ saja maka masih bisa hidup tetapi tidak normal. Contoh: jika tidak memiliki mata maanusia masih bisa hidup


KriteriapenilaianTesSoaluraian
Kriteria
Skor
Jawabanbenardanlengkap
5
Jawabanbenartetapitidaklengkap
3
Jawabansalah
1
Tidakmenjawab
0























1 comment:
Write komentar