RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / 1
Topic : Perubahan
Benda-benda di sekitar kita
Sub Topik : Perubahan Fisika dan Kimia
Alokasi Waktu :
2
JP
Pembelajaran Ke - : 1
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah kongkrit (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi dasar
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dankimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya ( KI 1 )
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatifdan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasisikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi. ( KI 2 )
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujudimplementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan. ( KI 2 )
3.5. Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisik
dan kimia pada zat yang dapatdimanfaatkan untuk kehidupan
sehari-hari. ( KI 3 )
A. Indikator
1. Melakukan
kegiatan pengamatan bermacam –macam
perubahan yang terjadi pada zat
2. Menjelaskan
pengertian perubahan fisika dan
perubahan kimia sertamenyebutkan beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasi tentang perubahan fisika
dan kimia .
B. Tujuan Pembelajaran:
- Malalui
kegiatan observasi, peserta didik dapat mengelompokkan perubahan fisika dan kimia
- Peserta didik dapat menyajikan hasil
observasi/pengamatan, mengidentifikasi,dan mengomunikasikan hasil
observasi tentang perubahan fisika. dan perubahan kimia
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
perubahan fisika dan perubahan kimia.
C. Materi Pembelajaran
1. Perubahan fisika : Perubahan zat yang tidak disertai dengan terbentuknya zat baru.
2. Perubahan kimia : Perubahan zat yang disertai
dengan terbentuknya zat baru
D. Pendekatan / Strategi/ Metode Pembelajaran:
·
Pendekatan
: Saintifik
·
Model :
Discovery Learning
·
Metode
o
Observasi,
o
Demonstrasi
E. Media,
alat, dan sumber pembelajaran
a. Media:
film tentang beberapa contoh perubahan fisika. dan kimia
b. Alat:
Gunting, pembakar spirtus, gelas, dan sendok logam.
c. Bahan:
Kertas, korek api, gula, garam dan air.
F Sumber belajar :
a.)
Buku
siswa IPA SMP kelas VII kurikulum 2013,
b.) Internet
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
|
Karakter
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
||
A
|
Siswa menjawab salam dari guru, kemudian guru menanyakan kabar siswa
dan melakukan presensi.
|
5’
|
Toleransi
|
B
|
Siswa menerima informasi tentang materi, kompetensi dasar,tujuan
pembelajaran dan model pembelajaran
yang akan dilakukan.
|
10’
|
Semangat , rasa ingin tahu
|
C
|
Siswa menerima motivasi dari guru:
Guru memperagakan kertas dibakar dan kertas yang dipotong-potong
-
Coba Anak –anak perhatikan
kertas yang dipotong 2 /dan kertas yang dibakar.
-
dari perc. Tsb zat apa yang dihasilkan apakah zat tsb sama dengan
kertas( benda semula)?
Apa perbedaan hasil pengamatan dari kertas yang dipotong-potong dan
kertas yang dibakar?
|
10’
|
semangat
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
||
Guru mendemonstrasikan ( memperlihatkan ) beberapa perubahan yang
terjadi pada berbagai zat yang ada disekitar lingkungan , siswa diminta
mempertatikan
|
|||
A
|
Guru meminta siswa membagi kelompok yang berisi 4 siswa.,untuk
melakukan kegiatan pengamatan
|
5’
|
|
B
|
Siswa membagi kelompok setiap kelompok terdiri dari 4 siswa untuk
melakukan kegiatan sekaligus observasi
tentang perubahan fisika dan kimia.
|
20’
|
Kerja sama, teliti, tekun,jujur
|
C
|
Guru mempersilahkan siswa mewakili kelompoknya untuk mempresentasikan
hasil observasi.
|
20’
|
berani
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
||
A
|
Guru bersama siswa mengevaluasi
proses diskusi dan menyimpulkan meteri tersebut
|
10’
|
|
B
|
Guru memberi tugas rumah, dan memberi salam
|
||
C
|
Siswa membalas salam dari guru.
|
H. Penilaian:
1.
Penilaian sikap
Penilaian sikap saat diskusi
No
|
Nama
|
Kerja sama
|
santun
|
Toleran
|
aktif
|
Jumpah skor
|
Skor perolehan
|
||||||
1.
|
......
|
|||||
2.
|
......
|
|||||
3.
|
Keterangan:
Skor 1, Jika tidak pernah berperilaku
2, Jika
kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
3, Jika
Berperilaku dalam kegiata.
4, Jika selalu
berperilaku dalam kegiatan
Nilai = Jumlah perolehan skor/ jumlah skor maksimal x 100
nilai
|
predikat
|
80
≤ SB ≤
100
|
Sangat baik (SB)
|
70
≤ B ≤
79
|
Baik ( B )
|
60
≤ C ≤
69
|
Cukup (C )
|
60
|
Kurang ( K )
|
2.
Penilaian Pengetahuan
1)
Jelaskan 3 ciri perubahan fisika
2)
Jelaskan 3 ciri perubahan kimia
3)
Kelompokkan peristiwa dibawah ini kedalam 2
kelompok yairi peristiwa perubahan fisika atau kimia
a.lilin meleleh f.
alumuniun menjadi panci
b. nasi berubah
basi g. apel
membusuk
c. kayu diubah
menjadi almari h. kedele
menjadi tempe
d. kertas dibakar i. beras
menjadi tepung
e. kembang api
menyala
KETERANGAN
- Setiap butir soal skor maksimum = 3
Nilai
= jumlah skor perolehan x 100
Skor maksimum
No comments:
Write komentar