Sunday, 10 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII. Topic : Klasifikasi Makhluk Hidup



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik                              :     Klasifikasi
 Alokasi Waktu                      :     2  JP
Pembelajaran Ke -                :    1


Kompetensi Inti                     :    
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian tampakmata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar

1.1.MengagumiketeraturandankompleksitasciptaanTuhantentangaspek,fisikdankimiawi, kehidupandalamekosistemdanperananmanusiadalamlingkungansertamewujudkannyadalampengamalanajaran agama yang dianutnya.
2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung  jawab;  terbuka;  kritis;  kreatifinovatif  dan  peduli lingkungan) dalamaktivitas sehari-hari
2.2.   Menghargai  kerja   individu  dan  kelompok dalam   aktivitas   sehari-hari   sebagai   wujudimplementasimelaksanakanpercobaandanmelaporkanhasilpercobaan
3.3.   Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
4.3.   Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar

A.      INDIKATOR

1.      Menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
2.      Mengklasifikasikan tumbuhan yang dijumpai pada saat pengamatan berdasarkan manfaatnya
3.      Mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4.      Mengembangkan  perilaku  rasa  ingin  tahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  saling menghargai pendapat

B.       TUJUANPEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup melalui diskusidatahasilobservasi
2.      MelaluikajianLKS, siswa dapat  mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan manfaatnya
3.      Melalui kajian LKS,siswa  dapat mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4.      Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargaipendapatmelalui kegiatandiskusikelompok

C.  MATERI
      1.            Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
      2.            Manfaatnya adalah:
a.    Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b.    Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c.    Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya.

      3.            Pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan manfaat/kegunaannya, persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimilikiberbagai makhluk hidup tersebut

      4.            Prinsip utama pemberian nama makhluk hidup dengan menggunakan binomial Carolus Linnaeus adalah :
a.         Menggunakan bahasa Latin.
b.        Menggunakan kategori.
c.         Menggunakan dua kata.


D.   PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN

1.        Pendekatan                : Scientific
2.        Metode                      : Diskusidan Eksperimen
3.        Model                        : Problem Based Learning


E.    MEDIADANSUMBERPEMBELAJARAN

1.           Media                                    :  Charta,LCD
2.           Sumber Belajar
a.    Buku IPA SMPkelas VII,Puskurbuk2013
b.    LKSKlasifikasi makhluk hidup


F.  Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan Pertama(2JP)
Langkah-langkahpembelajaran

Kegiatan
TahapanPokok
KegiatanPembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Persiapan


Motivasi







·      Guru memberi salam pada siswa, menanyakan keadaan siswa

·      Guru mengajak siswa bermain (udara, darat, laut)
·      Jika guru menyebut udara, siswa diminta menyebutkan nama binatang yang bisa terbang, jika darat siswa diminta menyebutkan binatang yang berjalan didarat dan jika laut siswa diminta me menyebutkan binatang yang hidup di air


10 menit
Kegiatan Inti
Orientasisiswa pada masalah
·      Guru menayangkan berbagai gambar binantang dan tumbuhan, siswa diminta untuk mengamati
·      Guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa
“Bagaimana caranya agar lebih mudah mempelajari keanekaragaman makhluk hidup?”




Siswamenyimak masalahyang disampaikangurutentang kondisidibeberapa daerahyang mengalamikesulitanairbersih,padahalkeberadaanairbersih sangat dibutuhkanolehsemuaorang. Terdapat banyak kegiatanmanusiayang memberikansumbanganterhadapberkurangnyaairbersih.
Siswa dimintamemberikantanggapandanpendapat terhadapmasalah tersebut.
Gurumenyampaikantujuanpembelajarandanmenjelaskancara pembelajaranyang akandilaksanakan
50 menit


Mengorganisasisisiswa dalam belajar
·      Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan gurudengan mempertimbangkan kemampuan akademik, gender, dan ras
·      Siswa menerima LKS Klasifikasi Makhluk Hidup
·      Siswa diminta menuju ke halaman/kebun sekolah, mengamati tumbuhan dan binatang yang mereka temukan di kebun dengan ciri-ciri yang dimiliki.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya

Membimbing penyelidikansiswasecaramandiri maupunkelompok



                        
·      Siswa melakukan penyelidikan sesuai LKS  dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi.
·      Guru memfasilitasi dan membimbing  kelompok belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual  yang ada di lingkungan.
·      Siswa melakukan diskusi kelompok untuk melakukan kegiatan :
1.      Menklasifikasikan tumbuhan menurut fungsinya
2.      Mengklasifikasikan hewan menurut ciri-ciri yang dimiliki

Mengembangkandan menyajikanhasilkarya
·      Siswa menjawab pertanyaan pada LKS dan menyajikan  dalam laporan tertulis.
·       Siswa menyajikan laporan  pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi kelas).
Penutup
Menganalisisdan mengevaluasiproses pemecahanmasalah
·      Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadappemecahan-pemecahan masalah yang telahditemukan siswa.
·      Kelompok siswa yang berhasil memecahkanpermasalahan diberi pengahargaan
·      Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa (dapat menggunakan paper and pencil test atau authentic assessment)
menit




GPENILAIAN

1. MetodedanBentukInstrumen

Metode
BentukInstrumen
·         Observasi Perilaku
·         LembarPengamatanSikapdanRubrik
·         Tes tertulis
·         Lembar tes tertulis dan rubrik
·         Penilaian Produk
·         Lembar Penilaian Produk dan rubrik



2. Contoh Instrumen

Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspekyangdinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasaingintahu(curiosity)




2
Ketelitiandankehati-hatiandalam melakukanpercobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilanberkomunikasipada saatbelajar












RubrikPenilaian Sikap

No
Aspekyang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkanrasaingintahu
3:    menunjukkan rasa ingintahuyangbesar, antusias, aktif dalam dalamkegiatankelompok
2:    menunjukkan rasa ingintahu,namuntidak terlalu antusias, danbaruterlibat aktifdalamkegiatankelompoketika disuruh
1:    tidakmenunjukkanantusias dalampengamatan, sulit terlibat aktifdalamkegiatankelompok  walaupuntelah didoronguntukterlibat
2.
Ketelitiandan hati-hati
3.mengamatihasilpercobaan sesuaiprosedur,hati-hatidalammelakukanpercobaan
2.   mengamatihasilpercobaan sesuaiprosedur,kuranghati- hatidalam melakukanpercobaan
1.   mengamatihasilpercobaan sesuaiprosedur, kuranghati- hatidalam melakukanpercobaan





3
Ketekunandan tanggungjawab dalambelajar danbekerjabaik secaraindividu maupun berkelompok
3:    tekundalammenyelesaikan tugas dengan hasil terbaikyang bisadilakukan, berupaya tepat waktu.
2:    berupaya tepat waktudalammenyelesaikan tugas,namun belummenunjukkanupaya terbaiknya
1:    tidakberupaya sungguh-sungguhdalammenyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3.    aktifdalam tanyajawab, dapatmengemukaangagasanatau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.    aktifdalam tanyajawab,  tidak ikut mengemukaangagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1.   aktifdalam tanyajawab,  tidak ikut mengemukakangagasan atau ide,kurangmenghargaipendapat siswa lain

Contoh Penilaian Pemahaman

1.      Apa tujuan dan manfaat dari klasifikasi
2.      Dikebun Pak Samidin terdapat beberapa tanaman diantaranya kunyit, bunga sepatu, bayam, jahe, sawi, bunga anggrek, kangkung, singkong, jagung, dan bunga mawar. Butlah pengemlompokan tanaman tersebut menurut kegunaannya sebagai bahan makanan, tanaman hias dan tanaman obat
3.      Seorang pelajar melakukan pengamatan di kebun. Dia mendapatkan beberapa jenis hewan diantaranya belalang, capung, semut, kupu-kupu, cacing, lalat dan kaki seribu.. Kelompokkan hewan tersebut menurut kesamaan ciri yang dimiliki


Kunci Jawaban
      1.            Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
Manfaatnya adalah:
a.    Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b.    Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c.    Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya

      2.            Klasifikasi Tumbuhan
Bahan Makanan
Tanaman Hias
Tanaman Obat
Bayam, sawi,kangkung, singkong, jagung
bunga sepatu, bunga anggrek, bunga mawar
Kunyit, jahe

      3.            Klasifikasi Hewan

No
Nama Binatang














Contoh Penilaian Produk

Mater iPelajaran           : Klasifikasi Makhluk Hidup
NamaProduk               :
AlokasiWaktu              : NamaPesertadidik : Kelas    :

No.
Tahapan
Skor (1 –5)*
1
Struktur laporan

2
Kesesuaian dengan materi

3
Kreatifitas

TOTALSKOR



Catatan :
*) Skordiberikandenganrentangskor1sampaidengan5, denganketentuan semakinlengkapjawabandanketepatandalamproses pembuatanmakasemakin tinggi nilainya.



No comments:
Write komentar