RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub
Topik : Klasifikasi
Alokasi Waktu :
2
JP
Pembelajaran
Ke - : 1
Kompetensi
Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong),
santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial
dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang
ilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian
tampakmata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
1.1.MengagumiketeraturandankompleksitasciptaanTuhantentangaspek,fisikdankimiawi,
kehidupandalamekosistemdanperananmanusiadalamlingkungansertamewujudkannyadalampengamalanajaran
agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan
perilaku ilmiah
(memiliki
rasa
ingin
tahu; objektif;
jujur; teliti;
cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalamaktivitas
sehari-hari
2.2. Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai
wujudimplementasimelaksanakanpercobaandanmelaporkanhasilpercobaan
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian
makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta
mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
4.3. Mengumpulkan data dan melakukan
klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan
sekitar
A. INDIKATOR
1. Menyebutkan tujuan dan manfaat
klasifikasi makhluk hidup
2. Mengklasifikasikan tumbuhan yang
dijumpai pada saat pengamatan berdasarkan manfaatnya
3. Mengklasifikasikan hewan berdasarkan
kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4. Mengembangkan perilaku
rasa ingin tahu,
teliti, jujur, tekun,
tanggungjawab, saling menghargai
pendapat
B.
TUJUANPEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup melalui diskusidatahasilobservasi
2.
MelaluikajianLKS, siswa dapat
mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan manfaatnya
3.
Melalui kajian LKS,siswa dapat
mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4.
Mengembangkan perilaku
rasa
ingin
tahu, teliti, jujur,
tekun,
tanggungjawab, saling
menghargaipendapatmelalui kegiatandiskusikelompok
C. MATERI
1.
Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup
yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
2.
Manfaatnya adalah:
a. Untuk penelitian lebih
lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat
dimanfaatkan.
b. Untuk dipelajari agar
dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c. Untuk mengetahui
hubungan antara organisme satu dengan lainnya.
3.
Pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan manfaat/kegunaannya,
persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimilikiberbagai makhluk hidup tersebut
4.
Prinsip utama pemberian nama makhluk hidup dengan menggunakan binomial
Carolus Linnaeus adalah :
a.
Menggunakan bahasa Latin.
b.
Menggunakan kategori.
c.
Menggunakan dua kata.
D. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Scientific
2.
Metode : Diskusidan Eksperimen
3.
Model : Problem
Based Learning
E. MEDIADANSUMBERPEMBELAJARAN
1.
Media : Charta,LCD
2.
Sumber
Belajar
a. Buku
IPA
SMPkelas
VII,Puskurbuk2013
b. LKSKlasifikasi
makhluk hidup
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama(2JP)
Langkah-langkahpembelajaran
Kegiatan
|
TahapanPokok
|
KegiatanPembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
Motivasi
|
· Guru memberi salam
pada siswa, menanyakan keadaan siswa
· Guru mengajak siswa
bermain (udara, darat, laut)
· Jika guru menyebut
udara, siswa diminta menyebutkan nama binatang yang bisa terbang, jika darat
siswa diminta menyebutkan binatang yang berjalan didarat dan jika laut siswa
diminta me menyebutkan binatang yang hidup di air
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Orientasisiswa
pada masalah
|
· Guru menayangkan
berbagai gambar binantang dan tumbuhan, siswa diminta untuk mengamati
· Guru menyampaikan pertanyaan
kepada siswa
“Bagaimana caranya agar lebih mudah
mempelajari keanekaragaman makhluk hidup?”
Siswamenyimak masalahyang disampaikangurutentang
kondisidibeberapa
daerahyang mengalamikesulitanairbersih,padahalkeberadaanairbersih sangat
dibutuhkanolehsemuaorang. Terdapat banyak kegiatanmanusiayang
memberikansumbanganterhadapberkurangnyaairbersih.
Siswa dimintamemberikantanggapandanpendapat terhadapmasalah
tersebut.
Gurumenyampaikantujuanpembelajarandanmenjelaskancara pembelajaranyang
akandilaksanakan
|
50 menit
|
Mengorganisasisisiswa dalam belajar
|
· Siswa membentuk
kelompok belajar sesuai arahan gurudengan mempertimbangkan kemampuan
akademik, gender, dan ras
· Siswa menerima LKS
Klasifikasi Makhluk Hidup
· Siswa diminta menuju
ke halaman/kebun sekolah, mengamati tumbuhan dan binatang yang mereka temukan
di kebun dengan ciri-ciri yang dimiliki.
· Siswa mencatat hasil
pengamatannya
|
||
Membimbing
penyelidikansiswasecaramandiri maupunkelompok
|
· Siswa melakukan
penyelidikan sesuai LKS dan berdiskusi
dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah
diidentifikasi.
· Guru memfasilitasi dan
membimbing kelompok belajar berdiskusi
untuk menjawab permasalahan aktual
yang ada di lingkungan.
· Siswa melakukan
diskusi kelompok untuk melakukan kegiatan :
1.
Menklasifikasikan tumbuhan menurut fungsinya
2.
Mengklasifikasikan hewan menurut ciri-ciri yang dimiliki
|
||
Mengembangkandan
menyajikanhasilkarya
|
· Siswa menjawab
pertanyaan pada LKS dan menyajikan
dalam laporan tertulis.
·
Siswa menyajikan laporan
pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi
kelas).
|
||
Penutup
|
Menganalisisdan mengevaluasiproses
pemecahanmasalah
|
· Siswa dibimbing guru
melakukan analisis terhadappemecahan-pemecahan masalah yang telahditemukan
siswa.
· Kelompok siswa yang
berhasil memecahkanpermasalahan diberi pengahargaan
·
Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah
dipelajari siswa (dapat menggunakan paper and pencil test atau authentic
assessment)
|
menit
|
G.
PENILAIAN
1. MetodedanBentukInstrumen
Metode
|
BentukInstrumen
|
·
Observasi Perilaku
|
·
LembarPengamatanSikapdanRubrik
|
·
Tes tertulis
|
·
Lembar tes tertulis dan rubrik
|
·
Penilaian
Produk
|
·
Lembar
Penilaian Produk dan rubrik
|
2. Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspekyangdinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasaingintahu(curiosity)
|
||||
2
|
Ketelitiandankehati-hatiandalam
melakukanpercobaan
|
||||
3
|
Ketekunan dan
tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara
individu maupun berkelompok
|
||||
4
|
Keterampilanberkomunikasipada saatbelajar
|
RubrikPenilaian
Sikap
No
|
Aspekyang
dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkanrasaingintahu
|
3: menunjukkan rasa ingintahuyangbesar,
antusias, aktif dalam
dalamkegiatankelompok
2: menunjukkan rasa ingintahu,namuntidak terlalu antusias,
danbaruterlibat aktifdalamkegiatankelompoketika
disuruh
1:
tidakmenunjukkanantusias dalampengamatan, sulit
terlibat
aktifdalamkegiatankelompok walaupuntelah didoronguntukterlibat
|
2.
|
Ketelitiandan hati-hati
|
3.mengamatihasilpercobaan
sesuaiprosedur,hati-hatidalammelakukanpercobaan
2. mengamatihasilpercobaan
sesuaiprosedur,kuranghati- hatidalam melakukanpercobaan
1. mengamatihasilpercobaan
sesuaiprosedur, kuranghati- hatidalam melakukanpercobaan
|
3
|
Ketekunandan tanggungjawab
dalambelajar
danbekerjabaik
secaraindividu
maupun berkelompok
|
3: tekundalammenyelesaikan tugas dengan hasil
terbaikyang bisadilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktudalammenyelesaikan
tugas,namun belummenunjukkanupaya terbaiknya
1: tidakberupaya
sungguh-sungguhdalammenyelesaikan tugas,dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
3. aktifdalam tanyajawab,
dapatmengemukaangagasanatau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktifdalam tanyajawab, tidak ikut mengemukaangagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
1. aktifdalam tanyajawab, tidak ikut mengemukakangagasan atau
ide,kurangmenghargaipendapat siswa lain
|
Contoh Penilaian
Pemahaman
1.
Apa tujuan dan manfaat dari klasifikasi
2.
Dikebun Pak Samidin terdapat beberapa tanaman diantaranya
kunyit, bunga sepatu, bayam, jahe, sawi, bunga anggrek, kangkung, singkong,
jagung, dan bunga mawar. Butlah pengemlompokan tanaman tersebut menurut
kegunaannya sebagai bahan makanan, tanaman hias dan tanaman obat
3.
Seorang pelajar melakukan pengamatan di kebun.
Dia mendapatkan beberapa jenis hewan diantaranya belalang, capung, semut,
kupu-kupu, cacing, lalat dan kaki seribu.. Kelompokkan hewan tersebut menurut
kesamaan ciri yang dimiliki
Kunci Jawaban
1.
Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk
hidup yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam
mempelajarinya.
Manfaatnya adalah:
a. Untuk penelitian lebih
lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat
dimanfaatkan.
b. Untuk dipelajari agar
dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang.
c. Untuk mengetahui
hubungan antara organisme satu dengan lainnya
2.
Klasifikasi Tumbuhan
Bahan Makanan
|
Tanaman Hias
|
Tanaman Obat
|
Bayam, sawi,kangkung, singkong, jagung
|
bunga sepatu, bunga anggrek, bunga mawar
|
Kunyit, jahe
|
3.
Klasifikasi Hewan
No
|
Nama Binatang
|
|||
Contoh Penilaian
Produk
Mater iPelajaran : Klasifikasi
Makhluk Hidup
NamaProduk :
AlokasiWaktu :
NamaPesertadidik
: Kelas :
No.
|
Tahapan
|
Skor
(1 –5)*
|
1
|
Struktur
laporan
|
|
2
|
Kesesuaian
dengan materi
|
|
3
|
Kreatifitas
|
|
TOTALSKOR
|
Catatan :
*)
Skordiberikandenganrentangskor1sampaidengan5,
denganketentuan semakinlengkapjawabandanketepatandalamproses
pembuatanmakasemakin
tinggi nilainya.
No comments:
Write komentar