RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Objek IPA
dan Pengamatannya
Sub
Topik : Objek IPA
dan Pengamatannya
Alokasi
Waktu : 3JP (2 kali tatap muka)
Pembelajaran
Ke - : 1
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaranagama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong
royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektifdengan
lingkungan sosial dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya
tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian
tampakmata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar :
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ;
hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2 Menghargai
kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktiftas
sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam memilih kegunaan
bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari.
3.1Memahami konsep pengukuran berbagai besaran
yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya rumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran.
4.1 Menyajikaan hasil pengukuran
terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
A.
INDIKATOR
1. Menunjukkan
ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai
dalam kegiatan belajar dan
2. bekerja baik
secara individu maupun berkelompok
3. Memiliki
rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok,
dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok.
4. Menyebut kan
objek yang dipelajari dalam IPA.
5. Menjelaskan
kegunaan mempelajari IPA.
6. Menyajikan
hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
7. Terampil
dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar.
8.
Menjelaskan 3 komponen ketrampilan proses meliputi:
pengamatan, inferensi dan komunikasi.
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui observasi dan diskusi
1.
Siswa dapat mengembangkan perilaku tanggung jawab,ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok.
2. Siswa dapat
mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja
kelompok.
3. Siswa dapat
menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
4. Siswa
dapat menjelaskan kegunaan mempelajari
IPA.
5. Siswa dapat
menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
6. Siswa
terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar.
7.
Siswa dapat menjelaskan tiga komponen ketrampilan
proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi
C.
MATERI
PengamatanGejala Alam
Ilmu pengetahuan dibangun oleh
manusia sedikit demi sedikit melalui kerja ilmiah, demikian juga Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA). Mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
disebut mata pelajaran Sains, yang berarti ilmu pengetahuan tentang alam dan
dunia fisik, termasuk di dalamnya Biologi, Fisika, Kimia, dan Geologi. Bidang
yang dipelajari di SMP adalah Fisika, Biologi, dan Kimia.
1.
Pengertian
Biologi dan Cabang Biologi
Biologi adalah ilmu mengenai
kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda ”biologie”, yang juga
diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios (”hidup”) dan logos (”lambang”,
”ilmu”). Dahulu dikenal dengan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab,
artinya ”ilmu kehidupan”). Tahukah kamu, apa saja objek kajian Biologi? Objek
kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup. Karenanya, dikenal
berbagai cabang Biologi yang mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme,
seperti botani untuk mempelajari tumbuhan, zoologi untuk mempelajari hewan, dan
mikrobiologi untuk mempelajari mikroorganisme. Berbagai aspek kehidupan dikupas
tuntas melalui cabang Biologi seperti ciri-ciri fisik dipelajari dalam anatomi
(tumbuhan, hewan maupun manusia), sedang fungsinya dipelajari dalam fisiologi.
Hubungan antar sesama makhluk dan dengan alam sekitar dapat dipelajari dalam
ekologi, dan mekanisme pewarisan sifat dipelajari dalam genetika. Sementara
itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul
penyusun organisme melalui Biologi molekular serta biokimia, yang banyak
didukung oleh perkembangan teknik komputer melalui bidang bioinformatika.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Biologi adalah ilmu yang mempelajari
makhluk hidup dan gejala-gejala kehidupannya.
Pengetahuan yang diperoleh
melalui suatu penelitian digolongkan dalam pengetahuan ilmiah. Pengetahuan yang
diperoleh dengan cara ini lebih dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Pengetahuan yang didapat melalui prasangka, coba-coba, intuisi (ilham) ataupun
tidak sengaja digolongkan pengetahuan non ilmiah. Kamu juga mempunyai
kesempatan untuk menjadi ilmuwan. Kamu dapat mempelajari percobaan para ahli
terdahulu dan menguji hasilnya, atau dapat memulainya dengan memperhatikan
lingkungan sekitar, menemukan masalah dan mencoba untuk memecahkannya. Cara
yang dapat ditempuh adalah dengan melalui suatu metode yang dikenal dengan
istilah metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan suatu metode yang tersusun
secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah yang timbul dalam ilmu
pengetahuan, demikian juga dalam Biologi.
Secara berurutan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai
berikut.
1. menentukan dan merumuskan masalah,
2. merumuskan hipotesis/dugaan,
3. melaksanakan eksperimen (percobaan),
4. observasi/pengamatan,
5. mengumpulkan data,
6. menarik kesimpulan.
1. menentukan dan merumuskan masalah,
2. merumuskan hipotesis/dugaan,
3. melaksanakan eksperimen (percobaan),
4. observasi/pengamatan,
5. mengumpulkan data,
6. menarik kesimpulan.
Beberapa kegiatan dalam merancang percobaan adalah sebagai berikut:
1. menetapkan landasan teori yang diperlukan,
2. menetapkan tujuan percobaan,
3. menentukan alat dan bahan yang digunakan,
4. menetapkan waktu dan tempat,
5. menetapkan prosedur/langkah-langkah percobaan, dan mempersiapkan tabel untuk mencatat data hasil pengamatan, menetapkan variabel manipulatif, respon maupun kontrol.
1. menetapkan landasan teori yang diperlukan,
2. menetapkan tujuan percobaan,
3. menentukan alat dan bahan yang digunakan,
4. menetapkan waktu dan tempat,
5. menetapkan prosedur/langkah-langkah percobaan, dan mempersiapkan tabel untuk mencatat data hasil pengamatan, menetapkan variabel manipulatif, respon maupun kontrol.
3. Sikap Ilmiah
Sikap ilmiah adalah sikap yang terpuji yang dijunjung tinggi oleh
masyarakat ilmiah. Beberapa hal berikut dapat dijadikan pedoman dalam bersikap
ilmiah.
1.
Mengenali fakta dan opini, sehingga
mampu membedakan data dan informasi. Misalnya timbangan badan menunjukkan 46
kg, ini merupakan data, sedangkan perkiraan berat badan seseorang 46 kg
merupakan opini.
2.
Menggunakan fakta sebagai dasar
argumentasi, kemampuan ini diperlukan pada saat mengajukan pendapat yang didukung
oleh data.
3.
Berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi.
4.
Selalu melakukan evaluasi diri,
mengakui kekuatan dan kelemahan data hasil penelitian, sehingga dapat digunakan
untuk melakukan perbaikan.
5.
Mengembangkan rasa ingin tahu,
berusaha untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang tidak diketahui atau
belum dapat dimengerti. Keingintahuan dapat memacu kita untuk melakukan
penelitian.
6.
Jujur dan menerima kenyataan dari
hasil penelitiannya secara objektif.
7.
Teliti dalam pengambilan data,
terutama data kuantitatif, dan tekun dalam melakukan penelitian artinya tidak
mudah putus asa.
8.
Kepedulian terhadap lingkungan
alam, sosial, dan budaya. Berusahalah untuk memberikan pemikiran tentang
pelestarian dan keindahan lingkungan alam, serta kebersihan lingkungan.
9.
Mengambil keputusan yang bertanggung jawab.
Misalnya dengan adanya bencana tanah longsor yang sering terjadi tentukan
penyebab dan cara mencegah serta menanggulangi kerusakan lingkungan. Dalam
mengemukakan pendapat tentunya dengan argumentasi yang dapat
dipertanggungjawabkan dan data yang lengkap.
D. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Observasi dan diskusi
3.
Model :Problem Based Learning
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
a. Alam sekitar
b. Papan tulis
2.
Alat
a. Alat indra
b. lingkungan
3.
Sumber belajar
a. Buku Siswa IPA Kelas VII, Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan RI 2014.
b. Buku IPA BSE. Wasis, Sugeng. Pusat
Perbukuan, Departeman Pendidikan Nasional.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama :
3 JP
Tahapan
pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
o Siswa menyimak masalah yang
disampaikan guru tentang pengamatan dalam pembelajaran IPA.
o Siswa diminta memberikan tanggapan
dan pendapat terhadap masalah tersebut.
o Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan menjelaskan cara pambelajaran yang akan dilaksanakan.
|
20 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi
siswa dalam belajar
|
o Siswa membentuk 8 kelompok
sesuai arahan guru.
o Siswa menerima LKS untuk
pengamatan .
|
20 menit
|
Membimbing pengamatan siswa secara mandiri
maupun kelompok
|
o Siswa melakukan pengamatan sesuai
petunjuk LKS dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan
masalah yang telah diidentifikasi.
o Guru memfasilitasi dan membimbing
kelompok, belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di
lingkungan.
|
40 menit
|
|
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
|
o Siswa menjawab pertanyaan pada
LKSdan menyajikan dalam laporan tertulis.
o Siswa menyajikan laporan
pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan didepan kelas
|
20
menit
|
|
Penutup
|
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
o Siswa dibimbing guru melakukan
analisis terhadap pemecahan- pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa.
o Kelompok siswa yang berhasil
memecahkan permasalahan diberi penghargaan.
o Guru melakukan evaluasi hasil
belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa.
|
20
menit
|
G. PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk
Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan
Sikap dan Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian
Kinerja
|
Tes Tertulis
|
Tes uraian dan
pilda
|
2.
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
No
|
Nama
|
Sikap *)
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
Rasa
Ingin Tahu
|
Ketelitian
dan Kehati-hatian
|
Ketekunan
dan Tanggung Jawab
|
Berkomunikasi
|
Kejujuran
|
|||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
…
|
|||||||||
Keterangan
:
*) Skala penilaian
sikap dibuat rentang antara 1 sampai dengan 3.
Rubrik
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
|
A.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3
:
2
:
1
:
|
menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
menunjukkan
rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
B.
|
Ketelitian
dan kehati-hatian
|
3
:
2
:
1
:
|
mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
|
C.
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3
:
2
:
1
:
|
tekun
dalam menyelesaiakan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya
tepat waktu
berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
D.
|
Keterampilan
berkomunikasi
|
3
:
2
:
1
:
|
aktif
dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
E.
|
Kejujuran
|
3
:
2
:
1
:
|
Menyajikan
hasil percobaan sesuai data pengamatan
Menyajikan
hasil percobaan tidak sesuai data pengamatan
Menyajikan
hasil percobaan bertolak belakang dengan data pengamatan
|
Penghitungan
nilai :
Nilai =
|
Jumlah Skor
|
x 100%
|
Jumlah Skor
Maksimal
|
Keterangan :
Nilai
|
|
A =
|
91
– 100
|
B =
|
81
– 90
|
C =
|
71
– 80
|
D =
|
61
– 70
|
E
=
|
Kurang dari 61
|
b.
Penilaian
Produk Hasil Percobaan
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||
Hasil
Rumusan Pertanyaan
|
Hasil
Pengamatan
|
Hasil
analisis dan kesimpulan
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
…
|
|||||||
Rubrik
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Hasil Rumusan Pertanyaan/Masalah
|
Tidak berupa masalah
|
Ada, dalam bentuk pernyataan namun
belum mengarah ke penyelidikan, atau pertanyaan tidak lengkap
|
Ada, dalam bentuk pertanyaan, mengarah
ke penyelidikan
|
Hasil Pengamatan
|
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan
yang cermat, lengkap dan aman
|
Data hanya menunjukkan dua aspek dari
cermat, lengkap, aman; masih mencampurkan data dengan inferensi
|
Data hanya menunjukkan dua aspek dari
cermat, lengkap, aman; bebas dari inferensi
|
Hasil Analisis dan Kesimpulan
|
Tidak melakukan analisis data (hanya
menyajikan data, tanpa analisis lebih lanjut)
|
Ada analisis data, namun tidak
melakukan upaya mengkaitkan antarvariabel
|
Ada analisis dan mengkaitkan
antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi)
|
Penghitungan
nilai :
Nilai =
|
Jumlah Skor
|
x 100%
|
Jumlah Skor
Maksimal
|
c.
Penilaian
Tes tertulis
1). Tes Uraian
1. Apa yang dimaksud dengan gejala
alam?
2. Apakah “cinta”, “keadilan”,
dan “kasih sayang” termasuk objek yang dipelajari dalam IPA? Jelaskan jawabanmu!
3. Sebutkan langkah-langkah
dalam metode ilmiah!
2). Pilihan Ganda
1.
Cabang ilmu Biologi yang erat
hubungannya dengan penggolongan makhluk hidup adalah….
a.
ekologi
c. fisiologi
b. taksonomi
d. genetika
2.
Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah ….
a. menentukan
hipotesis
c. merumuskan masalah
b.
observasi
d. pengamatan
3.
Pengukuran suhu lingkungan dengan menggunakan termometer pada suatu percobaan merupakan pengamatan ….
a. kuantitatif
c. fisika
b.
kualitatif
d. kimia
4.
Di bawah ini yang
merupakan hasil pengamatan kualitatif adalah ….
a. warna bunga merah muda
b. lebar daun berkisar 3 cm—5 cm
c. tekanan darahnya
85/120
d. suhu lingkungan 29oC
5.
Sebelum kita melakukan percobaan kita harus memahami hal-hal seperti di bawah ini,
kecuali ….
a. menentukan langkah
kerja
b. tujuan penelitian
c. variabel
penelitian
d. tingkat kesulitan masalah
d.
Kunci
jawaban
1). Tes Uraian
No
|
Jawaban
yang diharapkan
|
Skor maksimal
|
1.
2.
3.
|
Gejala
alam adalah suatu keadaan dari alam yang menandakan akan terjadi sesuatu pada
alam
Bukan. Karena tidak dapat diukur/dinyatakan dengan
angka.
Merumuuskan masalah, menyusun hipotesis, melakukan
percobaan, mengumpulkan data, mengolah/menganalisis data, membuat kesimpulan,
melakukan percobaan ulang bila diperlukan.
|
20
20
60
|
Penghitungan
nilai :
Nilai =
|
Jumlah Skor
|
x 100%
|
Jumlah Skor
Maksimal
|
2). Tes Pilihan
1.
B
2.
C
3.
B
4.
A
5.
D
Mengetahui,
|
Ciasem. Agustus 2014
|
|
Kepala SMP Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd.
|
|
NIP : 197106161998021003
|
LEMBAR KERJA SISWA
I.
CIRI-CIRI FISIK
A. TUJUAN : Mengamati ciri teman satu kelompok
B. ALAT DAN BAHAN :
1. Siswa
2. buku
3. alat tulis
C. PETUNJUK KERJA:
1. Amati ciri fisik teman sekolompok
dengan teliti!
2. Tulis hasil pengamatan dalam tabel!
D. TABEL PENGAMATAN:
No.
|
Nama
|
CIRI YANG DIAMATI
|
||
Bentuk rambut
|
Bentuk hidung
|
Bentuk mata
|
||
E. PERTANYAAN
1.
Bandingkan
hasil pengamatanmu dengan temanmu
2.
Apa
kesimpulan dari hasil pengamatan
II.
KETELITIANDALAM PENGAMATAN
A. ALAT DAN BAHAN :
1. Kertas tisu
2. Sepidol
3. Baker glass
4. Air
5. Penggaris
B.
CARA KERJA :
1. Potong kertas tisu dengan ukuran 4 x
12 cm
2. Beri garis denga sepidol hitam 2 cm
dari pinggir kertas
3. Ambil baker glass isi dengan air
setinggi 1 cm
4. Buat prediksi apa yang akan terjadi
pada garis hitam tersebut, setelah kertas dicelupkan beberapa saat ke dalam air
5. Celupkan kertas tisu di air, dengan
posisi garis berada sedikit dimatas permukaan air
C.
DATA HASIL PENGAMATAN
Keadaan garis pada kertas tisu
|
|
Sebelum dicelupkan
|
Sesudah dicelupkan
|
D. DISKUSI :
Jika prediksimu bebeda dengan kenyataannya apakah akan
diubah sesuai dengan hasil pengamatanmu? Mengapa?
No comments:
Write komentar