Thursday, 7 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA kelas VII Objek IPA dan Pengamatannya






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik                              :     Objek IPA dan Pengamatannya
Alokasi Waktu                       :     3JP (2 kali tatap muka)
Pembelajaran Ke -                :    1


Kompetensi Inti                     :    
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian tampakmata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar                 :    
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ; hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2 Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung  jawab dalam aktiftas sehari-hari sebagai wujud  implementasi  sikap dalam memilih  kegunaan  bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari.   
3.1Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya rumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
                                 4.1 Menyajikaan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.


A.    INDIKATOR
1.      Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai  dalam kegiatan belajar dan
2.      bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3.      Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok.
4.      Menyebut kan objek yang dipelajari dalam IPA.
5.      Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
6.      Menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
7.      Terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar.
8.      Menjelaskan 3 komponen ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui observasi dan diskusi
1.      Siswa dapat mengembangkan perilaku tanggung  jawab,ketekunan, saling  menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
2.      Siswa dapat mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok.
3.      Siswa dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
4.      Siswa dapat  menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
5.      Siswa dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil.  
6.      Siswa terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar.
7.      Siswa dapat menjelaskan tiga komponen ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi

C.    MATERI
PengamatanGejala Alam
Ilmu pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit melalui kerja ilmiah, demikian juga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) disebut mata pelajaran Sains, yang berarti ilmu pengetahuan tentang alam dan dunia fisik, termasuk di dalamnya Biologi, Fisika, Kimia, dan Geologi. Bidang yang dipelajari di SMP adalah Fisika, Biologi, dan Kimia.
1.      Pengertian Biologi dan Cabang Biologi
Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda ”biologie”, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios (”hidup”) dan logos (”lambang”, ”ilmu”). Dahulu dikenal dengan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab, artinya ”ilmu kehidupan”). Tahukah kamu, apa saja objek kajian Biologi? Objek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup. Karenanya, dikenal berbagai cabang Biologi yang mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani untuk mempelajari tumbuhan, zoologi untuk mempelajari hewan, dan mikrobiologi untuk mempelajari mikroorganisme. Berbagai aspek kehidupan dikupas tuntas melalui cabang Biologi seperti ciri-ciri fisik dipelajari dalam anatomi (tumbuhan, hewan maupun manusia), sedang fungsinya dipelajari dalam fisiologi. Hubungan antar sesama makhluk dan dengan alam sekitar dapat dipelajari dalam ekologi, dan mekanisme pewarisan sifat dipelajari dalam genetika. Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui Biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputer melalui bidang bioinformatika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejala kehidupannya.
2.      . Kerja Ilmiah
Pengetahuan yang diperoleh melalui suatu penelitian digolongkan dalam pengetahuan ilmiah. Pengetahuan yang diperoleh dengan cara ini lebih dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pengetahuan yang didapat melalui prasangka, coba-coba, intuisi (ilham) ataupun tidak sengaja digolongkan pengetahuan non ilmiah. Kamu juga mempunyai kesempatan untuk menjadi ilmuwan. Kamu dapat mempelajari percobaan para ahli terdahulu dan menguji hasilnya, atau dapat memulainya dengan memperhatikan lingkungan sekitar, menemukan masalah dan mencoba untuk memecahkannya. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan melalui suatu metode yang dikenal dengan istilah metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan suatu metode yang tersusun secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah yang timbul dalam ilmu pengetahuan, demikian juga dalam Biologi.
Secara berurutan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
1. menentukan dan merumuskan masalah,
2. merumuskan hipotesis/dugaan,
3. melaksanakan eksperimen (percobaan),
4. observasi/pengamatan,
5. mengumpulkan data,
6. menarik kesimpulan.
Beberapa kegiatan dalam merancang percobaan adalah sebagai berikut:
1. menetapkan landasan teori yang diperlukan,
2. menetapkan tujuan percobaan,
3. menentukan alat dan bahan yang digunakan,
4. menetapkan waktu dan tempat,
5. menetapkan prosedur/langkah-langkah percobaan, dan mempersiapkan tabel untuk mencatat data hasil pengamatan, menetapkan variabel manipulatif, respon maupun kontrol.
3.      Sikap Ilmiah
Sikap ilmiah adalah sikap yang terpuji yang dijunjung tinggi oleh masyarakat ilmiah. Beberapa hal berikut dapat dijadikan pedoman dalam bersikap ilmiah.
1.      Mengenali fakta dan opini, sehingga mampu membedakan data dan informasi. Misalnya timbangan badan menunjukkan 46 kg, ini merupakan data, sedangkan perkiraan berat badan seseorang 46 kg merupakan opini.
2.      Menggunakan fakta sebagai dasar argumentasi, kemampuan ini diperlukan pada saat mengajukan pendapat yang didukung oleh data.
3.      Berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi.
4.      Selalu melakukan evaluasi diri, mengakui kekuatan dan kelemahan data hasil penelitian, sehingga dapat digunakan untuk melakukan perbaikan.
5.      Mengembangkan rasa ingin tahu, berusaha untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang tidak diketahui atau belum dapat dimengerti. Keingintahuan dapat memacu kita untuk melakukan penelitian.
6.      Jujur dan menerima kenyataan dari hasil penelitiannya secara objektif.
7.      Teliti dalam pengambilan data, terutama data kuantitatif, dan tekun dalam melakukan penelitian artinya tidak mudah putus asa.
8.      Kepedulian terhadap lingkungan alam, sosial, dan budaya. Berusahalah untuk memberikan pemikiran tentang pelestarian dan keindahan lingkungan alam, serta kebersihan lingkungan.
9.       Mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Misalnya dengan adanya bencana tanah longsor yang sering terjadi tentukan penyebab dan cara mencegah serta menanggulangi kerusakan lingkungan. Dalam mengemukakan pendapat tentunya dengan argumentasi yang dapat dipertanggungjawabkan dan data yang lengkap.

D.    PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan     : Scientific
2.         Metode            : Observasi dan diskusi
3.         Model              :Problem Based Learning

E.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media
a.   Alam sekitar
b.   Papan tulis
2.      Alat
a.   Alat indra
b.   lingkungan
3.      Sumber belajar
a.   Buku Siswa IPA Kelas VII, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2014.
b.   Buku IPA BSE. Wasis, Sugeng. Pusat Perbukuan, Departeman Pendidikan Nasional.


F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama : 3 JP
Tahapan pokok
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Orientasi siswa pada masalah
o    Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang pengamatan dalam pembelajaran IPA.
o    Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah tersebut.
o    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara pambelajaran yang akan dilaksanakan.
20 menit
Inti
Mengorganisasi siswa dalam belajar
o    Siswa membentuk 8 kelompok sesuai arahan guru.
o    Siswa menerima LKS untuk pengamatan .
20 menit
 Membimbing pengamatan siswa secara mandiri maupun kelompok
o    Siswa melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi.
o    Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan.
40 menit





Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
o    Siswa menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam laporan tertulis.
o    Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan didepan kelas


20
menit
Penutup
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
o    Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan- pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa.
o    Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan.
o    Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa.


20
menit


G.    PENILAIAN
1.      Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja
Tes Penilaian Kinerja
Tes Tertulis
Tes uraian dan pilda





2.      Instrumen
a.       Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik

No
Nama
Sikap *)
Jumlah Skor
Nilai
Keterangan
Rasa Ingin Tahu
Ketelitian dan Kehati-hatian
Ketekunan dan Tanggung Jawab
Berkomunikasi
Kejujuran
1.









2.









3.





























Keterangan :
*) Skala penilaian sikap dibuat rentang antara 1 sampai dengan 3.

Rubrik
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
A.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3 :

2 :


1 :
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
B.
Ketelitian dan kehati-hatian
3 :

2 :

1 :
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
C.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3 :

2 :

1 :
tekun dalam menyelesaiakan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
D.
Keterampilan berkomunikasi
3 :

2 :

1 :
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
E.
Kejujuran
3 :
2 :
1 :
Menyajikan hasil percobaan sesuai data pengamatan
Menyajikan hasil percobaan tidak sesuai data pengamatan
Menyajikan hasil percobaan bertolak belakang dengan data pengamatan
Penghitungan nilai :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100%
Jumlah Skor Maksimal

Keterangan :
Nilai

A  =
91 – 100
B  =
81 – 90
C  =
71 – 80
D =
61 – 70
E  =
Kurang dari 61

b.      Penilaian Produk Hasil Percobaan

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keterangan
Hasil Rumusan Pertanyaan
Hasil Pengamatan
Hasil analisis dan kesimpulan
1.







2.







3.
























Rubrik

Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Hasil Rumusan Pertanyaan/Masalah
Tidak berupa masalah
Ada, dalam bentuk pernyataan namun belum mengarah ke penyelidikan, atau pertanyaan tidak lengkap
Ada, dalam bentuk pertanyaan, mengarah ke penyelidikan
Hasil Pengamatan
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan yang cermat, lengkap dan aman
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman; masih mencampurkan data dengan inferensi
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman; bebas dari inferensi
Hasil Analisis dan Kesimpulan
Tidak melakukan analisis data (hanya menyajikan data, tanpa analisis lebih lanjut)
Ada analisis data, namun tidak melakukan upaya mengkaitkan antarvariabel
Ada analisis dan mengkaitkan antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi)

Penghitungan nilai :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100%
Jumlah Skor Maksimal

c.       Penilaian Tes tertulis
1). Tes Uraian
1. Apa yang dimaksud dengan gejala alam?
2. Apakah “cinta”, “keadilan”, dan “kasih sayang” termasuk objek yang dipelajari dalam IPA? Jelaskan jawabanmu!
3. Sebutkan langkah-langkah dalam metode ilmiah!
2). Pilihan Ganda
1.    Cabang ilmu Biologi yang erat hubungannya dengan penggolongan makhluk hidup adalah….
a. ekologi                                              c. fisiologi
b. taksonomi                                          d. genetika
2.    Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah ….
a. menentukan hipotesis                       c. merumuskan masalah
b. observasi                                           d. pengamatan
3.    Pengukuran suhu lingkungan dengan menggunakan termometer pada suatu percobaan merupakan pengamatan ….
a. kuantitatif                           c. fisika
b. kualitatif                              d. kimia
4.    Di bawah ini yang merupakan hasil pengamatan kualitatif adalah ….
a. warna bunga merah muda                                    
b. lebar daun berkisar 3 cm—5 cm
c. tekanan darahnya 85/120               
d. suhu lingkungan 29oC
5.    Sebelum kita melakukan percobaan kita harus memahami hal-hal seperti di bawah ini, kecuali ….
a. menentukan langkah kerja           
b. tujuan penelitian           
c. variabel penelitian          
d. tingkat kesulitan masalah








d.      Kunci jawaban
1). Tes Uraian
No
Jawaban yang diharapkan
Skor maksimal
1.


2.

3.

Gejala alam adalah suatu keadaan dari alam yang menandakan akan terjadi sesuatu pada alam
Bukan. Karena tidak dapat diukur/dinyatakan dengan angka.
Merumuuskan masalah, menyusun hipotesis, melakukan percobaan, mengumpulkan data, mengolah/menganalisis data, membuat kesimpulan, melakukan percobaan ulang bila diperlukan.

20


20

60




Penghitungan nilai :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100%
Jumlah Skor Maksimal

2). Tes Pilihan
1.             B
2.             C
3.             B
4.             A
5.             D


Mengetahui,

Ciasem. Agustus 2014
Kepala SMP Muhammadiyah

Guru  IPA






Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.







Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd.
NIP : 197106161998021003















LEMBAR KERJA SISWA

       I.            CIRI-CIRI FISIK
A.    TUJUAN                         :   Mengamati ciri teman satu kelompok
B.     ALAT DAN BAHAN     :
1.      Siswa
2.      buku
3.      alat tulis
C.     PETUNJUK KERJA:
1.      Amati ciri fisik teman sekolompok dengan teliti!
2.      Tulis hasil pengamatan dalam tabel!
D.    TABEL PENGAMATAN:
No.
Nama
CIRI YANG DIAMATI
Bentuk rambut
Bentuk hidung
Bentuk mata

E.     PERTANYAAN
1.        Bandingkan hasil pengamatanmu dengan temanmu
2.        Apa kesimpulan dari hasil pengamatan

    II.            KETELITIANDALAM PENGAMATAN
A.    ALAT DAN BAHAN :
1.      Kertas tisu
2.      Sepidol
3.      Baker glass
4.      Air
5.      Penggaris
B.     CARA KERJA :
1.      Potong kertas tisu dengan ukuran 4 x 12 cm
2.      Beri garis denga sepidol hitam 2 cm dari pinggir kertas
3.      Ambil baker glass isi dengan air setinggi 1 cm
4.      Buat prediksi apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas dicelupkan beberapa saat ke dalam air
5.      Celupkan kertas tisu di air, dengan posisi garis berada sedikit dimatas permukaan air
C.    DATA HASIL PENGAMATAN
Keadaan garis pada kertas tisu
Sebelum dicelupkan
Sesudah dicelupkan




D.    DISKUSI :
Jika prediksimu bebeda dengan kenyataannya apakah akan diubah sesuai dengan hasil pengamatanmu? Mengapa?


No comments:
Write komentar