I.
Identitas
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran :
Biologi
Pokok
Bahasan : Keanekaragaaman
Hayati
Topik :
Keanekaragaman Gen, Jenis, Ekosistem, Persebaan Flora dan Fauna, Upaya
Pelestarian Flara dan Fauna
Kelas : X/ 1
Alokasi
waktu : 6 x 45 menit
II. Kompetensi Inti
KI 1 : 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI
2 : 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI
3 : 3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejInuyashaan, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI
4 : 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
III.
Kompotensi
Dasar
3.2 Menganalisis
data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis
dan ekosistem) di Indonesia serta
ancaman dan pelestariannya
4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan
ekosistem) di Indonesia dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan
hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan
tumbuhan khas Indonesia dalam berbagai bentuk media informasi
IV. Indikator, Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK), Materi
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Materi
|
3.2.1
Mengidentifikasi
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkatan gen
3.2.2
Mengelompokkan
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkatan jenis
3.2.3
Mengidentifikasi
berbagai jenis keanekaragaman ekositem
3.2.4
Mengidentifikasi
wilayah persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan garis
Wallace dan Webber
3.2.5
Mengidentifikasi jenis-jenis pelestarian
in-situ dan ex-situ di Indonesia
|
3.2.1. Setelah
mengamati gambar berbagai jenis makhluk hidup, siswa mampu mengidentifikasi
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkatan gen
3.2.2. Setelah
mengamati berbagai gambar jenis makhluk hidup, siswa mampu mengidentifikasi
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkatan jenis
3.2.3. Setelah melihat tayangan video tentang
keanekaragaman ekosistem, siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam ekosistem
3.2.4 Setelah mengamati tayangan gambar peta
persebaran flora dan fauna Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi wilayah
persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan garis Wallace dan
Webber
3.2.7
Setelah
mengamati gambar habitat flora dan fauna, siswa dapat mengidentifikasi
jenis-jenis pelestarian in-situ dan ex-situ
|
Makhluk
hidup satu spesies (satu jenis) bisa memiliki bentuk, sifat, atau ukuran yang
berbeda. Bahkan pada anak kembar sekalipun terdapat perbedaan. Semua perbedaan
yang terdapat dalam satu spesies ini disebabkan karena perbedaan gen.
Perbedaan
antar spesies organisme dalam satu keluarga lebih mencolok sehingga lebih
mudah diamati daripada perbedaan antar individu dalam satu spesies
(keanekaragaman gen). Contohnya, dalam keluarga kacang-kacangan dikenal
kacang tanah, kacang buncis, kacang hijau, kacang kapri, dan lain-lain.
Perbedaan
komponen abiotik (tidak hidup) pada suatu daerah menyebabkan jenis
makhluk hidup (biotik) yang dapat beradaptasi dengan lingkungan
tersebut berbeda-beda. Komponen biotik dan abiotik di berbagai daerah
tersebut juga bervariasi baik mengenai kualitas maupun kuantitasnya
Persebaran makhluk hidup yang berbeda dapatditentukan oleh
geografis, seperti ketinggian, garis lintang, dan keadaan iklim, misalnya
curah hujan, suhu, dan radiasi cahaya.Letak Indonesia termasuk dalam 2 daerah
zoogeografi, yaituoriental dan Australia.
Konservasi keanekaragaman hayati di
Indonesia telah diatur dalam UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber
Daya dan UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup,
berdasarkan atas tiga asa yaitu tanggung jawab, berkelanjutan, dan bermanfaat.
|
4.2
Menyajikan dan usulan upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman
kelestarian
|
4.2
Setelah mengamati video ancaman kelestarian siswa dapat Menyajikan dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia dalam bentuk poster
|
Poster
dibuat dengan menggunakan karton warna putih, didalamnya harus disajikan
masalah dan upaya pelestarian.
|
V.
Metode,
Pendekatan, Sumber dan Media Pembelajaran
a.
Metode : Diskusi
b.
Pendekatan : Saintifik
c.
Sumber
Pelajaran
1.Untuk Siswa :Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo Media
Pratama:Bandung
2. Untuk Guru : Campbell, N. 2003. Biologi. Erlangga: Jakarta
d.
Media
Pembelajaran :
-
Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
-
Slide
PPT
-
Tumbuhan
Rosa Hybrida, Musa Sp, dan kacang-kacangan
-
Vidio
Konservasi Flora dan Fauna
VI.
Langkah
Pembelajaran
Pembelajaran 1.
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Mengkondisikan siswa
untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang tingkat keanekargaman hayati di Indonesia.
b.
Apersepsi:
1. “coba amati gambar sekelompok orang dengan
berbagai warna kulit, rambut,
ceritakan perbedaannya?”
2. “Apakah yang menyebabkan perbedaan
tersebut?”
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran
hari ini tentang tingkat
keanekargaman hayati di Indonesia
|
10 menit
|
Kegiantan Inti
|
Mengamati
· Mengamati
gambar berbagai
tingkatan keanekaragaman
(gen, jenis dan ekosistem) Indonesia untuk memahami konsep tingkat keanekaragaman hayati
Menanya
Peserta
didik dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
· Berbagai
macam keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem) dan cara mempelajarinya
· Cara pengelompokkan keanekaragaman hayati
· Megabiodiversitas Indonesia
Mengumpulkan
data (Eksperimen/Eksplorasi)
· Mengamati dan berbagai tingkat keanekaragaman
hayati Indonesia dengan
contoh berbagai tumbuhan, biji-bijian, kerang-kerangan, insekta, dll sesuai
lingkungan sekolah yang dibawa peserta didik
· Mengelompokkan
berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan contoh-contohnya yang dibawa peserta didik
Mengasosiasikan
· Mendiskusikan
berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dan memberi contohnya,
memahami garis Wallace dan Weber
· Mendiskusikan
untuk memahami tentang takson dalam klasifikasi dan kunci determinasi dari contoh organisme yang dibawa peserta didik
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
secara lisan tentang keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan tingkat keanekaragamannya.
|
10 Menit
10 Menit
20 menit
10 Menit
10 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
§ Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
§ Siswa menjawab soal-soal yang
diberikan guru
§ Guru menugaskan siswa untuk mempelajari
persebaran flora dan fauna di Indonesia
|
10 menit
|
Pembelajaran
2.
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ . Apersepsi : Guru menampilkan
gambar peta Indonesia kemudian bertanya mengenai pulau pulau.
§ Guru megaitkan gambar Peta
ndonesia dengan persebaran flora dan fauna
§ Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiantan Inti
|
Mengamati
·
Mengamati peta garis Wallace dan Weber tentang keanekaragaman hayati
Indonesia
·
Membaca teks pemanfaatan keanekaragaman hayati
·
Mengamati film/gambar hutan hujan tropis Indonesia, pesisir dan laut
Indonesia untuk mengenal megabiodiversitas Indonesia
Menanya
Peserta
didik dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
· Persebaran keanekaragaman hayati Indonesia
· Hutan hujan tropis, pesisr dan laut
· Megabiodiversitas Indonesia
Mengumpulkan
data (Eksperimen/Eksplorasi)
· Menganalisis film/gambar untuk memahami lebih lanjut
megabiodiversitas Indonesia mulai dari hutan hujan tropis, pesisir, dan laut.
Mengasosiasikan
Mendiskusikan hubungan antara garis Wallace dan Weber dengan
keanekaragaman hayati Indonesia
Mengaitkan garis Weber dan Wallace posisi geografis Indonesia di garis
katulistiawa dengan megabiodiversitas.
Mendiskusikan manfaat dari keanekaragaman hayati Indonesia dari segi
ekonomi, pendidikan, dan ekologis untuk pembangunan berkelanjutan.
Berdiskusi tentang kemelimpahan keanekaraaman hayati Indonesia untuk
menumbuhkan rasa bangga kepada tanah air dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha
Esa
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan secara lisan tentang
keanekaragaman hayati Indonesia mulai dari hutan hujan tropis, pesisir, dan laut.
Mempresentasikan secara lisan manfaat keanekaragaman
hayati Indonesia
|
10 Menit
10 Menit
20 menit
10 Menit
10 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
§ Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
§ Siswa menjawab soal-soal yang
diberikan guru
§ Guru menugaskan siswa untuk
mempelajari persebaran flora dan fauna di Indonesia
|
10 menit
|
Pembelajaran
3.
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ . Apersepsi : Guru menunjukan
gambar gambar langka flora dan fauna di Indonesia.
§ Guru megaitkan gambar flra dan
fauna dengan apa yang akan dipelajari hari ni
§ Guru menjelaskan tujuan yang akan
dipelajari hari ini
|
10 menit
|
Kegiantan Inti
|
Mengamati
·
Menonton film tentang penangkaran berbagai satwa asli Indonesia
Mengumpulkan
data (Eksperimen/Eksplorasi)
· Menganalisis penangkaran berbagai satwa asli
Indonesiauntuk memahami tujuan pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
· Mengidentifikasi berbagai jenis kegiatan upaya
perlindungan dan pelestarian biodiversitas Indonesia secara in-situ dan eks-situ
Mengasosiasikan
1. Mendiskusikan
pentingnya upaya perlindungan
dan pelestarian biodiversitas Indonesia
2. Diskusi tentang upaya perlindungan dan pelestarian
biodiversitas Indonesia secara in-situ
dan eks-situ
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
secara lisan tentang perlindungan
dan pelestarian biodiversitas Indonesia secara in-situ dan eks-situ
· Membuat laporan rancangan terobosan baru/ide kreatif
tentang upaya pelestarian biodiversitas Indonesia (tugas mandiri individu)
|
10 Menit
10 Menit
20 Menit
20 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
§ Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
§ Siswa diminta membuat poster
mengenai upaa pelestarian flora dan fauna.
§ Guru menugaskan siswa untuk
mempelajari persebaran flora dan fauna di Indonesia
|
10 menit
|
VII.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
a) Penilaian
Pengetahuan : Tes objektif : Pilihan
Ganda
b) Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan kerja kelompok
c) Penilaian
Keterampilan : Produk : LKPD & fenetik
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
ASSESMENT
KOGNITIF KEANEKARAGAMAN HAYATI
NO
|
Indikator
|
Soal
|
Ranah
|
Jawaban
|
1
|
3.2.1
Mengidentifikasi
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkatan gen
|
Anjing pudel dapat dikawinkan dengan anjing boner.
Anjing-anjing tersebut dapat melahirkan anak-anak yang fertil karena
anjing-anjing tersebut …
a.
satu genus
b.
satu familia
c.
satu ordo
d.
satu spesies
e.
satu kingdom
|
D
|
|
2
|
Warna-warni
yang terdapat pada ikan berikut (gambar ikan koi) menunjukkan…
a.
keanekaragaman individu
b.
keanekaragaman fenotipe
c.
keanekaragaman hayati
d.
keanekaragaman gen
e.
keanekaragaman spesies
|
D
|
||
3
|
3.2.2
Mengelompokkan
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkatan jenis
|
Keanekaragaman
jenis dalam spesies terjadi antara ....
a.
bunga mawar, bunga mawar merah, dan bunga matahari
b.
ikan mas, ikan lele, dan ikan gurame
c.
burung kakaktua raja, burung nuri, dan burung
kakaktua jambul kuning
d.
burung merpati hitam, burung merpati putih, dan
burung merpati abu-abu
e.
ular sanca, ular sendok, dan ular hijau
|
E
|
|
4
|
3.2.3
Mengidentifikasi
berbagai jenis makhluk hidup pada tingkatan ekosistem
|
Berikut
merupakan jenis mahluk hidup
1.
Tumbuhan Paku
2.
Lumut
3.
Kaktus
4.
Monyet
5.
Ular
6.
Unta
Dari ke enam mahluk hidup diatas yang ditemukan
pada Ekosistem hutan hujan tropis adalah …
a.
1,2,4
b.
1,2,6
c.
2,3,4
d.
2,4,6
e.
3,4,5
|
A
|
|
5
|
3.2.4
Mengidentifikasi
wilayah persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan garis
Wallace dan Webber
|
Hewan
berikut merupakan hewan (gambar tapir) yang hidup di wilayah ....
a.
Indonesia bagian barat
b.
Indonesia bagain timur
c.
Tengah
d.
Australia
e.
Asia Selatan
|
C
|
|
6
|
Berikut
adalah contoh hewan yang berasal dari
Indonesia
bagian peralihan, yaitu ....
a.
Orangutan
b.
Babi dan Rusa
c.
Komodo
d.
Kanguru
e.
Harimau
|
C
|
||
7
|
3.2.5
Mengidentifikasi jenis-jenis pelestarian
in-situ dan ex-situ di Indonesia
|
Berikut bukan merupakan kegiatan yang
dapat
menganggu
keanekaragaman hayati, yaitu ....
a.
penangkapan ikan dengan peledak
b.
memelihara hewan langka
c.
mengeksploitasi terumbu karang semaksimal mungkin
d.
menanam pepohonan di halaman
e.
membuka lahan dengan membakar hutan
|
D
|
|
8
|
Salah
satu peran pemerintah dalam menjaga
keanekaragaman
hayati adalah ....
a.
memperbolehkan pemburuan asalkan membayar
b.
memberi izin kepada pihak asing untuk mengelola
suatu wilayah.
c.
memberikan sanksi hukum kepada pemburu liar
d.
menjadikan daerah pesisir pantai sebagai tempat
wisata
e. memberi izin
kepada warga untuk memelihara hewan langka
|
C
|
||
9
|
Pelestarian
in situ dilakukan dengan pembuatan ....
a.
penangkaran hewan
b.
kebun raya
c.
hutan lindung
d.
taman kota
e.
taman bermain
|
C
|
||
10
|
Pelestarian
alam ex situ dilakukan di ....
a.
hutan lindung
b.
taman nasional
c.
kebun binatang
d.
cagar alam
e.
taman kota
|
C
|
Lembar
Pengamatan Sikap
1.) Pengamatan
perilaku ilmiah
No
|
Nama
Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajardan bekerja
|
Keterampilan
berkomunikasi saat diskusi
|
Jumlah
|
|||||||||
3
|
3
|
2
|
1
|
2
|
1
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
Rubrik
penilaian perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Rasa ingin
tahu
|
3: menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan
rasa ingin tahu namun tidak antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
3: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu
2: berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi saat melaksanakan diskusi
|
3: aktif dalam
tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa
lain
2: aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
1: aktif dalam tanya
jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat
siswa lain
|
INSTRUMEN
PENILAIAN POSTER
Kompentesi Inti :
Kompetensi
Dasar :
Indikator :
Aspek Penilaian :
Praktik/Psikomotor
Tanggal Penilaian :
No.
|
Nama
|
Kriteria/Aspek
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||
Isi/teks
|
Desain
|
Gambar
|
Ketersampaian Pesan
|
||||
Rubrik:
1.
Isi/teks
Nilai :
4 : jika isi teks
singkat, padat akan informasi, jelas keterbacaannya
3 : jika dua dari kriteria isi / teks yang baik dipenuhi,
sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi
2 : jika hanya salah satu dari
kriteria isi / teks yang baik dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi
1 : jika Isi teks terlalu panjang, miskin informasi, tidak
jelas keterbacaannya (seluruh kriteria tidak terpenuhi)
2.
Desain
Nilai :
4 : jika Warna menarik, ukuran elemen penyusun
proporsional, pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian (ketiga
kriteria terpenuhi)
3 : jika Dua dari kriteria
desain yang baik dipenuhi, sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi
2 : jika hanya salah satu dari
kriteria desain yang baik dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi
1 : jika warna, ukuran elemen
penyusun, pusat perhatian tidak menunjukkan desain yang baik (seluruh kriteria
tidak terpenuhi)
3.
Gambar
Nilai :
4 : jika gambar menarik, bermakna sebagai penyampai pesan,
dan orisinil (ketiga kriteria terpenuhi
3 : jika dua dari kriteria gambar yang baik dipenuhi,
sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi
2 : jika hanya salah satu dari kriteria gambar yang baik
dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi
1 : jika gambar tidak menarik, tidak bermakna sebagai
penyampai pesan, dan tidak orisinil (seluruh kriteria desain yang baik tidak
terpenuhi)
4.
Ketersampaian
pesan
Nilai :
4 : jika pesan sangat mudah ditangkap pembaca
3 : jika pesan cukup mudah ditangkap pembaca
2 : jika pesan sulit ditangkap pembaca
1 : jika pesan tidak dapat ditangkap pembaca
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
A.
Hari, tanggal :
B.
Tujuan
: Menganalisis
keanekaragaman tingkat gen dan tingkat jenis.
C.
Tinjauan Pustaka :
Keanekaragaman hayati (biodiversitas)
adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan variasi gen,
jenis, dan ekosistem pada suatu daerah. Keanekaragaman hayati melingkupi
berbagai perbedaan atau variasi bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat
yang terlihat pada berbagai tingkatan, baik tingkatan gen, tingkatan spesies,
maupun tingkatan ekosistem.
D. Alat dan bahan
Meja
1.
3 buah kacang
§
Kacang
buncis (Phaseolus vulgaris)
§
Kacang
tanah (Arachis hypogaea)
§
Kacang
hijau (Phaseolus radiatus)
§
Kacang
kedelai (Soja max)
Meja 2
3 buah pisang
(Musa
sp)
§
Pisang 1
§
Pisang 2
§
Pisang 3
Meja 3
3 bunga mawar (Rosa sp.) Merah Putih dan Pink
E. Cara kerja
1.
Amati
bahan yang telah anda dapatkan!
Pada
pengamatan meja 1. Perbedaan apa yang tampak pada kacang jenis A, B, C dan D.
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………(3)
Pada
pengmatan meja 2. Berbedaan apa yang tampak pada pisang jenis A, B, dan C.
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………(2)
Pada
pengmatan meja 3. Berbedaan apa yang tampak pada mawar jenis A, B, dan C.
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………(1)
2.
Diskusikan
dengan anggota kelompok apakah bahan tersebut termasuk keanekaragaman tingkat
gen ataukah tingkat jenis! Berikan alasanya!
Meja
1 ………………………………………………………………………………………
Meja
2 ………………………………………………………………………………………
Meja
3……………………………………………………………………………………(3)
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
“UPAYA
PELESTARIAN MAHLUK HIDUP”
D.
Hari, tanggal :
E.
Tujuan
: Mengidentifikasi
jenis-jenis pelestarian in-situ dan ex-situ di Indonesia
Tinjauan Pustaka :
Cara kerja 1
1. Amatilah video 1, 2, dan 3 yang ada di layar LCD!
2. Buatlah 2
upaya bagaimana cara kalian untuk menjaga agar
keanekaragaman hayati di indonesia tetap terjaga melalui kegiatan analisis data yang di tampilkan pada layar LCD!
Kemudian tentukan jenis pelestarian in
situ atau ex situ
Vidio 1
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………… (2)
Vidio 2
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………… (2)
Vidio 2
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………. (2)
Cara kerja 2
1. Amatilah
gambar berikut ini. Tentukan mana yang termasuk kedalam pelestarian in situ dan ex situ.
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
“Wilayah
persebaran keanekaragaman hayati”
F.
Hari, tanggal :
G. Tujuan : Mengidentifikasi wilayah persebaran
keanekaragaman hayati di Indonesia berdasarkan garis Wallace dan Webber
H.
Tinjauan Pustaka : Persebaran flora dan fauna di Indonesia dibagi kedalam 3 wilayah,
yaitu barat tengah dan timur.
Cara kerja 1
1. Bacalah Wacana serta
perhatikan peta dasar Indonesia dan gambar hewan diatas.
2. Tentukan nama garis
putus-putus yang ditandai dengan huruf A dan B pada peta persebaran fauna
Indonesia
3. Tentukan nama jenis
fauna yang ditandai dengan angka I, 2 dan 3 pada peta persebaran fauna
Indonesia
4. Tentukan nama hewan
yang ditandai huru A sampai dengan huruf M
5. Buatlah tabel tabel
persebaran hewan di Indonesia di bawah ini dengan berpodoman kepada peta
pembagian hewan Indonesia dan gambar hewan diatas
Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media,
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
No comments:
Write komentar