RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester :
X/1
Materi Pokok :
Ruang lingkup biologi
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit (dua pertemuan)
Pertemuan ke- :
1
B. KOMPETENSI INTI
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasa-lahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C. KOMPETENSI DASAR
3.1
Memahami melalui penerapan tentang ruang
lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat
organisasi kehidupan), metode ilmiah dan
prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
4. 1 Menyajikan
data dalam berbagai bentuk media informasi tentang permasalahan pada berbagai
obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode
ilmiah dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja.
D. INDIKATOR, TUJUAN PEMBELAJARAN
KHUSUS, DAN ANALISIS MATERI
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Analisis Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
3.1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
|
Setelah mengamati gambar tentang kajian biologi,
siswa dapat mengidentifikasi objek/kajian biologi
Setelah mengamati video tentang cabang-cabang ilmu
biologi, siswa dapat mengidentifikasi tiga cabang ilmu biologi
Setelah berdiskusi kelompok, siswa dapat
mengidentifikasi manfaat mempelajari ilmu biologi.
Setelah mengamati video tentang cara ilmuan bekerja,
siswa dapat mengidentifikasi keselamatan kerja dalam laboratorium
Setelah mengamati video tentang metode ilmiah,
siswa dapat mengidentifikasi metode ilmiah.
|
Objek biologi yang dibahas, antara lain makhluk
hidup, tempat hidup makhluk hidup (habitat), serta interaksi antarmakhluk
hidup.
Cabang-cabang ilmu biologi merupakan pengembangan
dari ilmu biologi itu sendiri dan membahas objek yang berbeda, antara lain
anatomi, botani, bakteriologi, bioteknologi, ekologi, evolusi, genetika, dan
mikrobiologi.
Manfaat belajar biologi diantaranya, pengembangan
pada dunia pertanian, kesehatan, kedokteran dan farmasi.
Keselamatan kerja di laboratorium biologi,
diantaranya menggunakan jas laboratorium, menggunakan masker atau sarung
tangan, menggunakan alat dan bahan yang tepat, dan mengikuti prosedur kerja.
Metode ilmiah digunakan untuk memecahkan masalah,
urutan metode ilmiah adalah mengobservasi, merumuskan masalah, membuat
hipotesis, bereksperimen, mengumpulkan data, mengolah data, membuat
kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan.
|
Mengamati gambar objek kajian biology: tingkat
organisasi kehidupan
Mengamati
video cabang ilmu biologi: branches of biology
Melakukan diskusi kelompok mengenai cabang ilmu
biologi dan manfaat mempelajarinya
Mengamati video keselamatan kerja di laboratorium:
Lab safety Video: I think School
Mengamati video metode ilmiah:
Animated Science, episode 1: the scientific method
|
3.1.2 Membedakan beragam tingkat organisasi
kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat membedakan
tingkat organisasi kehidupan mulai dari tingkat yang paling rendah
|
Tingkat organisasi kehidupan dari tingkat yang
paling rendah yaitu sel, jaringan, organ, system organ, organisme/individu,
populasi, komunitas, ekosistem, biosfer
|
Melakukan diskusi kelompok tentang perbedaan tiap
organisasi kehidupan
|
3.1.3 Merumuskan masalah yang ada pada salah satu
tingkat organisasi kehidupan yaitu jaringan
|
Setelah diberikan fenomena biologi, siswa dapat
mengidentifikasi masalah yang ada pada salah satu tingkat organisasi
kehidupan yaitu jaringan
Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat
merumuskan masalah yang ada pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
yaitu jaringan
|
Merumuskan masalah dilakukan
dengan kalimat tanya yang jawabannya dapat dijawab melalui percobaan.
Contoh rumusan masalah untuk
berbagai tingkatan organisasi kehidupan:
Berapa konsentrasi limbah
detergent yang dapat ditoleransi oleh jaringan epitel bawang merah?
Berapa konsentrasi limbah
detergent yang dapat memengaruhi laju perkembangbiakan Lemna?
|
Melakukan diskusi untuk
mengidentifikasi masalah pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
Melakukan diskusi kelompok untuk
membuat rumusan masalah
|
3.1.4 Merancang percobaan untuk
memecahkan masalah pada pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi
kelompok, siswa dapat merumuskan hipotesis
Setelah melakukan diskusi
kelompok, siswa dapat mengidentifikasi variabel bebas dan terikat
|
Masalah yang diangkat diarahkan pada tingkat
populasi, siswa mengajukan hipotesis yaitu jawaban sementara yang nantinya
akan dijawab dengan percobaan.
Variabel bebas adalah perlakuan yang kita berikan
pada percobaan, variabel terikat adalah hasil yang diperoleh dari perlakuan.
|
Melakukan diskusi
kelompok untuk merumuskan hipotesis
Melakukan diskusi
kelompok untuk mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat
|
3.1.5 Melakukan percobaan untuk
memecahkan masalah pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi
kelompok, siswa dapat melakukan percobaan untuk memecahkan masalah pada salah
satu tingkat organisasi kehidupan
|
Melakukan percobaan untuk memecahkan masalah yang
dirumuskan siswa dengan memerhatikan alat bahan, langkah kerja dan
pengambilan data.
|
Diskusi kelompok
mengenai masalah yang dapat terjadi pada salah satu tingkat organisasi
kehidupan.
|
3.1.6 Menganalisis data hasil
percobaan
|
Setelah melakukan percobaan,
siswa dapat menganalisis data yang didapat
|
Menganalis data dilakukan dengan mengolaborasikan
hasil percobaan dan hasil studi literature.
|
Melakukan percobaan
sampai pengumpulan data
|
3.1.7 Mengaplikasikan prinsip
keselamatan kerja
|
Setelah melakukan diskusi, siswa
dapat mengaplikasikan prinsip keselamatan kerja di laoratorium dengan
menunjukkan minimal tiga kriteria
|
Prinsip keselamatan kerja diberikan untuk
menghindari kecelakaan kerja saat melakukan praktikum.
|
Melakukan diskusi
tentang aplikasi prinsip keselamatan kerja
|
4.1.1 Menyusun data ke dalam
bentuk table dan grafik
|
Setelah melakukan praktikum,
siswa dapat menyusun data dalam bentuk grafik
|
Menyusun table dan grafik dilakukan untuk melatih
keterampilan proses sains
|
Mengumpulkan data hasil
praktikum
|
4.1.2 Membuat laporan hasil
percobaan
|
Setelah melakukan praktikum,
siswa dapat membuat laporan hasil praktikum
|
Laporan yang disusun harus memenuhi kriteria
dengan mencantumkan judul, tujuan, langkah kerja, hasil pengamatan,
pembahasan, dan kesimpulan.
|
Membuat laporan hasil
praktikum
|
4.1.3 Membuat poster untuk
mengajak orang mengatasi permasalahan pada salah satu tingkat organisasi
kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi, siswa
dapat membuat poster untuk mengatasi permasalahan pada salah satu tingkat
organisasi kehidupan
|
Leaflet yang dibuat adalah poster yang mengajak
orang untuk menjaga lingkungan dengan mencantumkan hasil percobaan yang
dilakukan. Leaflet yang dibuat harus memenuhi kriteria leaflet yaitu
sistematika dan kreatifitas.
|
Membuat poster tentang
hasil percobaan untuk memecahkan permasalahan pada salah satu tingkat
organisasi kehidupan
|
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Konstruktivisme
Metode :
Belajar Kooperatif dan Penugasan
F. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
3 x 45 menit
Kegiatan
|
Langkah Pembelajaran
|
AW
|
Pendahuluan
|
-
Guru menarik perhatian dengan menayangkan gambar
seorang peneliti yang sedang melakukan percobaan
-
Guru memberi pertanyaan pada siswa mengenai
cita-cita yang berhubungan dengan pelajaran biologi
-
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
untuk mengenal ruang lingkup biologi dan metode ilmiah
-
Guru menjelaskan pentingnya belajar mengenai ruang
lingkup biologi dan metode ilmiah
|
5’
|
Inti
|
Mengamati
-
Siswa mengamati gambar tentang tingkat organisasi
kehidupan.
-
Siswa mengamati video cabang ilmu biologi:
Branches of biology
-
Siswa mengamati video mengenai metode saintifik: Animated Science, episode 1: the scientific
method
-
Siswa mengamati video mengenai keselamatan kerja
di lab: Lab safety Video: I think School
|
10’
|
Menanya
Siswa menanyakan hal yang berkaitan dengan ruang
lingkup biologi:
Contoh pertanyaan: “mengapa perlu menggunakan jas
lab dalam laboratorium?”
|
5’
|
|
Mengumpulkan data
-
Siswa melakukan diskusi kelompok mengenai ruang
lingkup biologi, tingkat organisasi kehidupan dan cabang-cabang ilmu biologi
-
Siswa mendiskusikan permasalahan yang akan
diangkat untuk pertemuan berikutnya
|
30’
|
|
Menalar
Siswa merancang percobaan mengenai masalah yang
diangkat
|
40’
|
|
Mengomunikasikan
Siswa mengomunikasikan hasil rancangannya di depan
kelas
|
30’
|
|
Penutup
|
-
Guru membantu siswa membuat kesimpulan
-
Guru memberi tes mengenai ruang lingkup biologi
-
Guru menyampaikan materi yang diajarkan berikutnya
yaitu tentang pelaksanaan praktikum yang sudah dirancang
|
15’
|
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran
|
Buku
Sumber
|
|||
Lembar
Kerja Siswa
|
Video
|
Gambar
|
Alat dan Bahan
|
|
1.
Pengamatan ruang lingkup biologi
|
1.
Branches of biology
2.
Lab safety Video: I think School
3.
Animated Science, episode 1: the scientific method
|
1.
Tingkat organisasi kehidupan
|
-
|
1.
Campbell,
et al. (2011). Biology Tenth Edition.
Pearson. [26 Mei 2014]
2.
Irnaningtyas. (2013). Biologi
untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta:
Erlangga.
|
H. PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Tes
objektif
|
Tes
pilihan ganda
Uraian
tertutup
|
Penilaian
sikap
|
Skala
sikap 2
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester :
X/1
Materi Pokok :
Ruang lingkup biologi
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit (dua pertemuan)
Pertemuan ke- :
2
B. KOMPETENSI INTI
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasa-lahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkrit dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C. KOMPETENSI DASAR
3.1
Memahami melalui penerapan tentang ruang
lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat
organisasi kehidupan), metode ilmiah dan
prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
4. 1 Menyajikan
data dalam berbagai bentuk media informasi tentang permasalahan pada berbagai
obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode
ilmiah dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja.
D. INDIKATOR, TUJUAN PEMBELAJARAN
KHUSUS, DAN ANALISIS MATERI
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Analisis Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
3.1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
|
Setelah mengamati gambar tentang kajian biologi,
siswa dapat mengidentifikasi objek/kajian biologi
Setelah mengamati video tentang cabang-cabang ilmu
biologi, siswa dapat mengidentifikasi tiga cabang ilmu biologi
Setelah berdiskusi kelompok, siswa dapat
mengidentifikasi manfaat mempelajari ilmu biologi.
Setelah mengamati video tentang cara ilmuan
bekerja, siswa dapat mengidentifikasi keselamatan kerja dalam laboratorium
Setelah mengamati video tentang metode ilmiah,
siswa dapat mengidentifikasi metode ilmiah.
|
Objek biologi yang dibahas, antara lain makhluk
hidup, tempat hidup makhluk hidup (habitat), serta interaksi antarmakhluk
hidup.
Cabang-cabang ilmu biologi merupakan pengembangan
dari ilmu biologi itu sendiri dan membahas objek yang berbeda, antara lain
anatomi, botani, bakteriologi, bioteknologi, ekologi, evolusi, genetika, dan
mikrobiologi.
Manfaat belajar biologi diantaranya, pengembangan
pada dunia pertanian, kesehatan, kedokteran dan farmasi.
Keselamatan kerja di laboratorium biologi, diantaranya
menggunakan jas laboratorium, menggunakan masker atau sarung tangan,
menggunakan alat dan bahan yang tepat, dan mengikuti prosedur kerja.
Metode ilmiah digunakan untuk memecahkan masalah,
urutan metode ilmiah adalah mengobservasi, merumuskan masalah, membuat
hipotesis, bereksperimen, mengumpulkan data, mengolah data, membuat
kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan.
|
Mengamati gambar objek kajian biology: tingkat
organisasi kehidupan
Mengamati
video cabang ilmu biologi: branches of biology
Melakukan diskusi kelompok mengenai cabang ilmu
biologi dan manfaat mempelajarinya
Mengamati video keselamatan kerja di laboratorium:
Lab safety Video: I think School
Mengamati video metode ilmiah:
Animated Science, episode 1: the scientific method
|
3.1.2 Membedakan beragam tingkat organisasi
kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat
membedakan tingkat organisasi kehidupan mulai dari tingkat yang paling rendah
|
Tingkat organisasi kehidupan dari tingkat yang
paling rendah yaitu sel, jaringan, organ, system organ, organisme/individu,
populasi, komunitas, ekosistem, biosfer
|
Melakukan diskusi kelompok tentang perbedaan tiap
organisasi kehidupan
|
3.1.3 Merumuskan masalah yang ada pada salah satu
tingkat organisasi kehidupan yaitu jaringan
|
Setelah diberikan fenomena biologi, siswa dapat
mengidentifikasi masalah yang ada pada salah satu tingkat organisasi
kehidupan yaitu jaringan
Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat
merumuskan masalah yang ada pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
yaitu jaringan
|
Merumuskan masalah dilakukan
dengan kalimat tanya yang jawabannya dapat dijawab melalui percobaan.
Contoh rumusan masalah untuk
berbagai tingkatan organisasi kehidupan:
Berapa konsentrasi limbah
detergent yang dapat ditoleransi oleh jaringan epitel bawang merah?
Berapa konsentrasi limbah
detergent yang dapat memengaruhi laju perkembangbiakan Lemna?
|
Melakukan diskusi untuk
mengidentifikasi masalah pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
Melakukan diskusi kelompok untuk
membuat rumusan masalah
|
3.1.4 Merancang percobaan untuk
memecahkan masalah pada pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi
kelompok, siswa dapat merumuskan hipotesis
Setelah melakukan diskusi
kelompok, siswa dapat mengidentifikasi variabel bebas dan terikat
|
Masalah yang diangkat diarahkan pada tingkat
populasi, siswa mengajukan hipotesis yaitu jawaban sementara yang nantinya
akan dijawab dengan percobaan.
Variabel bebas adalah perlakuan yang kita berikan
pada percobaan, variabel terikat adalah hasil yang diperoleh dari perlakuan.
|
Melakukan diskusi
kelompok untuk merumuskan hipotesis
Melakukan diskusi
kelompok untuk mengidentifikasi variabel bebas dan variabel terikat
|
3.1.5 Melakukan percobaan untuk
memecahkan masalah pada salah satu tingkat organisasi kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi
kelompok, siswa dapat melakukan percobaan untuk memecahkan masalah pada salah
satu tingkat organisasi kehidupan
|
Melakukan percobaan untuk memecahkan masalah yang
dirumuskan siswa dengan memerhatikan alat bahan, langkah kerja dan
pengambilan data.
|
Diskusi kelompok
mengenai masalah yang dapat terjadi pada salah satu tingkat organisasi
kehidupan.
|
3.1.6 Menganalisis data hasil
percobaan
|
Setelah melakukan percobaan,
siswa dapat menganalisis data yang didapat
|
Menganalis data dilakukan dengan mengolaborasikan
hasil percobaan dan hasil studi literature.
|
Melakukan percobaan
sampai pengumpulan data
|
3.1.7 Mengaplikasikan prinsip
keselamatan kerja
|
Setelah melakukan diskusi, siswa
dapat mengaplikasikan prinsip keselamatan kerja di laoratorium dengan
menunjukkan minimal tiga kriteria
|
Prinsip keselamatan kerja diberikan untuk
menghindari kecelakaan kerja saat melakukan praktikum.
|
Melakukan diskusi
tentang aplikasi prinsip keselamatan kerja
|
4.1.1 Menyusun data ke dalam
bentuk table dan grafik
|
Setelah melakukan praktikum,
siswa dapat menyusun data dalam bentuk grafik
|
Menyusun table dan grafik dilakukan untuk melatih
keterampilan proses sains
|
Mengumpulkan data hasil
praktikum
|
4.1.2 Membuat laporan hasil
percobaan
|
Setelah melakukan praktikum,
siswa dapat membuat laporan hasil praktikum
|
Laporan yang disusun harus memenuhi kriteria
dengan mencantumkan judul, tujuan, langkah kerja, hasil pengamatan,
pembahasan, dan kesimpulan.
|
Membuat laporan hasil
praktikum
|
4.1.3 Membuat poster untuk
mengajak orang mengatasi permasalahan pada salah satu tingkat organisasi
kehidupan
|
Setelah melakukan diskusi, siswa
dapat membuat poster untuk mengatasi permasalahan pada salah satu tingkat
organisasi kehidupan
|
Leaflet yang dibuat adalah poster yang mengajak
orang untuk menjaga lingkungan dengan mencantumkan hasil percobaan yang
dilakukan. Leaflet yang dibuat harus memenuhi kriteria leaflet yaitu
sistematika dan kreatifitas.
|
Membuat poster tentang
hasil percobaan untuk memecahkan permasalahan pada salah satu tingkat
organisasi kehidupan
|
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Konstruktivisme
Metode :
Belajar Kooperatif dan Penugasan
F. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan kedua
3 x 45 menit
Kegiatan
|
Langkah
Pembelajaran
|
AW
|
Pendahuluan
|
-
Guru menarik perhatian dengan
membawa sebuah alat praktikum
-
Guru mengaitkan pembelajaran
dengan pembelajaran sebelumnya tentang perumusan masalah dan merangcang
percobaan
-
Guru memberi pertanyaan pada
siswa mengenai keselamatan kerja saat praktikum
-
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
hari ini untuk melakukan praktikum
-
Guru menjelaskan pentingnya
belajar melakukan percobaan
|
5’
|
Inti
|
Mengamati
Siswa mengamati bentuk jaringan
epitel bawang merah yang telah diberi pewarna yodium
|
10’
|
Menanya
Siswa mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan jaringan epitel bawang merah
|
5’
|
|
Mengumpulkan
data
-
Siswa melakukan percobaan sesuai
dengan rancangan yang telah dibuat
-
Siswa mengumpulkan data hasil
percobaan
|
30’
|
|
Menalar
Siswa mengaitkan data yang
diperoleh dengan hasil studi literatur
|
40’
|
|
Mengomunikasikan
-
Siswa melakukan presentasi di
depan kelas berkenaan dengan hasil praktikum yang dilakukannya
-
Siswa membuat laporan praktikum
pada kertas folio bergaris
|
30’
|
|
Penutup
|
-
Guru membantu siswa membuat
kesimpulan
-
Guru memberi tes mengenai prinsip
kerja ilmiah
-
Guru menyampaikan materi yang
diajarkan berikutnya yaitu tingkat keanekaragaman hayati sehingga diwajibkan
membawa bahan pengamatan
-
Guru memberi tugas untuk membuat
poster hasil praktikum untuk memecahkan masalah biologi
|
15’
|
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran
|
Buku
Sumber
|
|||
Lembar
Kerja Siswa
|
Video
|
Gambar
|
Alat dan Bahan
|
|
Praktikum melakukan percobaan
|
-
|
-
|
1.
Mikroskop
2.
Silet
3.
Larutan iodin
4.
Bawang merah
5.
Berbagai limbah cair dengan konsentrasi: 5%, 10%,
20%
|
1.
Campbell,
et al. (2011). Biology Tenth Edition.
Pearson. [26 Mei 2014]
2.
Irnaningtyas. (2013). Biologi
untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta:
Erlangga.
|
H. PENILAIAN
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Penilaian
sikap
|
Skala
sikap 1
|
Penilaian
kinerja keterampilan
|
Observasi
guru selama praktikum
|
Penilaian
kinerja produk
|
Laporan
Poster
|
LKS ADA PADA POSTING LAINNYA
No comments:
Write komentar