I.
Identitas
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran :
Biologi
Pokok
Bahasan : Klasifikasi
Lima Kingdom
Topik : -
Kelas : X/ 1
Alokasi
waktu : 4 x 45
Menit
Pertemuan : 1
II. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktifdan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
III.
Kompetensi
Dasar (KD)
3.3 Memahami
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
3.4
Menyajikan kladogram berdasarkan prinsip-prinsip
klasifikasi makhluk hidup
IV. Indikator, Tujuan Pembelajaran Khusus, Analisis
materi, Alokasi waktu dan Penilaian
Deskripsi indikator
|
Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)
|
Analisis
Materi
|
Langkah
Pebelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Penilain
|
3.3.1
Menjelaskan dasar-dasar yang digunakan untuk
mengklasifikasikan makhluk hidup 5 kingdom.
|
§
Setelah mengamati gambar dan atau video siswa
dapat menjelaskan dasar-dasar yang digunakan untuk mengklasifikasikan makhluk
hidup 5 kingdom, Minimal 3
|
§ Dasar pengklasifikasian
Mahluk Hidup
1.
Berdasarkan persamaan dan perbedaan morfologi.
2.
Berdasarkan kegunaannya bagi hidup manusia.
3.
Berdasarkan ciri-ciri anatomi.
4.
Berdasarkan ciri
biokimia.
|
1.
Disajikan gambar 5 sel pada kingdom mahluk hidup.
2.
Siswa mengamati gambar-gambar sel 5 kingdom yaitu
Protista monera, fungi, plantae dan Animalia
3.
Siswa mengerjakan LKPD 1 dengan studi litelatur
|
20 Menit
|
Jelaskan 3 dasar-dasar yang digunakan untuk
mengklasifikasikan makhluk hidup 5 kingdom !
(Pengetahuan –
Tes- Uraian – Terstuktur ) Skor 30
|
3.3.2
Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
|
§
Setelah siswa mengerjakan LKPD 1 siswa dapat
Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup. Minimal 2
|
§ Tujuan
pengklasifikasian Mahluk Hidup
1. Menyederhanakan
objek supaya lebih mudah dipelajari.
2. Untuk mendesripsikan
ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap jenis dan lebih mudah dikenali.
3. Mengelompkkan
sesuai persamaan ciri.
4.
Untuk mengetahui hubunga kekerabatan dan sejarah evolusi.
|
1.
Siswa mengisi LKPD 1 bagian 1.
2.
Siswa berdiskusi mengenai tujuan klasifikasi
3.
Siswa mengindentifkasi tujuan klasifikasi dari
pengalaman belajar mengisi LKPD 1
|
20 Menit
|
Jelaskan 2
tujuan klasifikasi makhluk hidup.
(Pengetahuan –
Tes- Uraian – Terstuktur ) Skor 20
|
3.3.3
Mejelaskan macam klasifikasi makhluk
hidup
|
§ Setelah
mengamati gambar dan mengerjakan LDKP 2 siswa dapat menjelaskan klasifikasi
makhluk hidup berdasarkan
sistem alamiah
|
Kita sudah mengetahui bahwa
klasifikasi pada dasarnya berpijak dari adanya persamaan. Hal ini dapat kita
ketahui dengan mengamati makhluk hidup secara morfologi. Misalnya, kita
mengamati binatang kucing, anjing, sapi, kuda, dan harimau.
Jika kita lihat secara alami,
dapat kita ketahui bahwa kelima binatang itu mempunyai empat kaki, sehingga
membentuk suatu kelompok seperti yang dikehendaki alam, yaitu kelompok
binatang yang berkaki empat.
|
1.
Siswa mengamati dan mengerjakan LKPD 2 Secara
perkelompok
2.
Siswa berdiskusi dengan teman kelompok
|
20 Menit
|
Sebutkan 3
macam klasifikasi mahluk hidup. Kemudian jelaskan.
(Pengetahuan –
Tes- Uraian – Terstuktur ) Skor 50
|
§ Setelah
mengamati gambar dan mengerjakan LDKP 3 siswa dapat menjelaskan klasifikasi makhluk
hidup berdasarkan sistem
Filogenik
|
Sistem klasifikasi makhluk hidup berdasarkan pada
hubungan kekerabatan secara evolusioner.
|
1.
Siswa mengamati dan mengerjakan LKPD 3 Secara
perkelompok
2.
Siswa berdiskusi dengan teman kelompok
|
20 Menit
|
||
§ Setelah
mengamati gambar dan mengerjakan LDKP 4 siswa dapat menjelaskan klasifikasi
makhluk hidup berdasarkan
sistem Buatan
|
Mengamati dan meneliti makhluk
hidup, yaitu persamaan ciri struktur tubuh luar maupun ciri struktur tubuh
dalam dari berbagai jenis makhluk hidup., Apabila ada yang memiliki ciri
struktur tubuh sama atau mirip dijadikan satu kelompok, adapun yang memiliki ciri
berlainan dikelompokkan tersendiri., Memberikan istilah tertentu untuk setiap
tingkatan klasifikasi yang didasarkan pada banyak sedikitnya persamaan ciri
pada setiap jenis makhluk hidup yang dikelompokkan.
|
1.
Siswa mengamati dan mengerjakan LKPD 4 Secara
perkelompok
2.
Siswa berdiskusi dengan teman kelompok
|
20 Menit
|
||
4.2.1
Membuat Kunci determinasi sederhana
|
§ Setelah berdiskusi kelompok siswa dapat Membuat Kunci determinasi sederhana mengenai
kelas Vertebrata yang disajikan dalam poster.
|
Contoh.
1.
A. Bergerak dengan alat gerak à 2
B.
Tidak punya alat gerak (Protozoa)
2.
A. Dengan Rambut getar (Ciliata)
B.
Dengan Flagel (Flagelata)
|
1.
Disajikan contoh kunci determinasi sederhana
mengnai 5 kingdom
2.
Siswa dapat membuat kunci determinasi sederhana
pada Kelas Cordata
|
20 Menit
|
Penilaian
Kinerja produk melalui bentuk poster kunci determinasi kelas vertebrata
|
4.2.2
Kladogram (pohon
filogeni)
|
§ Setelah berdiskusi kelompok siswa dapat membuat Kladogram (pohon filogeni)mengenai kelas
Vertebrata Kladogram (pohon filogeni) yang
disajikan dalam poster.
|
1.
Disajikan contoh kladogram sederhana mengnai 5 kingdom
2.
Siswa dapat membuat pohon filogeni sederhana pada
Kelas Cordata
|
20 Menit
|
Penilaian
Kinerja produk melalui bentuk poster pohon filogenik kelas vertebrata
|
V. Metode,
Pendekatan, Sumber dan Media Pembelajaran
a.
Metode : Diskusi
b.
Pendekatan : Saintifik
c.
Sumber
Pelajaran
1.Untuk Siswa :Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo Media
Pratama:Bandung
2. Untuk Guru : Campbell, N. 2003. Biologi. Erlangga: Jakarta
d.
Media
Pembelajaran :
-
Lembar
Kerja Peserta Dididik (LDKP 1, 2, 3 dan 4)
-
Slide
PPT tentang materi , tujuan pembelajaran dan contoh tugas
VI.
Kegiatan
Pembelajaran
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
KegiatanPembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
a. Guru memberisalamdanmenanyakankabarkepadamurid.
b. Guru menyuruh siswa untuk berdoa
ketika akan memulai pelajaran dengan khikmat dan penuh rasa syukur atas
kesehatan yang telah diberikan pada hari ini.
c. Guru menanyakansiapa yang
tidakberangkathariini.
d. Guru memberikanapersepsidenganmemperlihatkan
gambar serta memberikanpertanyaan,berikut:
“Pernahkah
kamu ke pasar tradisional?, Pernahkah kamu memperhatikan para pedagang
mengelompokkan barang-barang dagangannya?, Mengapa pedagang tersebut
mengelompokkan dagangannya?, Biasanya dikelompokkan berdasarkan apa?
e. Melakukan motivasi: Guru memberikan motivasi pada siswa dengan
memberikan beberapa gambar dampak tidak melakukan pengelompokkan supaya siswa
mengetahui betapa pentingnya melakukan pengelompokkan barang di dalam rumah
sehingga rumah akan menjadi lebih rapi dan bersih, tidak berantakan lagi
f. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
|
10 enit
|
KegiatanInti
|
|
1. Mengamati
a. Guru menampilkangambarberbagai macam hewan
invertebratadan vertebrata.
2. Menanya
b.
Dari gambar yang telahditampilkan diatas guru
bertanya kepada siswa. “Adakah perbedaan atau persamaan ciri dari
gambar berbagai macam hewan tersebut?,Apakah hewan – hewan tersebut bercampur
antara satu jenis dengan jenis lainnya di lingkungan hidupnya?, Mengapa
mahluk hidup yang ada di dunia harus dikelompok - kelompokkan?, Apa
keuntungan bila mahluk hidup yang ada di dunia dikelompok-kelompokkan?”
c. Dari
hal tersebut siswa diajak untuk memikirkan materi dan permasalahan yang akan
dibahas pada hari ini.
3. Mengumpulkan Data
a. Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 3 - 4 orang siswa
dalam setiap kelompok secara heterogen.
b. Guru
menjelaskankepada siswa mengenai maksudpembelajarandantugaskelompok.
c. Guru memanggilketuakelompokuntuk menerima lembar
LDS danlembarpenilaiantemansejawatsertamembacakaninstruksidenganjelas.
4. Mengasosiasikan
a. Siswa
memikirkan jawaban dan menjawabserta mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam
LDS ditunjangdengan literatur yang
mendukung.
b. Membahas hasil data dari diskusi
5. Mengkomunikasikan
a. Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan mengkomunikasikan hasil diskusinya kepada kelas dan memberi
kesempatan siswa lain untuk
belajar menjadi pendengar yang baik,
menghargai teman yang sedang menyampaikan pendapat (hasil diskusi). meminta
agar kelompok lain menghentikan aktivitas diskusi untuk memperhatikan kelompok yang akan presentasi.
Setelah kegiatan presentasi, Guru memberikan kesempatan agar kelompok lain
menanggapi, dengan memberikan komentar, masukan atau pertanyaan.
b. Guru
memberikan tambahan materi / penguatan konsep tentang dasar klasifikasi
mahluk hidup dengan menjelaskan jawaban yang benar.
c. Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya pada materi yang kurang jelas.
|
13 menit
|
Penutup
|
|
a.
Membimbing
siswa untuk menarik kesimpulan terhadap materi yang sudah dipelajari.
b.
Memberikan
tugas pada siswa untuk mencari contoh klasifikasi mahluk hidup lainnyadan
buat kunci determinasinya.
c.
Guru menutup pelajaran
dengan salam.
|
4
menit
|
VII.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
a) Penilaian
Pengetahuan : Tes Uraian : terstruktur
b) Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan kerja kelompok
c) Penilaian
Keterampilan : Produk : LKPD & Poster
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
Indikator
|
Soal
|
Jenis
|
Skor
|
Jawaban
|
3.3.3
Menjelaskan dasar-dasar yang digunakan untuk
mengklasifikasikan makhluk hidup 5 kingdom.
|
Jelaskan 3 dasar-dasar yang digunakan untuk
mengklasifikasikan makhluk hidup 5 kingdom !
|
(Pengetahuan – Tes- Uraian – Terstuktur )
|
30
|
§ Dasar
pengklasifikasian Mahluk Hidup
5.
Berdasarkan persamaan dan perbedaan morfologi.
6.
Berdasarkan kegunaannya bagi hidup manusia.
7.
Berdasarkan ciri-ciri anatomi.
8.
Berdasarkan ciri
biokimia.
|
3.3.4
Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
|
Jelaskan
2 tujuan klasifikasi makhluk hidup.
§
|
(Pengetahuan – Tes- Uraian – Terstuktur ) Skor 20
|
20
|
§ Tujuan
pengklasifikasian Mahluk Hidup
5. Menyederhanakan
objek supaya lebih mudah dipelajari.
6. Untuk
mendesripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap jenis dan lebih
mudah dikenali.
7. Mengelompkkan
sesuai persamaan ciri.
Untuk
mengetahui hubunga kekerabatan dan sejarah evolusi
|
3.3.3
Mejelaskan macam klasifikasi makhluk
hidup
|
Sebutkan
3 macam klasifikasi mahluk hidup. Kemudian jelaskan.
|
(Pengetahuan – Tes- Uraian – Terstuktur ) Skor 50
|
60
|
klasifikasi
makhluk hidup berdasarkan
sistem alamiah. bahwa klasifikasi pada dasarnya
berpijak dari adanya persamaan
klasifikasi
makhluk hidup berdasarkan
sistem Filogenik, Sistem klasifikasi makhluk
hidup berdasarkan pada
hubungan kekerabatan secara evolusioner.
klasifikasi makhluk
hidup berdasarkan sistem
Buatan bahwa Apabila
ada yang memiliki ciri struktur tubuh sama atau mirip dijadikan satu
kelompok, adapun yang memiliki ciri berlainan dikelompokkan tersendir
|
Lembar
Pengamatan Sikap
1.) Pengamatan
perilaku ilmiah
No
|
Nama
Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajardan bekerja
|
Keterampilan berkomunikasi
saat diskusi
|
Jumlah
|
|||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
Rubrik
penilaian perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Rasa
ingin tahu
|
3: menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan
rasa ingin tahu namun tidak antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
3: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan
dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu
2: berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi saat melaksanakan diskusi
|
3: aktif dalam
tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa
lain
2: aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
1: aktif dalam tanya
jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat
siswa lain
|
Penilaian keterampilan (Diskusi)
Instrumen
penilaian Diskusi : Digunakan untuk
menilai kegiatan diskusi peserta didik
Lembar Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Mengkomunikasikan hasil pengamatan
|
|
2
|
Mengusulkan
pendapat atau beragumentasi pada saat diskusi
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan pada saat diskusi
|
|
4
|
Menjawab
pertanyaan pada saat diskusi
|
Rubrik Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Mengkomunikasikan
hasil pengamatan
|
4
|
Penyampaian
mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, dan memberi waktu audiens untuk
berfikir
|
3
|
Penyampaian mudah dipahami, komunikatif
dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Penyampaian kurang mudah dipahami,
kurang komunikatif dengan audiens, dan kurang memberi waktu audiens untuk
berfikir
|
||
1
|
Penyampaian tidak mudah dipahami, tidak
komunikatif dengan audiens, dan tidak
memberi waktu audiens untuk berfikir
|
||
2
|
Mengusulkan pendapat atau beragumentasi pada
saat diskusi
|
4
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 2 kali
berargumen)
|
3
|
Berpendapat atau
beragumentasi sesuai dengan topic materi diskusi dan rasional (minimal 1 kali
berargumen)
|
||
2
|
Berpendapat atau
berargumentasi tetapi tidak sesuai dengan topik materi
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk berargumen
|
||
3
|
Mengajukan pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Pertanyaan
menunjukkan pemahaman dengan kejelian terhadap materi yang dipelajari:
analisis hasil observasi atau penafsiran dari hasil observasi
|
3
|
Pertanyaan
menunjukkan kemampuan berfikir yang sangat tepat: merupakan hasil observasi ,
mengarah pada hasil observasi, atau bersifat rasional
|
||
2
|
Pertanyaan
kurang mengarah pada topik materi pembahasan baik hasil observasi, analisis,
atau pembahasan materi yang terkait
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk bertanya
|
||
4
|
Menjawab pertanyaan pada saat diskusi
|
4
|
Dalam menjawab
pertanyaan disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan baik
pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
3
|
Dalam menjawab
pertanyaan kurang disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
2
|
Dalam menjawab
pertanyaan tidak disertai dengan data-data atau fakta-fakta yang ditemukan
baik pada saat praktikum atau di literature yang dapat dipertanggung jawabkan
|
||
1
|
Tidak memiliki
kesempatan untuk menjawab pertanyaan diskusi
|
Penilaian Sikap Sosial
(Pengamatan)
Digunakan untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam hal berperilaku ilmiah
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kejujuran dalam
mencatat data hasil pengamatan
|
|||
2
|
Ketelitian dalam
melakukan pengamatan
|
|||
3
|
tanggung jawab
pada saat melakukan pengamatan dan setelah melakukan pengamatan
|
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Kejujuran dalam
mencatat data hasil pengamatan
|
3
|
Menuliskan,
mencatat, atau menggambar sesuai dengan hasil pengamatan baik secara langsung
maupun dari hasil pengamatan
|
2
|
Menuliskan,
mencatat, atau menggambar kurang sesuai (ada yang melihat gambar dari buku)
dengan hasil pengamatan baik secara langsung maupun dari hasil pengamatan
|
||
1
|
Menuliskan,
mencatat, atau menggambar tidak sesuai dengan hasil pengamatan
|
||
2
|
Ketelitian
dalam melakukan pengamatan
|
3
|
Mengisi semua
bagian struktur jamur yang ditunjuk
|
2
|
Mengisi
sebagian bagian struktur jamur yang ditunjuk
|
||
1
|
Tidak mengisi
bagian struktur jamur yang ditunjuk
|
||
3
|
tanggung jawab
pada saat melakukan pengamatan
|
3
|
Bertanggung
jawab dalam menyelesaikan semua tugas yang ada di dalam LKPD
|
2
|
Menyelesaikan sebagian
tugas yang ada di dalam LKPD
|
||
1
|
Tidak
menyelesaikan sebagian tugas yang ada di dalam LKPD
|
Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media, Rubrik penilaian dan lainnya
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
Minta link downdownlnya kakak
ReplyDeleteLink download
DeleteItu gabisa diakses semuas
Delete