I.
Identitas
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran :
Biologi
Pokok
Bahasan : Virus
Topik : struktur,
replikasi dan peran virus
Kelas : XI/ 1
Alokasi
waktu : 6 x 45
Menit
II. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktifdan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejInuyashaan, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
III. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
No. KD
|
Deskripsi KD
|
No. Indikator
|
Deskripsi
Indikator
|
3.4
|
Menganalisis
struktur dan replikasi, serta peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
|
3.4.1
3.4.2
3.4.3
3.4.4
|
Menyebutkan
ciri-ciri umum virus.
Menjelaskan
replikasi daur virus
Menentukan
reproduksi virus litik dan lisogenik
Mengaitkan
peran virus terhadap kesehatan masyarakat.
|
4.4
|
Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan
terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya melalui berbagai media
informasi
|
4.4.1
4.4.2
|
Membuat poster mengenai bahaya virus
serta dampaknya
Melaksanakan kampanye bahaya virus
serta dapaknya menggunakan media social
|
IV.
Tujuan
Pembelajaran Khusus (TPK)
Deskripsi indikator
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Analisis
Materi
|
3.4.1
Mengidentifikasi ciri-ciri virus.
|
3.4.1
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri virus dari
gambar minimal 3 ciri
|
Virus hanya
dapat hidup dan memperbanyak diri di dalam sel hidup organisme lain, untuk
bereproduksi, virus hanya memerlukan asam nukleatnya saja DNA atau RNA,
bersifat aseluler (bukan sel) dan tidak memiliki organel-organel sel.
|
3.4.2.
Menjelaskan replikasi daur virus
|
3.4.2
Siswa dapat menjelaskan replikasi daur virus
setelah melihat gambar daur litik dan lisogenik.
|
Daur
litik dan lisogenik virus
Virus
Memperbanyak diri dengan daur litik dan lisogenik. Persamaan keduanya adalah
dalam hal penempelasan dan penetrasi sedangkan perbedaanya pada aktifitas
kromosom.
|
3.4.3
Menentukan reproduksi virus litik dan lisogenik
|
3.4.2
Siswa dapat menentukan reproduksi virus litik dan
lisogenik dari gambar 3, 4, dan 5 dengan benar.
|
|
3.4.4
Mengaitkan peran virus terhadap kesehatan
masyarakat.
|
3.4.3
Siswa dapat mengaitkan peran virus terhadap
kesehatan masyarakat setelah diberikan permasalahan kesehatan masyarakat.
|
Virus
menyebabkan beberapa penyakit bagi mahkluk hidup. Penyakit yang disebarkan
oleh udara, hubungan kelamin, melalui hewan, melalui makanan.
|
4.4.1
Membuat peta pikiran mengenai bahaya virus serta
dampaknya
|
4.4.1
Siswa dapat membuat poster mengenai bahaya virus
serta dampaknya pada kertas karton (minimal)
|
Poster dibuat minimal
dari karton yang menyangkup penjelasan HIV, penularan HIV, bahaya virus HIV,
serta cara pencegahannya.
|
4.4.2
Melaksanakan kampanye bahaya virus serta dapaknya
menggunakan media sosial
|
4.4.3
Siswa dapat Melaksanakan kampanye bahaya virus
serta dapaknya menggunakan media social
|
Siswa dapat
mempresentasikan poster sebagai kampanye dan merekamnya dengan menggunakan
video. Kemudian ditugaskan untuk mengunggahnya kedalam situs youtube
|
V. Metode, Pendekatan, Sumber dan Media
Pembelajaran
a. Metode : Diskusi,
b. Pendekatan : Saintifik
c. Sumber
Pelajaran
1.Untuk
Siswa :
2.
Untuk Guru : Campbell,
N. 2008. Biologi. Erlangga: Jakarta
d. Media
Pembelajaran :
-
Lembar Kerja Siswa (LKPD)
-
Slide PPT virus
VI.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 45 menit)
Kegiatan
|
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pendahuluan
|
·
Apersepsi : Guru menampilkan gambar.1 (cacar air).
Dan menanykan mengapa hal ini bias terjadi ?
·
Guru memotivasi siswa agar menjaga kesehatan dan
biasakan hidup bersih
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran, yaitu :
·
Siswa mampu membedakan urin orang yang sehat dan
orang yang mengalami kelainan berdasarkan analisis percobaan yang dilakukan.
·
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
|
·
Guru menampilkan gambar 1 (struktur tubuh virus)
dan Gambar.2 (tentang replikasi virus) pada slide powerpoint.
·
Siswa berkelompok mengamati gambar yang ditampilkan
guru
|
5 menit
|
Menanya
|
·
Guru meminta siswa membuat pertanyaan minimal 3
dari gambar virus dan menuliskannya kedalam LKS yang sudah disediakan.
·
Siswa menukar pertanyaan pada kelompok lain
|
5 menit
|
|
Mengumpulkan data
|
·
Setelah siswa diminta untuk menukarkan pertanyaan
yang dibuat dengan kelompok lain, siswa bersama sama dalam kelomponya mencari
jawaban atas pertanyaan yang dibuat dari buku, internet dan bahan bacaan lain
|
20 menit
|
|
Mengasosiasi
|
·
Guru membimbing siswa
menemukan data yang tepat.
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi menyatukan
persepsi jawaban
·
Siswa menarik kesimpulan jawaban dari pertanyaan
·
Siswamenuliskan jawaban setelah berdiskusi dengan
anggota kelompok.
|
15 menit
|
|
Mengkomunikasikan
|
·
Guru memberikan kesempatan kepada tiap kelompok untuk
mempersentasikan
jawaban yang telah mereka tuliskan.
·
Tiap kelompok mendapat kesempatan untuk
mempersentasekan 2 nomor dari 3 pertanyaan
|
20 Menit
|
|
Penutup
|
·
Guru bersama
siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah mereka pelajari hari ini
·
Guru memberikan
penghargaan bagi siswa atau kelompok yang berkinerja baik
·
Guru memberikan
soal kuis kepada siswa untuk mengukur tingkat kepahaman siswa untuk
menentukan reproduksi virus litik dan lisogenik pada gambar yang berbeda
·
Guru meminta setiap
kelompok membawa spidol berwarna, kertas karton, gunting, lem untuk penugasan
pertemuan selanjutnya
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri
pembelajaran
bersama-sama siswa dengan mengucapkan hamdalah
|
15 menit
|
Pertemuan 2 (2 x 45
menit)
Kegiatan
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan
salam dan siswa membalas salam
·
Guru
mengkondisikan kelas
·
Guru mengajak
siswa untuk berdo’a bersama-sama.
·
Guru melakukan
presensi terhadap siswa
·
Orientasi :
Guru mengingatkan kembali materi pada pertemuan sebelumnya mengenai
ciri-ciri dan struktur virus!
·
Guru memberikan
apersepsi dengan grafik data penderita HIV/AIDS di Indonesia
·
Guru memberikan
motivasi bahwa dengan mempelajari materi virus HIV, kita bisa ikut
berpartisipasi dalam mencegah penyebaran virus tersebut
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
15 Menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Guru
membentuk kelompok diskusi tiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5
orang siswa dan membagikan LKS
Guru
menjelaskan prosedur penyelesaian LKS melalui diskusi.
1.
Mengamati
Guru meminta
siswa mengamati gambar berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus
2.
Menanya
Guru menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh siswa,
jika tidak ada siswa yang bertanya maka guru memancing siswa untuk berusaha
mengemukakan pertanyaan.
3.
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mencari
informasi dari berbagai
literature mengenai yang berkaitan dengan virus yang tercantum
dalam LKS.
4.
Mengasosiasikan
·
Guru membimbing siswa dalam diskusi menyatukan
persepsi/ jawaban.
·
Siswa menuliskan
jawaban LKS setelah berdiskusi dengan anggota kelompok.
5.
Mengkomunikasikan
·
Guru memberikan kesempatan kepada tiap kelompok
untuk mempersentasekan jawaban LKS yang telah mereka tuliskan. Tiap kelompok
mendapat kesempatan untuk mempersentasekan 1 nomor dari LKS.
|
10 Menit
5 Menit
20 Menit
10 Menit
20 Menit
|
|
Penutup
|
·
Guru bersama
siswa mereview hasil pembelajaran yang sudah mereka pelajari hari ini
·
Guru memberikan
penghargaan bagi siswa atau kelompok yang berkinerja baik
·
Guru memberikan
soal kepada siswa untuk mengukur tingkat kepahaman siswa
·
Guru memberikan
tugas pada siswa untuk membuat poster tentang
pencegahan virus HIV
·
Guru memberi salam penutup dan mengakhiri
pembelajaran
bersama-sama siswa dengan mengucapkan hamdalah
|
10 Menit
|
|
VII.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
a) Penilaian
Pengetahuan : Tes objektif : Pilihan
Ganda
b) Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan kerja kelompok
c) Penilaian
Keterampilan : Produk : LKPD & Poster
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
INSTRUMEN
PENILAIAN KOGNITIF
NO
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
RANAH
|
JAWABAN
|
1.
1
|
Menyebutkan ciri-ciri virus.
|
Virus tidak
digolongkan dalam sebuah sel, karena … .
a.
Tidak mempunyai
sitoplasma,
b.
Tidak memiliki
DNA
c.
Tidak dapat
membelah diri
d.
Hidup sebagai
parasit sejati
e.
Mempunyai organel
|
C-1
(Faktual)
|
A
|
2.
|
Perhatikan ciri-ciri berikut !
1)
Dapat bereproduksi
2)
Dapat dikristalkan
3)
Memiliki asam nukleat
4)
Tidak mempunyai protoplasma
5)
Memiliki membrane plasma
Ciri
yang dimiliki virus yang membedakannya dengan
sel adalah… .
a.
1 dan 2
b.
2 dan 3
c.
2 dan 4
d.
3 dan 4
|
C-4
(factual)
|
B
|
|
3.
|
Berikut struktut Virus T.
Yang ditunjukan pada label A adalah …
a.
DNA (Materi
genetic)
b.
Kepala
c.
Leher Virus
d.
Ekor Virus
e.
Kapsid
|
C2
(Faktual)
|
A
|
|
4.
|
Menjelaskan replikasi daur virus
|
Virus dapat memperbanyak diri dengan bantuan mahuk
hidup lain dengan daur litik dan lisogenik. Mahluk hidup apa yang dapat membantu
proses memperbanyak diri Virus …
a.
Daur litik di
Bakteri, Daur lisogenik Virus berbeda.
b.
Daur litik dan
lisogenik pada bakteri.
c.
Daur litik pada
virus berbeda, daur lisogenik di bakteri
d.
Daur litik pada bakteriofage, daur lisogenik
di bakteri
e.
Daur litik pada
bakteri daur lisogenik di bakteriofage,
|
B
|
|
5.
|
Menentukan reproduksi virus litik dan lisogenik
|
Perhatikan tahapan replikasi virus berikut ini
1.
DNA Vrus masuk
dalam sel inang
2.
Perakitan tubuh
virus
3.
Virus menempel
pada permukaan sel inang
4.
DNA virus bergabung
dengan DNA inang membentuk profage
5.
Dinding sel
pecah, virus keluar mencari inang baru
6.
Sel inang
bereplikasi, profage ikut bereplikasi
7.
Pembentukan
bagian-bagian tubuh virus
Urutan
replikasi litik virus
a.
1-7-2-4-6
b.
1-7-6-5-3
c.
3-1-4-6-5
d.
3-1-7-2-5
e.
3-1-7-5-6
|
C4.
Prosedural
|
D
|
6.
|
Berdasarkan soal nomer 5, ciri khas replikasi virus
secara lisogenik di tunjukan oleh nomer …
a.
1 dan 4
b.
4 dan 6
c.
2 dan 7
d.
3 dan 5
e.
3 dan 1
|
C2.
Konseptual
|
B
|
|
7.
|
Mengaitkan peran virus terhadap kesehatan
masyarakat.
|
Penyakit yang disebabkan oleh virus adalah...
a. cacar, AIDS,
disentri
b. kanker, trakom, pneumonia
c. anjing gila, campak, TBC
d. influenza, polio, campak
e. trakom, polio, kolera
|
C2.
Konseptual
|
A
|
8.
|
Berikut merupakah kegiata manusia yang dapat mencegah
terjadinya terinfeksi HIV. Kecuali ....
a.
Tidak berhubungan sex bebas
b.
Tidak menggunakan / mengkonsumsi narkoba
c.
Transfusi darah tanpa diperiksa
d.
Mengikuti kajian keislaman
e.
Mengikuti pergaulan bebas
|
C3
- Metakognitif
|
E
|
Lembar
Pengamatan Sikap
1.) Pengamatan
perilaku ilmiah
No
|
Nama
Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajardan bekerja
|
Keterampilan
berkomunikasi saat diskusi
|
Jumlah
|
|||||||||
3
|
3
|
2
|
1
|
2
|
1
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
Rubrik
penilaian perilaku
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Rasa ingin
tahu
|
3: menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan
rasa ingin tahu namun tidak antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan
antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2
|
Ketelitian dan
kehati-hatian dalam melakukan pengamatan
|
3: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan
tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu
2: berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1: tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi saat melaksanakan diskusi
|
3: aktif dalam
tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa
lain
2: aktif dalam
tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
1: aktif dalam tanya
jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat
siswa lain
|
INSTRUMEN
PENILAIAN POSTER
Kompentesi Inti :
Kompetensi
Dasar :
Indikator :
Aspek Penilaian :
Praktik/Psikomotor
Tanggal Penilaian :
No.
|
Nama
|
Kriteria/Aspek
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||
Isi/teks
|
Desain
|
Gambar
|
Ketersampaian Pesan
|
||||
Rubrik:
1.
Isi/teks
Nilai :
4 : jika isi teks
singkat, padat akan informasi, jelas keterbacaannya
3 : jika dua dari kriteria isi / teks yang baik dipenuhi,
sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi
2 : jika hanya salah satu dari
kriteria isi / teks yang baik dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi
1 : jika Isi teks terlalu panjang, miskin informasi, tidak
jelas keterbacaannya (seluruh kriteria tidak terpenuhi)
2.
Desain
Nilai :
4 : jika Warna menarik, ukuran elemen penyusun
proporsional, pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian (ketiga
kriteria terpenuhi)
3 : jika Dua dari kriteria
desain yang baik dipenuhi, sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi
2 : jika hanya salah satu dari
kriteria desain yang baik dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi
1 : jika warna, ukuran elemen
penyusun, pusat perhatian tidak menunjukkan desain yang baik (seluruh kriteria
tidak terpenuhi)
3.
Gambar
Nilai :
4 : jika gambar menarik, bermakna sebagai penyampai pesan,
dan orisinil (ketiga kriteria terpenuhi
3 : jika dua dari kriteria gambar yang baik dipenuhi,
sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi
2 : jika hanya salah satu dari kriteria gambar yang baik
dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi
1 : jika gambar tidak menarik, tidak bermakna sebagai
penyampai pesan, dan tidak orisinil (seluruh kriteria desain yang baik tidak
terpenuhi)
4.
Ketersampaian
pesan
Nilai :
4 : jika pesan sangat mudah ditangkap pembaca
3 : jika pesan cukup mudah ditangkap pembaca
2 : jika pesan sulit ditangkap pembaca
1 : jika pesan tidak dapat ditangkap pembaca
Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media, Rubrik penilaian dan lainnya
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
terimakasih ilmunya,,
ReplyDelete