Saturday, 15 April 2017

RPP Bakteri Pertemuan 1 RPP Biologi Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan    : SMA Negeri
Mata Pelajaran           : Biologi
Kelas /Semester         : X MIPA/Ganjil
Materi Pokok               : Bakteri
Alokasi waktu              : 3 x 45 menit
Pertemuan Ke             : 2


A.        Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan 2
Menumbuhkan kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsive, dan pro aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3
KI 4
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.        Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
KD Pengetahuan
No
KD Keterampilan
3.4
Menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta  perannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat
4.1
Menyajikan data tentang ciri ciri dan peran bakteri dalam kehidupan berdasarkan hasil studi literatur dalam bentuk laporan tertulis.
No
IPK Pengetahuan
No
IPK Keterampilan
3.4.6
Menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan bentuknya


3.4.7
Menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan cara hidupnya


3.4.8
Membedakan bakteri gram negatif dengan gram positif


3.4.9
Menentukan peran bakteri terhadap kehidupan sehari-hari
4.3.1
Membuat leaflet mengenai cara hidup sehat pada lingkungan sekolah sebagai upaya pencegahan bakteri merugikan pada siswa.

C.        Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi dan ceramah ekspositori peserta didik dapat menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta  perannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat sehingga dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan  prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dankerjasma.


D.      Materi Pembelajaran

1.       Faktual
a.       Bentuk bakteri
b.      Bakteri menguntungkan dan merugikan
2.       Konseptual
a.       Ciri umum bakteri
b.      Cara hidup bakteri
3.       Prosedural
a.       Pengelohan pangan dengan bantuan bakteri
b.      Penanggulangan/pencegahan bakteri merugikan
4.       Metakognitif
a.    Pemanfaatan bakteri

E.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                                                       : Saintifik
2.       Metode dan Model Pembelajaran           :
Pertemuan
No IPK
Metode
II
      3.4.6
3.4.7
3.4.8
3.4.9
4.4.1
Diskusi/Ceramah ekspositori
Diskusi/Ceramah ekspositori
Diskusi/Ceramah ekspositori
Diskusi/Ceramah ekspositori
Penugasan



F.       Alat, Media
1)      Alat
LCD, laptop, spidol, papan tulis
2)      Media
a)      PPT Bakteri
b)      Susu Ultra
c)       Yakult
d)      Vidieo Lactobacillus pada yogurt
e)      Vidieo Bentuk bakteri
f)       Gambar Bakteri
g)      Arikel Bakteri
h)      LKPD 1
i)        LKPD 2


G.     Kegiatan Pembelajaran


Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
15’
Apersepsi.
1.       Guru membawa dua buah minuman dengan label A dan B. Label A berisi minuman susu ultra dan label B berisi minuman Yakult. Perwakilan siswa mencicipi ke dua minuman tersebut dengan indra pengecap.
2.       Siswa membedakan kandungan komposisi pada masing-masing minuman.
3.       Guru memperlihatkan vidio bakteri pada minuman B  
4.       Guru bertanya “apa perbedaan dari minuman tersebut?”, “bgaimana peranan bakteri yang berada pada minuman B?”
5.        Guru mengaitkan pengetahuan awal bahwa bakteri merupakan mahluk hidup yang mikroskopis.
6.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
105’
1.       Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kegiatan yang akan dipelajari hari ini
2.       Siswa dibagi kedalam 8
3.       Guru memberikan LKPD pada masing-masing kelompok.
4.       Siswa membaca LKPD terlebih dahulu
5.       Siswa mengamati vidieo 1 tentang bentuk bakteri
6.       Siswa mengerjakan LKPD 1 secara berkelompok.
7.       Siswa dengan bimbingan guru membahas pertanyaan pada LKPD 1
8.       Siswa (perwakilan kelompok) mengambil 6 artikel yang telah disediakan secara acak
9.       Siswa membaca artike dan berdikusi secara berkelompok, mengumpulkan data untuk mengisi LKPD 2
10.   Siswa dengan bantuan guru mendiskusikan temuan data pada artikel untuk mengisi lembar kerja.
11.   Masing masing kelompok mengkomunikasikan temuannya mengenai bentuk bakteri cara hidup bakteri, serta peranan.
12.   Siswa mengerjakan kegiatan 2 pada LKPD 2.
13.   Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

Penutup

1.       Guru mengajukan sejumlah pertanyaan pengarah  yang mengarahkan pada kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.

2.       Guru menugaskan siswa untuk membuat leaflet mengenai peranan bakteri.
3.       Guru menguji kemampuan peserta didik dalam materi dengan menjawab 5 soal pilihan (postest)
4.       Guru memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan selanjutnya kemudian meminta membuat rangkumannya.

15’


H.     Sumber Belajar
1.      Video, power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik bakteri
2.          Buku teks biologi
a.    Lestari, Endang Sri dan idun kistinnah. 2010. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA/MA kelas XI. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.   Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA kelas XI. Jakarta : Erlangga.
c.    Campbell N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th ed.  Benjamin Cummings Publishing Company, Inc., Redword City, England.


I.        Penilaian Hasil Belajar


No
Aspek
No
IPK
IPK
Teknik Penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
Penilaian
Rubrik
Penilaian
1
Pengetahuan
3.4.6
Menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan bentuknya
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
3.4.7
Menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan cara hidupnya
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
3.4.8
Membedakan bakteri gram negatif dengan gram positif
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
3.4.9
Menentukan peran bakteri terhadap kehidupan sehari-hari
Tes Tulis
Pilihan
Terlampir
Terlampir
2
Keterampilan
4.4.1
Membuat leaflet mengenai ciri dan peranan bakteri
Penugasan
Instrumen Penilaian
Terlampir
Terlampir






No comments:
Write komentar