RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/Semester : X MIPA/Ganjil
Materi
Pokok : Bakteri
Alokasi
waktu : 3 x 45 menit
Pertemuan
Ke : 2
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 dan 2
|
|
Menumbuhkan
kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku
disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsive, dan pro aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual,
konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentangilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
|
KD
Pengetahuan
|
No
|
KD
Keterampilan
|
3.4
|
Menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta perannya dalam berbagai aspek kehidupan
masyarakat
|
4.1
|
Menyajikan data tentang ciri ciri dan peran bakteri dalam
kehidupan berdasarkan hasil studi literatur dalam bentuk laporan tertulis.
|
No
|
IPK
Pengetahuan
|
No
|
IPK
Keterampilan
|
3.4.6
|
Menjelaskan pengelompokan bakteri
berdasarkan bentuknya
|
||
3.4.7
|
Menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan
cara hidupnya
|
||
3.4.8
|
Membedakan bakteri gram negatif
dengan gram positif
|
||
3.4.9
|
Menentukan peran bakteri terhadap
kehidupan sehari-hari
|
4.3.1
|
Membuat
leaflet mengenai cara hidup sehat pada lingkungan sekolah sebagai upaya
pencegahan bakteri merugikan pada siswa.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi dan
ceramah ekspositori peserta didik dapat menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta perannya dalam berbagai aspek kehidupan
masyarakat sehingga dapat membangun
kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan
prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab,
dankerjasma.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Faktual
a. Bentuk bakteri
b. Bakteri menguntungkan dan merugikan
2. Konseptual
a. Ciri umum bakteri
b. Cara hidup bakteri
3. Prosedural
a. Pengelohan pangan dengan bantuan
bakteri
b. Penanggulangan/pencegahan bakteri
merugikan
4.
Metakognitif
a. Pemanfaatan
bakteri
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode dan Model Pembelajaran :
Pertemuan
|
No
IPK
|
Metode
|
II
|
3.4.6
3.4.7
3.4.8
3.4.9
4.4.1
|
Diskusi/Ceramah
ekspositori
Diskusi/Ceramah
ekspositori
Diskusi/Ceramah
ekspositori
Diskusi/Ceramah
ekspositori
Penugasan
|
F.
Alat,
Media
1)
Alat
LCD, laptop, spidol, papan tulis
2)
Media
a) PPT
Bakteri
b) Susu
Ultra
c) Yakult
d) Vidieo
Lactobacillus pada yogurt
e) Vidieo
Bentuk bakteri
f) Gambar
Bakteri
g) Arikel
Bakteri
h) LKPD 1
i)
LKPD 2
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
15’
|
Apersepsi.
1.
Guru
membawa dua buah minuman dengan label A dan B. Label A berisi minuman susu
ultra dan label B berisi minuman Yakult. Perwakilan siswa mencicipi ke dua
minuman tersebut dengan indra pengecap.
2. Siswa membedakan kandungan komposisi
pada masing-masing minuman.
3. Guru memperlihatkan vidio bakteri
pada minuman B
4. Guru bertanya “apa perbedaan dari
minuman tersebut?”, “bgaimana peranan bakteri yang berada pada minuman B?”
5. Guru mengaitkan pengetahuan awal bahwa
bakteri merupakan mahluk hidup yang mikroskopis.
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
|
Kegiatan
Inti
|
105’
|
1.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
kegiatan yang akan dipelajari hari ini
2.
Siswa
dibagi kedalam 8
3.
Guru
memberikan LKPD pada masing-masing kelompok.
4.
Siswa
membaca LKPD terlebih dahulu
5.
Siswa mengamati vidieo 1 tentang bentuk
bakteri
6.
Siswa
mengerjakan LKPD 1 secara berkelompok.
7.
Siswa
dengan bimbingan guru membahas pertanyaan pada LKPD 1
8.
Siswa
(perwakilan kelompok) mengambil 6 artikel yang telah disediakan secara acak
9.
Siswa
membaca artike dan berdikusi secara berkelompok, mengumpulkan data untuk mengisi LKPD 2
10.
Siswa dengan
bantuan guru mendiskusikan temuan data pada artikel untuk mengisi lembar
kerja.
11.
Masing
masing kelompok mengkomunikasikan temuannya mengenai bentuk bakteri cara
hidup bakteri, serta peranan.
12.
Siswa
mengerjakan kegiatan 2 pada LKPD 2.
13.
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
|
|
Penutup
|
|
1.
Guru mengajukan sejumlah pertanyaan
pengarah yang mengarahkan pada
kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.
2.
Guru menugaskan siswa untuk membuat leaflet
mengenai peranan bakteri.
3.
Guru menguji kemampuan peserta didik dalam
materi dengan menjawab 5 soal pilihan (postest)
4.
Guru
memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan
selanjutnya kemudian meminta membuat rangkumannya.
|
15’
|
H.
Sumber Belajar
1.
Video,
power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik bakteri
2.
Buku teks biologi
a.
Lestari,
Endang Sri dan idun kistinnah. 2010. Biologi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA/MA kelas XI. Bandung : Pusat
perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Irnaningtyas.
2013. Biologi Untuk SMA kelas XI.
Jakarta : Erlangga.
c.
Campbell
N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th
ed. Benjamin Cummings Publishing
Company, Inc., Redword City, England.
I.
Penilaian Hasil Belajar
No
|
Aspek
|
No
IPK
|
IPK
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
1
|
Pengetahuan
|
3.4.6
|
Menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan bentuknya
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
3.4.7
|
Menjelaskan pengelompokan bakteri berdasarkan cara hidupnya
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.8
|
Membedakan bakteri gram negatif dengan gram positif
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.9
|
Menentukan peran bakteri terhadap kehidupan sehari-hari
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
2
|
Keterampilan
|
4.4.1
|
Membuat leaflet mengenai ciri
dan peranan bakteri
|
Penugasan
|
Instrumen Penilaian
|
Terlampir
|
Terlampir
|
No comments:
Write komentar