Saturday, 15 April 2017

RPP Sistem Gerak RPP Kurikulum 2013









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      : SMAN BOTANI UPI                                                                            
Kelas                           : X1                                                                                                           
Semester                      : 1
Mata pelajaran             : Biologi
Pertemuan                   : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

Kompetensi Dasar
3.5 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
4.5  Menyajikan karya tentang pemanfaatan teknologi dalam mengatasi gangguan sistem gerak melalui penelusuran dari berbagai sumber informasi

Indikator Pencapaian  Kompetensi
Kognitif
Tujuan Pembelajaran
PERTEMUAN I
1.      Menjelaskan pengertian tulang


2.      Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkaan jaringan penyusun dan sifat fisiknya.


3.      Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkan sifat bahan penyusunnya.


4.      Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkan bentuknya.
5.      Menyebutkan fungsi tulang



6.      Menjelaskan proses pembentukan tulang dan pertumbuhan tulang

1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian tulang melalui diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikaan oleh guru .
2.      Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkaan jaringan penyusun dan sifat fisiknya melalui diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikaan oleh guru .
3.      Siswa mampu Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkan sifat bahan penyusunnya melalui diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikaan oleh guru .
4.      Siswa mampu Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkan bentuknya melalui diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikaan oleh guru .
5.      Siswa mampu Menyebutkan fungsi tulang melalui diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikaan oleh guru .

6.      Siswa mampu Menjelaskan proses pembentukan tulang dan pertumbuhan tulang melalui diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikaan oleh guru .
PERTEMUAN II
7.      Menyebutkankan  sistem rangka
7.      Siswa mampu menyebutkankan sistem rangka melalui diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikaan oleh guru
8.      Menjelaskan pengertian sendi
8.      Siswa mampu menjelaskan pengertian sendi setelah diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikan oleh guru
9.      Menyebutkan jenis-jenis sendi dan letaknya

9.      Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sendi dan letaknya setelah diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikan oleh guru
PERTEMUAN III
10.  Menyebutkan pengertian otot
10.  Siswa mampu menyebutkan pengertian otot setelah diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikan oleh guru
11.  Menyebutkan karakteristik otot

11.  Siswa mampu menyebutkan karakteristik otot setelah diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikan oleh guru
12.  Menyebutkan jenis-jenis otot
12.  Siswa mampu menyebutkan macam-macam otot setelah diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikan oleh guru
13.  Menjelaskan sifat kerja otot
13.  Siswa mampu menjelaskan sifat kerja otot setelah diskusi kelompok dan bahan ajar yang diberikan oleh guru
PERTEMUAN IV
14.  Menjelaskan jenis-jenis gangguan pada sistim gerak  manusia
14.  Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis gangguan, penyakit,  dan kelainan pada otot manusia setelah diskusi kelompok dengan menggunakan hand out
15.  Menjelaskan jenis-jenis penyakit pada sistim gerak  manusia

15.  Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis gangguan, penyakit,  dan kelainan pada sendi manusia setelah diskusi kelompok dengan menggunakan hand out

16.  Menjelaskan jenis-jenis penyakit pada sistim gerak  manusia

16.  Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis gangguan, penyakit,  dan kelainan pada tulang manusia setelah diskusi kelompok dengan menggunakan hand out
17.  Menyebutkan cara-cara pencegahan  gangguan, penyakit,  dan kelainan pada sistim gerak  manusia

17.  Siswa mampu menjelaskan cara-cara pencegahan  gangguan, penyakit,  dan kelainan pada sistim gerak  manusia setelah diskusi kelompok dengan menggunakan hand out


Indikator Pencapaian  Kompetensi
Keterampilan
Tujuan Pembelajaran

1.      Membuat poster tentang pemanfaatan teknologi dalam mengatasi gangguan sistem gerak
1.      Setelah melakukan penelusuran berbagai informasi siswa dapat membuat poster mengenai teknologi yang dapat digunakan dalam mengatasi gangguan sistem gerak.


Indikator Pencapaian  Kompetensi
Afektif
Tujuan Pembelajaran

a)   Karakter
Bekerja sama, mendengarkan pendapat orang lain,menghargai pendapat orang lain bertanggung jawab dan sopan.

2.      Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk membahas LKS dan berbagi informasi dalam wawancara
3.      Siswa mampu mendengarkan pendapat orang lain saat berdiskusi membahas LKS dan berbagi informasi dalam wawancara
4.      Siswa mampu menghargai pendapat orang lain ketika kelompok lain sedang menyampaikan pendapat atau jawabannya di depan kelas.
5.      Siswa mampu bertanggung jawab dalam kelompok untuk membahas LKS dan membuat raingkasan materi

6.      Siswa mampu berprilaku sopan dalam mengemukakan pendapat ketika melakukan diskusi dan wawancara
b)   Keterampilan social
Menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik dan berkomunikasi
7.      Siswa mampu menyumbangkan ide dalam diskusi kelompok guna menyelesaikan tugas dalam LKS dan wawancara dalam kelopmok
8.      Siswa mampu menjadi pendengar yang baik ketika temannya mengemukakan pendapat dan wawancara dalam kelopmok
9.      Siswa mampu bertanya kepada guru atau temannya jika ada hal yang tidak di mengerti
10.  Siswa mampu melakukan komunikasi yang baik dengan temannya ketika proses pembelajaran berlangsung
A.    Materi pembelajaran
1)      Fakta        :
-          Struktur Tulang
-          Perbedaan tulang
-          Sendi
-          Perbedaan sendi
-          Otot
-          Perbedaan otot
-          gangguan, penyakit,  dan kelainan pada sistim gerak pada manusia
-          cara pencegahan  gangguan, penyakit,  dan kelainan pada sistim gerak  manusia

2)      Konsep     :
-          Fungsi tulang
-          Fungsi sendi
-          Fungsi otot

3)      Prinsip      : -
4)      Prosedur  : -
B.     Alokasi Waktu
Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan/Tugas
(1)
(2)
(3)
TM (Tatap Muka)
270  menit
Diskusi kelompok, diskusi kelas, tanya jawab, berbagi informasi saat pembelajaran koooperatif tipe STAD, NHT dan Kooperatif Skrip
PT (Penugasan Terstruktur)
35 menit
PERTEMUAN I
1.   Siswa Membuat rangkuman tentang fungsi tulang dalam sistem gerak pada manusia dari buku sumber yang telah di tetapkan
PERTEMUAN II
2.   Siswa Membuat rangkuman tentang sistem rangka dan sendi dari buku sumber yang telah di tetapkan
PERTEMUAN III
3.   Siswa Membuat rangkuman tentang otot dari buku sumber yang telah di tetapkan
PERTEMUAN IV
4.   Siswa Membuat rangkuman tentang Gangguan, penyakit dan kelainan pada sistim gerak manusia sumber yang telah di tetapkan

KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
-
Siswa Membuat  kliping tentang gangguan, penyakit dan kelainan dengan menggunakan sumber dari media massa


C.    Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan                       : Konsep
2.      Metode pembelajaran        : Diskusi kelompok, membuat ringkasan,  tanya jawab           
   dan penugasan
3.      Model pembelajaran          : Cooperative Learning  Tipe STAD, NHT, Kooperatif
   Skrip
D.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
Waktu
Peralatan pendukung
PENDA HULUAN
1.      Guru mengucapakan salam, kemudian memeriksa kesiapan ruangan, alat, dan media, memeriksa kegiatan siswa dan kehadiran siswa.
2.      Apersepsi
Coba ananda rasakan tangan ananda, apakah terasa ada bagian keras? Apa namanya yang terasa keras tersebut?
3.      Motivasi
Apakah ananda tahu dengan tulang, kenapa tulang termasuk alat gerak? Nah, 90 menit kedepan, kita akan mempelajari tentang tulang sebagai alat gerak manusia

10 menit

KEGIATAN INTI
1.     Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
2.     Guru memberikan pretest terlebih dahulu mengenai materi yang akan di bahas pada pertemuan ini
3.     Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 4-5 orang. (dimana pembentukan kelompok dilakukan secara heterogen)
4.    Setiap kelompok diberikan LKS yang berisi beberapa pertanyaan yang harus di selesaikan oleh siswa. Untuk lebih terarah, siswa diberikan  bahan ajar Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam LKS Siswa  dalam kelompok mampu bekerja sama, bertanya, menyumbangkan ide, dalam mendiskusikan LKS dengan membaca bahan ajar yang diberikan oleh guru.
5.     Siswa bertanggung jawab dalam pengisian LKS yang akan dipresentasikan ke depan.
6.    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dengan berani dan sopan.
7.     Siswa mampu menghargai pendapat teman dan menjadi pendengar yang baik, ketika anggota kelompok lain sedang menanggapai jawaban dari kelompok yang tampil.
8.    Guru memberikan penghargaan berupa tepuk tangan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
9.     Siswa dibimbing oleh guru untuk menarik kesimpulan pada materi hari ini.

70 menit

PENUTUP
10.  Untuk mengetahui pemahaman siswa, guru memberikan kuis secara tertulis
11.  Guru menugaskan siswa membuat rangkuman tentang fungsi tulang dalam sistem gerak pada manusia dari buku sumber yang telah di tetapkan
12.  Guru menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah
10 menit


PERTEMUAN II

Kegiatan
Waktu
Peralatan pendukung
A.    PENDA HULUAN
1.     Guru membuka pembelajaran dengan membaca salam, membimbing doa, dan menanyakan kabar peserta didik,  mengambil absensi siswa.
2.     Apersepsi
Coba ananda tekukkan lengan ananda, bisa kah ditekuk? Kenapa lengan ananda bisa ditekuk dan tidak terasa sakit?
3.     Motivasi
Apakah ananda tahu dengan macam-macam sendi dan letaknya di tubuh kita? Nah, untuk 90 menit kedepan kita akan membahas tentang macam-macam sendi dan letaknya
10 menit

B.     KEGIATAN INTI
13.    Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran  
14.    Guru menyampaikan ulasan singkat tentang materi tentang sendi
15.  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen. Setiap kelompok beranggotakan 3-4 orang.
16.    Siswa diberikan LKS yang berisi pertanyaan dari bahan ajar tentang materi tentang sendi
17.  Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam LKS, siswa di tuntut agar bisa menyumbangkan ide, memenghargai pendapat teman, menjadi pendengar yang baik dan sopan.
18.  Siswa mengikuti diskusi kelas yang di bimbing oleh guru. Siswa di tuntut bisa menghargai pendapat teman, menjadi pendengar yang baik dan sopan.
19.  Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang di panggil untuk melaporkan hasil kerja sama mereka dan bersedia menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru.
20.  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya apabila ada materi yang belum di mengerti, siswa lain di minta untuk menjadi pendengar yang baik.
21.  Jika jawaban masih kurang tepat,guru berhak memanggil nomor yang sama untuk melengkapi jawabannya dan tanggapan dari teman yang lain,kemudian guru menunjuk nomor yang lain untuk melaporkan hasil kerja sama dan menjawab pertanyaan dari guru.
22.  Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkan pembelajaran, siswa di tuntut untuk bisa mengajukan pertanyaan. 

  70 menit

C.     PENUTUP

23.  Untuk mengetahui pemahaman siswa, guru memberikan kuis secara tertulis
24.  Guru menugaskan siswa membuat rangkuman tentang sistem rangka dan sendi dari buku sumber yang telah di tetapkan
25.  Guru menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

10 menit


PERTEMUAN III

Kegiatan
Waktu
Peralatan pendukung
PENDA HULUAN
1.      Guru membuka pembelajaran dengan membaca salam, membimbing doa, dan menanyakan kabar peserta didik,  mengambil absensi siswa.
4.     Apersepsi
Ananda semua, coba lihat tangan ananda, tulang kita ada yang membukus bukan? Ananda tahu apa yang membungkus tulang kita? Disebut apa pembungkus tubuh kita bagian luar tersebut?
5.     Motivasi
Apakah ananda tahu dengan otot dan macam-macam otot dan letaknya di tubuh kita? Nah, untuk 90 menit kedepan kita akan membahas tentang macam-macam otot dan letaknya
10 menit

KEGIATAN INTI
6.      Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran  
7.     Guru menyampaikan ulasan singkat tentang materi tentang otot
8.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen. Setiap kelompok beranggotakan 3-4 orang.
9.        Siswa diberikan LKS yang berisi pertanyaan dari bahan ajar tentang materi tentang otot
10.  Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam LKS, siswa di tuntut agar bisa menyumbangkan ide, memenghargai pendapat teman, menjadi pendengar yang baik dan sopan.
11.  Siswa mengikuti diskusi kelas yang di bimbing oleh guru. Siswa di tuntut bisa menghargai pendapat teman, menjadi pendengar yang baik dan sopan.
12.  Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang di panggil untuk melaporkan hasil kerja sama mereka dan bersedia menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru.
13.  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya apabila ada materi yang belum di mengerti, siswa lain di minta untuk menjadi pendengar yang baik.
14.  Jika jawaban masih kurang tepat,guru berhak memanggil nomor yang sama untuk melengkapi jawabannya dan tanggapan dari teman yang lain,kemudian guru menunjuk nomor yang lain untuk melaporkan hasil kerja sama dan menjawab pertanyaan dari guru.
15.  Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkan pembelajaran, siswa di tuntut untuk bisa mengajukan pertanyaan. 

  70 menit

PENUTUP

16.  Untuk mengetahui pemahaman siswa, guru memberikan kuis secara tertulis
17.  Guru menugaskan siswa membuat rangkuman tentang otot dari buku sumber yang telah di tetapkan
18.  Guru menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah

10 menit


PERTEMUAN IV

Kegiatan
Waktu
Peralatan pendukung
A.    PENDA HULUAN
4.      Guru membuka pembelajaran dengan membaca salam dan membimbing doa belajar serta menanyakan kabar peserta didik
5.      Apersepsi
Ananda semua, pernah melihat ada orang yang mempunyai ukuran kepala yang tidak normal, sehingga dia tidak bisa melaksanakan aktifitas seperti orang normal?
6.      Motivasi.
Apakah Ananda tahu apa saja jenis-jenis gangguan, penyakit dan kelainan yang terjadi pada sistim gerak manusia? Nah, untuk 90 menit ke depan kita akan belajar tentang kelainan, gangguan dan penyakit pada tulang manusia.

Guru meminta siswa duduk berpasangan sesuai pilihan mereka sendiri  (FASE 1)
10
Papan tulis, spidol, hand out
B.  KEGIATAN INTI
1.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.   Siswa sudah duduk dengan pasangan masing-masing
3.   Guru membagikan hand out pada setiap masing-masing siswa (FASE 2)
4.   Siswa  dalam kelompok membuat ringkasan materi dengan bantuan hand out, di harapkan siswa mampu bertanggung jawab dalam membuat ringkasan materi
5.   Setelah selesai diskusi, Guru menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar di dalam kelompok masing-masing, dengan cara siswa berhitung, yang bernomor ganjil memjadi pembicara dan bernomor genap sebagai pendengar (FASE 4)
6.   Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
     Sementara pendengar :
      Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
      Menghafal ide-ide pokok (FASE 5)
Diharapkan siswa mampu , bekerja sama, berkomunikasi mendengarkan, menghargai pendapat orang lain, menyumbangkan ide, penjadi pendengar yang baik dalam diskusi tersebut.
7.   Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti di atas (FASE 6)
8.   Setelah masing-masing siswa bertukar peran, guru mencabut lot dan lot nama yang terambil bertugas menyampaikan hasil diskusinya dalam kelompok secara lisan di depan kelas , diharapkan siswa berani presentasi di depan kelas dan siswa lain mampu mendengarkan, menghargai pendapat orang lain, menyumbangkan ide, penjadi pendengar yang baik
9.   Guru meluruskan jawaban yang salah dan menguatkan jawaban yang benar serta menambahkan jawaban yang dirasa kurang
10.            Guru memberikan kesempatan bertanya pada siswa jika masih ada yang kurang difahami tentang materi, diharapkan siswa bisa bertanya dengan sopan

11.  Guru membimbing siswa menyimpulkan materi (FASE 7)

70













































C. PENUTUP
12.  Untuk mengetahui pemahaman siswa, guru memberikan kuis secara tertulis (FASE 8)
13.  Guru menugaskan siswa untuk  membuat ringkasan  tentang kelainan, gangguan dan penyakit pada tulang manusia
14.  Guru menutup pelajaran dengan membaca Alhamdulillah (FASE 9)
10’


E.     Sumber Pembelajaran

1.      Alat/Media
Ø  Alat tulis
Ø  OHP/komputer, LCD.
2.      Bahan ajar dan sumber
Ø  LKS
Ø  Silabus/RPP
Ø  Buku penunjang
-          Aryulina Diah,  2007, Biologi 2 Esis SMA dan MA kelas X 1 hal.
100-104 Penerbit : Erlangga.
-          Saktiyono, 2006, Biologi 2 Seribu Pena SMA dan MA kelas X1 hal.37-40.



F.     Penilaian Hasil Belajar
1.      Prosedur Penilaian
A)    Penilaian Kognitif
Indikator
Jenis Tagihan
Bentuk Tagihan
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
1.   Menyebutkan pengertian tulang

2.   Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkaan jaringan penyusun dan sifat fisiknya.

3.   Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkan sifat dan bahan pennyusunnya

4.   Menyebutkan jenis-jenis tulang berdasarkan bentuknya.

5.   Menyebutkan fungsi tulang


6.   Menjelaskan proses pembentukan tulang dan pertumbuhan tulang

7.   Menyebutkan macam-macam rangka dan tulang penyusunnya.

8.   Menyebutkan pengertian sendi

9.   Menyebutkan jenis-jenis sendi dan letaknya

10.  Menyebutkan pengertian otot

11.  Menyebutkan karakter dari otot

12.  Menyebutkan macam-macam otot

13.  Menjelaskan sifat kerja otot

14.  Menjelaskan konsep Gangguan, penyakit dan kelainan pada sistim gerak manusia

15.  Menjelaskan cara menghindari Gangguan, penyakit dan kelainan pada sistim gerak manusia


UH



Tes tertulis


Objektif



Terlampir
B)    Penilaian Afektif
v  Untuk penilaian karakter:
Mengamati dan mencatat siswa yang beraktifitas dalam
1)      Bekerja sama
2)      Mendengarkan pendapat orang lain
3)      Menghargai pendapat orang lain
4)      Bertanggung jawab
5)      Sopan
v  Untuk penilaian sosial
Mengamati dan mencatat siswa yang beraktifikas dalam
1)      Menyumbangkan ide.
2)      Menjadi pendengar baik.
3)      Berkomunikasi.

2.      Alat Penilaian
A)    Alat penilaian kognitif : bentuk objektif (terlampir).
B)    Alat penilaian afektif : bentuk format rubrik (terlampir).

3.      Pedoman Penskoran.
A.    Kognitif
Ø  Secara kuantitatif 0-100
                                    Nilai =jumlah betul x jumlah skor yang didapat.
B.     Afektif
Secara kualitatif
 Kurang                 : bobot 1                            
 Cukup                  : bobot 2         
 Baik                      : bobot 3         
 Amat Baik            : bobot 4

4.      Penilaian Akhir
A.    Kognitif          60% UH + 40 % TG = NH
B.     Afektif                        A, B, C, D


                      



No comments:
Write komentar