RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 20 Bandung
Mata
Pelajaran :
Biologi
Kelas
/Semester : XI MIPA/Ganjil
Materi
Pokok :
Jaringan hewan
Alokasi
waktu : 4 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI 1 dan 2
|
|
Menumbuhkan
kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku
disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentangilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan Pembelajaran dengan
pendekatan saintifik menggunakan metode pengamatan
praktikum dan ceramah ekspositori siswa dapat Menganalisis keterkaitan antara struktur jaringan, letak dan fungsi organ
pada hewan. melalui studi
literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi sehingga siswa
dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip,
santun, bertanggungjawab, dan kerjasama.
C.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
|
KD Pengetahuan
|
No
|
KD
Keterampilan
|
3.4
|
Menganalisis keterkaitan antara struktur jaringan, letak dan fungsi organ
pada hewan.
|
4.4
|
Menyajikan
data hasil pengamatan berbagai bentuk
sel penyusun jaringan hewan untuk
menunjukkan keterkaitannya dengan
letak dan fungsi dalam bioproses dan aplikasinya dalam berbagai aspek
kehidupan.
|
No
|
IPK Pengetahuan
|
No
|
IPK Keterampilan
|
3.4.1
|
Mengidentifikasi
ciri jaringan epitel
|
4.4.1
|
Menggambar
beragam jaringan hewan
|
3.4.2
|
Mengidentifikasi ciri jaringan ikat
|
||
3.4.3
|
Membedakan fungsi jaringan epitel berdasarkan struktur
dan letaknya
|
4.4.2
|
Membuat
tabel perbedaan jaringan hewan
|
3.4.4
|
Membedakan fungsi jaringan ikat berdasarkan struktur
dan letaknya
|
||
3.4.5
|
Menyimpulkan jenis-jenis jaringan pada hewan
|
D.
Materi
Pembelajaran
1)
Faktual :
Jaringan epitel Jaringan ikat Jaringan otot
jaringan saraf
2)
Konseptual :
-
Struktur, letak dan fungsi jaringan hewan
3) Prosedural :
-
Pengamatan preparat awetan jaringan hewan
4)
Metakognitif :
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode
dan Model Pembelajaran :
Pertemuan
|
No IPK
|
Metode
|
I
|
3.4.1
3.4.2
3.4.3
3.4.4
3.4.4
|
Pengamatan praktikum
Pengamatan praktikum
Diskusi
Diskusi
Diskusi
|
F.
Alat, Media
1)
Alat
Preparat awetan, Mikroskop, LCD, laptop, spidol, papan tulis
2) Media
LKS 1 jaringan epitel dan ikat
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (4
x 45 menit)
No
|
IPK Pengetahuan
|
3.4.1
|
Mengidentifikasi
ciri jaringan epitel
|
3.4.2
|
Mengidentifikasi ciri jaringan ikat
|
3.4.3
|
Membedakan fungsi jaringan epitel berdasarkan struktur
dan letaknya
|
3.4.4
|
Membedakan fungsi jaringan ikat berdasarkan struktur
dan letaknya
|
3.4.5
|
Menyimpulkan jenis-jenis jaringan pada hewan
|
4.4.1
|
Menggambar
beragam jaringan hewan
|
4.4.2
|
Membuat
tabel perbedaan jaringan hewan
|
Deskripsi
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
I.
Pendahuluan
|
|
1.
Siswa menyambut salam guru
2.
Mengkondisikan siswa untuk belajar
3.
Apersepsi
Siswa merespons apersepsi
guru mengenai pertanyaan “ apakah jaringan
penyusun tumbuhan dan manusia sama?”
4.
Motivasi
Guru menyebutkan, organ penusun sistem organ kita berbeda-beda, kemudian
bertanya, “jaringan penyusun organ tersebut, apakah sama?” (Critical Thinking
and Problem Solving Skill)
5.
Guru menampung jawaban siswa dan mengaitkan
pertanyaan tersebut dengan materi yang akan dipelajari.
6.
Guru menyampaikan tujuan pemebelajaran
7.
Siswa duduk berkelompok 5-6 orang dalam 1 kelompok
8.
Guru membagikan LKPD kepada setiap kelompok
9.
Siswa membaca LKPD selama 3 menit (Literasi)
|
10’
|
II. Kegiatan Inti
|
135’
|
1. Guru menjelaskan metode pembelajaran sebagai berikut :
1) Satu banjar siswa merupakan 1 kelompok
2) Siswa paling depan mendapat LKS, sedangkan siswa paling belakang mendapat
kunci jawaban LKS jaringan epitel dan ikat
3) Siswa paling belakang menghapal jawaban 1 no yang dianggap paling mudah
terlebih dahulu kemudian disampaikan ke siswa yang berada di depan dalam 1
kelompoknya, hingga ke siswa paling depan yang memgang LKS
4) Kemudian siswa paling depan mengisi pertanyaan LKS tersebut dengan
kalimat yang dibisikan temanny tadi
5) Berlanjut seterusnya hingga semua pertanyaan LKS terjawab semua
2. Siswa secara berkelompok melakukan permainan sesuai cara kerja yang
dijelaskan guru (Collaboration)
3. Guru menilai kelompok yang kompak, dan siswa yang jujur
4. Setelah mengumpulkan data siswa secara berkelompok diminta
mengkomunikasikan data yang
didapat. (Communication
Skills)
5. Kelompok lain memberikan tanggapan kepada
kelompok yang melakukan presentasi (Communication Skills)
6. Guru memberi umpan
balik berupa pembenaran atau penguatan terhadap hasil observasi siswa
7. Siswa menyimpulkan hasil
observasi kemudian diberi kesempatan untuk bertanya
|
|
III.
Penutup
|
45’
|
1. Meninjau kembali
Guru mengajukan sejumlah pertanyaan yang mengarah pada
kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.
2. Mengevaluasi
Siswa melakukan tes evaluasi
dengan mengerjakan teka teki silang
3. Penghargaan
Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok yang
berkinerja baik
dan memotivasi kelompok yang lain.
Guru
memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan
selanjutnya.
|
Pertemuan ke 2 (4 x 45 menit)
No
|
IPK Pengetahuan
|
No
|
IPK Keterampilan
|
3.4.6
|
Mengidentifikasi
ciri jaringan otot
|
4.4.1
|
Menggambar
beragam jaringan hewan
|
3.4.7
|
Mengidentifikasi ciri jaringan ikat
|
||
3.4.8
|
Membedakan fungsi jaringan epitel berdasarkan struktur
dan letaknya
|
||
3.4.9
|
Membedakan fungsi jaringan ikat berdasarkan struktur
dan letaknya
|
||
3.4.10
|
Menentukan letak jaringan ikat
|
||
3.4.11
3
|
Membedakan
jaringan pada hewan
|
4.4.2
|
Membuat
tabel perbedaan jaringan hewan
|
3.4.12
|
Mengaitkan
struktur pada jaringan hewan dan fungsinya
|
||
3.4.13
|
Menyimpulkan keterkaitan struktur, letak dan fungsi
jaringan hewan
|
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
I.
Pendahuluan
|
|
10. Siswa menyambut salam
guru
11. Mengkondisikan siswa
untuk belajar
12. Apersepsi
Siswa merespons apersepsi
guru mengenai pertanyaan “ apakah jaringan
penyusun tumbuhan dan manusia sama?”
13. Motivasi
Guru menyebutkan, organ penusun sistem organ kita berbeda-beda, kemudian
bertanya, “jaringan penyusun organ tersebut, apakah sama?” (Critical Thinking
and Problem Solving Skill)
14. Guru menampung
jawaban siswa dan mengaitkan pertanyaan tersebut dengan materi yang akan
dipelajari.
15. Guru menyampaikan tujuan
pemebelajaran
16. Siswa duduk
berkelompok 5-6 orang dalam 1 kelompok
17. Guru membagikan LKPD
kepada setiap siswa
18. Siswa membaca LKPD
selama 3 menit (Literasi)
|
10’
|
II. Kegiatan Inti
|
135’
|
8. Siswa secara berkelompok mengamati
preparat awetan jaringan epitel, ikat, otot dan saraf pad mikroskop (Collaboration)
9. Siswa menggambar hasil pengamatan secara individu di kertas HVS, kemudian
mengidentifikasi bentuk dan ciri-ciri jaringan yang diperoleh (Mengkomunikasikan)
10. Siswa membandingkan gambar yang diperoleh dengan buku sumber
11. Siswa menentukan letak jaringan
12. Siswa membuat tabel perbedaan tiap jaringan
13. Kemudian siswa secara berdiskusi dengan
bimbingan guru mengaitkan fungsi jaringan hewan, berdasarkan struktur, letaknya (Collaboration)
14. Setelah mengumpulkan data siswa secara berkelompok diminta
mengkomunikasikan data hasil pengamatan praktikum yang telah dilakukan. (Communication Skills)
15. Kelompok lain memberikan tanggapan kepada
kelompok yang melakukan presentasi (Communication Skills)
16. Guru memberi umpan
balik berupa pembenaran atau penguatan terhadap hasil observasi siswa
17. Siswa menyimpulkan hasil
observasi kemudian diberi kesempatan untuk bertanya
|
|
III.
Penutup
|
45’
|
4. Meninjau kembali
Guru mengajukan sejumlah pertanyaan yang mengarah pada
kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.
5. Mengevaluasi
Siswa melakukan tes
penguasaan konsep dan keterampilan proses sains
6. Penghargaan
Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok
yang berkinerja baik
dan memotivasi kelompok yang lain.
Guru
memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan
selanjutnya.
|
H.
Sumber Belajar
1.
Video,
power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik jaringan hewan
2.
Buku teks biologi
a.
Irnaningtyas.
2013. Biologi Untuk SMA kelas XI.
Jakarta : Erlangga.
b.
Campbell, N. 2008. Biologi Edisi 8 jilid 2. Erlangga:
Jakarta
I.
Penilaian Hasil
Belajar
Pertemuan 1 (4 x 45 menit)
No
|
Aspek
|
No
IPK
|
IPK
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
3.4.1
|
Mengidentifikasi
ciri jaringan hewan
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
3.4.2
|
Membedakan
jaringan pada hewan
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
Uraian
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.3
|
Mengaitkan
struktur pada jaringan hewan dan fungsinya
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.4
|
Menyimpulkan keterkaitan struktur, letak dan fungsi
jaringan hewan
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.5
|
Mengidentifikasi
ciri jaringan otot
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.6
|
Mengidentifikasi ciri jaringan ikat
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.7
|
Membedakan fungsi jaringan epitel berdasarkan struktur
dan letaknya
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.8
|
Membedakan fungsi jaringan ikat berdasarkan struktur
dan letaknya
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.9
|
Menentukan letak jaringan ikat
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.10
|
Membedakan
jaringan pada hewan
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.11
|
Mengaitkan
struktur pada jaringan hewan dan fungsinya
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.4.12
|
Menyimpulkan keterkaitan struktur, letak dan fungsi
jaringan hewan
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
2.
|
Keterampilan
|
4.4.1
|
Menggambar
beragam jaringan hewan
|
Penugasan
|
Instrumen Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
4.4.2
|
Membuat tabel perbedaan jaringan hewan
|
Penugasan
|
Instrumen Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
No comments:
Write komentar