RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 20 Bandung
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/Semester : XI MIPA/Ganjil
Materi
Pokok : Jaringan Tumbuhan
Alokasi
waktu : 4 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI 1 dan 2
|
|
Menumbuhkan
kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku
disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentangilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan Pembelajaran dengan
pendekatan saintifik menggunakan metode pengamatan
praktikum dan ceramah ekspositori peserta didik
dapat menganalisis keterkaitan antara struktur jaringan dan
fungsi organ tumbuhan manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi sehingga
peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip,
santun, bertanggungjawab, dan kerjasama.
C.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
|
KD Pengetahuan
|
No
|
KD
Keterampilan
|
3.3
|
Menganalisis
keterkaitan antara struktur jaringan dan fungsi organ tumbuhan
|
4.3
|
Menyajikan
data hasil pengamatan struktur anatomi
jaringan tumbuhan untuk
menunjukkan keterkaitan dengan letak
dan fungsinya
dalam bioproses
|
No
|
IPK Pengetahuan
|
No
|
IPK Keterampilan
|
3.3.1
|
Mengidentifikasi struktur anatomi pada jaringan epidermis
tumbuhan
|
||
3.3.2
3
|
Mengaitkan
struktur jaringan epidermis dengan fungsi jaringan
epidermis
|
||
3.3.3
|
Mengidentifikasi
struktur anatomi jaringan parenkim
|
||
3.3.4
|
Mengaitkan
struktur jaringan parenkim pada tumbuhan dengan fungsi jaringan parenkim
|
||
3.3.5
|
Mengidentifikasi struktur antomi jaringan xilem
pada tumbuhan berdasarkan karakteristiknya
|
||
3.3.6
|
Mengaitkan
struktur jaringan xilem dengan fungsi jaringan xilem
|
||
3.3.7
|
Mengidentifikasi struktur jaringan jaringan floem pada
batang berdasarkan karakteristiknya
|
||
3.3.8
|
Mengaitkan
struktur jaringan floem dengan fungsi jaringan floem
|
||
3.3.9
|
Mengklasifikasikan jaringan berdasarkan struktur dan
fungsinya
|
4.3.1
|
Menggambar
jaringan epidermis, parenkim, xilem dan floem
|
D.
Materi Pembelajaran
1)
Faktual :
-
Jaringan epidermis
(jaringan dermal)
-
Jaringan parenkim
(jaringan dasar)
-
Jaringan vaskular
(jaringan pembuluh) yang terdiri dari xilem dan floem
2)
Konseptual :
-
Struktur anatomi jaringan epidermis, parenkim, dan jaringan pembuluh
-
Keterkaitan fungsi antara struktur anatomi jaringan tumbuhan dan fungsi
3) Prosedural :
-
Pengamatan preparat sayatan melintang jaringan tumbuhan menggunakan
mikroskop
4)
Metakognitif :
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode
dan Model Pembelajaran :
Pertemuan
|
No IPK
|
Metode
|
I
|
3.3.1
3.3.2
3.3.3
3.3.4
3.3.5
3.3.6
3.3.7
3.3.8
3.3.9
|
Pengamatan praktikum
Diskusi
Pengamatan praktikum
Diskusi
Pengamatan praktikum
Diskusi
Pengamatan praktikum
Diskusi
Diskusi
|
F.
Alat, Media
1)
Alat
Preparat awetan, Mikroskop, LCD, laptop, spidol, papan tulis
2) Media
a)
LKS
1 Jaringan
tumbuhan
b)
LKS
2 Jaringan meristem dan dewasa
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I (4
x 45 menit)
No
|
IPK Pengetahuan
|
3.3.1
|
Mengidentifikasi struktur anatomi pada jaringan epidermis
tumbuhan
|
3.3.2
|
Mengaitkan
struktur jaringan epidermis dengan fungsi jaringan
epidermis
|
3.3.3
|
Mengidentifikasi
struktur anatomi jaringan parenkim
|
3.3.4
|
Mengaitkan
struktur jaringan parenkim pada tumbuhan dengan fungsi jaringan parenkim
|
3.3.5
|
Mengidentifikasi struktur antomi jaringan xilem
pada tumbuhan berdasarkan karakteristiknya
|
3.3.6
|
Mengaitkan
struktur jaringan xilem dengan fungsi jaringan xilem
|
3.3.7
|
Mengidentifikasi struktur jaringan jaringan floem pada
batang berdasarkan karakteristiknya
|
3.3.8
|
Mengaitkan
struktur jaringan floem dengan fungsi jaringan floem
|
3.3.9
|
Mengklasifikasikan jaringan berdasarkan struktur dan
fungsinya
|
3.3.10
|
Menyebutkan jaringan penyusun organ
|
3.3.11
|
Menyimpulkan hubungan struktur dan fungsi jaringan
|
Deskripsi
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
I.
Pendahuluan
|
|
1.
Siswa menyambut salam guru
2.
Mengkondisikan siswa untuk belajar
3.
Apersepsi
Siswa mrespons
apersepsi guru mengenai pertanyaan “
apakah tingkatan kehidupan setelah sel ?”
Kemudian guru
bertanya kembali “apa yang dimaksud dengan jaringan?”
4.
Motivasi
Guru membandingkan ranting mangga dan rumput, kemudian bertanya “ apakah
batang keduan tumbuhan ini sama kelenturannya ?” (Critical Thinking
and Problem Solving Skill)
5.
Guru menampung jawaban siswa dan mengaitkan
pertanyaan tersebut dengan materi yang akan dipelajari.
6.
Guru menyampaikan tujuan pemebelajaran
7.
Siswa duduk berkelompok 5-6 orang dalam 1 kelompok
8.
Guru membagikan LKPD kepada setiap siswa
9.
Siswa membaca LKPD selama 3 menit (Literasi)
|
10’
|
II. Kegiatan Inti
|
135’
|
1. Siswa secara berkelompok mengamati
preparat awetan daun Zea mays (Monokotil) (Collaboration)
2. Siswa menggambar hasil pengamatan di LKS,
kemudian mengidentifikasi bentuk dan ciri-ciri jaringan yang diperoleh (Mengkomunikasikan)
3. Kemudian dilanjutkan pengamatan batang monokotil dan dikotil (Helianthus), setelah diamati
dilanjutkan kembali mengidentifikasi bentuk dan bagian-bagiannya dengan
menggambarkan hasilnya secara berkelompok (Collaboration)
4. Dilanjutkan dengan cara yang sama pengamatan akar
5. Kemudian siswa secara berdiskusi dengan
bimbingan guru menentukan apakah jaringan yang ditemukan itu adalah jaringan
epidermis, parenkim, xilem, floem, endodermis dan kambium pada
tumbuhan monokotil dan dikotil berdasarkan struktur yang ditemukan (Collaboration)
6. Siswa mengaitkan struktur dan fungsi
jaringan yang diperoleh (interpretasi)
7. Kemudian siswa dapat mengklasifikasikan
jaringan-jaringan tumbuhan berdasarkan struktur dan fungsinya
8. Setelah mengumpulkan data siswa secara berkelompok diminta
mengkomunikasikan data hasil pengamatan praktikum yang telah dilakukan. (Communication Skills)
9. Kelompok lain memberikan tanggapan kepada
kelompok yang melakukan presentasi (Communication Skills)
10. Guru memberi umpan
balik berupa pembenaran atau penguatan terhadap hasil observasi siswa
11. Siswa menyimpulkan hasil
observasi kemudian diberi kesempatan untuk bertanya
|
|
III.
Penutup
|
45’
|
1. Meninjau kembali
Guru mengajukan sejumlah pertanyaan yang mengarah pada
kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.
2. Mengevaluasi
Siswa melakukan tes untuk
mengukur penguasaan konsep dengan tanya jawab
3. Penghargaan
Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok
yang berkinerja baik
dan memotivasi kelompok yang lain.
Guru
memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan
selanjutnya.
|
Pertemuan 2 (4 x 45 menit)
No IPK
|
IPK
|
3.3.10
|
Mengidentifikasi jaringan pada
meristem
|
3.3.11
|
Membedakan meristem berdasarkan arah pertumbuhannya
|
3.3.12
|
Membedakan meristem berdasarkan letak pertumbuhannya
|
3.3.13
|
Menjelaskan modifikasi epidermis
|
3.3.14
|
Membedakan jaringan pada
tumbuhan dikotil dan monokotil berdasarkan jaringan penyusun organ tumbuhan
|
4.3.1
|
Menyusun kata-kata
berkaitan dengan jaringan (scrambel)
|
Deskripsi
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
I. Pendahuluan
|
|
1.
Siswa menyambut salam guru
2.
Mengkondisikan siswa untuk belajar
3. Apersepsi
Siswa merespons apersepsi
guru mengenai pertanyaan “ apa saja jaringan
yang terdapat pada tumbuhan?” (Critical Thinking and Problem Solving
Skill)
4. Motivasi
Guru memperlihatkan gambar jaringan tumbuhan dikotil dan monokotil, dan
“bertanya apakah ada perbedaan jaringan pada kedua tumbuhan tersebut?”
5.
Guru menyampaikan tujuan pemebelajaran
6.
Siswa duduk berkelompok 5-6 orang dalam 1 kelompok
7.
Guru membagikan LKPD kepada setiap siswa
8.
Siswa membaca LKPD selama 3 menit (Literasi)
|
10’
|
II.
Kegiatan Inti
|
135’
|
1. Siswa membaca buku
sumber mengenai jarigan meristem (Literasi)
2. Siswa secara berkelompok mengerjakan LKS yang dibagikan oleh guru
3. Kemudian siswa secara berdiskusi membedakan jaringan meristem berdasarkan letak dan arah pertumbuhannya
4. Kemudian siswa mengamati gambar modifikasi epidermis pada tayangan slide
5. Siswa menjawab soal-soal di LKS
6. Setelah mengumpulkan data siswa secara berkelompok diminta
mengkomunikasikan data hasil pengamatan diskusi yang telah dilakukan. (Communication Skills)
7. Kelompok lain memberikan tanggapan kepada
kelompok yang berpresentasi
8. Guru memberi umpan
balik berupa pembenaran atau penguatan terhadap hasil observasi siswa
9. Siswa menyimpulkan hasil observasi kemudian diberi kesempatan untuk
bertanya
|
|
III.
Penutup
|
45’
|
1. Meninjau kembali
Guru mengajukan sejumlah pertanyaan yang mengarah pada
kesimpulan materi pelajaran atau konsep yang dipelajari.
2. Mengevaluasi
Siswa melakukan tes jaringan
3. Penghargaan
Guru memberikan penghargaan bagi siswa atau kelompok
yang berkinerja baik
dan memotivasi kelompok yang lain.
Guru
memberikan informasi mengenai apa yang akan dipelajar pada pertemuan
selanjutnya.
|
H.
Sumber Belajar
1.
Video,
power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik jaringan tumbuhan
2.
Buku teks biologi
a.
Irnaningtyas.
2013. Biologi Untuk SMA kelas XI.
Jakarta : Erlangga.
b.
Campbell, N. 2008. Biologi Edisi 8 jilid 2. Erlangga: Jakarta
I.
Penilaian Hasil
Belajar
Pertemuan 1 (4 x 45 menit)
No
|
Aspek
|
No
IPK
|
IPK
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
1
|
Pengetahuan
|
3.3.1
|
Mengidentifikasi struktur anatomi pada jaringan epidermis
tumbuhan
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
3.3.2
|
Mengaitkan
struktur jaringan epidermis dengan fungsi jaringan
epidermis
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.3
|
Mengidentifikasi
struktur anatomi jaringan parenkim
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.4
|
Mengaitkan
struktur jaringan parenkim pada tumbuhan dengan fungsi jaringan parenkim
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.5
|
Mengidentifikasi struktur antomi jaringan xilem
pada tumbuhan berdasarkan karakteristiknya
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.6
|
Mengaitkan struktur jaringan
xilem dengan fungsi jaringan xilem
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.7
|
Mengidentifikasi struktur jaringan jaringan floem pada
batang berdasarkan karakteristiknya
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.8
|
Mengaitkan
struktur jaringan floem dengan fungsi jaringan floem
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.9
|
Mengklasifikasikan jaringan berdasarkan struktur dan
fungsinya
|
Tes Tulis
|
esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.10
|
Menyebutkan jaringan penyusun organ
|
Tes Tulis
|
esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.11
|
Menyimpulkan hubungan struktur dan fungsi jaringan
|
Tes Tulis
|
esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
2
|
Keterampilan
|
4.3.1
|
Menggambar jaringan epidermis, parenkim, xilem dan
floem
|
Penugasan
|
Instrumen
Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Petemuan II
|
|||||||
1
|
Pengetahuan
|
3.3.15
|
Mengidentifikasi jaringan pada meristem
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
3.3.16
|
Membedakan meristem berdasarkan arah pertumbuhannya
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.17
|
Membedakan meristem berdasarkan letak pertumbuhannya
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.18
|
Menjelaskan modifikasi epidermis
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.3.19
|
Membedakan jaringan pada tumbuhan dikotil dan monokotil
berdasarkan jaringan penyusun organ tumbuhan
|
Tes Tulis
|
Pilihan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
2
|
Keterampilan
|
4.3.2
|
Menyusun kata-kata berkaitan dengan jaringan (scrambel)
|
Penugasan
|
Instrumen
Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
No comments:
Write komentar