Saturday, 15 April 2017

RPP Trasnfor Membran Lengkap RPP Difusi Osmosis








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.           Identitas
Satuan Pendidikan                 :    Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran                        :    Biologi
Kelas / Semester                     :    X / 2
Topik                                      :    Sel
Tema                                       :    Transfor Membran
Alokasi Waktu                        :  2 x 45 Menit

B.           Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3
:
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

C.          Kompetensi Dasar

3.2
:
menganalisis bioproses pada sel yang meliputi: mekanisme transport membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis) dan proses-proses lainnya sebagai hasil aktivitas berbagai  organel sel
4.2
:
membuat model proses dengan menggunakan berbagai macam media berdasarkan hasil analisis literatur, pengamatan mikroskopis, percobaan, dan simulasi tentang bioproses yang berlangsung di dalam sel

D.    Indikator, Tujuan Pembelajaran Khusus, Analisis Materi
NO
INDIKATOR
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
ANALISIS MATERI
3.2.1
Membedakan transpor pasif dan transpor aktif
Melalui diskusi, siswa mampu membedakan transpor pasif dan transpor aktif
Pada transfor membran sel dibedakan atas transfor aktif dan transfor pasif. Transfor aktif membutuhkan energi, transfor pasif tidak membutuhkan energi
3.2.2
Membedakan proses difusi dan osmosis
Melalui diskusi, siswa mampu membedakan difusi dan osmosis
Perbedaan antara difusi dan osmosis, yaitu difusi merupakan perpindahan molekul sebagai akibat dari gerak acak dari cairan yang berkonsentrasi tinggi ke cairan yang berkonsentrasi rendah, sedangkan osmosis merupakan perpindahan molekul dari cairan yang berkonsentrasi tinggi ke cairan yang berkonsentrasi rendah melalui membran semipermeabel.
3.2.3
Membedakan proses endositosis dan eksositosis
Membedakan proses endositosis dan eksositosis
Endositosis merupakan transpor makromolekul, partikel besar, dan zat-zat polar yang tidak dapat masuk melalui membran non-polar ke dalam sel, sedangkan eksositosis adalah transpor molekul atau partikel ke luar sel.
3.2.4
menjelaskan mekanisme difusi
Melalui percobaan sederhana, siswa mampu mengaitkan percobaan dengan mekanisme difusi di sel
Bila sel memiliki konsentrasi zat terlarut lebih tinggi (sedikit
air atau hipertonik) daripada di luar sel, maka air yang ada di
luar sel akan masuk ke dalam sel
3.2.5
menjelaskan mekanisme osmosis
Melalui percobaan, siswa mampu mengaitkan percobaan mekanisme osmosis di sel
Sedangkan, bila sel memiliki konsentrasi
zat terlarut lebih rendah (banyak air)
daripada di luar sel, maka air yang ada di dalam sel akan keluar sel.
4.2.1
Membuat gambar proses difusi dan osmosis
video, dan kajian literature tentang transport pada membran, siswa dapat membuat gambar proses difusi dan osmosis
Membuat gambar proses difusi dan osmosis berdasarkan hasil praktikum, pengamatan video, dan kajian literature tentang transport pada membran.

E.     Metode, Pendekatan, Sumber dan Media Pembelajaran

a.       Pendekatan                         : Saintifik
b.      Metode                               : Praktium, diskusi, ceramah
c.       Sumber Pelajaran               
1.Untuk Siswa                    :Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo Media Pratama:Bandung
2. Untuk Guru                    : Campbell, N. 2003. Biologi. Erlangga: Jakarta
d.      Media Pembelajaran           :
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Slide PPT Transfor membran


F.     Langkah Pembelajaran

Tahapan Pokok
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait transport pada membran
b.      Apersepsi
1.       Guru melakukan demontrasi, dengan meneteskan sirup ke dalam segelas air.
2.       Guru bertanya perubahan apa yang terjadi pada air dalam gelas? Apa yang menyebabkan perubahan tersebut?
c.       Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran
10 menit
Kegiantan Inti
·       Siswa belajar dalam kelompok, tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
·       Siswa membaca LKS yang diberikan oleh guru
·       Siswa menyimak penjelasan  guru agar memahami LKS dan cara kerjanya
Mengamati
·      Siswa mengamati teh celup yang dicelupkan pada air hangat, air dingin dan air.
·      Siswa melakukan pengamatan mikroskopis daun Rhoeo discolor
·      Siswa mengamati video proses endositosis dan eksositosis
Menanya
·      Setelah melakukan pengamatan dan video tersebut, diharapkan siswa dapat membuat pertanyaan:
·      Proses apa saja yang terjadi?
·      Faktor apa saja yang mempengaruhi proses tersebut?
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mengisi hasil pengamatan proses difusi pada LKS 1
·      Siswa mengisi hasil pengamatan mikroskopis daun Rhoe discolor pada LKS 2
·      Siswa mengisi proses endositosis dan eksositosis pada LKS 3
Mengasosiasikan
·      Siswa melakukan diskusi untuk membandingkan proses difusi dan osmosis yang telah dilakukan dengan literature yang digunakan.
·      Siswa membuat gambar proses difusi dan osmosis
·      Siswa mengaitkan proses endositosis dan eksositosis dengan literature yang digunakan.
Mengomunikasikan
·      Masing-masing kelompok mempresentasikan gambar proses difusi dan osmosis yang telah dibuat
·      Kelompok yang presentasi memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya tentang gambar yang dipresentasikan.






10 Menit






10 Menit





20 menit





20 menit











10 menit
Kegiatan Penutup
·         Siswa dibimbing oleh guru, menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah mereka pelajari
·         Siswa memperhatikan tugas dari guru untuk mempelajari materi reproduksi sel
·         Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajaran bersama-sama siswa dengan mengucapkan hamdallah
10 menit

G. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.        Teknik Penilaian
a)      Penilaian Pengetahuan : Tes objektif  : Pilihan Ganda
b)      Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan kerja kelompok
c)      Penilaian Keterampilan : Produk : LKPD & Poster
2.        Instrumen Penilaian  (terlampir)




No comments:
Write komentar