RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Identitas
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI / 1
Topik : Sel
Tema : Komponen
kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel, fungsi dan proses yang berlangsung
di dalam sel
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
B.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI3
|
:
|
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
KOMPETENSI DASAR
3.1
|
:
|
Memahami komponen
kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh
struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit
terkecil kehidupan
|
4.2
|
:
|
Menyajikan fakta yang
merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan dan penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan
|
No
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Analisis materi Materi
|
3.1.1
|
Menjelaskan komponen
kimiawi penyusun sel
|
Setelah melakukan studi literatur siswa dapat
menjelaskan komponen penyusun sel yang terdiri atas
|
Komponen
kimiawi penyusun sel, dibagi menjadi 2, yaitu: komponen organik (karbohidrat,
protein dan lemak), komponen anorganik (air, vitamin dan mineral).
|
3.1.2
|
Mengidentifikasi organel sel hewan
dan tumbuhan
|
Setelah melakukan pengamatan sel bawang merah, Rhoeo discolor, dan
epitel rongga mulut, siswa dapat
mengidentifikasi organel sel hewan maupun tumbuhan, dinding sel, vakuola,
intisel, plastida, mitokondria
|
Organel-organel sel terdiri atas inti sel,
mitokondria, ribosom, badan golgi, plastida, mitokondria
|
3.1.3
|
Membedakan struktur sel hewan
dan sel tumbuhan
|
Setelah
melakukan studi literatur praktikum pengamatan preparat sel bawang
merah, Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut, siswa dapat membedakan
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
|
Perbedaan
sel hewan dengan sel tumbuhan yaitu: sel hewan tidak mempunyai dinding sel
dan plastida, sedangkan sel tumbuhan mempunyai dinding sel dan plastida, sel
hewan mempunyai sentriol, tetapi sel tumbuhan tidak.
|
3.1.4
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi
organel-organel penyusun sel
|
Setelah
melakukan study literature, siswa dapat menjelaskan fungsi mitokondria,
ribosom dan inti sel
|
Fungsi
mitokondria sebagai penghasil energi melalui proses respirasi aerob dalam
bentuk ATP, fungsi ribosom untuk proses sintesis protein, fungsi inti sel
sebagai pengendali metabolisme seluler, penyimpan informasi genetik dan
pengatur siklus sel.
|
4.1.1
|
Membuat preparat basah pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
|
Setelah mengamati demonstrasi guru siswa dapat
membuat preparat pengamatan sel tumbuhan Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut
|
|
4.1.2
|
Melakukan pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
|
Setelah membuat preparat siswa dapat mengamati sel
tumbuhan Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut
|
|
4.1.3
|
Mengkomunikasikan hasil temuan pengamatan sel
|
Setelah setelah melakukan pengamatan siswa dapat
mengkomunikasikan hasil temuan dan perbedaan sel tumbuhan Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Mengondisikan siswa untuk belajar
dan memotivasi siswa terkait
sel
b. Apersepsi
1.
Guru meminta
siswa menyubit temannya kemudian setelah ini mencubit batang pohon?
c. Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Masing-masing kelompok mengambil alat dan bahan
yang akan digunakan untuk praktikum pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan,
serta mendapatkan LKPD 1 yang akan dikerjakan pada waktu praktikum.
Mengamati
·
Siswa
melakukan pengamatan preparat basah pada sel Rhoeo discolor , sel gabus dan sel epitel pada rongga mulut
Menanya
·
Guru
memotivasi siswa untuk bertanya,
·
Bagaimana
bentuk sel yang kalian amati apakah ada persamaan bentuknya?
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
·
Siswa
menggambarkan dan menuliskan hasil pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan yang
telah diamati pada LKPD 1
Mengasosiasikan
·
Siswa
melakukan diskusi bersama dengan kelompoknya untuk mengaitkan apa saja yang
termasuk dalam komponen kimiawi dan melakukan study literature untuk menjawab
pertanyaan LKPD 1
·
Siswa
melakukan diskusi bersama dengan kelompoknya mengenai hasil pengamatan sel
tumbuhan dan sel hewan yang telah dilakukan dan mengaitkan hasil pengamatan
dengan literature.
·
Siswa
melakukan study literature untuk menjelaskan fungsi organel-organel penyusun
sel
·
Siswa
melakukan diskusi mengenai gerak brown dan siklosis
Mengomunikasikan
·
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai komponen kimiawi dan
pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan yang telah dilakukan
·
Kelompok
yang presentasi memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya
tentang hasil pengamatan yang telah dilakukan
|
menit
|
Penutup
|
·
Siswa
dibimbing oleh guru, menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah mereka
pelajari
·
Siswa
memperhatikan tugas dari guru untuk membuat gambar struktur sel tumbuhan dan
sel hewan
·
Guru memberi
salam penutup dan
mengakhiri pembelajaran
bersama-sama siswa dengan
mengucapkan hamdallah
|
10 menit
|
Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media, Rubrik penilaian dan lainnya oleh
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
No comments:
Write komentar