Saturday, 15 April 2017

RPP Organel Sel RPP Biologi Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.           Identitas
Satuan Pendidikan                 :    Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran                        :    Biologi
Kelas / Semester                     :    XI / 1
Topik                                      :    Sel
Tema                                       :    Komponen  kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel
Alokasi Waktu                        :  2 x 45 Menit

B.           KOMPETENSI INTI
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3
:
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI DASAR
3.1
:
Memahami  komponen  kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
4.2
:
Menyajikan fakta yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan dan penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan


No
Indikator
Tujuan Pembelajaran Khusus
Analisis materi Materi
3.1.1
Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel 
Setelah melakukan studi literatur siswa dapat menjelaskan komponen penyusun sel yang terdiri atas
Komponen kimiawi penyusun sel, dibagi menjadi 2, yaitu: komponen organik (karbohidrat, protein dan lemak), komponen anorganik (air, vitamin dan mineral).
3.1.2
Mengidentifikasi organel sel hewan dan tumbuhan
Setelah melakukan pengamatan sel bawang merah, Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut, siswa dapat mengidentifikasi organel sel hewan maupun tumbuhan, dinding sel, vakuola, intisel, plastida, mitokondria
Organel-organel sel terdiri atas inti sel, mitokondria, ribosom, badan golgi, plastida, mitokondria
3.1.3
Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan

Setelah melakukan studi literatur praktikum pengamatan preparat sel bawang merah, Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut, siswa dapat membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan yaitu: sel hewan tidak mempunyai dinding sel dan plastida, sedangkan sel tumbuhan mempunyai dinding sel dan plastida, sel hewan mempunyai sentriol, tetapi sel tumbuhan tidak.
3.1.4
Menjelaskan struktur dan fungsi organel-organel penyusun sel

Setelah melakukan study literature, siswa dapat menjelaskan fungsi mitokondria, ribosom dan inti sel
Fungsi mitokondria sebagai penghasil energi melalui proses respirasi aerob dalam bentuk ATP, fungsi ribosom untuk proses sintesis protein, fungsi inti sel sebagai pengendali metabolisme seluler, penyimpan informasi genetik dan pengatur siklus sel.
4.1.1
Membuat preparat basah pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan

Setelah mengamati demonstrasi guru siswa dapat membuat preparat pengamatan sel tumbuhan Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut

4.1.2
Melakukan pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
Setelah membuat preparat siswa dapat mengamati sel tumbuhan Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut

4.1.3
Mengkomunikasikan hasil temuan pengamatan sel
Setelah setelah melakukan pengamatan siswa dapat mengkomunikasikan hasil temuan dan perbedaan sel tumbuhan Rhoeo discolor, dan epitel rongga mulut


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Mengondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait sel
b.      Apersepsi
1.       Guru meminta siswa menyubit temannya kemudian setelah ini mencubit batang pohon?
c.       Guru menyampaikan inti tujuan pembelajaran
10 menit
Kegiatan inti
Masing-masing kelompok mengambil alat dan bahan yang akan digunakan untuk praktikum pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, serta mendapatkan LKPD 1 yang akan dikerjakan pada waktu praktikum.
Mengamati
·      Siswa melakukan pengamatan preparat basah pada sel Rhoeo discolor , sel gabus dan sel epitel pada rongga mulut
Menanya
·      Guru memotivasi siswa untuk bertanya,
·      Bagaimana bentuk sel yang kalian amati apakah ada persamaan bentuknya?
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
·      Siswa menggambarkan dan menuliskan hasil pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan yang telah diamati pada LKPD 1
Mengasosiasikan
·      Siswa melakukan diskusi bersama dengan kelompoknya untuk mengaitkan apa saja yang termasuk dalam komponen kimiawi dan melakukan study literature untuk menjawab pertanyaan LKPD 1
·      Siswa melakukan diskusi bersama dengan kelompoknya mengenai hasil pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan yang telah dilakukan dan mengaitkan hasil pengamatan dengan literature.
·      Siswa melakukan study literature untuk menjelaskan fungsi organel-organel penyusun sel
·      Siswa melakukan diskusi mengenai gerak brown dan siklosis
Mengomunikasikan
·      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai komponen kimiawi dan pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan yang telah dilakukan
·      Kelompok yang presentasi memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya tentang hasil pengamatan yang telah dilakukan
menit
Penutup
·         Siswa dibimbing oleh guru, menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah mereka pelajari
·         Siswa memperhatikan tugas dari guru untuk membuat gambar struktur sel tumbuhan dan sel hewan
·         Guru memberi salam penutup dan mengakhiri pembelajaran bersama-sama siswa dengan mengucapkan hamdallah
10 menit



Berikut ini disajikan kumpulan RPP BIOLOGI lengkap kurikulum 2013, dengan perangkat pelengkap. Seperti LKS, Media, Rubrik penilaian dan lainnya oleh


Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd



No comments:
Write komentar