RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KOMPETENSI
DASAR:
3.6
|
:
|
Menganalisis hubungan
antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan
mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme
peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi
|
4.6
|
:
|
Menyajikan hasil analisis data dari
berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi)
kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang
menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia dan teknologi terkait
sistem sirkulasi melalui berbagai bentuk media presentasi
|
Disusun oleh:
Muhamad Fauzi Hamzah
Departemen Pendidikan Biologi
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam
PPG pasca SM3T
UPI
2017
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /
Semester : X / 2
Topik : Sistem peredaran darah
Tema :
Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit
B.
KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI3
|
:
|
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
C.
KOMPETENSI
DASAR
|
|
|
||||||
|
|
|
D. Indikator, Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK), dan Analisis Materi
No
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
3.6.1
|
Membuat tabel perbandingan komponen darah
struktur dan fungsinya.
|
Membuat tabel perbandingan komponen darah
struktur dan fungsinya.
|
3.6.2
|
Menghubungkan struktur anatomi dan fungsi jantung
|
Menghubungkan struktur anatomi dan fungsi jantung
|
3.6.3
|
Menghubungkan struktur anatomi dan fungsi
pembuluh darah
|
Menghubungkan struktur anatomi dan fungsi
pembuluh darah
|
3.6.4
|
Menjelaskan proses peredaran darah
|
Menjelaskan proses peredaran darah
|
3.6.5
|
Mengukur tekanan sistole , diastole dan denyut
jantung
|
Mengukur tekanan sistole , diastole dan denyut
jantung
|
3.6.6
|
Mendeskripsikan kelainan-kelainan yang mungkin
terjadi pada sistem peredaran darah
|
Mendeskripsikan kelainan-kelainan yang mungkin
terjadi pada sistem peredaran darah
|
3.6.7
|
Menjelaskan mekanisme sistem penggolongan darah
ABO dan RH
|
Menjelaskan mekanisme sistem penggolongan darah
ABO dan RH
|
3.6.8
|
Menjelaskan hasil elektrokardiograf (EKG)
|
Menjelaskan hasil elektrokardiograf (EKG)
|
4.6.1
|
Mendemonstrasikan cara menentukan golongan
dengan cara darah tes golongan darah
|
Mendemonstrasikan cara menentukan golongan
dengan cara darah tes golongan darah
|
4.6.2
|
Menyusun laporan observasi ke rumah
sakit/klinik tentang kelainan/penyakit peredaran darah dan teknologi yang
membantu kelainan tersebut.
|
Menyusun laporan observasi ke rumah
sakit/klinik tentang kelainan/penyakit peredaran darah dan teknologi yang
membantu kelainan tersebut.
|
E. Materi
Pembelajaran Terlampir
F. Metode, Pendekatan,
Sumber dan Media Pembelajaran
a.
Metode : Praktium, Kooperatif dan diskusi.
b.
Pendekatan : Saintifik.
c.
Sumber Pelajaran
1.Untuk Siswa :Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi. Grafindo Media
Pratama:Bandung
2. Untuk Guru : Campbell, N. 2003. Biologi. Erlangga: Jakarta
d.
Media Pembelajaran :
1.
Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD)
2.
Slide PPT
3.
Carta
4.
Tensi meter, stopwatch
G.
Kegitan pembelajaran
Pertemuan 1
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
A. Kegiatan
Awal
Pendahuluan
Guru memberikan salam pembuka, memantau kehadiran, ketertiban dan
kesiapan siswa untuk melaksanakan pembelajaran – membiasakan
bersikap peduli dan disiplin.
Menyajikan
tayangan tentang video penyakit kekurangan gizi/anemia.
Menstimulasi siswa untuk bertanya. Membangun apersepsi siswa untuk membiasakan
bersikap kritis dan objektif dan mengembangkan rasa ingin tahu (kompetensi
sosial), dengan pertanyaan,
1. Mengapa terjadi anemia?
2. Jaringan/organ apakah
yang tidak normal?
3. Apakah fungsi jaringan/ organ tersebut?
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan menjelaskan kegiatan
belajar
|
10
menit
|
Kegiantan Inti
|
Kegiatan siswa
1.
Mengubah posisi duduk dalam formasi kelompok
2. Mengekplorasi informasi dari berbagai sumber.
Bekerja sama menyelesaikan LKS komponen-komponen darah dan fungsinya.
3.
Presentasi hasil diskusi
Kegiatan Guru
1. Mengkorfirmasi hasil
diskusi
2. Memberi penghargaan
kepada kelompok yang bekerja baik
|
70
Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Guru dan siswa meresume
materi komponen komponen darah dan fungsinya.
2.
Guru memberikan tugas membaca tentang golongan darah
|
10
menit
|
Pertemuan 2
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam pembuka, memantau kehadiran, ketertiban dan
kebersihan.
Kesiapan siswa untuk
melaksanakan pembelajaran – membiasakan
bersikap disiplin dan peduli.
Membangun apersepsi siswa untuk membiasakan
bersikap kritis dan objektif dan mengembangkan rasa ingin tahu,
dengan pertanyaan,
1. Mengapa perlu dilakukan
uji golongan darah?
2. Apa manfaat
penggolongan darah?
3. Bagaimana cara menguji
golongan darah?
4. Mengapa terjadi
pembekuan darah? Bagaimana mekanismenya?
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
yaitu mengamati, mencoba, mendiskusikan dan mempresentasikan golongan darah dan pembekuan darah
Menjelaskan kegiatan pembelajaran, dengan
langkah-langkah pembelajaran saintifik.
|
10 menit
|
Kegiantan Inti
|
1. Siswa mendemonstrasikan uji golongan darah,
menganalisis dan menarik kesimpulan golongan darahnya sendiri atau golongan
darah temannya.
2. Siswa mediskusikan
prosedur uji golongan darah dan uji pembekuan darah.
3. Kelompok siswa
melakukan pengujian golongan darah dan pengujian pembekuan darah menggunakan
prosedur hasil diskusi (mencoba).
4. Kelompok siswa mencatat
hasil pengujian golongan darah dan pembekuan darah pada kertas cd
plano/karton (mengamati)
5. Perwakilan kelompok
menempel dan mempresentasikan hasil pengujian golongan darah dan pengujian
pembekuan darah (mengkomunikasikan).
6.
Siswa memberikan pendapat dan mendiskusikan pertanyaan analisis dari
guru – membiasakan bersikap kritis,
objektif.
|
20
Menit
20 Menit
20
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Membimbing siswa
untuk menarik kesimpulan
2.
Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.
Memberi tugas individu untuk mencari dari berbagai sumber
tentang alat-alat peredaran darah.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap
belajar ,mensyukuri nikmat Tuhan Yang Mahaesa, menjaga kesehatan dan peduli
sesama yang membutuhkan bantuan darah untuk transfusi
5.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 3
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Kegiantan Inti
|
Mengubah posisi tempat duduk dalam formasi
kelompok.
Eksplorasi
· Mengkaji
informasi dari berbagai literatur/internet.
Mengerjakan LKS tentang
alat-alat yang berkaitan dengan peredaran
-
darah: jantung, pembuluh darah arteri,vena,kapiler.
·
Elaborasi
1.
Siswa melakukan diskusi interaksi tentang bagian-bagian jantung, aliran darah dalam
jantung.
2.
Siswa mendiskusikan tentang
perbedaan pembuluh vena dan arterimelalui kegiatan kelompok.
3.
Siswa membedakan pembuluh darah balik (vena) dan pembuluh darah nadi
(arteri) diskusi informasi
4.
Siswa membedakan peredaran darah pendek(kecil) dan peredaran darah panjang
(besar) dan lintasan/alat-alat yang dilalui melalui diskusi informasi
5.
Masing-masing kelompok mendapat giliran mempresentasikan hasil
diskusinya dengan ditunjuk oleh guru.Kelompok lain menangggapinya...
|
20
Menit
20
Menit
20
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Membimbing siswa
untuk menarik kesimpulan
2.
Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.
Memberi tugas individu untuk mencari dari berbagai sumber
tentang tekanan darah
4.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 4
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam pembuka, memantau
kehadiran, ketertiban dan kebersihan.
Memeriksa kesiapan siswa untuk
melaksanakan pembelajaran ( membiasakan bersikap disiplin dan peduli )
Guru membangun apresepsi siswa untuk membiasakan bersikap kritis dan obyektif dan mengembangkan rasa ingin
tahu ( kompetensi Sosial)pertanyaannya :
ü Berapa denyut nadimu permenit ?
ü Apa artinya tekanan darah 80 dan 120, kalau
dokter mengukur tekanan darah kita ?
ü Bagaimana kalau tekanan darah lebih tinggi atau
lebih rendah dari itu ?
Guru memberikan orientasi
kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah pembelajaran scientific
|
10 menit
|
Kegiantan Inti
|
1. Siswa mempresentasikan
tugas kelompok tentang cara pengukuran tekanan sistole, diastole dan dentut jantung
2. Siswa mediskusikan cara pengukuran tekanan sistole, diastole dan
dentut jantung
3. Kelompok siswa
melakukan praktikum pengukuran
tekanan sistole, diastole dan dentut jantung (mencoba).
4. Kelompok siswa mencatat
hasil cara
pengukuran tekanan sistole, diastole dan dentut jantung (mengamati)
5. Perwakilan kelompok
menempel dan mempresentasikan hasil cara pengukuran tekanan sistole, diastole dan dentut jantung
6. (mengkomunikasikan).
7.
Siswa memberikan pendapat dan mendiskusikan
pertanyaan analisis dari guru – membiasakan
bersikap kritis, objektif.
|
20
Menit
20
Menit
20
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Membimbing siswa
untuk menarik kesimpulan tekanan sistole, diastole dan dentut jantungih tinggi atau lebih
rendah dari normal
2.
Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.
Memberi tugas individu untuk mencari dari berbagai sumber
tentang EKG
4.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 5
Tahapan
Pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Membuka pelajaran dengan salam, memeriksa
kehadiran dan kebersihan kelas.
Memotivasi siswa dengan tanya “Pernahkah kalian melihat anak kecil yang
ketika menangis mukanya berubah menjadi biru dan nafasnya tersengal-sengal?
Mengapa demikian? Kelainan apa yang dideritanya?”
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
Membagi siswa dalam
kelompok tiap kelompok 4 orang
|
10 menit
|
Kegiantan Inti
|
1.
Siswa mencermati video dan menyusun pertanyaan sehubungan dengan video
tersebut.
2.
Siswa berdiskusi
awal.
3.
Siswa bekerja berkelompok mendiskusikan masalah di
lks
4.
Siswa mencari informasi tetang masalah pacu jantung
dari berbagai media.
5.
Siswa menganalisis hasil ekg seorang yang menderita
kelainan jantung.
6.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
|
20
Menit
20
Menit
20
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Membimbing siswa
untuk menarik kesimpulan
2.
Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.
Siswa menyimpulkan dan merangkum hasil
observasi, dan merangkum tentang materi yang telah dipelajari.
4.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
H.
Teknik
Penilaian
Penilaian
Pengetahuan : Tes objektif : Pilihan
Ganda
Penilaian Sikap
: Observasi/ pengamatan kerja kelompok
Instrumen
Penilaian (terlampir)
No comments:
Write komentar