Lembar Kerja Peserta Didik
KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP
A.
TUJUAN
:
1.
Menjelaskan prinsip klasifikasi makhluk
hidup
2.
Siswa
dapat mengidentifikasi dasar klasifikasi 5 kingdom
3.
Siswa
dapat membedakan cara klasifikasi pada mahluk.
4.
Siswa
dapat menetukan kelas animalia
berdasarkan kunci determinasi sederhana
B.
ALAT
DAN BAHAN :
1.
Gambar
2.
Kunci
determinasi sederhana
Kegiatan I
Cara Kerja :
1.
Identifikasi
gambar A B C D dibawah ini dengan cermat!
2.
Jawablah
pertanyaan dengan tepat!
![]() |
![]()
Gambar B
|
![]()
Gambar C
|
![]()
Gambar D
|
a.
Jelaskan
mengapa makanan di gambar A, B, C, dan D tidak digabung dalam satu tempat saja
?
....................................................................................................................................................................
b.
Apa
yang menjadi dasar pengelompokan dari setiap gambar A,B,C,D?
....................................................................................................................................................................
Kegiatan II
Cara Kerja :
1.
Identifikasi
gambar dibawah ini dengan cermat !
2.
Tuliskan
persamaan/perbedaan ciri umum 5 kingdom yang dapat kalian amati dari gambar
dibawah ini!
3.
Tulislah
hasil pengamatan pada tabel 1
MONERA PROTISTA


|
|||
![]() |

A.
Berilah
tanda (P) pada tabel dibaah ini sesuai dengan Hasil pengamatan
Perbedaan ciri umum 5 kingdom (kerajaan)!
No.
|
Kingdom
|
Dasar Klasifikasi
|
||||||
Jumlah sel
|
Membran inti
|
Dinding sel
|
Memiliki kloroplas
|
Cara memperoleh makanan
|
||||
Uniseluler
|
Multiseluler
|
Prokariot
|
Eukariot
|
|
|
|
||
1.
|
Monera
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Protista
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Fungi
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Animalia
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Plantae
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan :
1.
Apakah ada persamaan dalam setiap kingdom? Tuliskan
persamaan yang ditemukan!
...................................................................................................................................................................................................
2.
Apakah ada perbedaan antar kingdom? Jika ada,
sebutkanlah perbedaannya!
....................................................................................................................................................................................................
3.
Perhatikan
sel protista dan sel tumbuhan, disana ada
organel kloroplas. Apa fungsi dari kloroplas
tersebut ?
....................................................................................................................................................................................................
4.
Berdasarkan
data diatas apa yang menjadi dasar klasifikasi 5 kingdom?
....................................................................................................................................................................................................
Kegiatan III
Cara Kerja :
1.
Identifikasi
gambar dibawah ini dengan cermat !
2.
Tuliskan
persamaan/perbedaan ciri umum 5 kingdom yang dapat kalian amati dari gambar
dibawah ini!
3.
Tulislah
hasil pengamatan pada tabel 1
Siswa dapat membedakan cara klasifikasi pada mahluk hidup
Klasifikasi
sistem Artifisial (Buatan)
|
Klasifikasi sistem
Alami
|
Klasifikasi sistem Filogenetik (kekerabatan)
|
Klasifikasi sistem Modern
|
![]() ![]() |
![]() ![]() |
![]() ![]() |
|
Pertanyaan :
1. Mengapa kucing, harimau, dan beruang masuk kedalam
klasifikasi fiologentik (kekerabatan)? Jelaskan!
............................................................................................................................................................................
2.
Klasifikasi
buatan dibuat oleh manusia untuk mempermudah kegiatan manusia, sebutkan 2
contoh lain klasifikasi buatan pada kehidupan sehari hari!
..............................................................................................................................................................................
3.
Berikanlah contoh klasifikasi sistem modern! ..............................................................................................................................................................................
Kegiatan IV
Cara Kerja : Siswa dapat menggunakan kunci
determinasi sederhana pada hewan
karnivora
1. Perhatikan gambar dibawah ini !
2. 
Tentukan determinasi komodo dan kucing berdasarkan ciri ciri dalam determinasi sederhana
di bawah ini, dan tuliskan no kunci determinasinya!


1. a.
Memiliki tulang belakang ..........................................................2
b. Tidak memiliki memiliki tulang
belakang....................................Avertebrata
2.
a.
Tubuh berambut………………....................................................4
b. tubuh
tidak berambut.................................................................3
3.
a.
Tidak memiliki kantung udara.....................................................Reptil
b. Memiliki kantung udara.............................................................Aves
4.
a.
Memiliki kelenjar susu…………..................................................Mamalia
3.
Apa nama ilmiah kucing dan
komodo? Jelaskanlah cara penulisannya yang benar!
.............................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN
Gambar
pada saat Motivasi
Gambar yang akan ditampilkan pada
saat Observasi
![]() |
|||
![]() |
|||
Gambar pada saat pengumpulan data
(Terdapat di powerpoint
dan di Lembar Kerja Peserta Didik)
Plantae
|
Animali
|
Fungi
|
Protista
|
Monera
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Gambar pada saat pengumpulan data
(Terdapat di poerpoint dan di Lembar Kerja Peserta Didik)
Bakteri
Bakteri
|
|||||
![]() ![]() |
![]() |
![]() |
|||
|
Protista
|
|
|||
![]() ![]() |
![]() |
![]() |
|||
|
Fungi
|
|
|||
|
![]() |
![]() ![]() |
No comments:
Write komentar