Sunday 4 February 2018

LKS Klasifikasi Mahluk Hidup



Lembar Kerja Peserta Didik
KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP
A.    TUJUAN        : 
   1. Menjelaskan prinsip klasifikasi makhluk hidup
2.    Siswa dapat mengidentifikasi dasar klasifikasi 5 kingdom
3.    Siswa dapat membedakan cara klasifikasi pada mahluk.
4.    Siswa dapat menetukan kelas animalia berdasarkan kunci determinasi sederhana

B.    ALAT DAN BAHAN :
1.      Gambar
2.      Kunci determinasi sederhana

Kegiatan I
Cara Kerja :
1.      Identifikasi gambar A B C D dibawah ini dengan cermat!
2.      Jawablah pertanyaan dengan tepat!
buah-buahnGambar A
sayur 2.jpg
Gambar B
Gambar C
Gambar D

a.       Jelaskan mengapa makanan di gambar A, B, C, dan D tidak digabung dalam satu tempat saja ?
....................................................................................................................................................................
b.      Apa yang menjadi dasar pengelompokan dari setiap gambar A,B,C,D?
....................................................................................................................................................................
 Kegiatan II
Cara Kerja :
1.      Identifikasi gambar dibawah ini dengan cermat !
2.      Tuliskan persamaan/perbedaan ciri umum 5 kingdom yang dapat kalian amati dari gambar dibawah ini!
3.      Tulislah hasil pengamatan pada tabel 1

MONERA                                                                                                             PROTISTA
           














FUNGI (JAMUR)
 
 










 


















A.    Berilah tanda (P) pada tabel dibaah ini sesuai dengan Hasil pengamatan Perbedaan ciri umum 5 kingdom (kerajaan)!
No.
Kingdom
Dasar Klasifikasi
Jumlah sel
Membran inti
Dinding sel
Memiliki kloroplas
Cara memperoleh makanan
Uniseluler
Multiseluler
Prokariot
Eukariot



1.
Monera







2.
Protista







3.
Fungi







4.
Animalia







5.
Plantae








Pertanyaan :
1.      Apakah ada persamaan dalam setiap kingdom? Tuliskan persamaan yang ditemukan!
...................................................................................................................................................................................................
2.      Apakah ada perbedaan antar kingdom? Jika ada, sebutkanlah perbedaannya!
....................................................................................................................................................................................................
3.      Perhatikan sel protista dan sel tumbuhan, disana ada organel kloroplas. Apa fungsi dari kloroplas tersebut ? ....................................................................................................................................................................................................
4.      Berdasarkan data diatas apa yang menjadi dasar klasifikasi 5 kingdom?
....................................................................................................................................................................................................
 Kegiatan III
Cara Kerja :
1.      Identifikasi gambar dibawah ini dengan cermat !
2.      Tuliskan persamaan/perbedaan ciri umum 5 kingdom yang dapat kalian amati dari gambar dibawah ini!
3.      Tulislah hasil pengamatan pada tabel 1
Siswa dapat membedakan cara klasifikasi pada mahluk hidup
Klasifikasi sistem Artifisial (Buatan)
Klasifikasi sistem Alami
Klasifikasi sistem Filogenetik (kekerabatan)
Klasifikasi sistem Modern
Hasil gambar untuk BUMBU MASAKHasil gambar untuk BUMBU MASAK 








Gambar terkaitHasil gambar untuk harimau 

Pertanyaan :
1.      Mengapa kucing, harimau, dan beruang masuk kedalam klasifikasi fiologentik (kekerabatan)? Jelaskan!
............................................................................................................................................................................
2.      Klasifikasi buatan dibuat oleh manusia untuk mempermudah kegiatan manusia, sebutkan 2 contoh lain klasifikasi buatan pada kehidupan sehari hari!
..............................................................................................................................................................................
3.      Berikanlah contoh klasifikasi sistem modern! ..............................................................................................................................................................................

Kegiatan IV
Cara Kerja : Siswa dapat menggunakan kunci determinasi sederhana pada hewan karnivora
1.      Perhatikan gambar dibawah ini !
2.      Gambar terkaitTentukan determinasi komodo dan kucing berdasarkan ciri ciri dalam determinasi sederhana di bawah ini, dan tuliskan no kunci determinasinya!

1.      a. Memiliki tulang belakang  ..........................................................2
b. Tidak memiliki memiliki tulang belakang....................................Avertebrata
2.      a. Tubuh berambut……………....................................................4
 b. tubuh tidak berambut.................................................................3
3.      a. Tidak memiliki kantung udara.....................................................Reptil
b. Memiliki kantung udara.............................................................Aves
4.      a. Memiliki kelenjar susu…………..................................................Mamalia

3.      Apa nama ilmiah kucing dan komodo? Jelaskanlah cara penulisannya yang benar!
.............................................................................................................................................................................................................







LAMPIRAN
Gambar pada saat Motivasi
Gambar yang akan ditampilkan pada saat Observasi
 








Gambar pada saat pengumpulan data
(Terdapat di powerpoint dan di Lembar Kerja Peserta Didik)
Plantae
Animali
Fungi
Protista
Monera



Gambar pada saat pengumpulan data
(Terdapat di poerpoint dan di Lembar Kerja Peserta Didik)
Bakteri
Bakteri
  
v

Protista




Fungi


 


 


No comments:
Write komentar