Lembar Kerja Peserta Didik
KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP
A.
TUJUAN
:
1.
Menjelaskan prinsip klasifikasi makhluk
hidup
2.
Siswa
dapat mengidentifikasi dasar klasifikasi 5 kingdom
3.
Siswa
dapat membedakan cara klasifikasi pada mahluk.
4.
Siswa
dapat menetukan kelas animalia
berdasarkan kunci determinasi sederhana
B.
ALAT
DAN BAHAN :
1.
Gambar
2.
Kunci
determinasi sederhana
Kegiatan I
Cara Kerja :
1.
Identifikasi
gambar A B C D dibawah ini dengan cermat!
2.
Jawablah
pertanyaan dengan tepat!
Gambar A |
![]()
Gambar B
|
![]()
Gambar C
|
![]()
Gambar D
|
a.
Jelaskan
mengapa makanan di gambar A, B, C, dan D tidak digabung dalam satu tempat saja
?
....................................................................................................................................................................
b.
Apa
yang menjadi dasar pengelompokan dari setiap gambar A,B,C,D?
....................................................................................................................................................................
Kegiatan II
Cara Kerja :
1.
Identifikasi
gambar dibawah ini dengan cermat !
2.
Tuliskan
persamaan/perbedaan ciri umum 5 kingdom yang dapat kalian amati dari gambar
dibawah ini!
3.
Tulislah
hasil pengamatan pada tabel 1
MONERA PROTISTA

|
|||
![]() |
|||
A.
Berilah
tanda (P) pada tabel dibaah ini sesuai dengan Hasil pengamatan
Perbedaan ciri umum 5 kingdom (kerajaan)!
|
No.
|
Kingdom
|
Dasar Klasifikasi
|
||||||
|
Jumlah sel
|
Membran inti
|
Dinding sel
|
Memiliki kloroplas
|
Cara memperoleh makanan
|
||||
|
Uniseluler
|
Multiseluler
|
Prokariot
|
Eukariot
|
|
|
|
||
|
1.
|
Monera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Protista
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Fungi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Animalia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Plantae
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan :
1.
Apakah ada persamaan dalam setiap kingdom? Tuliskan
persamaan yang ditemukan!
...................................................................................................................................................................................................
2.
Apakah ada perbedaan antar kingdom? Jika ada,
sebutkanlah perbedaannya!
....................................................................................................................................................................................................
3.
Perhatikan
sel protista dan sel tumbuhan, disana ada
organel kloroplas. Apa fungsi dari kloroplas
tersebut ?
....................................................................................................................................................................................................
4.
Berdasarkan
data diatas apa yang menjadi dasar klasifikasi 5 kingdom?
....................................................................................................................................................................................................
Kegiatan III
Cara Kerja :
1.
Identifikasi
gambar dibawah ini dengan cermat !
2.
Tuliskan
persamaan/perbedaan ciri umum 5 kingdom yang dapat kalian amati dari gambar
dibawah ini!
3.
Tulislah
hasil pengamatan pada tabel 1
Siswa dapat membedakan cara klasifikasi pada mahluk hidup
|
Klasifikasi
sistem Artifisial (Buatan)
|
Klasifikasi sistem
Alami
|
Klasifikasi sistem Filogenetik (kekerabatan)
|
Klasifikasi sistem Modern
|
![]() |
![]() ![]() |
![]() |
|
Pertanyaan :
1. Mengapa kucing, harimau, dan beruang masuk kedalam
klasifikasi fiologentik (kekerabatan)? Jelaskan!
............................................................................................................................................................................
2.
Klasifikasi
buatan dibuat oleh manusia untuk mempermudah kegiatan manusia, sebutkan 2
contoh lain klasifikasi buatan pada kehidupan sehari hari!
..............................................................................................................................................................................
3.
Berikanlah contoh klasifikasi sistem modern! ..............................................................................................................................................................................
Kegiatan IV
Cara Kerja : Siswa dapat menggunakan kunci
determinasi sederhana pada hewan
karnivora
1. Perhatikan gambar dibawah ini !
2. 
Tentukan determinasi komodo dan kucing berdasarkan ciri ciri dalam determinasi sederhana
di bawah ini, dan tuliskan no kunci determinasinya!

Tentukan determinasi komodo dan kucing berdasarkan ciri ciri dalam determinasi sederhana
di bawah ini, dan tuliskan no kunci determinasinya!
1. a.
Memiliki tulang belakang ..........................................................2
b. Tidak memiliki memiliki tulang
belakang....................................Avertebrata
2.
a.
Tubuh berambut………………....................................................4
b. tubuh
tidak berambut.................................................................3
3.
a.
Tidak memiliki kantung udara.....................................................Reptil
b. Memiliki kantung udara.............................................................Aves
4.
a.
Memiliki kelenjar susu…………..................................................Mamalia
3.
Apa nama ilmiah kucing dan
komodo? Jelaskanlah cara penulisannya yang benar!
.............................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN
Gambar
pada saat Motivasi
Gambar yang akan ditampilkan pada
saat Observasi
![]() |
|||
![]() |
|||
Gambar pada saat pengumpulan data
(Terdapat di powerpoint
dan di Lembar Kerja Peserta Didik)
|
Plantae
|
Animali
|
Fungi
|
Protista
|
Monera
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Gambar pada saat pengumpulan data
(Terdapat di poerpoint dan di Lembar Kerja Peserta Didik)
Bakteri
|
Bakteri
|
|||||
![]() |
![]() |
v |
|||
|
|
Protista
|
|
|||
![]() ![]() |
![]() |
![]() |
|||
|
|
Fungi
|
|
|||
|
![]() |
![]() |
|||








































No comments:
Write komentar