INSTRUMEN KOGNITIF
(PERTEMUAN 1)
No
|
Indikator
|
Soal
|
Jenjang Kognitif
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Mengidentifikasi
tingkat keanekaragagaman hayati
|
Berdasarkan pengamatanmu,
gambar tersebut menunjukkan keanekaragaman tingkat...
a.
Gen
b.
Spesies
c.
Ekosistem
d.
Komunitas
e.
Bioma
|
C1
|
A
|
1
|
2
|
Mendeskripsikan
keanekaragaman gen, spesies, dan ekosistem
|
Berikut
yang menunjukkan keanekaragaman tingkat jenis adalah ….
a. Bunga kertas
merah, putih, dan ungu
b. Pohon kelapa,
palem dan kurma
c. Kucing angora,
perian dan main coon
d. Manga
manalagi, golek, dan manga apel
e. Sungai, sawah
dan hutan
|
C2
|
B
|
1
|
3
|
Mengelompokkan
berbagai jenis makhluk hidup ke dalam jenis keanekaragaman tingkat gen,
spesies dan ekosistem.
|
Buatlah 3 contoh yang menunjukkan keanekaragaman tingkat gen dan tingkat ekosistem!
|
C3
|
Jawaban beragam
|
3
|
INSTRUMEN KOGNITIF
(PERTEMUAN 2)
No
|
Indikator
|
Soal
|
Jenjang
Kognitif
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
||
1
|
Mengidentifikasi
persebaran fauna di Indonesia
|
Berikut yang termasuk fauna di daerah
peralihan adalah ….
|
C1
|
C
|
1
|
||
2
|
Mengidentifikasi
persebaran flora di Indonesia
|
Berikut yang termasuk flora di daerah Asiatis adalah ….
|
C1
|
A
|
1
|
||
3
|
Menjelaskan ciri flora dan fauna dan persebarannya
berdasarkan garis Weber dan Garis Wallace
|
Perhatikan ciri-ciri berikut.
Berdasarkan ciri tersebut, yang termasuk flora
Asiatis adalah ….
|
C2
|
A
|
1
|
||
Perhatikan ciri-ciri berikut.
1)
Bertubuh besar,
2)
Beragam jenis kera,
3)
Beragam jenis ikan air
tawar.
4)
Hewan berkantung,
5)
Burung berbulu
warna-warni.
Berdasarkan ciri tersebut, yang termasuk fauna
Australis adalah ….
|
C2
|
E
|
1
|
||||
4
|
Membedakan
pelestarian makhluk hidup secara in-situ dan ex-situ
|
Sebutkan 2 perbedaan pelestarian makhluk hidup secara in-situ dan
ex-situ
|
C2
|
Jawaban beragam
|
2
|
||
5
|
Menganalisis
ancaman keanekaragaman hayati
|
Tuliskan 4 manfaat yang dapat diambil
dari flora dan fauna pada aspek obat-obatan dan sandang!
|
C4
|
Jawaban beragam
|
4
|
||
No comments:
Write komentar