Nomor : 1
Kelas/Semester : X/1
Materi Pembelajaran : Ruang Lingkup Biologi
Alokasi Waktu : 9 × 45 menit
Jumlah Pertemuan : 3 kali
A.
Kompetensi Dasar (KD)
3.1
Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada
berbagai objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah, dan
prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan data tentang objek dan
permasalahan biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan
metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
3.1.1
Merinci
prosedur keselamatan kerja dan biosafety
sederhana di laboratorium biologi.
3.1.2
Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi
kehidupan.
3.1.3
Menganalisis
cabang biologi beserta manfaatnya bagi manusia dan lingkungannya.
4.1.1
Mendemonstrasikan
prosedur keselamatan kerja di laboratorium.
4.1.2
Merancang
penelitian sederhana tentang suatu objek biologi dan permasalahannya pada
suatu tingkat organisasi kehidupan.
4.1.3
Menggunakan
rancangan penelitiannya untuk praktik di laboratorium atau di lapangan.
4.1.4
Membuat
tabel data hasil observasi identifikasi objek, permasalahan, produk, dan
profesi berbasis biologi.
C.
Tujuan Pembelajaran
Afektif:
1.
Siswa dapat mengubah perilakunya untuk mengagumi,
menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan menurut agama
yang dianutnya.
2.
Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku ilmiah
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
Kognitif:
1.
Siswa dapat merinci
prosedur keselamatan kerja dan biosafety
sederhana di laboratorium biologi, setelah mempelajari tata tertib dan tata
cara penggunaan laboratorium.
2.
Siswa dapat menganalisis cabang biologi beserta
manfaatnya bagi manusia dan
lingkungannya, berdasarkan pengalaman kehidupannya sehari-hari.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi ruang lingkup
biologi berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi
kehidupan berdasarkan pengalamannya dan kajian teori.
Psikomotorik:
1.
Siswa dapat mendemonstrasikan prosedur keselamatan
kerja di laboratorium, sesuai dengan petunjuk yang telah dipelajarinya.
2.
Siswa dapat membuat tabel data hasil observasi
identifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis biologi.
3.
Siswa dapat merancang penelitian sederhana tentang
suatu objek biologi dan permasalahannya pada suatu tingkat organisasi kehidupan melalui diskusi
kelompok.
4.
Siswa dapat menggunakan rancangan penelitiannya untuk
praktik di laboratorium atau di lapangan dalam rangka menerapkan metode ilmiah
melalui kegiatan mandiri.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Fakta: Penerapan biologi dalam kehidupan (misalnya gambar-gambar
kemajuan di bidang kedokteran, farmasi, pertanian, peternakan, perikanan, dan
teknologi pangan.
![]()
Kedokteran
|
![]()
Pertanian
|
![]()
Peternakan
|
![]()
Industri makanan
|
2.
Materi
Konsep
·
Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup.
·
Biologi sebagai sains memiliki karakteristik:
rasional, objektif, empiris, akumulatif.
·
Cabang biologi: anatomi, anestesi, bakteriologi,
bioteknologi, botani, ekologi, embriologi, entomologi, etologi, evolusi,
fisiologi, genetika, higiene, histologi, imunologi, mikologi, morfologi,
ornitologi, paleontologi, patologi, filogeni, taksonomi, teratologi, virologi, dan
zoologi.
·
Peranan biologi: bidang kedokteran, farmasi,
teknologi pangan, pertanian, peternakan, perikanan, industri, pengelolaan
lingkungan hidup.
·
Sikap ilmiah: peka dan kritis, tidak percaya takhayul, rasa ingin tahu yang tinggi,
minat yang besar untuk menghasilkan produk sains, berpikir logis dan terbuka,
jujur dan objektif, teliti, tekun, optimis, serta hormat dan menghargai
penelitian dan penemuan orang lain.
·
Ketrampilan proses: klasifikasi objek,
mengajukan pertanyaan, observasi, menyajikan/menafsirkan/prediksi data, dan
identifikasi variabel percobaan.
·
Macam variabel: variabel bebas, terikat,
kontrol, dan pengganggu.
·
Metode ilmiah: menemukan dan merumuskan masalah,
mengumpulkan informasi, menyusun hipotesis, melakukan percobaan, analisis data
percobaan, membuat kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian.
·
Tata tertib penggunaan laboratorium,
langkah-langkah keselamatan kerja, biosafety, dan P3K.
·
Penulisan laporan praktikum: judul kegiatan,
tujuan, landasan teori, alat dan bahan, cara kerja, hasil pengamatan, jawaban
pertanyaan, kesimpulan, serta lampiran.
·
Objek kajian biologi pada tingkat organisasi
kehidupan: tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,
populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.
·
Ragam permasalahan biologi, contohnya: penyakit
anemia, AIDS, kepunahan organisme tertentu, kebakaran hutan, dan pemanasan
global.
3. Materi Prinsip
·
Peranan biologi dalam kehidupan
·
Keselamatan kerja
4.
Materi Prosedural
·
Mengenal
peralatan laboratorium
·
Metode ilmiah (penelitian sederhana)
E. Metode Pembelajaran
·
Inkuiri
·
Diskusi kelas
·
Demonstrasi
·
Praktikum
F. Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan (15 menit)
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi: Guru menggali pengetahuan siswa tentang
materi ruang lingkup biologi. Apa yang Anda ketahui tentang ruang lingkup
biolologi?
·
Memotivasi:
Guru menunjukkan gambar
tentang penerapan biologi dalam kehidupan (hal-hal terbaru yang berkaitan
dengan biologi di bidang kedokteran, pertanian, peternakan, dan teknologi
pangan), misalnya semangka kotak dan sapi hasil rekayasa genetika.
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan
Inti (100 menit)
·
Guru mengajak murid untuk mengamati dan
menganalisis gambar tentang
penerapan biologi dalam kehidupan (hal-hal terbaru yang berkaitan dengan biologi
di bidang kedokteran, pertanian, peternakan, dan teknologi pangan), misalnya
semangka kotak dan sapi hasil rekayasa genetika.
·
Siswa secara individu melakukan pengamatan
gambar-gambar (secara cermat, teliti, sebagai
ungkapan rasa ingin tahu).
·
Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·
Eksplorasi:
Siswa secara individual diminta untuk mengemukakan hasil analisisnya.
·
Elaborasi:
Siswa secara berkelompok mengembangkan hasil analisisnya dan berdiskusi tentang
ruang lingkup biologi (misalnya karakteristik sains, pengertian biologi,
cabang-cabang biologi).
·
Diskusi kelas tentang peranan biologi, ragam permasalahan biologi.
·
Secara
klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk
menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·
Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan
atas kesimpulan siswa.
c. Penutup (20 menit)
·
Resume:
Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang ruang lingkup biologi.
·
Refleksi:
Memberikan pertanyaan berkaitan dengan ruang lingkup biologi.
·
Tindak
lanjut: Penugasan menjawab pertanyaan pada fitur buku paket Rencana
pembelajaran selanjutnya:
Pengenalan peralatan laboratorium, keselamatan kerja.
- Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan (15 menit)
·
Siswa
berada di laboratorium, dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
·
Memberikan salam dan berdoa (sebagai implementasi nilai religius).
·
Mengabsen,
mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi:
Menggali pengetahuan siswa tentang laboratorium. Bagaimana tata tertib
penggunaan laboratorium pada saat di SMP?
·
Memotivasi: Guru menunjukkan peralatan (benda-benda) yang
terdapat di laboratorium. Pernahkah Anda melihat sebelumnya peralatan yang ada
di laboratorium ini?
·
Penyampaian
tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan
Inti (100 menit)
·
Guru mengajak murid untuk mengamati peralatan
(benda-benda) di laboratorium, seperti bentuknya, terbuat dari bahan
kaca/besi/gips, dll.
·
Siswa secara individu melakukan pengamatan
peralatan laboratorium dengan cermat dan teliti.
·
Siswa
mendata peralatan laboratorium.
·
Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·
Guru
menjelaskan fungsi dan cara-cara perawatan peralatan tersebut.
·
Eksplorasi:
Siswa diperkenalkan pada hal-hal lainnya yang berkaitan dengan laboratorium
biologi (membaca tata tertib laboratorium, langkah-langkah keselamatan kerja).
·
Elaborasi:
Demontrasi langkah-langkah keselamatan kerja, biosafety, P3K, peragaan penggunaan beberapa alat-alat
laboratorium (seperti mikroskop, torso, termometer, higrometer).
·
Guru
menjawab pertanyaan dari siswa yang belum paham tentang langkah keselamatan kerja, biosafety, P3K,
peragaan penggunaan alat-alat laboratorium.
·
Secara
klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk
menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·
Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan
atas kesimpulan siswa.
c.
Penutup (20
menit)
·
Resume:
Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang tata tertib bekerja di dalam
laboratorium dan penggunaan peralatan laboratorium.
·
Refleksi:
Memberikan pertanyaan kepada siswa, hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan
kerja di laboratorium dan cara-cara menggunakan peralatan laboratorium.
·
Tindak
lanjut: Penugasan menjawab pertanyaan pada fitur buku paket.
·
Rencana
pembelajaran selanjutnya:
Sikap ilmiah dan metode ilmiah.
- Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan (15 menit)
·
Guru memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·
Guru mengabsen, mengondisikan
kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·
Apersepsi:
Menggali pengetahuan siswa tentang materi metode ilmiah dan penulisan karya
ilmiah.
·
Guru
memotivasi: Menunjukkan contoh-contoh
hasil penemuan para ahli khususnya bidang biologi. Mengapa para ilmuwan dapat
menemukan atau menghasilkan produk sains?
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan
Inti (100 menit)
·
Eksplorasi:
Siswa diberikan tugas mencari permasalahan biologi dan merumuskannya sebagai
langkah awal dalam metode ilmiah.
·
Siswa
dimotivasi/diberikan kesempatan menanya terhadap hal-hal yang kurang
dimengerti.
·
Setiap
kelompok mengemukakan rumusan permasalahan biologi yang telah disepakati.
·
Kelompok
lain menanggapi dan guru mengonfirmasi rumusan masalah yang diajukan oleh
setiap kelompok.
·
Elaborasi:
Siswa bersama kelompoknya
mendesain/merancang eksperimen
sederhana untuk penelitian karya ilmiah yang akan dilakukan di lapang (bisa di
rumah/di sekolah) sesuai dengan permasalahan yang dipilih.
·
Guru
membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mendesain/merancang eksperimen
untuk penelitian karya ilmiah.
·
Siswa
dan guru menyepakati atas rancangan eksperimen yang akan dilakukan oleh
kelompok.
·
Guru
memberikan tambahan informasi tentang sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh
para siswa dalam melakukan eksperimen, sehingga praktik eksperimen akan
berjalan dengan baik.
c.
Penutup (20
menit)
·
Resume:
Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang metode ilmiah.
·
Refleksi:
Bertanya pada kelompok tentang rancangan eksperimen sederhana yang akan
dipraktikkan di rumah/sekolah.
·
Tindak
lanjut: Penugasan untuk melaksanakan proyek penelitian atau eksperimen
sederhana untuk karya ilmiah yang dilakukan di lapang (bisa di rumah/di
sekolah); pembuatan laporan tertulis; dan mengerjakan soal-soal latihan.
·
Rencana
pembelajaran selanjutnya:
Keanekaragaman Hayati (observasi tingkat keanekaragaman hayati di
lingkungan sekitar dan praktik
menggunakan kunci determinasi sederhana untuk mengklasifikasikan makhluk hidup
(misalnya, tumbuh-tumbuhan).
G. Sumber Belajar/Bahan Ajar/Alat
1.
Sumber belajar:
·
Buku teks Biologi SMA/MA kelas X, Program peminatan
kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA), Bab 1.
2.
Bahan ajar:
· Bahan presentasi, gambar-gambar penerapan biologi
dalam kehidupan.
·
Lembar tata tertib keselamatan kerja
laboratorium biologi
3.
Alat:
-
Komputer/LCD, VCD/CD player.
-
Berbagai alat laboratorium untuk pengenalan.
-
Perangkat penelitian dan percobaan sederhana.
H. Penilaian
- Kognitif
a. Hasil jawaban latihan soal-soal (PR).
b. Ulangan harian.
Contoh soal:
·
Sebutkan empat karakteristik sains dan jelaskan artinya.
·
Jelaskan manfaat biologi di bidang: farmasi dan kedokteran.
·
Jelaskan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan.
·
Jelaskan langkah-langkah metode ilmiah.
·
Temukan dan tuliskan satu masalah biologi yang terdapat di sekitar
kehidupan Anda.
2. Psikomotorik
a.
Praktik di laboratorium: Pengenalan peralatan biologi.
b.
Eksperimen dalam praktik metode ilmiah yang dilakukan di rumah, yang
dibuktikan dengan hasil akhir percobaan, laporan, dan foto-foto sebagai dokumen
bukti.
3. Afektif
Pengamatan
sikap dan perilaku saat belajar dan praktikum di laboratorium.
INSTRUMEN PENILAIAN
KEGIATAN PRAKTIK
Indikator :
Menggunakan
rancangan penelitiannya untuk praktik di laboratorium atau di lapangan dalam
rangka menerapkan metode ilmiah melalui kegiatan mandiri.
Aspek penilaian : Psikomotorik
Judul kegiatan : Metode ilmiah
Tanggal Penilaian :
Kelas :
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||
Rancangan
penelitian
|
Kegiatan
penelitian
(foto-foto)
|
Hasil
akhir/produk penelitian
|
Laporan
akhir penelitian
|
Presentasi
hasil penelitian
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
Mengetahui,
……………..., …
Juli 2014
Kepala SMA/MA…………... Guru Mata Pelajaran Biologi,
......................................
............................................
NIP................................ NIP.....................................
assalamu alaikum mas. maaf link downloadnya error kayaknya
ReplyDeleteBLOGNYA TERTUTUP LOGO SMAN 1 BLANAKAN SEHINGGA TIDAK TERLIHAT APA ISINYA.TRIMS
ReplyDelete