RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN 2
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/
Semester : VII/
II
Materi
Pokok : Energi
Dalam Sistem Kehidupan
Sub
Topik :
Transformasi energi dalam sel dan metabolisme sel
Alokasi
waktu : 3
x 40 menit (120 menit)
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridisekolahdan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
1
|
1.1.Mengagumi keteraturandan kompleksitasciptaan Tuhan tentangaspek, fisik dan kimiawi, kehidupan dalamekosistem dan perananmanusia dalamlingkungan sertamewujudkannya dalampengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1.1 Menjaga
kelestarian sumber-sumber energi ciptaan Tuhan sebagai wujud
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.1.
Menunjukkan perilakuilmiah (memiliki rasaingin tahu; objektif;
jujur;teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1.1 Memiliki rasa ingin tahu,objektif,
jujur, teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab,
terbuka
dan kritis melalui
diskusi kelompok dan melakukan pengamatan tayangan video : “How
cell obtain energy?”
|
|
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
2.2.1. Menunjukkan
sikap saling menghargai, kerjasama dan bertanggung jawab dengan anggota kelompok
dalam melaksanakan diskusidan pelaporan hasil diskusi.
|
|
3.6.
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan,
transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
|
3.6.1. Menjelaskanpengertian
transformasi energi
3.6.2. Menjelaskan
perubahan-perubahan energi yang terjadi di alam dan sekitar rumah
3.6.3. Membedakan
metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak
3.6.4. Melakukan
pengamatan terhadap fenomena transformasi energi dan metabolisme sel
|
|
4.8. Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan
hijau.
|
4.8.1 Melakukan
pengamatan kemudian mendiskusikan hasilnya.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui diskusi
kelompok, peserta didik dapat menjelaskan pengertian tranformasi energi dan
aliran perpindahan energi yang ada di alam.
2.
Selama
proses pembelajaran, peserta didik dapat menjelaskan perubahan-perubahan energi
yang terjadi di alam dan sekitar rumah
3. Melalui
pengamatan, peserta didik dapat menuliskan reaksi kimia dari fotosintesis dan
menyebutkan hasil-hasilnya.
4.
Melalui
pengamatan, peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis.
5.
Selama
proses pembelajaran, peserta didik dapat membedakan metabolisme karbohidrat,
protein, dan lemak
6. Selama proses
pembelajaran, peserta didik dapat menentukan besarnya energi yang dihasilkan
oleh 1 gram zat karbohidrat, 1 gr protein dan 1 gram lemak.
7. Selama proses
pembelajaran, peserta didik dapat memberikan contoh bahan makanan yang
menghasilkan energi dari masing-masing zat makanan.
8. Setelah
melakukan kegiatan pengamatan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil
diskusinya.
9. Setelah
melakukan pengamatan, peserta didik dapat mempresentasikan hasil diskusinya
secara lisan atau tertulis.
10. Selama proses
pembelajaran, peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu,objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,bertanggung jawab,
terbuka
dan kritis.
11. Dalam kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat menunjukkan sikap saling menghargai,
kerjasama dan bertanggung jawab dengan anggota kelompok dalam melaksanakan
diskusi, pelaporan hasil diskusi dan memecahkan masalah.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
§ Pengertian
transformasi energi dlam sel
2.
§ Transformasi
energi oleh klorofil
3.
§ Transformasi
energi oleh mitokondria
4.
§ Metabolisme
sel
5.
§ Makanan
sebagai sumber energi : karbohidrat, lemak dan protein
E. METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode :
Diskusi dan eksperimen
3. Model :
Discovery learning
F. MEDIA,
ALAT BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media :
LCD, Laptop, Video
2. Alat
dan bahan
Ø Alat :
lampu dalam kelas
Ø Bahan :
-
3. Sumber
Belajar
·
Wahono,
dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Peserta didik.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 130-133
·
Wahono,
dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Guru. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 161-164.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan
1)
Guru
menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2)
Guru
memotivasi peserta didik dengan meminta seorang peserta didik menyalakan lampu
di dalam kelas.
a.
Mengamati:
3)
Peserta
didik melihat/mengamati dan diminta untuk memikirkan kejadian tersebut.
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b. Kegiatan
Inti
1)
Peserta
didik diingatkan untuk berdiskusi dalam kelompok masing-masing.
a.
Mengamati:
2)
Guru
menayangkan video “ How cell obtain energi”.
3)
Peserta
didik dalam kelompok mengamati tayangan video, kemudian mendiskusikan hasilnya
dengan anggota kelompoknya.
a.
Menanya:
4)
Peserta
didik menanyakan darimana tumbuhan memperoleh energi? Menanyakan bagaimana
tumbuhan memproses energi cahaya matahari sehingga didapatkan energi?
a.
Eksperimen/eksplorasi:
5)
Peserta
didik mendiskusikan proses fotosintesis yang berlangsung dalam klorofil
tumbuhan hijau
6)
Peserta
didik mendiskuskan hasil dari proses fotosintesis.
7)
Peserta
didik mendiskusikan proses transformasi energi dalam mitokondria
8)
Peserta
didik mendiskusikan metabolisme dalam sel termasuk anabolisme dan katabolisme.
9)
Peserta
didik mendiskusikan makanan sebagai sumber energi.
a.
Mengasosiasikan:
10)
Peserta
didik membuat kesimpulan tentang proses fotosintesis dan hasilnya.
11)
Peserta
didik membuat kesimpulan tentang metabolisme dalam sel.
12)
Peserta
didik membandingkan jumlah energi yang dihasilkan oleh karbohidrat, protein dan
lemak.
a.
Mengkomunikasikan:
13)
Peserta
didik menyampaikan hasil kesimpulan tentang proses fotosintesis dan hasilnya.
14)
Peserta
didik mempresentasikan kesimpulan tentang metabolisme dalam sel.
15)
Peserta
didik mempresentasikan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan oleh
karbohidrat, protein dan lemak.
c. Penutup
1) Guru memberi
penghargaan untuk kelompok dengan penampilan terbaik.
2) Guru
mengingatkan peserta didik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan
menyampaikan materi yang akan datang.
H. PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap sosial ( disiplin )
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian Diri
c. Kisi-kisi
No
|
Pernyataan
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Saya
menghormati teman yang berbeda pendapat
|
1
|
2
|
Saya
menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
1
|
3
|
Saya
menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
1
|
4
|
Saya mau
bekerja sama dengan siapapun
|
1
|
5
|
Saya memaafkan
kesalahan orang lain
|
1
|
2. Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Lisan,
b. Bentuk
Instrumen : Daftar Pertanyaan,
c. Kisi-kisi
No
|
Indikator
Soal
|
No.
Butir Soal
|
Bentuk
soal
|
1
|
Peserta didik
dapat menuliskan reaksi fotosintesis dan menyebutkan hasil-hasilnya
|
1
|
lisan
|
2
|
Peserta didik
dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
2
|
lisan
|
3
|
Peserta didik
dapat menyebutkan organel sel yang berperan sebagai sumber energi dalam zat
makanan
|
3
|
lisan
|
4
|
Peserta didik
dapat menentukan besarnya energi yang dihasilkan dari karbohidrat, protein
dan lemak
|
4
|
lisan
|
5
|
Peserta didik
dapat memberikan contoh makanan yang mengandung protein!.
|
5
|
lisan
|
Lampiran
1:
LEMBAR PENILAIAN
DIRI
SIKAP
DISIPILIN
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Materi
Pokok : ………………….
Tanggal : ………………….
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki
sebagai berikut :
Ya =
apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan
Tidak =
apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan.
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya masuk
kelas tepat waktu
|
||
2
|
Saya
mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||
3
|
Saya memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||
4
|
Saya
mengerjakan tugas yang diberikan
|
||
5
|
Saya tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||
6
|
Saya mengikuti
praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
||
7
|
Saya membawa
buku tulis sesuai mata pelajaran
|
||
8
|
Saya membawa
buku teks mata pelajaran
|
||
Jumlah
|
Petunjuk
Penyekoran
Jawaban YA
diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
PENILAIAN PENGETAHUAN
Soal Lisan
1. Tuliskan
reaksi fotosintesis dan sebutkan hasil-hasilnya!
2. Sebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis!
3. Siapakah
yang berperan sebagai sumber energi dalam zat makanan?
4. Berapakah
besar energi yang dihasilkan dari masing-masing zat makanan dari soal No. 4 di
atas?
5. Berikan
contoh makanan yang mengandung protein!
Jawaban cahaya
MH
1. 6CO2 + 6H2O
. ——————> C6H12O6 +
6 O2
Klorofil
2. CO2,
H2O, cahaya matahari
3. Karbohidrat,
lemak, protein
4. 1
gr karbohidrat = 4 kal, 1 gr lemak = 9 kal, 1 gr protein = 4 kal.
5. Telur,
kacang-kacangan, daging, ikan, gandum,
dll
Pedoman
penskoran
Rubrik Penilaian
Tes Lisan
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika
terjawab dengan benar
|
2
|
2
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
3
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
4
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
5
|
Jika terjawab
dengan benar
|
2
|
Total
|
10
|
No comments:
Write komentar