RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PERTEMUAN 3
Satuan
Pendidikan : SMP/Mts
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/
Semesteran : VII
/ Semester 2
Topik : Energi
dalam sistem kehidupan
Sub
topik : Respirasi
Alokasi
waktu : 2 x
40 menit ( 1 kali tatap muka )
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1.Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah ( memiliki rasa ingin
tahu,objectif,jujur,teliti,cermat,tekun,hati-hati,bertanggung
jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif,dan peduli lingkungan dalam kehidupan
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
diskusi.
2.2 Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam akrivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.6. Mengenal konsep energi, berbagai
sumber energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan
makanan, dan fotosintesis.
4.9. Melakukan percobaan untuk
menyelidiki respirasi pada hewan.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi
bahan percobaan untuk pengamatan respirasi serangga.
2.
Terampil
melakukan percobaan pengamatan respirasi serangga.
3.
Menjelaskan
pengertian respirasi serangga.
4.
Mengidentifikasi
respirasi membutuhkan oksigen.
5.
Menjelaskan
respirasi mengeluarkan karbon dioksida dan menghasilkan energi.
6.
Mengembangkan
rasa ingin tahu,teliti,jujur dan peduli lingkungan melalui diskusi,kerja
kelompok dan melakukan percobaan pengamatan respirasi serangga.
7.
Menunjukkan
ketekunan ,tanggung jawab,saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja
baik secara individu maupun kelompok.
8.
Menunjukkan
peristiwa respirasi dalam kehidupan sehari-hari .
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
kajian LKS ,Siswa dapat mengidentifikasi bahan percobaan pengamatan respirasi
serangga.
2.
Disediakan
beberapa bahan,siswa terampil melakukan percobaan pengamatan respirasi
serangga.
3.
Dengan
percobaan memasukkan serangga kedalam respirometer dan mengamati gerak eosin
pada ujung respirometer yang berskala,siswa dapat menjelaskan pengertian
respirasi.
4.
Dengan
percobaan memasukkan serangga kedalam respirometer dan mengamati gerak eosin pada
ujung respirometer yang berskala,siswa dapat menjelaskan bahwa respirasi
membutuhkan oksigen.
5.
Dengan
percobaan memasukkan serangga kedalam respirometer dan mengamati gerak eosin
pada ujung respirometer yang berskala,siswa dapat menjelaskan bahwa respirasi
mengeluarkan karbon dioksida dan menghasilkan energi.
6.
Siswa
dapat mengembangkan perilaku rasa ingin tahu ,teliti,jujur dan peduli
lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok dan melakukkan percobaan pengamatan
respirasi serangga..
7.
Siswa
dapat mengembangkan sikap tekun,tanggung jawab dan saling menghargai pendapat
melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok.
8.
Siswa
dapat mengidentifikasi peristiwa respirasi didalam
kehidupan sehari-hari.
D. MATERI
· Proses
pernapasan ada 2 tahap:
a.
Fase
Inspirasi
b.
Fase
ekspirasi
· Fase
inspirasi : otot antara tulang rusuk berkontraksi,sehingga rongga dada
membesar, akibatnya tekanan udara dalam rongga dada lebih kecil dari udara
luar, sehingga udara yang kaya oksigen masuk kedalam tubuh.
· Fase
ekspirasi: kembalinya otot antara tulang rusuk ke posisi semula sehingga rongga
dada menjadi kecil, akibatnya tekanan udara dalam rongga dada lebih besar dari
udara luar sehingga udara yang kaya karbin dioksida keluar.
· Respirasi:
suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat.sumber energi melalui
proses kimia dengan menggunakan oksigen.
· Respirasi
pada glukosa dan reaksi sederhananya:
C6H12O6 +
O2 Ã 6CO2 +
6H2O + energi
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
-
1.
|
Pendekatan
|
:Scientific
|
2.
|
Metode
|
:DiskusidanEksperimen
|
3.
|
Model
|
: Discovery
Learning
|
-
F. MEDIA,ALAT, DANSUMBERPEMBELAJARAN
1. Media : Komputer,LCD
2. Alatdan Bahan :
* Alat : respirometer,
neraca, pipet, dan stopwatch.
*
Bahan : serangga, KOH/NaOH, larutan eosin,
plastisin, kapas.
3.Sumber
Belajar
a. Buku
IPA siswa kelas VII ,Puskurbuk 2013
b.
LKS percobaan pengamatan respirasi serangga
c.
sumber lain dari internet
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah –langkah model Discovery
Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|||
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (Stimulasi )
|
Pemusatan
perhatian:
Guru
menunjuk salah satu siswa untuk melakukan kegiatan bernapas. Kemudian guru
mengajukan pertanyaan :
· Dari percobaan
tersebut zat apa yang dibutuhkan untuk bernapas ?
· Apakah
yang dimaksud dengan bernapas ?
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
|||
Kegiatan
inti
|
Pembahasan
tugas
Observasi
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisa
Verifikasi
Generalisasi
|
· Guru
menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pengamatan
respirasi serangga
· Guru
membagi siswa dalam 6 kelompok
· Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS pengamatan respirasi serangga.
· Melakukan
percobaan respirasi serangga.
Siswa
mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada LKS
· Mengolah
data dan menganalisis dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan pada
LKS
· Presentasi
hasil percobaan
· Diskusi
zat yang dibutuhkan dan yang dikeluarkan pada proses respirasi.
· Membuat
kesimpulan tentang pengamatan respirasi serangga.
|
50
menit
|
|||
Penutup
|
· Siswa
dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
· Guru
memberikan reward kepada kelompok yang kinerjanya baik
· Siswa
menjawab pertanyaan tentang pengertian respirasi dan menyebutkan zat yang
dibutuhkan serta yang dikeluarkan saat respirasi .
· Pemberian
tugas untuk menjelaskan proses respirasi pada makhluk hidup yang ada
disekitar kehidupan siswa.
|
20
menit
|
||||
H. PENILAIAN
1. Metode
dan Bentuk
Penilaian
Metode
|
Bentuk
Penilaian
|
· Tes
Praktik
|
· Lembar
Tes Praktik
|
InstrumenTes Praktik
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
|||
2
|
Deskripsi
pengamatan
|
|||
3
|
Menafsirkan
peristiwa yang akan terjadi
|
|||
4
|
Melakukan
praktik
|
|||
5
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
|||
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
3. Menyiapakan seluruh alat
dan bahan yang diperlukan.
2. Menyiapakan sebagian alat
dan bahan yang diperlukan.
1. Tidak
menyiapakan seluruhalat dan bahan yang diperlukan.
|
2.
|
Deskripsi
pengamatan
|
3. Memperoleh
deskripsi hasil pengamatan secara lengkapsesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
2. Memperoleh
deskripsi hasil pengamatan kurang lengkapsesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
1. Tidak
memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai
dengan prosedur yang ditetapkan.
|
3.
|
Menafsirkan
peristiwa yang akan terjadi
|
3. Mampu
memberikan penafsiran benar secara substantif.
2. Mampu
memberikan penafsiran kurang benarsecara substantif.
1. Tidak
mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
|
4.
|
Melakukan
praktik
|
3. Mampu
melakukan praktik dengan menggunakan seluruhprosedur yang ada.
2. Mampu
melakukan praktik dengan menggunakansebagian prosedur yang ada.
1. Tidak
mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
|
5.
|
Mempresentasikan
hasil praktik
|
3. Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2. Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah
dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1. Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit
dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X
100
|
Skor Maksimum
|
LEMBAR KERJA
SISWA
( LKS )
PENGAMATAN
RESPIRASI SERANGGA
Respirasi
merupakan salah satu ciri-ciri makhluk hidup. Untuk mengidentifikasi respirasi
kita perlu mengetahui ada zat yang dibutuhkan dan ada zat yang
dikeluarkan.Untuk itu cobalah lakukan kegiatan berikut ini :
Kegiatan
:
I
. Tujuan : Mengamati respirasi pada serangga
II.
Alat dan Bahan :
Alat : respirometer,
neraca, pipet, dan stopwatch.
Bahan
: serangga, KOH/NaOH, larutan eosin, plastisin, kapas
II.
Cara Kerja :
a. Tabung
respirometer dikeluarkan dari tempatnya.
b. Timbang serangga
yang dipakai untuk praktikum.
c. Susun alat dan
bahan .
d. Tempatkan pada
tempat yang datar.
e. Tutuplah
sambungan antara pipa bejana agar tidak bocor udaranya.
f. Bungkus kristal
KOH dengan menggunakan kapas dan memasukkanya kedalam respirometer.
g. Masukkan 1 ekor
serangga dan tutup respirometer dengan memberi plastisin pada sambungan
penutupnya untuk menghindari udara keluar atau masuk respirometer.
h. Tetesi ujung
respirometer yang berskala dengan eosin secukupnya dengan menggunakan alat
suntik/pipet.
i.
Amati
pergerakan eosin setiap 2 menit pada tabung berskala tersebut!
j.
Catat
hasil pengamatanmu pada lembar LKS.
k. Setelah selesai
bersihkan respirometer!
IV.
Pengamatan :
2
menit ke 1
|
2
menit ke 2
|
2
menit ke 3
|
2
menit ke 4
|
2
menit ke 5
|
2
menit ke 6
|
2
menit ke 7
|
2
menit ke 8
|
|
serangga
|
V.
PERTANYAAN
1.
Apa yang terjadi dengan kedudukan eosin?
2.
Mengapa hal itu bisa terjadi ?
3.
Apa kesimpulan yang dapat di ambil dari percobaan tersebut diatas?
No comments:
Write komentar