Saturday 3 February 2018

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII Energi dalam sistem kehidupan Fotosintesis



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 5

Satuan Pendidikan        :  Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran              :  IPA 
Kelas/Semester             :  Kelas VII / Semester 2
Topik                                Energi dalam sistem kehidupan  
Sub Topik                        Fotosintesis
Alokasi  Waktu                 2  40 menit ( 1 kali tatap muka)


A.     KOMPETENSI INTI
K.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.3.           Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodofikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis ,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR
NO
Kompetensi Dasae
Indikator Kompetensi Dasar
1
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas  ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,    kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2          Mengagumi keteraturan dan kompleksitas energi sebagai ciptaan Tuhan
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.1.1 Menunjukkan sikap teliti, cermat, tekun , kritis dan bertanggung jawab ketika melakukan pengamatan energy,fotosintesis sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
3.6   Mengenal konsep energi,berbagai sumber energi ,energi makanan,transformasi energi dalam sel,metabolisme sel,respirasi,sistem pencernakan makanan,dan fotosintesis.
3.6.1.Mengidentifikasi energi ,fotosintesis serta mampu menjelaskan konsep fotosintesis di sekitar lingkungan peserta didik
4.8  Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
4.8.1.Terampil dalam merakit alat untuk percobaan serta menyajikan hasil analisis data observasi terhadap fotosintesis.


C.TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
1.   Melalui pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat mengembangkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas energi,fotosintesis sebagai ciptaan Tuhan.
2.   Melalui pengamatan lingkungan sekitar dan diskusi, peserta didik dapat mengembangkan  keterampilan   perilaku  rasa  ingin  tahu, teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab dan saling menghargai.
3.   Melalui pengamatan lingkungan sekitar,  peserta didik  dapat mengidentifikasi  energi dan fotosintesis di sekitar lingkungan dengan cermat dan teliti.
4.   Melalui pengamatan,  peserta didik dapat mengidentifikasikan energi,fotosintesis di sekitar lingkungan.
5.   Melalui presentasi,  peserta didik dapat menyajikan hasil analisis data observasi  terhadap energi,fotosintesis.
D.MATERI
Fotosintesis berasal dari kata foto yang berarti cahaya dansintesis yang berarti penyusunan.
2
Jadi  fotosintesis  adalah  proses  penyusunan  dari  zat  organik  H O  dan
2
CO  menjadi senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya.
Fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yangmempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari (Kimball, 2002).
1.    Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. Hampir semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalamfotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi
2.    Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof
3.    Fotosintesis memiliki dua macam reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Selama reaksi terang, klorofil bersama denganpigmen-pigmen lain di dalam kloroplas menyerap energi cahayamatahari dan mengkonversinya menjadi energi kimia yang disimpandalam ikatan kimia penyusun glukosa.
4.    Fotosintesis  hanya  dapat  dilakukan  oleh  tumbuhan  dan ganggang hijau yang bersifat autotrof.
5.    Fotosintesis    terjadi    di    dalam    kloroplas.    Kloroplas   merupakan organel plastid yang mengandung pigmen hijau daun(klorofil). Sel yang mengandung kloroplas terdapat pada mesofil daun tanaman, yaitu sel-sel jaringan tiang (palisade) dan sel-seljaringan bunga karang (spons). Di dalam kloroplas terdapat klorofil pada protein integral membran tilakoid. Klorofil dapat dibedakanmenjadi klorofil a dan klorofil b. Klorofil a merupakan hijau rumput(green grass pigment) yang mampu menyerap cahaya merah danbiru-keunguan. Klorofil a ini sangat berperan dalam reaksi gelapfotosintesis.
6.    Fotosintesis terjadi hanya di bagian hijau tanaman. Untuk efisiensi fotosintesis daun harus tipis dan memiliki luas permukaan besar. Ini membantu dalam penyerapan cahaya dan difusi gas, dan sarana untuk mencegah kehilangan air yang berlebihan melalui stomata dan epidermis. Kloroplas jumlahbesar dalam sel-sel mesofil palisade menyediakan jaringanfotosintetik utama. Ruang antara spons berbentuk tidak teraturdi dalam sel-sel mesofil daun untuk melakukan difusi gas.Turgor sel penjaga berubah menjadi gas menyediakan pertukaran dengan atmosfer. Kutikula pada berlapis tunggal bersifat transparan epidermis atas dan bawah melindungi daun dari pengeringan dan infeksi.
7.    Proses Fotosintesis dalam reaksi kimia:
CO2 + H2O           C 6 H 12O 6 + O2

E.PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan             Scientific
2.      Metode              Bermain peran
3.      Model                 Inquiri learning

F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.   Media
Lingkungan, Charta , Laptop, LCD. 
2.   Alat dan Bahan
Nama dan alat praktikum sesuai  dengan yang tertulis dalam LKS
3.   Sumber Belajar
a.      Buku  IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013 
b.      Internet
c.      Majalah

G.KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama ( 2 JP)
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Pendahuluan
a. Orientasi


b.Motivasi


c. Apersepsi




d.Menyampaikan
 tujuan
a. Guru memperlihatkan gambar slide fotosintesis dan proses bermain peran
b. Guru mengajukan pertanyaan mengapa cahaya matahari diperlukan untuk tumbuhan.
c. Guru merangkai kerangka berfikir peserta didik dengan mengaikatkan materi strukktur daun yang sudah diterangkan dengan materi sekarang.
d. Guru menyampaikan tujuan daun untuk fotosintesis.
10 menit
Kegiatan Inti
a.Mengamati


b.Menanya


c.Menalar


d.Mencoba


e.Membentuk jaringan


 a. Peserta didik mengamati gambar     slide fotosintesis dan proses kegiatan bermain peran yang ditampilkan guru.
b. Peserta didik menanyakan kenapa matahari sangat diperlukan pada proses fotosintesis.
c. Peserta didik mencari jawaban sementara tentang proses fotosintesis yang memerlukan cahaya matahari.
d. Peserta didik mengaikatkan peranan cahaya matahari dengan kegiatan fotosintesis.
e. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan cara bermain peran di kelas.
60 menit
 Penutup
a. Kesimpulan


b. Refleksi

c. Evaluasi



d. Usaha dan tindak lanjut
a. Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan dari proses bermain peran tentang fotosintesis.
b. Guru memberi reward pada kelompok yang baik.
c. Guru memberikan evaluasi pada peserta didik dengan memberikan tugas porto folio tentang fotosintesis.
d. Guru memberikan remidi dari hasil pembelajaran bagi siswa yang memperoleh nilai kurang dari kkm dan pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai diatas kkm.

10 menit

C.     PENILAIAN
1.  Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap,Ketrampilan
Lembar Pengamatan Sikap,Ketrampilan dan Rubrik
Tes Tertulis
Uraian


2.    Instrumen
a.  Lembar Pengamatan Sikap
Lembar PENILAIAN DIRI SIKAP DISIPLIN
Nama Peserta Didik     :....................................................
Kelas                             :....................................................
Materi Pokok                :....................................................
Tanggal                         :....................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik.Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki sebagai berikut:
Ya         = apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan
Tidak     = apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai.

Nama Peserta Didik     :.........................................................
Kelas                             :.........................................................
Tanggal Pengamatan   :.........................................................
Materi Pokok                :.........................................................
NO
Sikap yang di amati
Melakukan
Ya
Tidak
1.
Saya masuk kelas tepat waktu
2.
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu
3.
Saya memakai seragam sesuai tata tertib
4.
Saya memberikan tugas yang diberikan
5.
Saya tertib dalam mengikuti pembelajaran
6.
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang di tetapkan
7.
Saya membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
8.
Saya membawa buku teks mata pelajaran
Jumlah skor

Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1,dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

  X 4 = skor akhir

b.Lembar penilaian ketrampilan
    
NO
ASPEK YANG DINILAI
RUBRIK
SKOR
1.
Berkomunikasi
Aktif mengemukakan gagasan menghargai pendapat siswa lain.
Aktif mengemukakan gagasan tetapi kurang menghargai siswa lain.
3

2
2.
Menguasai peran
Menguasai perannya dan mampu membawakan dimuka kelas.
Menguasai perannya tetapi kurang mampu membawakan perannya dimuka kelas.
3

Penilaian
      
NO
Nama
Ketrampilan yang dinilai
Skor
Berkomunikasi
Menguasai peran
3
2
3
2
    
Penilaian
                 Nilai : Jumlah skor maksimal X 10


D.     INSTRUMEN SOAL PENGETAHUAN
Soal Uraian
            1.Jelaskan tujuan dari fotosintesis.
            2.Uraikan peristiwa yang terjadi pada reaksi terang.
            Kunci jawaban:
1.Tujuan fotosintesis adalah untuk memperoleh energi dalam bentuk glukosa atau karbohidrat.
2.Pada reaksi terang kloroplas mengikat sinar merah matahari dan digunakan untuk memecah molekul air  menjadi H dan O,peristiwa ini disebut plasmolisis.
Nilai     =     X 100


No comments:
Write komentar