RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PERT 4
Satuan
pendidikan :
Sekolah Menengah Pertama
Mata
Pelajaran :
ΙPA
Topik :
Suhu dan Perubahannya
Sub
Topik :
Pemuaian panjang luas dan volume
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Kelas/Semester :
VII/2
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1. Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik
dan kimiawi , kehidupan dalam ekosistem , dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
|
2
|
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektf, jujur,
teliti, cermat, tekun,hati-hati,bertanggung jawab, terbuka, kreatif, inovatif
dan peduli lngkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
|
3
|
3.7.Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan dalam
kehidupan sehari-hari
|
1. Peserta
didik membedakan konduksi dan konveksi.
2. Peserta
didik menjelaskan contoh peristiwa konduksi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Peserta
didik menjelaskan contoh cara pemanfaatan konduksi, konveksi, dan radiasi
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
4.7.Melakukan
percobaan untuk menyelidik suhudanperubahannya serta pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu dan perubahan wujud benda.
|
1. Peserta
didik dapat menyelidiki pengaruh jenis bahan terhadap kemampuan menghantarkan
kalor pada peristiwa konduksi.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta
didik dapat menyelidiki pengaruh jenis bahan terhadap
kemampuan
menghantarkan kalor pada peristiwa konduksi.
2. Peserta didik
membedakan konduksi dan konveksi.
3. Peserta
didik menjelaskan contoh konduksi dalam kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik
menjelaskan contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari.
D. MATERI
.A. Perpindahan Kalor
Kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke
benda bersuhu rendah.Bagaimanakah caranya?
1. Konduksi
Saat kamu menyetrika, setrika
yang panas bersentuhan dengan kain yang
kamu setrika. Kalor berpindah dari setrika ke
kain. Perpindahan kalor seperti ini
disebut konduksi. Perhatikan mekanisme
perpindahan kalor secara konduksi pada
Mengapa panas setrika sampai pada baju yang
disetrika? Jaringan fibrinogen Sel darah merah
Saat suhu naik, partikel benda bergetar
lebih cepat Kalor perpindah, partikel tidak ikut berpindah
partikel itu membentur tetangganya, sehingga
tetangganya bergetar makin cepat; suhu makin tinggi
Bagaimanakah perpindahan kalor secara
konduksi dapat berlangsung?
Konduksi merupakan perpindahan panas melalui
bahan tanpa disertai
perpindahan partikel-partikel bahan itu.
Apakah jenis bahan berpengaruh terhadap
konduktivitas bahan?
1. Siapkan sendok kayu, sendok
logam, dan sendok plastik yang berukuran hampir
sama.Tempelkan paku payung pada pegangan
sendok-sendok tersebut dengan
menggunakan mentega!
2. Berdirikan sendok-sendok
tersebut pada gelas beker atau panci. Jika mentega
meleleh, paku payung akan jatuh. Ramalkan
urutan jatuhnya paku payung
tersebut jika air panas dimasukkan ke dalam
gelas beker!
3. Masukkan air panas ke dalam
gelas beker tersebut! Amatilah urutan jatuhnya
paku payung! Apakah tiap-tiap kelompok dalam
kelasmu memperoleh hasil yang
sama?
Analisis:
Berdasarkan data pengamatanmu, jawab
permasalahan dalam penyeli1. Pemuaian Zat Padat Benda yang jenisnya berbeda
memiliki kemampuan menghantarkan panas secara
konduksi (konduktivitas) yang berbeda pula. Bahan yang mampu menghantarkan
panas dengan baik disebut konduktor. Konduktor buruk disebut isolator.
Seperti hasil
percobaanmu, logam termasuk konduktor. Kayu dan plastik termasuk isolator.
Berbagai peralatan rumah tangga memanfaatkan sifat konduktivitas bahan.
Timbal air bata kayu stirofom udara hampa baja aluminium emas tembaga perak
Kemampuan menghantarkan kalor semakin baik Kemampuan menghantarkan kalor
semakin buruk Gambar 8.11 Bahan-bahan Konduktor dari isolator panas
Peralatan memasak yang bersentuhan dengan api menggunakan konduktor
yang baik, sedangkan pegangannya menggunakan isolator yang baik.
Peralatan rumah tangga yang
memanfaatkan sifat konduktivitas bahan. Kayu alumunium Panas kopi dapat
bertahan cukup lama di gelas kaca karena gelas merupakan isolator
yang baik. Dapatkah kamu memberikan ide bagaimana agar panas kopi tersebut
bertahan lebih lama lagi? Dokumen penulis
2. Konveksi
Air merupakan konduktor yang buruk. Namun,
ketika air bagian bawah dipanaskan, ternyata air bagian atas juga ikut panas.
Berarti, ada cara perpindahan panas yang lain pada air tersebut, yaitu
konveksi.
Saat air bagian bawah mendapatkan kalor dari
pemanas, air memuai sehingga menjadi lebih ringan dan bergerak naik dan
digantikan dengan air dingin dari bagian atas. Dengan cara ini, panas dari
air bagian bawah berpindah bersama aliran air
menuju bagian atas. Proses ini disebut
konveksi. Pola aliran air membentuk arus konveksi.
Arus konveksi dapat kamu temui di pantai,
berupa angin laut dan angin darat. Konveksi dimanfaatkan pada berbagai
peralatan. Berikut contohnya: Elemen pemanas oven, pemanggang roti, magic
jar, dan lain-lain biasanya terletak di bagian bawah. Saat difungsikan,
udara bagian bawah akan menjadi lebih panas dan bergerak naik, sedangkan udara
bagian atas yang lebih dingin akan bergerak turun. Pada peralatan tertentu
seperti pengering rambut (hair dryer), aliran konveksi dibantu
(atau dipaksa) dengan menggunakan kipas.
E. PENDEKATAN STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode :
kooperatif dan Diskusi
3. Model :
Discovery-Inquiri – Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Lingkungan,Charta, Laptop, LCD
2.
Alat Dan Bahan
Alat dan bahan: Alat dan bahan untuk kegiatan
penyelidikan:
“Apakah jenis bahan berpengaruh terhadap konduktivitas
bahan?”dan “Mengamati arus konveksi”.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkahlangkah model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Mencip takan situasi
|
· Pemusatan
perhatian
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi
peserta didik
tunjukkanlah demontrasi antara peristiwa
konduksi dan konveksi kemudian mintalah untuk menanggapi peristiwa tersebut.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Diskusikan pengertian
- Menyampaikan
informasi yang akan dilakukan yaitu percobaan tentang energi potensial
- Membagi
siswa menjadi 6 kelompok
- Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS tentang besarnya energi potensial dan hubungan
antara energi kimia dengan energi listrik.
- Melakukan
percobaan energi potensial dan hubungan antara energi kimia dan energi
listrik
- Siswa
mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan
Siswa mengolah dan menganalisis data dari
setiap percobaan dan menjawab setiap pertanyaan yang ada pada LKS
- Presentasi
hasil percobaan
- Diskusi
data hasil percobaan
- Membuat
kesimpulan tentang Energi potensial dan hubungan antara energi kimia dan
energi listrik
Pemberian reward atau penhgargaan pada
peserta didik
|
50 menit
|
Penutup
|
- Siswa
dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan reward atau penghargaan (misalnya pujian atau penghargaan lain
yang relevan) kepada kelompok yang bekerja baik
- Siswa
menjawab kuis tentang energi
- Pemberian
tugas untuk mempelajari energi dalam kehidupan sehari-hari.
|
20 menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian Unjuk Kerja
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
Mengetahui,
|
Subang. Agustus 2014
|
|
Kepala SMP Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
|
|
NIP : 197106161998021003
|
Instrument
a. Lembar Pengamatan Sikap
- Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
||||
2
|
Ketelitian dan keseriusan dalam konveksi dan konduksi
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individu atau kelompok
|
||||
4
|
Ketrampilan saat presentasi
|
- Rubrik
Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: Menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, aktif
dalam
melakukan kegiatan kelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu
tetapi tidak terlalu
antusias,
baru terlibat aktif setelah disuruh
1: Tidak menunjukkan antusias
dalam konveksi dan konduksi, sulit terlibat aktif meskipun telah
didorong untuk aktif
|
2
|
Ketelitian dan hati hati
|
3: Melakukan konveksi dan
konduksi sesuai prosedurdan serius
2: Melakukan konveksi dan
konduksi sesuai prosedur setelah diberi petunjuk
1: Tidak melakukan konveksi dan
konduksi, sulit terlibat aktif meskipun telah didorong untuk aktif.
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individumaupun kelompok
|
3: Tekun menyelesaikan tugas
sampai akhir konveksi dan konduksi, dan tepat waktu
2: Berupaya tepat waktu
dalam menyelesaikan tugas kelompok
1: Tidak berupaya sungguh
sungguh untuk menyelesaikan tugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3: Dapat mempresentasikan
dasil konveksi dan konduksi besaran dengan baik dan benar
2:Berupaya sungguh sungguh untuk presentasi, meskipun belum sempurna
1:Tidak melakukan presentasi ,meskipun
disuruh maju oleh Guru
|
SOAL URAIAN
1. Apakah konduktor itu? Beri 5 contoh
konduktor?
2. Apakah isolator itu? Beri 5 contoh
isolator?
KUNCI JAWABAN
1.
Bahan yang mampu menghantarkan
panas dengan baik disebut konduktor. Baja, aluminium ,emas ,tembaga, perak
2.
Konduktor buruk disebut isolator. Seperti
hasil percobaanmu, logam termasuk konduktor. Kayu dan plastik termasuk
isolator. bata ,kayu ,stirofom ,udara, hampa
RUBRIK PENILAIAN URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban dijawab dengan benar
|
5
|
2
|
Jika jawaban dijawab dengan benar
|
5
|
Total
|
10
|
NILAI = TOTAL
SKOR X 10
No comments:
Write komentar