DOWNLOAD DISINI UNTUK TAMPILAN YANG LEBIH RAPIH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
pendidikan :
Sekolah Menengah Pertama
Mata
Pelajaran :
ΙPA
Topik
: Kalor dan Perubahannya
Sub
Topik
: Kalor dan Perubahan Wujud
Alokasi
Waktu
: 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1. Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik
dan kimiawi , kehidupan dalam ekosistem , dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
|
2
|
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektf, jujur,
teliti, cermat, tekun,hati-hati,bertanggung jawab, terbuka, kreatif, inovatif
dan peduli lngkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
|
3
|
3.7.Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan dalam
kehidupan sehari-hari
|
.
1. Peserta
didik dapat menentukan kalor untuk perubahan wujud.
|
4
|
4.7.Melakukan
percobaan untuk menyelidik suhu danperubahannya serta pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu dan perubahan wujud benda.
|
1. Peserta
didik dapat menyelidiki karakteristik suhu benda pada saat benda mengalami
perubahan wujud.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat menyelidiki karakteristik suhu benda
pada saat benda mengalami perubahan wujud.
2. Peserta didik dapat menentukan kalor untuk perubahan
wujud.
D. MATERI
.A. Perpindahan Kalor
penyelidikan kalor pada perubahan wujud dan
pemahaman tentang kalor untuk perubahan wujud. Beberapa hal yang perlu
diperhatikan guru:
1) Perubahan wujud beserta kalor yang
diperlukan atau diserap benda yang berubah wujud dapat dilihat dalam buku
pegangan peserta didik.
2) Beda menguap dan mendidih:
a) Menguap dapat terjadi pada sembarang suhu,
perubahan dari fase cair ke gas terjadi pada permukaan zat cair. b) Mendidih
terjadi pada suhu tertentu, yakni pada titik didihnya (dipengaruhi tekanan
udara pada zat cair itu), perubahan dari fase cair ke gas terjadi pada seluruh
bagian zat cair. Di permukaan laut, air mendidih pada suhu 100oC, titik didih
semakin mengecil seiring ketinggian (tekanan udara semakin kecil).
c) Sebenarnya, suhu bukan faktor penentu
peristiwa mendidih, namun tekananlah faktor penentunya. Bisa jadi, saat suhu
turun, terjadi peristiwa mendidih.
1. Membeku yaitu perubahan wujud zat dari
cair ke padat
2. Mencair atau melebur yaitu perubahan wujud
zat dari padat ke cair
3. Mengkristal yaitu perubahan wujud zat dari
gas ke padat
4. Menyublim yaitu perubahan wujud zat dari
padat ke gas
5. Menguap yaitu perubahan wujud zat dari
cair ke gas
6. Mengembun yaitu perubahan wujud zat dari
gas ke cair.
E. PENDEKATAN STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode :
kooperatif dan Diskusi
3. Model :
Discovery-Inquiri – Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Lingkungan,Charta,
Laptop, LCD
2. Alat Dan Bahan
Alat dan bahan: Alat dan bahan untuk kegiatan
penyelidikan:
“Apakah jenis bahan berpengaruh terhadap
konduktivitas bahan?”dan “Mengamati arus konveksi”.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkahlangkah model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Mencip takan situasi
|
· Pemusatan
perhatian
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi
peserta didik
tunjukkanlah demontrasi antara peristiwa
konduksi dan konveksi kemudian mintalah untuk menanggapi peristiwa tersebut.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi
Generalisasi
|
Diskusikan pengertian
- Menyampaikan
informasi yang akan dilakukan yaitu percobaan tentang energi potensial
- Membagi
siswa menjadi 6 kelompok
- Diskusi
kelompok untuk mengkaji LKS tentang besarnya energi potensial dan hubungan
antara energi kimia dengan energi listrik.
- Melakukan
percobaan energi potensial dan hubungan antara energi kimia dan energi
listrik
- Siswa
mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan
Siswa mengolah dan menganalisis data dari
setiap percobaan dan menjawab setiap pertanyaan yang ada pada LKS
- Presentasi
hasil percobaan
- Diskusi
data hasil percobaan
- Membuat
kesimpulan tentang Energi potensial dan hubungan antara energi kimia dan
energi listrik
Pemberian reward atau penhgargaan pada
peserta didik
|
50 menit
|
Penutup
|
- Siswa
dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan reward atau penghargaan (misalnya pujian atau penghargaan lain
yang relevan) kepada kelompok yang bekerja baik
- Siswa
menjawab kuis tentang energi
- Pemberian
tugas untuk mempelajari energi dalam kehidupan sehari-hari.
|
20 menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian Unjuk Kerja
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
Mengetahui,
|
Subang. Agustus 2014
|
|
Kepala SMP Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
|
|
NIP : 197106161998021003
|
Instrument
a. Lembar Pengamatan Sikap
- Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
||||
2
|
Ketelitian dan keseriusan dalam konveksi dan konduksi
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individu atau kelompok
|
||||
4
|
Ketrampilan saat presentasi
|
- Rubrik
Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: Menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, aktif
dalam
melakukan kegiatan kelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu
tetapi tidak terlalu
antusias,
baru terlibat aktif setelah disuruh
1: Tidak menunjukkan antusias
dalam konveksi dan konduksi, sulit terlibat aktif meskipun telah
didorong untuk aktif
|
2
|
Ketelitian dan hati hati
|
3: Melakukan konveksi dan
konduksi sesuai prosedurdan serius
2: Melakukan konveksi dan
konduksi sesuai prosedur setelah diberi petunjuk
1: Tidak melakukan konveksi dan
konduksi, sulit terlibat aktif meskipun telah didorong untuk aktif.
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individumaupun kelompok
|
3: Tekun menyelesaikan tugas
sampai akhir konveksi dan konduksi, dan tepat waktu
2: Berupaya tepat waktu
dalam menyelesaikan tugas kelompok
1: Tidak berupaya sungguh
sungguh untuk menyelesaikan tugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3: Dapat mempresentasikan
dasil konveksi dan konduksi besaran dengan baik dan benar
2:Berupaya sungguh sungguh untuk presentasi, meskipun belum sempurna
1:Tidak melakukan presentasi ,meskipun
disuruh maju oleh Guru
|
SOAL URAIAN
1. Berapa kalor yang dibutuhkan untuk
menaikkan suhu 500 g air, dari suhu mulamula
20oC menjadi 100oC ?
KUNCI JAWABAN
1 Massa
air 500
gramg
Kalor
jenis air (lihat Tabel 8.1) 20g 0C
Kenaikan
suhu
air .
100g 0C
Tanya Q
Q =
m.C.
=
0,5 X 80X4184
=167360
j
RUBRIK PENILAIAN URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban dijawab dengan benar
|
5
|
2
|
Jika jawaban dijawab dengan benar
|
5
|
Total
|
10
|
NILAI = TOTAL
SKOR X 10
No comments:
Write komentar