RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
pendidikan :
Sekolah Menengah Pertama
Mata
Pelajaran :
ΙPA
Topik :
kalor dan Perpindahannya
Sub
Topik :
Radiasi
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1. Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi
, kehidupan dalam ekosistem , dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2
|
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektf, jujur,
teliti, cermat, tekun,hati-hati,bertanggung jawab, terbuka, kreatif, inovatif
dan peduli lngkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
|
3
|
3.7.Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan dalam
kehidupan sehari-hari
|
1. Peserta
didik menjelaskan contoh cara pemanfaatan konduksi, konveksi, dan radiasi
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
4.7.Melakukan
percobaan untuk menyelidik suhu danperubahannya serta pengaruh kalor terhadap
perubahan suhu dan perubahan wujud benda.
|
1. Peserta
didik dapat menyajikan hasil perancangan pemanfaata radiasi kalor.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat menyelidiki pengaruh
warna benda terhadap kenaikan suhu benda pada peristiwa radiasi.
2.
Peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh cara
pemanfaatan radiasi dalam kehidupan.
D. MATERI
. 3. Radiasi
Bayangkan saat kamu berjalan di tengah hari
yang cerah. Kamu merasakan panasnya matahari pada mukamu. Bagaimana kalor dari
matahari dapat sampai ke wajahmu? Bagaimana kalor dapat melalui jarak
berjuta-juta kilometer dan melewati ruang hampa? Dalam ruang hampa tidak ada
materi yang memindahkan kalor secara konduksi dan konveksi. Jadi perpindahan
kalor dari matahari sampai ke bumi dengan cara lain. Cara tersebut adalah
radiasi.
Siang hari
Daratan lebih cepat panas daripada lautan
(kalor jenisnya kecil), udara di atas daratan ikut panas dan bergerak naik,
diganti udara dari lautan. Terjadilah angin laut.
Malam hari
Daratan lebih cepat mendingin daripada
lautan, udara di atas lautan lebih hangat dan bergerak naik, diganti udara dari
daratan. Terjadilah angin darat.
Siang hari
Daratan lebih cepat panas
daripada lautan (kalor jenisnya kecil), udara di atas daratan
ikut panas dan bergerak naik, diganti udara dari lautan. Terjadilah angin laut.
1) Radiasi merupakan perpindahan kalor tanpa
memerlukan medium; radiasi dapat menembus benda bening; radiasi kalor dalam
bentuk gelombang elektromagnetik.
2) Benda yang lebih tinggi dari suhu
sekitarnya akan melepaskan kalor, sedangkan benda yang lebih dingin dari
lingkungannya akan menerima kalor.
3) Kalor yang diterima atau dilepas pada
peristiwa radiasi berbanding lurus dengan emisivitas benda (bergantung warna
benda, semakin gelap semakin besar), luasbesar), luas permukaan benda, dan
pangkat empat suhu mutlak benda.
13. Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa
melalui zat perantara.
14. Alat yang digunakan untuk menyelidiki
sifat radiasi berbagai
permukaan disebut termoskop diferensial.
Kedua bola lampu dicat
dengan warna yang sama, tetapi di antara bola
tersebut diletakkan
bejana kubus yang salah satu sisinya
permukaannya hitam kusam
dan sisi lainnya mengkilap.
15. Beberapa contoh penerapan perpindahan
kalor secara radiasi dalam kehidupan sehari-hari.
a. Pada siang hari yang panas, orang lebih
suka memakai baju cerah daripada baju gelap. Hal ini bertujuan untuk mengurangi
penyerapan kalor.
b. Cat mobil atau motor dibuat mengkilap
untuk mengurangi penyerapan kalor.
c. Mengenakan jaket tebal atau meringkuk di
bawah selimut tebal saat udara dingin badanmu merasa nyaman.
d. Dinding termos dilapisi perak.
E. PENDEKATAN STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode :
kooperatif dan Diskusi
3. Model :
Discovery-Inquiri – Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Lingkungan,Charta, Laptop, LCD
2.
Alat Dan Bahan
Lampu pijar , lilin
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkahlangkah model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
Mencip takan situasi
|
· Pemusatan
perhatian
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi
peserta didik
tunjukkanlah gambar kabel listrik jaringan
tegangan tinggi, “Mengapa
kabel dibuat agak kendor”. Arahkan diskusi
ke pemuaian panjang.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah
Pengumpulan data
Pengolahan data dan analisis
|
Diskusikan pengertian radiasi Untuk
mendapatkan pemahaman pemodelan aspek matematis dari gejala fisis, diskusikan
tentang radiasi berkelompok, peserta didik melakukan latihan penerapan
matematika untuk pengertian radiasi.
Elaborasikan hasilnya lebih lanjut
ke pengertian radiasi serta lakukan klarifikasi dan negosiasi konsep
tentang radiasi pada kehidupan sehari-hari.
|
50 menit
|
Penutup
|
Generalisasi
|
Mereveu hasil yang telah diperoleh dengan
pertanyaan yang sesuai dengan materi.
|
20 menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian Unjuk Kerja
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
1. Instrument
a. Lembar Pengamatan Sikap
- Pengamatan
Perilaku Ilmiah
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu
|
||||
2
|
Ketelitian dan keseriusan dalam radiasi
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individu atau kelompok
|
||||
4
|
Ketrampilan saat presentasi
|
- Rubrik
Penilaian Perilaku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: Menunjukkan rasa ingin tahu
yang besar, antusias, aktif
dalam
melakukan kegiatan kelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu
tetapi tidak terlalu
antusias,
baru terlibat aktif setelah disuruh
1: Tidak menunjukkan antusias
dalam radiasi, sulit terlibat
aktif
meskipun telah didorong untuk aktif
|
2
|
Ketelitian dan hati hati
|
3: Melakukan radiasisesuai
prosedurdan serius
2: Melakukan radiasi sesuai
prosedur setelah diberi
petunjuk
1: Tidak melakukan radiasi,
sulit terlibat aktif meskipun
telah
didorong untuk aktif.
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja
baik secara individumaupun kelompok
|
3: Tekun menyelesaikan tugas
sampai akhir radiasi, dan tepat waktu
2: Berupaya tepat waktu
dalam menyelesaikan tugas kelompok
1: Tidak berupaya sungguh
sungguh untuk menyelesaikan tugas
|
4
|
Berkomunikasi
|
3: Dapat mempresentasikan
dasil radiasi besaran dengan baik dan benar
2:Berupaya sungguh sungguh untuk presentasi,meskipun belum sempurna
1:Tidak melakukan presentasi ,meskipun
disuruh maju oleh
Guru
|
RUBRIK PENILAIAN URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban dijawab dengan benar
|
5
|
2
|
Cara lengkap
Cara benar
|
2,5
2,5
|
Total
|
10
|
No comments:
Write komentar