RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Pertemuan 5
Satuan
Pendidikan
: SMP
Mata
Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester : Kelas
VII / 2
Topik : Interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan
Sub
Topik : Pola
interaksi manusia mempengaruhi ekosistem
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit ( 1 kali tatap muka)
A. KOMPETENSI
INTI
K.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
K.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi,gotongroyong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K.4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodofikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis ,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari disekolah dan sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,
percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab
dalam akitivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih
penggunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga kebersihan
dan kelestarian lingkungan
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk
hidup
INDIKATOR
-Menjelaskan pengertian dari pencemaran
-Menyebutkan macam-macam pencemaran
-Menyebutkan faktor-faktor penyebab perubahan
lingkungan
-Mengidentifikasi akibat dari pencemaran udara
-Menganalisis penyebab pencemaran udara
-Mengidentifikasi akibat dari pencemaran air
-Menganalisis penyebab pencemaran air
-Menyebutkan usaha-usaha dalam mencegah
pencemaran lingkungan
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta
didik dapat:
1. Melalui
observasi dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan pengertian pencemaran
2. Melalui observasi
dan diskusi, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab dan
saling menghargai.
3. Melalui observasi
dan diskusi, peserta didik dapat menyebutkan akibat dari
pencemaran air
4. Melalui observasi
dan diskusi, peserta didik dapat menganalisis penyebab pencemaran air
5. Melalui
pengamatan, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam pencemaran
6. Melalui
pengamatan, peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab perubahan
lingkungan
7. Melalui
pengamatan, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat dari pencemaran udara
8. Melalui
pengamatan, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat dari pencemaran air
9. Melalui
presentasi, peserta didik dapat menyebutkan usaha-usaha mencegah pencemaran
lingkungan
D. MATERI
Pencemaran
adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau
komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh
kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun
sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau
tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.
- Pencemaran
ada dua macam, yaitu pencemaran air dan udara. Udara dikatakan tercemar jika
udara tersebut mengandung unsur-unsur yang mengotori udara. Pencemaran udara
disebabkan oleh asap buangan, misalnya gas CO2 hasil
pembakaran SO, SO2, CFC,
CO2 dan asap rokok.
- Pencemaran
air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainnya ke
dalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Kualitas air yang
terganggu ditandai dengan perubahan bau, rasa, dan warna.
E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Observasi
dan Diskusi
3. Model : Discovery
Learning
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Gambar, Video, LKS, Laptop, LCD
2. Alat
dan Bahan
Nama
dan alat praktikum sesuai dengan yang tertulis dalam LKS
3. Sumber belajar
a. Buku IPA
SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b. LKS Pencemaran
c. Video pencemaran
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
1. Menciptakan
Situasi (Stimulasi)
|
1.1 Pemusatan perhatian :
a. Guru memperlihatkan
fenomena alam melalui tayangan video, kemudian guru
mengajukan pertanyaan seperti :
- Apa yang bisa kamu ambil dari
tayangan tadi?
b. Guru menyampaikan
tujuan dan manfaat mempelajari mempelajari pencemaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
2. Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
3. Observasi
4. Pengumpulan
data
5. Pengolahan data
dan analisis
6. Verifikasi
|
2.1 Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu pencemaran.
2.2
Membagi lembar kerja yang berisi pengamatan terhadap
pencemaran.
3.1 Membagi
siswa dalam tatanan kelompok.
3.2 Peserta
didik mengamati dan melakukan percobaan tentang pencemaran
4.1 Mengumpulkan alat
dan bahan dalam LKS
4.2 Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS mengidentifikasi konsep yang
harus diperoleh melalui observasi
5.1 Mengolah dan menganalisis data dari setiap pengamatan
untuk menjawab LKS
6.1 Presentasi hasil percobaan
6.2
Diskusi pencemaran lingkungan berdasarkan hasil data
hasil percobaan
6.3 Membuat
kesimpulan tentang pencemaran lingkungan.
|
60 menit
|
Penutup
|
7. Generalisasi
|
7.1 Siswa
dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
7.2 Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada
kelompok yang berkinerja baik
7.3 Siswa menjawab kuis tentang pencemaran
udara dan air
7.4 Pemberian tugas untuk
mempelajari usaha dalam mencegah pencemaran
|
10 menit
|
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk
Instrumen
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap Spiritual
|
Pengamatan ketrampilan
|
Lembar pengamatan unjuk kerja
|
Tes Tertulis
|
Pilihan ganda
|
2.
Instrumen
a. Lembar Pengamatan
Sikap Spiritual
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun
tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan
saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah
skor
|
Skor
Penilaian Sikap Spiritual :
Skor 4
= Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
Skor 2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk
penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus : X 4
b. Instrumen soal
Pengetahuan
Soal Pilihan ganda
1. Pengertian
pencemaran air yang paling tepat adalah....
A. Masuknya makhluk hidup, zat dan energi yang berasal dari kegiatan manusia ke perairan
B. Masuknya zat dan komponen lain ke perairan yang berasal dari industri sehingga tidak dapat digunakan
C. Masuknya zat, energi dan makhluk hidup ke perairan yang menyebabkan berubahnya tatanan perairan akibat kegiatan manusia atau proses alam
D. Masuknya makhluk hidup, zat dan energi serta komponen lainnya ke perairan sehingga tidak dapat digunakan
A. Masuknya makhluk hidup, zat dan energi yang berasal dari kegiatan manusia ke perairan
B. Masuknya zat dan komponen lain ke perairan yang berasal dari industri sehingga tidak dapat digunakan
C. Masuknya zat, energi dan makhluk hidup ke perairan yang menyebabkan berubahnya tatanan perairan akibat kegiatan manusia atau proses alam
D. Masuknya makhluk hidup, zat dan energi serta komponen lainnya ke perairan sehingga tidak dapat digunakan
2. Pada
air sungai yang telah tercemar akan terlihat tanda-tanda....
A. Airnya jernih dan tidak berwarna
B. Terdapat berbagai jenis fauna
C. Ditumbuhi eceng gondok yang subur
D. Airnya tidak berbau busuk
A. Airnya jernih dan tidak berwarna
B. Terdapat berbagai jenis fauna
C. Ditumbuhi eceng gondok yang subur
D. Airnya tidak berbau busuk
3. Berikut
adalah dampak negatif akibat manusia membuang limbah padat sembarangan,
kecuali....
A. Mengurangi keindahan lingkungan
B. Dapat menurunkan kualitas tanah
C. Berkembangnya berbagai jenis penyakit
D. Kesuburan tanah meningkat
kecuali....
A. Mengurangi keindahan lingkungan
B. Dapat menurunkan kualitas tanah
C. Berkembangnya berbagai jenis penyakit
D. Kesuburan tanah meningkat
4. Upaya
untuk memulihkan atau membersihkan tanah dari bahan pencemaran dikenal dengan
istilah…
a.radiasi
b.penghijauan
c.remediasi
d.realisasi
5. Salah
satu upaya dalam pengendalian hama yang tidak menimbulkan pencemaran
lingkungan adalah...
A. Penggunaan pestisida
B. Pengendalian dengan herbisida
C. Pengendalian secara biologis
D. Penyemprotan dengan insektisida
A. Penggunaan pestisida
B. Pengendalian dengan herbisida
C. Pengendalian secara biologis
D. Penyemprotan dengan insektisida
6. Polusi
udara yang terjadi secara alami, misalnya.....
A. Pembakaran sampah
B. Kebakaran hutan
C. Uap dari laut
D. Gas dari aktivitas gunung merapi
A. Pembakaran sampah
B. Kebakaran hutan
C. Uap dari laut
D. Gas dari aktivitas gunung merapi
7. Dampak
yang timbul jika kita menggunakan gas CFCs pada kulkas, spray dan Ac adalah....
A. Pencemaran udara di dalam rumah
B. Pencemaran udara di lingkungan sekitar perumahan
C. Meningkatnya kadar bahan pencemar
D. Efek rumah kaca
A. Pencemaran udara di dalam rumah
B. Pencemaran udara di lingkungan sekitar perumahan
C. Meningkatnya kadar bahan pencemar
D. Efek rumah kaca
8. Pencemaran
tanah banyak diakibatkan oleh sampah organik dan anorganik. Salah satu
penyebab pencemaran tanah tersebut adalah....
A. Anorganik yaitu daun, plastik dan besi
B. Anorganik yaitu kaca, kertas dan besi
C. Organik yaitu daun, kaca dan sisa makanan
D. Organik yaitu kaca, kertas dan besi
penyebab pencemaran tanah tersebut adalah....
A. Anorganik yaitu daun, plastik dan besi
B. Anorganik yaitu kaca, kertas dan besi
C. Organik yaitu daun, kaca dan sisa makanan
D. Organik yaitu kaca, kertas dan besi
9. Penanggulangan
yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah diantaranya,
kecuali....
A. Menanggulangi sampah plastik
B. Sistem tanam monokultur
C. Mengelola sisa radioaktif
D. Pemakaian pupuk sesuai kebutuhan
kecuali....
A. Menanggulangi sampah plastik
B. Sistem tanam monokultur
C. Mengelola sisa radioaktif
D. Pemakaian pupuk sesuai kebutuhan
10. Penggunaan pupuk yang terus-menerus akan mengakibatkan...
A. Tanah menjadi lebih subur
B. Berkurangnya hara tanah
C. Menurunnya hama penyakit
D. pH tanah meningkat
A. Tanah menjadi lebih subur
B. Berkurangnya hara tanah
C. Menurunnya hama penyakit
D. pH tanah meningkat
KUNCI JAWABAN :
1.
C 6.
D
2.
C 7.
D
3.
D 8.
A
4.
C 9.
D
5.
B 10.
D
Nilai = X
100
c. Lembar
pengamatan unjuk kerja
Nama :
.....................................................
Kelas :
.....................................................
Judul
Praktikum :
Pencemaran air
NO
|
ASPEK
KINERJA YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
PERSIAPAN
|
|||
1. Membawa
bahan praktikum
|
||||
2. Membaca
prosedur dan langkah kerja
|
||||
B
|
SELAMA KEGIATAN PRAKTIKUM
|
|||
a. Menggunakan
alat dan bahan
|
||||
1. Membawa
bahan tidak berceceran
|
||||
2. Langkah
sesuai prosedur
|
||||
b. Sikap
|
||||
1. Konsentrasi
pada kegiatan
|
||||
2. Aktif
|
||||
3. Bekerja
sama
|
||||
C
|
KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM
|
|||
1. Membersihkan
tempat praktikum
|
||||
2. Membersihkan
meja praktikum
|
Mengetahui,
|
Subang. Agustus 2014
|
|
Kepala SMP Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
|
|
NIP : 197106161998021003
|
LEMBAR
KERJA SISWA
PENCEMARAN
A. Macam – macam Pencemaran Lingkungan
Berdasarkan lingkungan yang mengalami pencemaran, secara garis besar pencemaran lingkungan dapat dikelompokkan menjadi pencemaran air, tanah, dan udara.
a. Pencemaran Air
Di dalam tata kehidupan manusia, air banyak memegang peranan penting antara lain untuk minum, memasak, mencuci dan mandi. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah, ladang, industri, dan masih banyak lagi.
Bahan-bahan kimia lain, seperti pestisida atau DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) yang sering digunakan oleh petani untuk memberantas hama tanaman juga dapat berakibat buruk terhadap tanaman dan organisme lainnya. Apabila di dalam ekosistem perairan terjadi pencemaran DDT atau pestisida, akan terjadi aliran DDT.
Berdasarkan lingkungan yang mengalami pencemaran, secara garis besar pencemaran lingkungan dapat dikelompokkan menjadi pencemaran air, tanah, dan udara.
a. Pencemaran Air
Di dalam tata kehidupan manusia, air banyak memegang peranan penting antara lain untuk minum, memasak, mencuci dan mandi. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah, ladang, industri, dan masih banyak lagi.
Bahan-bahan kimia lain, seperti pestisida atau DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) yang sering digunakan oleh petani untuk memberantas hama tanaman juga dapat berakibat buruk terhadap tanaman dan organisme lainnya. Apabila di dalam ekosistem perairan terjadi pencemaran DDT atau pestisida, akan terjadi aliran DDT.
b.. Pencemaran Udara
Udara dikatakan tercemar jika udara tersebut
mengandung unsur-unsur yang mengotori udara. Bentuk pencemar udara
bermacam-macam, ada yang berbentuk gas dan ada yang berbentuk partikel cair
atau padat.
Tujuan
|
:
|
Melalui pengamatan siswa dapat
mengdentifikasi tentang pencemaran air
|
Alat
Bahan
|
:
:
|
- 4
buah Toples kosong
- 4
ekor ikan kecil
- Stopwatch
- Air
bersih
- Air
sabun mandi
- Air
detergen
- Obat
nyamuk cair
|
Langkah-langkah :
1. Isi
setiap toples dengan air bersih, air sabun mandi, air sabun detergen dan obat
nyamuk cair.
2. Masukkan
ikan-ikan tersebut ke dalam toples!
3. Amati
ikan dalam 5 menit, 10 menit, dan 15 menit!
4. Isi
tabel dengan kondisi ikan dalam tiap waktunya!
Pengamatan
|
Air
bersih
|
Air
sabun mandi
|
Air
sabun detergen
|
Obat
nyamuk air
|
5 menit
|
||||
10 menit
|
||||
15 menit
|
KESIMPULAN :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
IJIN SAVE SBG LITERASI.....SYUKRAN
ReplyDelete