DOWNLOAD DISINI UNTUK SUSUNAN YANG LEBIH RAPIH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Objek IPA
dan Pengamatannya
Sub
Topik : Besaran
Pokok Panjang, Massa, dan Waktu serta Pengukurannya
Alokasi
Waktu : 3 JP (2 kali tatap muka)
Pembelajaran
Ke - : 3
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar :
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ;
hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2 Menghargai
kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktiftas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih kegunaan
bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran
yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya rumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran.
4.1 Menyajikaan hasil pengukuran
terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
A. INDIKATOR
1. Menunjukkan ketekunan, tanggung
jawab, saling menghargai dalam kegiatan
belajar dan
bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
2. Memiliki rasa ingin tahu, teliti,
dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum
pengukuran besaran pokok.
3. Menjelaskan pengertian besaran pokok
panjang , massa, dan waktu.
4. Menyebutkan besaran pokok dan satuannya dari 7 besaran
pokok hasil konfrensi umum.
5.
Melakukan pengukuran besaran pokok panjang, massa,
waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, pada
diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengembangkan perilaku tanggung jawab,ketekunan,
saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu
maupun berkelompok.
2. Mengembangkan rasa ingin tahu,
teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok dan melakukan
praktikum pengukuran besaran pokok panjang,massa dan waktu.
3. Setelah diskusi kelompok, siswa
dapat menjelaskan pengertian besaran pokok panjang,massa,dan waktu.
4. Setelah diskusi kelompok,siswa dapat
menyebutkan besaran pokok panjang ,massa, dan waktu beserta satuannya dalam
satuan baku dan tidak baku.
5. Setelah diskusi kelompok siswa dapat
mendefinisikan 1 meter standart, 1kilogram standart,dan 1 secon standart.
6. Siswa dapat melakukan pengukuran
besaran pokok panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar pada diri,makhluk hidup,dan lingkungan
fisik.
C. MATERI
Pengertian besaran panjang , massa dan waktu.
Satuan baku dan tidak baku pada besaran pokok panjang,
massa dan waktu.
Pengukuran besaran panjang, massa dan waktu
dengan alat ukur yang sesuai
Besaran panjang,massa dan waktu termasuk dalam
7 macam besaran pokok
Tabel Besaran Pokok, satuan dalam
SI, dan alat ukurnya:
BESARAN POKOK
|
SATUAN SI
|
ALAT UKUR
|
1. Panjang
2. Massa
3. Waktu
4. Suhu
5. Kuat
arus listrik
6. Jumlah
zat
7.
Intensitas cahaya
|
Meter (m)
Kilogram (kg)
Sekon (detik)
Kelvin
Amper
Mol
Kandela
|
Mistar,jangka sorong.mikrometer
sekrup
Neraca mekanik,neraca ohauss
Arloji, stopwatch
Thermometer
Amperemeter
-
Light meter
|
1. Besaran pokok Panjang
Panjang
menyatakan jarak antara dua titik.
Defnisi 1 meter:
mula-mula 1 meter didefnikasikan sebagai panjang yang sama dengan,
sepersepuluh juta (1/10.000.000 ) jarak dari bumi khtulistiwa ke kutub utara bumi sepanjang jarak bujur yang
melewati kota Paris, Perancis.
Dari defnisi
ini dibuat meter standar, sehingga
menampilkan defnisi baru:
1 meter adalah jarak antara 2
goresan pada meter standar yang dibuat dari platina iridium
dan disimpan di
Sevres.
Defnisi berikutnya:
1 meter adalah 1.650.763,73 kali panjang gelombang sinar merah jingga
yang dipancarkan oleh gas krypton-86.
Defnisi
mutahir: 1 m adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu 1/299.792.458detik.
2. Besaran Pokok Massa
Massa menyatakan jumlah materi yang terkandung dalam
suatu benda.
Defnisi 1
kilogram: satu kilogram
standar (baku) sama
dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum-iridium
yang disimpan di Sevres, Paris, Perancis.
Massa 1 kg
juga setara dengan 1 liter air murni pada suhu 4áµ’C
3. Besaran Pokok Waktu
Waktu adalah
selang antara dua kejadian.
Defnisi 1
sekon atau 1 detik: 1 sekon adalah 1/86.400kali satu hari rata-rata. Tetapi
karena satu hari di bumi tidak selalu tetap, maka dibuat defnisi: 1 sekon
adalah 1/86.400kali waktu yang dibutuhkan bumi mengelilingi matahari 1 kali.
Defnisi
diperbaiki lagi: 1 sekon adalah waktu yang dibutuhkan oleh atom Cesium-33 untuk
bergetar 9.192.631.771 kali.
D. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Diskusi dan eksperimen
3.
Model :Dicovery Learning
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
a. Papan tulis
2.
Alat
a.
Mistar,
b. jangka sorong,
c. micrometer sekrup,
d. neraca,
e. termometer
b. stopwatch
3.
Sumber belajar
a.
Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013
b.
Erlangga IPA
c.
LKS Besaran Pokok
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama :
3 JP
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model Discovery
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi/ Stimulasi
Identifikasi
Masalah
|
Pemusatan
perhatian :
o Disediakan beberapa alat ukur ( mistar, neraca,
arloji,stopwatch) dan benda-benda yang akan diukur ( daun,kubus besi, tanaman
dalam pot).
o Apa nama dan fungsi alat-alat
tersebut?
o
Bagaimana penggunaan alat ukur tersebut?
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Observasi
Pengumpulan Data
Pengolahan Data
Verifikasi
Generalisasi
|
o Menyampaikan informasi tentang kegiatan
yang akan dilakukan yaitu eksperimen tentang penggunaan alat-alat ukur
besaran.
o Melakukan eksperimen penggunaan
alat-alat ukur besaran.
o Mencatat hasil eksperimen pada LKS
yang tersedia.
o Mengolah dan menganalisis data
percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di LKS.
o Presentasi hasil percobaan.
o Membandingkan hasil percobaan dari
berbagai kelompok.
o
Membuat kesimpulan tentang penggunaan alat ukur
besaran pokok yang benar.
|
90 menit
|
Penutup
|
o Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan
o Guru memberi penghargaan,
misalnya: pujian atau bentuk penghargaan yang lain kepada kelompok yang
berkinerja yang baik.
o
Siswa menjawab kuis dari guru tentang besaran pokok.
|
20 menit
|
G. PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk
Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan
Sikap dan Rubrik
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian
Kinerja
|
Tes Tertulis
|
Tes uraian dan
pilda
|
2.
Contoh Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
No
|
Nama
|
Sikap *)
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
Rasa
Ingin Tahu
|
Ketelitian
dan Kehati-hatian
|
Ketekunan
dan Tanggung Jawab
|
Berkomunikasi
|
Kejujuran
|
|||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
…
|
|||||||||
Keterangan
:
*) Skala penilaian
sikap dibuat rentang antara 1 sampai dengan 3.
Rubrik
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Rubrik
|
|
A.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3
:
2
:
1
:
|
menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
menunjukkan
rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
B.
|
Ketelitian
dan kehati-hatian
|
3
:
2
:
1
:
|
mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
|
C.
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
3
:
2
:
1
:
|
tekun
dalam menyelesaiakan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya
tepat waktu
berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
D.
|
Keterampilan
berkomunikasi
|
3
:
2
:
1
:
|
aktif
dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat
siswa lain
aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang
menghargai pendapat siswa lain
|
E.
|
Kejujuran
|
3
:
2
:
1
:
|
Menyajikan
hasil percobaan sesuai data pengamatan
Menyajikan
hasil percobaan tidak sesuai data pengamatan
Menyajikan
hasil percobaan bertolak belakang dengan data pengamatan
|
Penghitungan
nilai :
Nilai =
|
Jumlah Skor
|
x 100%
|
Jumlah Skor
Maksimal
|
Keterangan :
Nilai
|
|
A =
|
91
– 100
|
B =
|
81
– 90
|
C =
|
71
– 80
|
D =
|
61
– 70
|
E
=
|
Kurang dari 61
|
b.
Penilaian
Produk Hasil Percobaan
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||
Hasil
Rumusan Pertanyaan
|
Hasil
Pengamatan
|
Hasil
analisis dan kesimpulan
|
|||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
…
|
|||||||
Rubrik
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Hasil Rumusan Pertanyaan/Masalah
|
Tidak berupa masalah
|
Ada, dalam bentuk pernyataan namun
belum mengarah ke penyelidikan, atau pertanyaan tidak lengkap
|
Ada, dalam bentuk pertanyaan, mengarah
ke penyelidikan
|
Hasil Pengamatan
|
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan
yang cermat, lengkap dan aman
|
Data hanya menunjukkan dua aspek dari
cermat, lengkap, aman; masih mencampurkan data dengan inferensi
|
Data hanya menunjukkan dua aspek dari
cermat, lengkap, aman; bebas dari inferensi
|
Hasil Analisis dan Kesimpulan
|
Tidak melakukan analisis data (hanya
menyajikan data, tanpa analisis lebih lanjut)
|
Ada analisis data, namun tidak
melakukan upaya mengkaitkan antarvariabel
|
Ada analisis dan mengkaitkan
antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi)
|
Penghitungan
nilai :
Nilai =
|
Jumlah Skor
|
x 100%
|
Jumlah Skor
Maksimal
|
c.
Penilaian
Tes tertulis
Tes Uraian
(Terlampir)
Kunci
jawaban
No
|
Jawaban
yang diharapkan
|
Skor maksimal
|
|||
1.
2.
dst
|
Terlampir
|
||||
Nilai =
|
Jumlah Skor
|
x 100%
|
|||
Jumlah Skor Maksimal
|
|||||
No comments:
Write komentar