RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub
Topik : Klasifikasi Hewan
Alokasi Waktu :
2
JP
Pembelajaran
Ke - : 3
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar :
1.1
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
|
3.3
|
Memahami
prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai
bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai
makhluk hidup
dan benda-benda tak-hidup
|
4.3
|
Mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar
|
A.
Indikator
:
1. Mengklasifikasi
hewan berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
2. Membandingkan
ciri hewan Vertebrata dengan hewan Avertebrata
3. Mengembangkan
perilaku ilmiah yang meliputi : rasa ingin tahu, teliti, jujur dan saling
menghargai pendapat
B.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Dapat
melakukan pengamatan terhadap kingdom hewan serta mengenal masing-masing karakteristik
dari kingdom dan anggota kingdom tersebut
2. Disajikan
gambar, peserta didik dapat mengklasifikasi hewan Avertebrata
3. Disajikan
gambar, peserta didik dapat mengklasifikasi hewan Vertebrata
4. Membandingkan
ciri- ciri 5 kelompok hewan Vertebrata
5. Mengembangkan
perilaku ilmiah yang meliputi : rasa ingin tahu, teliti, jujur dan saling
menghargai pendapat
C.
Materi
Pembelajaran
Seperti halnya tumbuhan, hewan yang ada permukaan
bumi ini sangat beragambentuknya dengan ukuran yang beragam pula. Ada hewan
yang berukuran sangat kecil sampai hewan yang berukuran besar.
Dunia hewan dikelompokkan menjadi dua,yaitu hewan
tidak bertulangbelakang (avertebrata) dan hewan bertulang belakang
(vertebrata).
Hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata)
Hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata)
dikelompokkan menjadi delapankelompok, yaitu hewan berpori (Porifera),
hewan berongga (Coelenterata), cacing pipih(Platyheminthes),
cacing gilig (Nemathelminthes), cacing berbuku-buku (Annelida),hewan
lunak (Mollusca), hewan berkulit duri (Echinodermata), dan hewan
dengankaki beruas-ruas (Arthropoda)
Porifera adalah hewan yang mempunyai
pori-pori. Hewan ini tubuhnya seperti spons. Habitatnya di perairan, warna
tubuhnya bermacam-macam: merah, kuning, dan hijau. Contoh hewan porifera:
Spongilla, Euspongia, Poterion, Scypha. Coelenterata adalah hewan berongga,
mempunyai tentakel untuk menangkap mangsa, pada permukaan tentakel terdapat sel
beracun yang menyengat.
Tubuhnya ada yang berbentuk polip yang menempel pada
tempat hidupnya, dan ada yang berbentuk medusa yang bergerak aktif
melayang-layang di air seperti payung. Ubur-ubur, bunga karang, obelia,
hydra, anemon adalah contoh hewan Coelenterata. Cacing (vermes) adalah hewan bertubuh
lunak, tak bercangkang, dan tubuhnya simetris bilateral. Berdasarkan bentuk
tubuhnya, ada tiga kelompok yaitu cacing pipih (Platyheminthes)
contohnya cacing hati, cacing pita; cacing gilig (Nemathelminthes)
tubuhnya bulat panjang dan tidak bersegmen, contohnya: cacing perut, cacing
kremi, cacing tambang , cacing gelang, (Annelida) tubuhnya beruas-ruas
seperti cincin, contohnya cacing tanah, lintah, dan pacet.
Mollusca adalah hewan bertubuh lunak,
banyak lendirnya,dan terbungkus oleh mantel. Ada yang memiliki cangkang yang
berfungsi untuk melindungi tubuh. Habitatnya di darat dan air. Contoh hewan Mollusca
adalah cumi-cumi, gurita, siput, kerang, tiram, remis.
Pada tubuhnya, terdapat sistem ambulakral untuk alat
gerak, bernapas, dan Echinodermata adalah hewan yang tubuhnya diselimuti
duri, ada lempengan zat kapur/zat kitin yang keras. Tubuhnya simetri radial
dengan lima lengan.menangkap mangsa. Ada 5 kelas yaitu Asteroidea (contohnya
bintang laut),Echinoidea(contoh landak laut, bulu babi), Ophiuroidea (contohnya
bintangular), Crinoidea (contohnya lilia laut), Holothuroidea (contohnya
teripang laut).
Arthropoda adalah hewan
berbuku-buku, tubuhnya dibedakan atas kepala,dada, dan perut. Tubuhnya
terbungkus zat kitin yang keras, memiliki alat indrayang peka terhadap sentuhan
dan bau-bauan, memiliki mata faset yaitu matamajemuk terdiri atas beribu-ribu
mata kecil berbentuk segi enam. Arthropoda
ada 4 kelas,yaitu Insecta (serangga)
contohnya belalang, lebah, kumbang;Crustacea (udang-udangan) contohnya
udang, kepiting, rajungan; Arachnoidea
(laba-laba) contohnya laba-laba, kalajengking, kutu,
caplak; Myriapoda (lipan)contohnya kelabang, kaki seribu.
Hewan vertebrata ada
lima kelompok yaitu pisces, amphibia, reptilia, aves, danMamalia
Klasifikasi makhluk hidup menurut Linnaeus
berdasarkan atas persamaan danperbedaan struktur tubuh makhluk hidup yang
dilakukan dengan cara-caraberikut:
a. Mengamati
dan meneliti makhluk hidup, yaitu persamaan ciri struktur tubuhluar maupun ciri
struktur tubuh dalam dari berbagai jenis makhluk hidup.
b. Jika ada
makhluk hidup yang memiliki ciri struktur tubuh sama atau miripdijadikan satu
kelompok. Makhluk hidup yang memiliki ciri yang berlainandikelompokkan
tersendiri.
c. Memberikan
istilah tertentu untuk setiap tingkatan klasifikasi yangberdasarkan banyak
sedikitnya persamaan ciri pada setiap jenis makhlukhidup yang dikelompokkan
Perbandingan struktur tubuh hewan Vertebrata
No
|
Nama hewan
|
Alat respirasi
|
Alat gerak
|
Penutup tubuh
|
Suhu tubuh
|
Fertilisasi
|
1
|
Ikan
mujahir
|
Insang
|
Sirip
|
Sisik
|
Poikilotherm
|
Eksternal
|
2
|
Hiu
|
Insang
|
Sirip
|
Sisik
|
Poikilotherm
|
Eksternal
|
3
|
Cicak
|
Paru-paru
|
Kaki
|
Kulit
|
Poikilotherm
|
Internal
|
4
|
Buaya
|
Paru-paru
|
Kaki
|
Kulit
|
Poikilotherm
|
Internal
|
5
|
Ular
|
Paru-paru
|
Kaki
|
Sisik
|
Poikilotherm
|
Internal
|
6
|
Katak
|
Paru-paru dan
kulit
|
Kaki
|
Kulit
|
Poikilotherm
|
Internal
|
7
|
Bebek
|
Paru-paru
|
Kaki
|
Bulu
|
Homoiotherm
|
Internal
|
8
|
Merpati
|
Paru-paru
|
Kaki dan sayap
|
Bulu
|
Homoiotherm
|
Internal
|
9
|
Kelelawar
|
Paru-paru
|
Kaki dan sayap
|
Rambut
|
Homoiotherm
|
Internal
|
10
|
Sapi
|
Paru-paru
|
Kaki
|
Rambut
|
Homoiotherm
|
Internal
|
D.
Alat
dan sumber belajar:
1.
Alat : charta hewan
Avertebrata dan Vertebrata
2.
Sumber Belajar :
a.
Buku IPA SMP kelas VII
b.
Lingkungan
E.
Pendekatan,
strategi dan model pembelajaran
1.
Pendekatan : scientific
2.
Metode : observasi dan diskusi
3.
Model : problem based learning
F.
Kegiatan pembelajaran :
No
|
Kegiatan
|
Tahap
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Orientasi
|
·
Berdoa
bersama
·
Guru
mengucapkan salam
|
10
menit
|
b.
Motivasi
|
·
Guru
mmenampilkan berbagai macam hewan
|
|||
c.
Apersepsi
|
·
Bagaimanakah
cara untuk mengetahui ciri-ciri kelompok Avertebrata ?
|
|||
d.
tujuan
pembelajaran
|
·
Dapat
melakukan pengamatan terhadap kingdom hewan serta mengenal masing-masing
karakteristik dari kingdom dan anggota kingdom tersebut
·
Disajikan
gambar, peserta didik dapat mengklasifikasi hewan Avertebrata
·
Disajikan
gambar, peserta didik dapat mengklasifikasi hewan Vertebrata
·
Membandingkan
ciri hewan Avertebrata dengan hewan
Vertebrata
·
Mengembangkan
perilaku ilmiah yang meliputi : rasa ingin tahu, teliti, jujur dan saling
menghargai pendapat
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
a.
Mengamati
|
·
Peserta
didik mengamati carta hewan Avertebrata dan Vertebrata
|
40
menit
|
b.
Menanya
|
·
Peserta
didik bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui
|
|||
c.
Menalar
|
·
Peserta
didik berdiskusi untuk menyelesaikan masalah
|
|||
d.
mencoba
|
·
Peseta
didik mencoba membandingkan hewan Avertebrata dengan Vertebrata dan mencatat
hasil pengamatan
|
|||
e.
Membentuk
jejaring
|
·
Peserta
didik membuat kesimpulan hasil diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi
|
|||
3
|
penutup
|
a.
simpulan
|
·
Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan terhadap masalah yang sudah dibahas
|
30
|
b.
Refleksi
|
·
Guru
bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui oleh peserta didik
|
|||
c.
Evaluasi
|
·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar
|
|||
d.
Usaha,
tindak lanjut
|
·
Peserta
didik yang belum memahami materi pembelajaran mengamati hewan yang berada di
lingkungan sekitar
|
G.
Penilaian
No
|
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
lampiran
|
1
|
Penilaian
sikap
|
Lembar
pengamatan sikap
|
|
2
|
Penilaian
pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
|
3
|
Penilaian
ketrampilan
|
Lembar
observasi
|
Mengetahui,
|
Subang.
Agustus 2014
|
|
Kepala SMP
Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili
Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad
Fauzi Hamzah, S.Pd
|
|
NIP
: 197106161998021003
|
Lampiran 1
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
A.
Tujuan
pengamatan
Peserta didik dapat dengan mudah
menyebutkan dan membedakan hewan yang
termasuk Avertebrata dan Vertebrata
B.
Materi
: klasifikasi hewan Avertebrata dan Vertebrata
C.
Cara
kerja :
Masing-masing kelompok :
1.
Mengamati
gambar Avertebrata dan mengelompokannya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
2.
Mengamati
hewan Vertebrata ( ikan mujahir, ikan lele, katak, kadal, cicak, burung, ayam,
tikus ) dan mengelompokannya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
3.
Menulis
perbedaan ciri hewan Avertebrata dan hewan Vertebrata
4.
Menulis
perbedaan ciri hewan Avertebrata
D.
Pertanyaan
:
1.
Hewan
apa sajakah yang termasuk Avertebrata ?
2.
Mengapa
hewan-hewan tersebut disebut hewan
Avertebrata ?
3.
Hewan
apa sajakah yang termasuk Vertebrata ?
4.
Mengapa
hewan-hewan tersebut disebut hewan
Vertebrata ?
5.
Tulislah
perbedaan ciri hewan-hewan tersebut ke dalam tabel !
Kunci jawaban dan norma penilaian
No
|
Kunci
jawaban
|
Skor
maks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Porifera,
Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes,Anellida, Mollusca,
Ehinodermata dan Arthropoda)
|
8
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
Karena tidak mempunyai
ruas-ruas tulang belakang
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
ikan mujahir, ikan lele, katak, kadal,
cicak, burung, ayam, tikus,
|
8
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Karena mempunyai
ruas-ruas tulang belakang
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
|
20
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
jumlah
|
40
|
Nilai : skor perolehan x 10
Lampiran 2
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Kelas/
Semester
|
:
|
VII/
Gasal
|
Topik
|
:
|
Klasifikasi
Makhluk Hidup
|
Sub
topik
|
Klasifikasi
Hewan
|
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
keterangan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
Keterangan :
No
|
Aspek
yang dinilai
|
indikator
|
skor
|
1
|
Rasa
ingin tahu
|
Rasa
ingin tahu rendah
|
1
|
Rasa
ingin tahu sedang
|
2
|
||
Rasa
ingin tahu tinggi
|
3
|
||
2
|
Tanggung
jawab
|
Tidak
melaksanakan dengan baik
|
1
|
Kadang-kadang
melaksanakan tugas
|
2
|
||
Selalu
melaksanakan tugas
|
3
|
||
3
|
Kerja
sama
|
Sulit
bekerja sama dengan siswa lain
|
1
|
Dapat
bekerja sama dengan siswa lain
|
2
|
||
Bagus
kerja samanya dengan siswa lain
|
3
|
Nilai : skor perolehan x 5
Skor total
Lampiran 3
PENILAIAN
PENGETAHUAN
Instrumen penilaian :
1.
Perhatikan
gambar berikut ini, kemudian klasifikasikan hewan-hewan tersebut berdasarkan
ciri- ciri yang dimiliki (ada atau tidaknya ruas-ruas tulang belakang )
2.
Bandingkan
ciri- ciri 5 kelompok hewan Vertebrata mengenai :
a.
Alat
respirasi
b.
Alat
gerak
c.
Penutup
tubuh
d.
Suhu
tubuh
Kunci
Jawaban dan Norma Penilaian
No
|
Kunci
jawaban
|
Skor
maks
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Avertebrata : A,B,E,I
dan J
Vertebrata : C,D,F,G
dan H
|
10
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
|
4
4
4
4
4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
jumlah
|
30
|
Nilai : skor perolehan x 10
No comments:
Write komentar