RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Topic
: Klasifikasi
Benda
Sub
Topik : Zat Padat,
Zat Cair Dan Gas
Alokasi Waktu :
2 JP
Pembelajaran
Ke - : 4
Kompetensi Inti : 1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ; hati-hati ;
bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2 Menghargai
kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
4.2 Menyajikan
hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3 mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar.
A.
INDIKATOR
1.
Mengamati
berbagai materi zat padat, cair, dan gas.
2.
Menjelaskan
ciri-ciri zat padat.
3.
Menjelaskan
ciri-ciri zat cair.
4.
Menjelaskan
ciri-ciri zat gas.
5.
Menyimpulkan
perbedaan zat padat, cair, dan gas.
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui observasi dan diskusi
1. Peserta didik dapat melakukan
pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas.
2.
Peserta
didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat padat.
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat cair.
4.
Peserta
didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat gas.
5.
Peserta
didik dapat menyimpulkan perbedaan zat padat, cair, dan gas.
C.
MATERI
Tuhan telah menciptakan alam semesta
ini dengan sempurna, seperti air, udara, batuan, dan berbagai macam mineral
yang terdapat dalam perut bumi. Oleh karena itu, kalian wajib selalu bersyukur
kepada Tuhan yang telah menciptakan
kalian sebagai makhuk yang paling sempurna. Kalian jugawajib menjaga alam
semesta ini agar tetap lestari dan tidak dicemari oleh berbagai macam zat
berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Karena itu kalian harus
bersungguh-sungguh mempelajari karakteristik benda-benda di sekitar kalian
kemudian mengklasifikasinya berdasarkan sifat-sifat benda-benda tersebut.Zat
adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.Zat
dikelompokkan menjadi tiga wujud yaitu: padat,cair dan gas.
Air, udara, batuan dan berbagai
macam mineral yang terdapat dalam perut bumi termasuk benda tak hidup atau
benda mati yang mempunyai sifat-sifat berbeda.
Benda-benda tak hidup berdasarkan
wujudnya dikelompokkan menjadi zat padat, zat cairdan zat gas. Asap rokok
merupakan salah satu contoh gas yang berbahaya bagi kesehatan, karena asap
rokok yang terhisap oleh orang lain yang tidak merokok maka orang tersebut bisa
menjadi perokok pasif.
Gambar :
Molekul zat padat, cair dan gas
Tabel Perbedaan sifat zat Padat, zat cair dan gas.
Zat Padat
|
Zat Cair
|
Zat Gas
|
Bentuk dan
volume tetap
|
Bentuk tidak
tetap tergantung media yang digunakan, volume tetap
|
Tidak
mempunyai bentuk dan volume tertentu
|
Jarak antar partikel sangat rapat
|
Jarak
antar partikel lebih renggang
|
Jarak
antar partikel sangat renggang
|
Partikel-Partikel
zat padat tidak dapat bergerak bebas
|
Partikel-partikel
zat cair dapat bergerak namun terbatas
|
Partikel-partikel
gas dapat bergerak bebas
|
D. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Observasi
dan Diskusi
3. Model : Discovery Learning
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media
Lingkungan, Charta , Laptop, LCD
2. AlatdanBahan
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1
|
Benda
takhidup
|
Sebanyak-banyaknya
|
Nama dan
alat praktikum sesuai dengan yang tertulisdalam LKS
3. SumberBelajar
a) Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b) LKS
Klasifikasi Benda
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Model Discovery
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
|
Pendahuluan
|
1.MenciptakanSituasi
(Stimulasi)
|
Pemusatan perhatian
:
·
Guru
menampilkan gambar-gambar
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 mnt
|
Kegiatan
Inti
|
2.Pembahasan
Tugas dan
Identifikasi
Masalah
3.
Observasi
4.Pengumpulan
data
5.Pengolahan data dananalisis
6.
Verifikasi
|
·
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang
akan dilakukan yaitu pengelompokan benda-benda berdasarkan sifatnya
·
Membagi lembar kerja yang berisi table
pengamatan.
·
Membagi siswa menjadi 8 kelompok
·
Peserta didik mengamati benda-benda tak hidup di
sekitar sekolah secara kelompok.
·
Mengumpulkan benda-benda dan mengelompokan
berdasarkan wujudnya
·
Diskusi kelompok untuk mempelajari LKS dan mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui observasi
·
Siswa mencatat data yang diperoleh pada LKS yang
tersedia
·
Diskusi kelompok untuk mengolah dan
menganalisis data yang diperoleh guna menjawab
pertanyaan-pertanyaanpada LKS
·
Presentasi hasil percobaan
·
Membuat kesimpulan tentang sifat-sifat zat padat,
zat cair dan zat gas.
|
50 mnt
|
Penutup
|
7.
Generalisasi
|
7.1. Siswa
dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
7.2.
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk
penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik
7.3. Siswa
menjawab kuis tentang sifat-sifat zat
7.4.
Pemberian tugas: Siswa membuat laporan tentang zat padat, zat car dan zat gas
yang dijumpai dan sering digunakan
dalam rumah tangga/kehidupan sehari-hari
|
20 mnt
|
G. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
No
|
Metode
|
Bentuk
Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Lembar
pengamatan
|
2
|
Tes Unjuk
Kerja
|
Tes Penilaian
kinerja
|
3
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
2. Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP PADA KEGIATAN DISKUSI
Indikator: Peserta didik menunjukkan perilaku
tanggung jawab dan percaya diri sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
Rubrik penilaian Sikap dalam kegiatan diskusi
Nilai= Jumlah skor x 4
Skor maksimal
Kriteria nilai dan predikat
|
b. Penilaian Kinerja Melakukan
Observasi
Nama Peserta Didik :
Kelas
/ Semester :
Topik / Sub Topik :
No
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
1
|
Menafsirkan sifat-sifat benda
|
|||
2
|
Mengelompokkan
benda berdasarkan sifatnya
|
|||
3
|
Menafsikan
data
|
|||
4
|
Mengkomunikasikan
|
Rubrik
Penilaian Kinerja Melakukan Observasi
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
Menafsirkan sifat-sifat benda
|
Hanya
menyebutkan salah satu Sifat benda yaitu bentuk dan volume /Jarak partikel /
gerak partikel
|
Hanya
menyebutkan dua Sifat benda yaitu bentuk dan volume serta Jarak partikel / gerak partikel serta
jarak partikel atau sebaliknya
|
Sifat
benda yang disebutkan benar semua yaitu bentuk dan volume, Jarak partikel dan
gerak partikel
|
Mengelompokkan
benda berdasarkan sifatnya
|
pengelompokan
sebagian bsar salah
|
pengelompokan
ada beberapa yang salah
|
pengelompokan
benar semua
|
Menafsirkan
data
|
Tdak
melakukan penafsiran data
|
Melakukan
analisis namun tidak mengkaitkan antar variabel
|
Melakukan
analisis dan mencoba mengkaitkan antar
variabel yang diselidiki
|
Mengkomunikasikan
|
Dilakukan
lisan
|
Lisan dan
tertulis, namun tidak dipadukan
|
Memadukan
hasil tulis dan lisan
|
c. Instrumen Soal Pengetahuan
Soal Uraian
1. Dari hasil Pengamatan yang kalian
lakukan benda apa saja yang tergolong,
a) Zat padat : . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b) Zat Cair : . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c) Zat gas : . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Lengkapi data dibawah ini
Sifat Zat
|
Zat Padat
|
Zat Cair
|
Zat Gas
|
Volume dan
Bentuk
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
Jarak
antar partikel
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
Gerak
partikel
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
. . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
|
3. Mengapa asap rokok berbahaya bagi
kesehatan tubuh ? . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4. Gas apa saja yang berperan dalam
reaksi fotosintesis? Jelas peran dari masing-masing gas tersebut ! . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . .. . . . . . . . . .
5. Tuliskan perbedaan sifat partikel zat cair dan
zat padat ! . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .
Kunci
jawaban dan Penilain
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor Penilaian
|
1
|
Zat padat
: Plastik, besi, keramik, serat, kaca
Zat
cair :
Air, kecap, saos
Zat
gas :
Udara, asap rokok
|
6
|
2
|
Zat Padat
: - Bentuk dan volume tetap
-
Jarak
antar partikel sangat rapat
-
Partkel
tidak dapat bergerak
Zat Cair
: -
Bentuk tergantung tempatnya, volume tetap
-
Jarak
antar partikel sangat renggang
-
Gerak
partikel terbatas
Zat
Gas :
- Bentuk dan volume tidak
menentu
-
Jarak
antar partikel sangat renggang
-
Gerak
Partikel sangat bebas
|
12
|
3
|
Asap rokok
termasuk gas yang mengandung nikotin, bila dalam paru-paru banyak terdapat
nikotin bisa menyebabkan berbagai penyakit
|
4
|
4
|
Gas
CO2 dan O2
CO2 berperan sebagai bahan yang diperlukan
dalam fotositesis, O2 gas yang dihasilan oleh fotositesis
|
4
|
5
|
a. Volume zat cair dan zat padat tetap
b. Bentuk zat cair menyesuaikan
tempatnya, zat padat tetap
c. Jarak antar partikel zat cair
lebih renggang, pada zat padat sangat rapat
d. Gerak partikel zat cair terbatas,
partikel zat padat tidak dapat begerak
|
4
|
Penilaian = Jumlah
skor diperoleh / Skor maxsimal x 100
No comments:
Write komentar