RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / 1
Topic : Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Topik :
Jaringan
Alokasi Waktu : 5 JP
Pembelajaran Ke - : 2 dan 3
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di ekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek
fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan
lingkungan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang
lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga
kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.4
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari
tingkat sel sampai organisme, serta komposisi bahan kimia utama penyusun sel.
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel
dan bagian-bagiannya.
4.6 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki
struktur tumbuhan dan hewan.
A.
Indikator.
1.
Menjelaskan tentang jaringan
2.
Menyebutkan macam jaringan hewan dan
tumbuhan
3.
Menjelaskan fungsi jaringan pada
hewan
4.
Menjelaskan fungsi jaringan pada
tumbuhan
B.
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menjelaskan tentang jaringan
2. Peserta
didik dapat menyebutkan macam jaringan hewan dan tumbuhan
3. Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi jaringan pada hewan
4. Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan
C. Materi
Sel-sel
yang mempunyai fungsi dan bentuk sama akan berkelompok. Kelompok sel itu
disebut jaringan.
1)
Jaringan Hewan
Setiap
jaringan terdiri atas beberapa tipe sel-sel terdiferensiasi. Misalnya:
a)
Epitel
i)
Jaringan ini dibuat dari sel-sel
memadat yang tersusun dalam lapisan pipih.
ii)
Jaringan ini melapisi berbagai
rongga dan tabung pada tubuh, serta membentuk kulit yang membungkus tubuh.
iii)
Fungsi jaringan epitel adalah
melindungi jaringan di bawahnya terhadap kerusakan karena gesekan mekanis,
radiasi UV, dan serangan bakteri, melapisi seluruh kelenjar pencernaan pada
tubuh, tabung air dan rongga paru-paru serta menghasilkan sel-sel kelamin yang
akan dilepaskan dari tubuh.
b)
Konektif/Penghubung
i)
Jaringan konektif penunjang
berfungsi memberi kekuatan, bantuan, dan perlindungan kepada bagian-bagian
lemah pada tubuh, contoh tulang rawan.
ii)
Jaringan konektif pengikat berfungsi
mengikat bagian-bagian tubuh, contoh: tendon.
iii)
Jaringan konektif berserat berfungsi:
(1) bahan pengemas dan pengikat bagi sebagian besar organ, dan (2) lintasan
bagi pembuluh darah. Contoh: Selaput otot (fasia) merupakan jaringan konektif
berserat yang mengikat otot-otot menjadi satu dan mengikat kulit pada struktur
di bawahnya.
iv)
Jaringan hematopoietik/sumsum tulang
belakang merupakan sumber semua sel yang ada dalam darah, meliputi sel-sel
darah merah (untuk mengangkut gas-gas), 5 macam sel darah putih (untuk
antibodi), dan platelet (untuk penggumpalan darah).
c)
Otot, terdiri atas 3 macam, yaitu:
i)
Otot halus, melapisi dinding organ
berongga pada tubuh, misalnya usus dan pembuluh darah kontraksinya menciutkan
ukuran organorgan tubuh yang berongga.
ii)
Otot rangka, terdiri dari
serat-serat panjang yang kontraksinya menimbulkan gerak pindah (locomotion)
dan juga terjadinya
macam-macam
gerak tubuh lainnya.
iii)
Otot Jantung, merupakan otot yang
membentuk jantung.
d)
Saraf
Saraf terdiri atas neuron, yaitu
sel-sel khusus yang menghantar implus saraf elektrokimia. Setiap neuron terdiri
atas tubuh sel yang berisikan nukleus dan memiliki sambungan seperti rambut.
Sepanjang sambungan inilah berjalan impuls saraf (Neurit/akson) yang ujungujung
sambungan ini (dendrit) bertemu dengan neuron-neuron lain atau
jaringan-jaringan lain (misalnya otot)
2)
Jaringan Tumbuhan
Jaringan tumbuhan dikelompokkan
menjadi dua, yaitu jaringan meristem dan jaringan permanen.
1.
Jaringan
meristem
Berdasarkan
asal pembentukannya, jaringan meristem dibagi tiga yaitu promeristem, meristem
primer, dan meristem sekunder. Sedangkan menurut letaknya, jaringan meristem
dibedakan menjadi meristem apikal, interkalar, dan lateral. Sementara itu,
berdasarkan sifat-sifat dasar selnya, jaringan meristem dibagi menjadi meristem
primer dan meristem sekunder.
2.
Jaringan
permanen
Jaringan
permanen meliputi jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong
(kolenkim dan sklerenkim), jaringan pengangkut (xylem dan floem), serta
jaringan gabus.
Fungsi jaringan
Fungsi
jaringan berbeda-beda sesuai letak, posisi, usia, dan pengaruh faktor luar,
yaitu:
A. Jaringan Meristem
•
Merupakan jaringan yang aktif
membelah.
•
Disebut juga jaringan meristematik
atau embrional.
•
Terdapat pada ujung akar, ujung
batang, kambium ikatan pembuluh.
•
Tumbuh secara vertikal dan
horizontal.
B. Jaringan Permanen/Dewasa
1. Jaringan pelindung
yaitu Jaringan Epidermis.
•
Merupakan selapis sel pipih, tipis
dan rapat.
•
Terletak paling luar/tepi.
•
Memiliki lapisan kutikula/lilin.
•
Berfungsi untuk menutupi permukaan
daun, bunga, buah dan akar.
2. Jaringan
Stereon/Penguat
a. Jaringan Sklerenkim
•
Merupakan sel-sel yang telah mati,
terdiri atas fiber/serat dan sel batu/sklereid
•
Mengalami penebalan pada seluruh
dinding sel oleh zat lignin/ zat kayu.
•
Bersifat kaku/mudah patah.
•
Berfungsi untuk melindungi dan
menguatkan bagian dalam sel.
b. Jaringan Kolenkim
•
Penebalan terjadi di sudut-sudut sel
oleh zat selulose.
•
Bersifat lentur/fleksibel.
•
Mengandung klorofil.
•
Terdapat pada batang, daun, buah dan
akar.
•
Berfungsi untuk menguatkan tubuh
tumbuhan.
3) Jaringan Parenkim
•
Disebut juga jaringan dasar.
•
Berada juga di berkas pengangkutan
(BP).
•
Bentuknya bermacam-macam seperti:
tiang/palisade; spons/bunga karang; bintang, dan lipatan.
•
Selnya tipis dan terdapat ruang
antar sel (r.a.s.).
•
Berfungsi untuk menyimpan cadangan
makanan, air, udara, fotosintesis, dan transportasi.
4) Jaringan Pengangkutan
a. Jaringan Xylem
•
Disebut jaringan kayu.
•
Terletak di bagian paling dalam.
•
Memiliki trakeid yang mengalami
penebalan.
•
Berfungsi untuk mengangkut air,
garam mineral dan unsur hara dari akar ke daun dan seluruh jaringan
tubuh.
b. Jaringan Phloem
•
Disebut juga jaringan tapis.
•
Terletak di sebelah luar jaringan
xylem.
•
Memiliki sel tapis yang bentuknya
kecil dan sel tetangga.
•
Berfungsi untuk mengangkut hasil
fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
5) Jaringan Gabus/Periderm
•
Merupakan sel pengganti epidermis
yang telah mati.
•
Mengandung zat suberin/zat gabus.
•
Berfungsi sebagai pelindung dan
jalur transportasi air.
D.
. Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.Pendekatan : Scientific
2.Metode :
Diskusi
3.Model : Discovery
Learning
E.
Media , Alat , Dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Komputer,
LCD(gambar), mikroskop, preparat
awetan
2.
Sumber
Belajar
a) Buku IPA SMPkelas VII,Puskurbuk2013
b) Bahan lain
yang relavan
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat (2 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
|
· -Guru menyajikan gambar jaringan dan
meminta siswa untuk menjawab pertanyaan tentang: “apa yang dimaksud dengan
jaringan pada gambar”.
|
5
menit
|
Kegiatan Inti
|
PembahasanTugas danIdentifikasiMasalah
observasi
Pengumpulan
data
verifikasi
generalisasi
|
- Membagi siswa menjadi 8 kelompok
-Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan “apakah
ada perbedaan antara jaringan hewan dan tumbuhan?”
· Siswa akan
memulai membaca buku dan mengamati gambar jaringan pada hewan dan
tumbuhan
· Setiap
kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
· Setiap
kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
· Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang jaringan hewan dan
tumbuhan
· Membuat
kesimpulan tentang jaringan hewan dan tumbuhan
|
30
menit
|
Penutup
|
-Siswa
dan guru meriview kegiatan pembelajaran
-Siswa
dan guru bertanyajawab
-Guru
memberi penghargaan/pujian pada kelompok yang kinerjanya bagus
|
5 menit
|
SM Pertemuan Kelima (3 JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
Model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
|
· -Guru menyiapkan mikroskop dan meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan : “Apakah jaringan terbentuk dari
kumpulan sel”
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
PembahasanTugas danIdentifikasiMasalah
observasi
Pengumpulan
data
verifikasi
generalisasi
|
- Membagi siswa menjadi 8 kelompok
-Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan
“Mengamati , Apakah jaringan terbentuk dari kumpulan sel?”
· Siswa akan menggunakan
mikroskop untuk mengamati jaringan daun dan batang pada tumbuhan dan
hewan
· Setiap
kelompok mendiskusikan bagian-bagian jaringan pada tumbuhan dan hewan
· Setiap
kelompok mendiskusikan fungsi bagian-bagian jaringan pada tumbuhan dan hewan
· Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang jaringan tumbuhan dan
hewan
· Membuat
kesimpulan tentang jaringan tumbuhan dan hewan
|
100 menit
|
Penutup
|
-Siswa
dan guru meriview kegiatan pembelajaran
-Siswa
dan guru bertanyajawab
-Guru
memberi penghargaan/pujian pada kelompok yang kinerjanya bagus
|
10 menit
|
G.
PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
· Sikap
|
· Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
· Tes Tertulis
|
· Tes Uraian dan Pilihan Ganda
|
· Penilaian
Produk
|
· Lembar
Penilaian Produk dan rubrik
|
2.
Contoh Instrumen Penilaian Sikap
a. Lembar Pengamatan Sikap
1. Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
|
Aspekyangdinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu(curiosity)
|
||||
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian dalammelakukan pengamatan
|
||||
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
||||
4
|
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
|
RubrikPenilaian Perilaku
No
|
Aspekyangdinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkanrasa ingintahu
|
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,antusias, aktif dalam dalam
kegiatankelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidakterlalu antusias, dan
baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok
ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam
pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah
didorong untuk terlibat
|
2.
|
Ketelitian
dan
hati-hati
|
3. mengamati gambar dengan sangat teliti dan
hati-hati
2. mengamati gambar dengan teliti dan
hati-hati
1. mengamati gambar
dengan kurang teliti dan kurang hati-hati
|
3
|
Ketekunan dantanggungjawab dalam
belajar dan
bekerja baiksecara individu maupun berkelompok
|
3: tekun dalam
menyelesaikan tugas denganhasil terbaik yang
bisa
dilakukan,
berupaya tepatwaktu.
2: berupaya tepat waktu dalam
menyelesaikantugas,namun
Belum
menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas,dan tugasnya tidakselesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
4. aktif dalam tanya jawab,
dapat mengemukaan
gagasan
Atau ide,menghargai pendapat siswa lain
3. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan
gagasan
Atau ide,menghargai pendapat siswa lain
1. aktif
dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan
gagasan atau ide,kurang menghargai
pendapat siswa lain
|
I. Penilaian
pemahaman
II. Instrumen
soal Pengetahuan
SOAL
URAIAN
1. Jelaskan apa yang
dimaksud jaringan
2. Sebutkan macam jaringan hewan dan
tumbuhan
3. Jelaskan fungsi jaringan pada
hewan
4. Jelaskan fungsi jaringan pada
tumbuhan
Jawaban
1.
Jaringan adalah kumpulan dari
sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi sama
2.
Jaringan Hewan terdiri dari: epitel,
konektif/penghubung, otot, dan syaraf. Jaringan Tumbuhan terdiri dari: Jaringan
maristem dan jaringan permanen
3.
Jaringan pada hewan:
·
Epitel berfungsi untuk melindungi
jaringan dibawahnya
·
konektif/penghubung berfungsi
membeir kekuatan , bantuan dan pelindung pada bagian-bagian tubuh yang
lemah/lunak
·
otot berfungsi sebagai alat gerak
aktif
·
syaraf berfungsi sebagai penghubung
/menanggapi adanya rangsangan
4.
Jaringan pada Tumbuhan:
·
Jaringan maristem berfungsi untuk
pertumbuhan primer
·
jaringan permanen
·
jaringan epidermis berfungsi sebagai
pelindung bagian daun, bunga, buah dan akar;
·
jaringan skleremkin berfungsi untuk
melindungi dan menguatkan bagian dalam sel;
·
jaringan kolenkim berfungsi untuk
menguatkan tubuh tumbuhan;
·
jaringan parenkim berfungsi
menyimpan cadangan makanan;
·
jaringan xylem berfungsi mengangkut
air dan zat mineral dari tanah ke daun
·
jaringan floem berfungsi untuk
mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan
·
jaringan gabus berfungsi untuk
melindungi jalur transportasi air
RUBRIK
PENILAIAN URAIAN
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
2
3
4
|
Jika
jawaban terjawab dengan benar
Jika
jawaban terjawab dengan benar
Jika
jawaban terjawab dengan benar
Jika
jawaban terjawab dengan benar
|
2
2
3
3
|
10
|
Contoh Penilaian Produk
Materi Pelajaran : system organ dan organisme
NamaProduk : Laporan Diskusi hasil pengamatan
AlokasiWaktu : NamaPesertadidik
: Kelas :
No.
|
Tahapan
|
Skor (1 –5)*
|
1
|
Struktur laporan
|
|
2
|
Kesesuaian dengan materi
|
|
3
|
Kreatifitas
|
|
TOTALSKOR
|
Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatandalamproses
pembuatanmakasemakin tinggi nilainya
Mengetahui,
|
Subang. Agustus 2014
|
|
Kepala SMP Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
|
|
NIP : 197106161998021003
|
LEMBAR KEGIATAN SISWA PERTEMUAN IV
I. TUJUAN
:
Mengetahui
perbedaan antara jaringan hewan dan tumbuhan
II. ALAT
DAN BAHAN:
Gambar
jaringan hewan dan tumbuhan
III. LANGKAH
KEGIATAN;
1. Siswa akan
memulai membaca buku dan mengamati gambar jaringan pada hewan dan tumbuhan
2. Setiap kelompok mendiskusikan
bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
3. Setiap kelompok mendiskusikan
fungsi bagian-bagian jaringan pada hewan dan tumbuhan
4. Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi tentangjaringan hewan dan tumbuhan
5. Membuat
kesimpulan tentang jaringan hewan dan tumbuhan
IV. HASIL
DISKUSI:
V. KESIMPULAN:
VI. KESIMPULAN
LEMBAR KEGIATAN SISWA PERTEMUAN V
I. TUJUAN
:
Apakah
jaringan terbentuk dari kumpulan sel?
II. ALAT
DAN BAHAN:
1.
Daun
2.
Mikroskop
3.
Gelas objek dan kaca penutup
4.
Silet
5.
Pewarna metilen biru
6.
Pipet tetes.
III. LANGKAH
KEGIATAN
1) Pada jaringan tumbuhan
a) Sayat daun atau batang tumbuhan
dengan membujur atau melintang setipis
mungkin!
b) Letakkan di atas gelas objek dan
tetes dengan pewarna metilen biru!
Kemudian, tutup dengan kaca penutup!
c) Amati di bawah mikroskop!
Gambarlah jaringan tumbuhannya!
d) Kemudian bandingkan dengan Gambar
4.8.
2) Pada jaringan hewan
a) Siapkan preparat awetan hewan yang
ada di sekolahmu!
b) Amati di bawah mikroskop!
Gambarlah jaringan-jaringan hewan tersebut!
IV. TABEL
PENGAMATAN
Gambar
jaringan tumbuhan dan keterangannya
gambar
|
keterangan
|
Gambar
jaringan hewan dan keterangannya
gambar
|
keterangan
|
V. KESIMPULAN
H.
No comments:
Write komentar