RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VII / 1
Topic : Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik : Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Alokasi Waktu :
2
JP
Pembelajaran Ke - : 4
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
KD.
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
KD.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
KD.
3.3. Memahami prosedur
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja
ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda
tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.
KD. 4.3. Mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar.
A.
Indikator
1.
Spiritual
Mensyukuri
ciptaan Tuhan melalui pengamatan berbagai macam tumbuhan.
2.
Sosial
a. Mengembangkan
perilaku tanggung jawab, saling menghargai pendapat dalam kegiatan kelompok.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan praktikum dan diskusi kelompok.
3.
Pengetahuan
a.
Menjelaskan perbedaan antara lumut,
paku-pakuan dan tumbuhan biji.
b.
Dapat memberikan contoh spesies dari
tumbuhan lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji.
4.
Keterampilan
Dapat
melakukan pengamatan terhadap tumbuhan lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji.
B.
Tujuan
Pembelajaran
1. Spiritual
Peserta didik mensykuri ciptaaan Tuhan melalui
pengamatan berbagai macam tumbuhan.
2. Sosial
a. Peserta didik dapat mengembangkan perilaku
tanggung jawab, saling menghargai pendapat dalam kegiatan kelompok.
b. Peserta didik dapat bekerja sama dalam kegiatan
praktikum dan diskusi kelompok dengan baik.
3. Pengetahuan
a. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan
antara lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji
dengan tepat.
b. Peserta didik dapat memberikan contoh spesies dari tumbuhan lumut,
paku-pakuan dan tumbuhan biji dengan benar.
4. Keterampilan
Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap tumbuhan lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji dengan benar.
C.
Materi Pembelajaran
Berdasarkan klasifikasi lima kingdom, kingdom
Plantae(tumbuhan) dibagi ke dalam beberapa filum, yakni Lumut (Bryophyta),
Paku-pakuan (Pteridophyta), serta tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Bakteri
dimasukkan dalam kingdom Monera.Ganggang (Algae) dimasukkan ke dalam kingdom
Protista. Kelima kingdom diklasifikasi berdasarkan karakteristik yang khas dari
setiap organisme-organisme yang menyusunnya.
Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh
tumbuhan bisa dibedakan lagi atas dua jenis kelompok besar berikut.
1.Tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang
meliputi lumut (Bryophyta).
2.Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang
meliputi paku-pakuan (Pteridophyta), dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta).
1. Tumbuhan Lumut dan
Tumbuhan Paku
Tumbuhan lumut dan paku adalah tumbuhan yang
memiliki spora.
Berkembang biak dengan cara vegetatif dan
generatif. Tumbuhan tersebut memiliki klorofil dan berfotosintesis. Habitatnya
menyukai tempat yang lembab.Tumbuhan tidak berpembuluh adalah tumbuhan yang
tidak memiliki berkas pengangkut. Kelompok tumbuhan ini belum dapat dibedakan
antara akar, batang, dan daun, misalnya tumbuhan lumut. Kelompok tumbuhan lumut
(Bryophyta)cirinya belum mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Struktur yang
menyerupai akar disebut rhizoid, berspora, dan berklorofil.
Tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan yang
memiliki berkas pengangkut dan sudah dapat dibedakan antara akar, batang, dan
daun. Tumbuhan berpembuluh disebut tumbuhan berkormus. Tumbuhan berkormus
terdiri atas dua kelompok,yaitu kelompok kormofita berspora dan kormofita
berbiji. Kormofita berbiji mempunyai bunga dan biji. Kormofita berspora tidak
mempunyai bunga,misalnya tumbuhan paku(Pteridophyta).Tumbuhan paku memiliki
ciri mempunyai akar, batang, dan daun sejati, tidak berbunga, dan tidak
berbiji. Ciri lain dari tumbuhan paku adalah daun muda yang menggulung. Daun
tumbuhan paku ada yang menghasilkan spora disebut sporofil dan ada pula daun
yang tidak menghasilkan spora disebut tropofil.
2. Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)
Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dikelompokkan
menjadi tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup
(Angiospermae). Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) memiliki bakal biji
atau biji berada di dalam struktur yang tertutup oleh daun buah (carpels). Daun
buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentuk struktur pembiakan yang
disebut bunga. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah mangga, jambu, avokad,
anggur, dan apel.
D.
Sumber Pembelajaran
1. Sumber belajar
-
Buku
siswa IPA SMP VII, DepDik Bud 2013
-
Lembar
Kerja Siswa
2. Media Belajar
-
Laptop
-
LCD
3. Alat dan Bahan
-
Gelas
Plastik
-
Sendok
-
Tumbuhan
Lumut
-
Tumbuhan
Paku
-
Tumbuhan
Rambutan
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Approach
2.
Metode : Eksperimen, Diskusi
Kelompok
3.
Model : Discoveri Learning
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Orientasi
Guru menampilkan gambar berbagai macam
tumbuhan.
b.
Memotivasi
Guru menanyakan pada peserta didik :
“Apakah tumbuhan yang kamu lihat tadi
semuanya memiliki akar, batang, bunga dan buah?”
c.
Apersepsi
Guru menyampaikan pada peserta didik bahwa
tumbuhan tadi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok.
d.
Tujuan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
b.
Menanya
c.
Menalar
d.
Mencoba
e.
Membentuk
jaringan
|
Guru
membagi peserta didik menjadi 5 kelompok.
Guru
membagikan alat dan bahan untuk kegiatan praktikum, serta lembar kerja siswa
(LKS).
Secara
berkelompok peserta didik mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan
tumbuhan rambutan.
Peserta
didik menanya apakah perbedaan antara tumbuhan lulut, paku-pakuan dan
rambutan.
Peserta
didik membedakan tumbuhan yang diamati dan ditulis pada data pengamatan di
LKS.
Peserta
didik mencoba mendiskripsikan
perbedaan antara tumbuhan lumut, paku-pakuan dan rambutan.
Guru
membimbing peserta didik pada saat menyajikan hasil diskusi kelompok.
|
25 menit
|
Penutup
|
a.
Simpulan
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil
kegiatan pembelajaran.
b.
Refleksi
Guru memberikan penghargaan/pujian pada
peserta didik yang berkinerja baik.
c.
Evaluasi
Guru memberikan evaluasi (postest) pada
peserta didik.
d.
Usaha
tindak lanjut
Pemberian tugas pada peserta didik untuk
mempelajari tumbuhan dikotil dan monokotil.
|
10 menit
|
G.
Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir)
No
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Penilaian Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap
|
2
|
Penilaian Pengetahuan
|
Tes Uraian
|
3
|
Penilaian Keterampilan
|
Lembar Penilaian Keterampilan Berbicara
|
Mengetahui,
|
Subang.
Agustus 2014
|
|
Kepala SMP
Muhammadiyah
|
Guru IPA
|
|
Lili
Hambali. S.Pd.,M.Pd.
|
Muhamad
Fauzi Hamzah, S.Pd
|
|
NIP
: 197106161998021003
|
Kelompok
: ................................
Anggota
: ................................
................................
................................
................................
|
LAMPIRAN 1: LKS
LEMBAR
KERJA SISWA (LKS)
I.
Hari/Tanggal
:
II.
Tema : Perbedaan Tumbuhan Lumut,
Paku dan Tumbuhan Berbiji.
III.
Tujuan : Dapat membedakan tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan Berbiji.
IV.
Dasar
Teori :
Tumbuhan lumut (Bryophita)
cirinya belum mempunyai akar, batang dan daun sejati. Struktur yang menyerupai
akar disebut rhizoid, berspora dan berklorofil.
Tumbuhan paku (Pteridophyta)
memiliki ciri mempunyai akar, batang dan daun sejati, tidak berbunga, dan tidak
berbiji, daun yang muda menggulung.
Tumbuhan berbiji
(Spermatophyta) mempunyai akar, batang dan daun sejati.
V.
Alat
dan Bahan : -Tumbuhan
Lumut
-Tumbuhan Paku
-Tumbuhan Berbiji
VI. Langkah Kerja :
1. Siapkan berbagai macam tumbuhan lumut, paku dan
tumbuhan berbiji !
2. Amatilah tumbuhan tersebut satu persatu pada
bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan sporanya !
3. Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel data
pengamatan !
VIII.
Data
Pengamatan
No
|
Jenis Tumbuhan
|
Akar*
|
Batang*
|
Daun*
|
Bunga*
|
Buah*
|
Spora*
|
Termasuk Dalam Tumbuhan
Paku/Lumut/Berbiji
|
1
|
A
|
|||||||
2
|
B
|
|||||||
3
|
C
|
|||||||
4
|
D
|
|||||||
5
|
E
|
Keterangan : *: berilah tanda V:
apabila ada, dan tanda - : apabila
tidak ada.
LAMPIRAN 2: LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
Yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
||
Rasa
Ingin Tahu
|
Tanggung
Jawab
|
Kerja
Sama
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
Rubrik Penilaian
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Rasa Ingin Tahu
|
3
|
Menunjukkan rasa ingin tahu yag
besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
|
2
|
Menunjukkan rasa ingin tahu,
namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
ketika disuruh
|
||
1
|
Tidak menunjukkan antusias
dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
|
||
2
|
Tanggung Jawab
|
3
|
Memiliki tanggung jawab yang
tinggi dalam kegiatan kelompok dan individu
|
2
|
Memiliki tanggung jawab pada
kegiatan individu
|
||
1
|
Tidak menunjukkan rasa tanggung
jawab di setiap kegiatan
|
||
3
|
Kerja sama
|
3
|
Dapat bekerja sama dalam
kelompok dengan baik
|
2
|
Tidak menunjukkan kerja sama
yang baik dalam kegiatan kelompok
|
||
1
|
Tidak dapat bekerja sama dalam kegiatan kelompok
|
LAMPIRAN 3: INSTRUMEN PENILAIAN
PENGETAHUAN
Nama
Siswa :
.....................................
Nomor
Absen:
.....................................
|
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas !
1.
Sebutkan
2 ciri-ciri tumbuhan paku !
2.
Sebutkan 4 organ yang dimiliki oleh
tumbuhan berbiji (spermatophyta) !
Jawaban :
1.
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN 4: INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
BERBICARA
NO
|
NAMA
|
SKOR
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
RUBRIK
PENILAIAN
NO
|
RUBRIK
|
SKOR
|
1
|
Aktif dalam
Tanya jawab, mengemukakan pendapat, menghargai pendapat orang lain.
|
4
|
2
|
Aktif dalam
Tanya jawab, tidak mengemukan pendapat, menghargai pendapat orang lain.
|
3
|
3
|
Aktif dalam
Tanya jawab, tidak mengemukakan pendapat, tidak menghargai orang lain.
|
2
|
4
|
Tidak Tanya
jawab, tidak berpendapat, tidak menghargai orang lain
|
1
|
No comments:
Write komentar