Sunday, 10 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII. Kingdom Plantae (Tumbuhan)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik                              :     Kingdom Plantae (Tumbuhan)
 Alokasi Waktu                      :     2  JP
Pembelajaran Ke -                :    4


Kompetensi Inti                     :    
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
KD. 1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
KD. 2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
KD. 3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.
KD. 4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.

A.    Indikator
1.      Spiritual
Mensyukuri ciptaan Tuhan melalui pengamatan berbagai macam tumbuhan.
2.      Sosial
a.       Mengembangkan perilaku tanggung jawab, saling menghargai pendapat dalam kegiatan kelompok.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan praktikum dan diskusi kelompok.
3.      Pengetahuan
a.       Menjelaskan perbedaan antara lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji.
b.      Dapat memberikan contoh spesies dari tumbuhan lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji.
4.      Keterampilan
Dapat melakukan pengamatan terhadap tumbuhan lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji.

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Spiritual
Peserta didik mensykuri ciptaaan Tuhan melalui pengamatan berbagai macam tumbuhan.
2.      Sosial
a.       Peserta didik dapat mengembangkan perilaku tanggung jawab, saling menghargai pendapat dalam kegiatan kelompok.
b.      Peserta didik dapat bekerja sama dalam kegiatan praktikum dan diskusi kelompok dengan baik.
3.      Pengetahuan
a.       Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji  dengan tepat.
b.      Peserta didik dapat memberikan  contoh spesies dari tumbuhan lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji dengan benar.
4.      Keterampilan
Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap tumbuhan lumut, paku-pakuan dan tumbuhan biji dengan benar.

C.      Materi Pembelajaran
Berdasarkan klasifikasi lima kingdom, kingdom Plantae(tumbuhan) dibagi ke dalam beberapa filum, yakni Lumut (Bryophyta), Paku-pakuan (Pteridophyta), serta tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Bakteri dimasukkan dalam kingdom Monera.Ganggang (Algae) dimasukkan ke dalam kingdom Protista. Kelima kingdom diklasifikasi berdasarkan karakteristik yang khas dari setiap organisme-organisme yang menyusunnya.
Berdasarkan morfologi atau susunan tubuh tumbuhan bisa dibedakan lagi atas dua jenis kelompok besar berikut.
1.Tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang meliputi lumut (Bryophyta).
2.Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang meliputi paku-pakuan (Pteridophyta), dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta).
1.  Tumbuhan Lumut dan Tumbuhan Paku
Tumbuhan lumut dan paku adalah tumbuhan yang memiliki spora.
Berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Tumbuhan tersebut memiliki klorofil dan berfotosintesis. Habitatnya menyukai tempat yang lembab.Tumbuhan tidak berpembuluh adalah tumbuhan yang tidak memiliki berkas pengangkut. Kelompok tumbuhan ini belum dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun, misalnya tumbuhan lumut. Kelompok tumbuhan lumut (Bryophyta)cirinya belum mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Struktur yang menyerupai akar disebut rhizoid, berspora, dan berklorofil.
Tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan yang memiliki berkas pengangkut dan sudah dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Tumbuhan berpembuluh disebut tumbuhan berkormus. Tumbuhan berkormus terdiri atas dua kelompok,yaitu kelompok kormofita berspora dan kormofita berbiji. Kormofita berbiji mempunyai bunga dan biji. Kormofita berspora tidak mempunyai bunga,misalnya tumbuhan paku(Pteridophyta).Tumbuhan paku memiliki ciri mempunyai akar, batang, dan daun sejati, tidak berbunga, dan tidak berbiji. Ciri lain dari tumbuhan paku adalah daun muda yang menggulung. Daun tumbuhan paku ada yang menghasilkan spora disebut sporofil dan ada pula daun yang tidak menghasilkan spora disebut tropofil.
2.  Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)
Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) dikelompokkan menjadi tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) memiliki bakal biji atau biji berada di dalam struktur yang tertutup oleh daun buah (carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentuk struktur pembiakan yang disebut bunga. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah mangga, jambu, avokad, anggur, dan apel.

D.      Sumber Pembelajaran
1.      Sumber belajar
-          Buku siswa IPA SMP VII, DepDik Bud 2013
-          Lembar Kerja Siswa
2.      Media Belajar
-          Laptop
-          LCD
3.      Alat dan Bahan
-          Gelas Plastik
-          Sendok
-          Tumbuhan Lumut
-          Tumbuhan Paku
-          Tumbuhan Rambutan

E.       Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Scientific Approach
2.      Metode                        : Eksperimen, Diskusi Kelompok
3.      Model                          : Discoveri Learning

F.       Langkah-langkah Pembelajaran
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.       Orientasi
Guru menampilkan gambar berbagai macam tumbuhan.
b.      Memotivasi
Guru menanyakan pada peserta didik :
“Apakah tumbuhan yang kamu lihat tadi semuanya memiliki akar, batang, bunga dan buah?”
c.       Apersepsi
Guru menyampaikan pada peserta didik bahwa tumbuhan tadi dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok.
d.      Tujuan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5 menit
Kegiatan Inti



a.    Mengamati



b.    Menanya


c.    Menalar


d.   Mencoba


e.    Membentuk
jaringan
Guru membagi peserta didik menjadi 5 kelompok.
Guru membagikan alat dan bahan untuk kegiatan praktikum, serta lembar kerja siswa (LKS).

Secara berkelompok peserta didik mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan rambutan.

Peserta didik menanya apakah perbedaan antara tumbuhan lulut, paku-pakuan dan rambutan.

Peserta didik membedakan tumbuhan yang diamati dan ditulis pada data pengamatan di LKS.

Peserta didik mencoba mendiskripsikan  perbedaan antara tumbuhan lumut, paku-pakuan dan rambutan.

Guru membimbing peserta didik pada saat menyajikan hasil diskusi kelompok.
25 menit
Penutup
a.       Simpulan
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
b.      Refleksi
Guru memberikan penghargaan/pujian pada peserta didik yang berkinerja baik.
c.       Evaluasi
Guru memberikan evaluasi (postest) pada peserta didik.
d.      Usaha tindak lanjut
Pemberian tugas pada peserta didik untuk mempelajari tumbuhan dikotil dan monokotil.
10 menit

G.      Penilaian (Instrumen Penilaian Terlampir)
No
Jenis Penilaian
Bentuk Instrumen
1
Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
2
Penilaian Pengetahuan
Tes Uraian
3
Penilaian Keterampilan
Lembar Penilaian Keterampilan Berbicara




Mengetahui,

Subang. Agustus 2014
Kepala SMP Muhammadiyah

Guru  IPA






Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.







Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
NIP : 197106161998021003








































Kelompok           : ................................
Anggota               : ................................
                                   ................................
                                   ................................
                                   ................................
 






LAMPIRAN 1: LKS


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
I.              Hari/Tanggal         :
II.            Tema                     : Perbedaan Tumbuhan Lumut, Paku dan Tumbuhan Berbiji.
III.           Tujuan                   : Dapat  membedakan tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan  Berbiji.
IV.          Dasar Teori           :
Tumbuhan lumut (Bryophita) cirinya belum mempunyai akar, batang dan daun sejati. Struktur yang menyerupai akar disebut rhizoid, berspora dan berklorofil.
Tumbuhan paku (Pteridophyta) memiliki ciri mempunyai akar, batang dan daun sejati, tidak berbunga, dan tidak berbiji, daun yang muda menggulung.
Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) mempunyai akar, batang dan daun sejati.

V.            Alat dan Bahan                 : -Tumbuhan Lumut
  -Tumbuhan Paku
  -Tumbuhan Berbiji

 VI. Langkah Kerja                  :
                   1. Siapkan  berbagai macam tumbuhan lumut, paku dan tumbuhan berbiji !
2.  Amatilah tumbuhan tersebut satu persatu pada bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan sporanya !
                   3.  Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel data pengamatan !
           
VIII.        Data Pengamatan

No
 Jenis Tumbuhan
Akar*
Batang*
Daun*
Bunga*
Buah*
Spora*
Termasuk  Dalam Tumbuhan Paku/Lumut/Berbiji
1
A







2
B







3
C







4
D







5
E








                  Keterangan :   *: berilah tanda V: apabila ada, dan tanda   - : apabila tidak ada.



LAMPIRAN 2: LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

No
Nama Siswa
Sikap Yang Dinilai
Jumlah
Skor
Rasa Ingin Tahu
Tanggung
Jawab
Kerja Sama
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10






                                                                                                                                     
Rubrik Penilaian
No
Aspek  Yang Dinilai
Skor
Rubrik
1
Rasa Ingin Tahu
3
Menunjukkan rasa ingin tahu yag besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
2
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1
Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2
Tanggung Jawab
3
Memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam kegiatan kelompok dan individu
2
Memiliki tanggung jawab pada kegiatan individu
1
Tidak menunjukkan rasa tanggung jawab di setiap kegiatan
3
Kerja sama
3
Dapat bekerja sama dalam kelompok dengan baik
2
Tidak menunjukkan kerja sama yang baik dalam kegiatan kelompok
1
Tidak dapat  bekerja sama dalam kegiatan kelompok














LAMPIRAN 3: INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN


Nama Siswa    : .....................................
Nomor Absen: .....................................
 





Jawablah  pertanyaan berikut ini dengan jelas !
1.      Sebutkan  2 ciri-ciri tumbuhan paku !
2.      Sebutkan 4 organ yang dimiliki oleh tumbuhan berbiji (spermatophyta) !
Jawaban :
1.      ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





















LAMPIRAN 4: INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERBICARA

NO
NAMA
SKOR
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10




RUBRIK PENILAIAN
NO
RUBRIK
SKOR
1
Aktif dalam Tanya jawab, mengemukakan pendapat, menghargai pendapat orang lain.
4
2
Aktif dalam Tanya jawab, tidak mengemukan pendapat, menghargai pendapat orang lain.
3
3
Aktif dalam Tanya jawab, tidak mengemukakan pendapat, tidak menghargai orang lain.
2
4
Tidak Tanya jawab, tidak berpendapat, tidak menghargai orang lain
1

                                                                       









No comments:
Write komentar