Sunday, 10 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII. Besaran Turunan


DOWNLOAD DISINI UNTUK SUSUNAN YANG LEBIH RAPIH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik                              :     Besaran Turunan
Alokasi Waktu                       :     2 JP
Pembelajaran Ke -                :    4


Kompetensi Inti                     :    
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar                 :    
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ; hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2 Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung  jawab dalam aktiftas sehari-hari sebagai wujud  implementasi  sikap dalam memilih  kegunaan  bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan.
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari.   
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya rumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
                                 4.1 Menyajikaan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

A.    INDIKATOR
1.      Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai  dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
2.      Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok.
3.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian besaran turunan.
4.      Peserta didik dapat menyebutkan 3 contoh besaran turunan beserta satuannya.
5.      Peserta didik dapat melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Mengembangkan perilaku tanggung jawab,ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
2.      Mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok panjang,massa dan waktu.
3.      Setelah diskusi kelompokPeserta didik dapat menjelaskan pengertian besaran turunan.
4.      Setelah diskusi kelompokPeserta didik dapat menyebutkan 3 contoh besaran turunan beserta satuannya.
5.      Peserta didik dapat melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

C.    MATERI
Besaran Turunan.
1.   Luas
Untuk benda yang berbentuk persegi, luas benda dapat ditentukan dengan mengalikan hasil pengukuran panjang dengan lebarnya. Bagaimanakah cara mengukur luas benda yang berbentuk tidak teratur, misalnya luas sehelai daun.
2.   Volume
Misalnya, kalian punya dua wadah, yakni kaleng besar dan kaleng kecil.Jika dipergunakan untuk menampung air, kaleng besar pasti dapat menampung air lebih banyak. Hal tersebut terkait dengan besarnya ruangan yang terisi oleh materi,
biasanya disebut volume. Suatu benda jika volumenya lebih besar, dapa menampung materi lebih banyak dibandingkan benda lain yang volumenya lebih kecil. Volume merupakan besaran turunan yang disusun dari besaran pokok panjang.Volume benda padat yang bentuknya teratur, contohnya balok, dapat ditentukan dengan mengukur terlebih dulu panjang, lebar, dan tingginya, kemudian mengalikannya.Jika kalian mengukur panjang, lebar, dan tinggi balok menggunakan satuan sentimeter (cm), maka volume balok yang diperoleh dalam satuan sentimeter kubik (cm3).Jika, panjang, lebar, dan tinggi diukur dalam satuan meter (m), maka volume yang diperoleh bersatuan meter kubik (m3). Bagaimana cara menentukan volume suatu zat cair? Zat cair tidak memiliki bentuk yang tetap.Bentuk zat cair selalu mengikuti bentuk wadahnya. Oleh karena itu, jika zat cair dituangkan ke dalam gelas ukur, seperti ditunjukkan Gambar 1.24, ruang gelas ukur yang terisi zat cair sama dengan volume zat cair tersebut. Volume zat cair dapat dibaca pada skala sesuai ketinggian permukaan zat cair di dalam gelas ukur tersebut.Seperti yang kalian lihat pada Gambar 1.23, hasil pembacaan volume air dengan gelas ukur di atas memiliki satuan mL, kependekan dari mililiter. Dalam kehidupan sehari-hari, volume zat cair biasanya dinyatakan dalam satuan mililiter (mL) atau liter(L). 1 L = 1 dm3 1 L = 1.000 mL 1 mL = 1 cm3
3.   Konsentrasi Larutan
Misalnya, kalian membuat sirop dengan memasukkan gula ke dalam air.Kemudian, dicicipi. Jika kurang manis, kalian dapat menambahkan gula lagi. Makin banyak gula yang ditambahkan, makin manis rasa larutan itu. Selain rasa manis yang bersifat kualitatif (hasil indra pengecap), adakah besaran yang dapat digunakan untuk menggambarkan banyaknya gula dan air di dalam larutan tersebut? Salah satu besaran yang dapat digunakan adalah konsentrasi larutan (K) .Ada banyak carauntuk merumuskan konsentrasi larutan. Pada contoh larutan tadi, konsentrasi dapatdirumuskan sebagai massa gula (zat terlarut) dibagi dengan volume air (zat pelarut) yaitu
4.   Laju Pertumbuhan
Besaran panjang dan waktu dapat digunakan untuk menentukan pertumbuhan tanaman.Misalkan, kalian menanam jagung. Pada pengukuran awal, diperoleh tinggi tanamanmu 20 cm. Dalam waktu 10 hari, tingginya menjadi 60 cm. Kalian dapat menentukan berapa pertambahan tinggi jagung tiap harinya, yakni

D.    PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan     : Scientific
2.         Metode            : Diskusi dan eksperimen
3.         Model              :-

E.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Alat dan bahan untuk kegiatan mengukur luas daun (daun, kertas milimeter, penjepit, pensil).
2.      Media: ppt tentang pertumbuhan tanaman.
3.      Sumber belajar
a.       Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013
b.      Sumber lain yang relevan (misalnya BSE IPA CTL, internet

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN


Kegiatan

DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik guru
menunjukan selembar kertas, diskusikan satuan luas, diskusi masuk
ke besaran turunan.
10 menit

Kegiatan Inti
Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan
“Mengukur Luas Daun”. Jika diperlukan, modelkan dulu caranya
(mintalah peserta didik mengamati model, menirukan, dan beri
umpan balik). Diskusikan hasilnya (terus tekankan observasi –
inferensi – komunikasi). Doronglah peserta didik untuk tidak takut
salah.
Elaborasikan hasilnya lebih lanjut ke besaran turunan volume,
menentukan konsentrasi larutan, dan laju pertumbuhan.
Contoh hasil pekerjaan peserta didik:
Metode/cara mengukur luas daun: menempelkan daun pada
kertas milimeter, memplot garis tepian daun di kertas milimeter,
kemudian menghitung luasnya (dalam satuan mm2 atau cm2). Hasil pengukuran luas daun mangga = 43 cm2
60 menit
Penutup
Lakukan refleksi serta penugasan Reviu dan persiapan tugas
proyek. Silakan dipilih:
• Lihat Box: Proyek pemecahan masalah, cara ekonomis
membeli minuman.
• Tugas Proyek (bagian akhir Evaluasi Bab I Buku pegangan bagi
peserta didik)
30 menit

G.    PENILAIAN
1.      Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja
Tes Penilaian Kinerja
Tes Tertulis
Tes uraian dan pilda

2.      Contoh Instrumen
a.       Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik

No
Nama
Sikap *)
Jumlah Skor
Nilai
Keterangan
Rasa Ingin Tahu
Ketelitian dan Kehati-hatian
Ketekunan dan Tanggung Jawab
Berkomunikasi
Kejujuran
1.









2.









3.





























Keterangan :
*) Skala penilaian sikap dibuat rentang antara 1 sampai dengan 3.








Rubrik
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
A.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3 :

2 :


1 :
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
B.
Ketelitian dan kehati-hatian
3 :

2 :

1 :
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
C.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3 :

2 :

1 :
tekun dalam menyelesaiakan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
D.
Keterampilan berkomunikasi
3 :

2 :

1 :
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
E.
Kejujuran
3 :
2 :
1 :
Menyajikan hasil percobaan sesuai data pengamatan
Menyajikan hasil percobaan tidak sesuai data pengamatan
Menyajikan hasil percobaan bertolak belakang dengan data pengamatan
Penghitungan nilai :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100%
Jumlah Skor Maksimal

Keterangan :
Nilai

A  =
91 – 100
B  =
81 – 90
C  =
71 – 80
D =
61 – 70
E  =
Kurang dari 61


b.      Penilaian Produk Hasil Percobaan
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keterangan
Hasil Rumusan Pertanyaan
Hasil Pengamatan
Hasil analisis dan kesimpulan
1.







2.







3.


























Rubrik
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Hasil Rumusan Pertanyaan/Masalah
Tidak berupa masalah
Ada, dalam bentuk pernyataan namun belum mengarah ke penyelidikan, atau pertanyaan tidak lengkap
Ada, dalam bentuk pertanyaan, mengarah ke penyelidikan
Hasil Pengamatan
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan yang cermat, lengkap dan aman
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman; masih mencampurkan data dengan inferensi
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman; bebas dari inferensi
Hasil Analisis dan Kesimpulan
Tidak melakukan analisis data (hanya menyajikan data, tanpa analisis lebih lanjut)
Ada analisis data, namun tidak melakukan upaya mengkaitkan antarvariabel
Ada analisis dan mengkaitkan antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi)

Penghitungan nilai :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100%
Jumlah Skor Maksimal

c.       Penilaian Tes tertulis
Tes Uraian
      (Terlampir)
Kunci jawaban
No
Jawaban yang diharapkan
Skor maksimal
1.
2.
dst
Terlampir

Nilai =
Jumlah Skor
x 100%

Jumlah Skor Maksimal







No comments:
Write komentar