Sunday, 10 August 2014

RPP kurikulum 2013 IPA Kelas VII. ,Unsur, Senyawa dan Campuran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Klasifikasi Benda
Sub Topik                              :     Unsur, Senyawa dan Campuran
 Alokasi Waktu                      :     2  JP
Pembelajaran Ke -                :    4


Kompetensi Inti                     :    
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalamjangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkanrasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkait fenomena dan kejadian tampakmata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar

     1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
     2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
     2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
     3.2  Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
     4.2  Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup

C. INDIKATOR
1.      Memperoleh data pengmatan terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran.
2.      Menjelaskan pengertian unsur.
3.      Menjelaskan pengertian senyawa.
4.      Menjelaskan pengetian campuran.
5.      Menyimpulkan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
6.      membedakan perbedaan campuran homogen dan campuran heterogen
7.      Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan terampil berkomunikasi melalui diskusi, kerja kelompok,
8.      Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab, saling menghargai pendapat dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
9.      Menjaga kehidupan dalam ekosistem dari bahan kimia berbahaya dengan melakukan identifikasi unsur, senyawa dan campuran yang berbahaya sebelum membuang ke lingkungan.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Siswa dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk unsur, senyawa, dan campuran.
2.      Siswa dapat menjelaskan pengertian unsur.
3.      Siswa dapat menjelaskan pengertian senyawa.
4.      Siswa dapat menjelaskan pengetian campuran.
5.      Siswa dapat menyimpulkan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
6.      Siswa dapat membedakan perbedaan campuran homogen dan campuran heterogen
7.      Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling menghargai pendapat melalui kegiatan praktikum diskusi kelompok
8.      Siswa dapat menerapkan konsep unsur, senyawa, campuran untuk menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari setelah mengikuti pembelajaran



D. MATERI


1.      Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diubah lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan cara kimia biasa. Bagian terkecil dari unsur adalah atom.
2.      Unsur di alam dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu unsur logam dan non logam. Contoh unsur logam adalah besi, emas, seng dan contoh unsur non logam adalah karbon, nitogen, dan oksigen
3.      Nama unsur menggunakan bahasa Latin berdasarkan penemu pertamanya atau tempat ditemukannya unsur tersebut. Tidak dibedakan penamaan antara unsur alamiah yang terdapat di alam maupun unsur buatan. Simbol unsur dibuat untuk memudahkan dalam penulisan nama unsur, yaitu dengan cara menyingkatnya. Simbol unsur yang digunakan saat ini secara Internasional adalah menurut Jons Jacob Berzelius.
4.      senyawa merupakan zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua jenis atau lebih zat yang lebih sederhana dengan cara kimia. Misalnya, air yang memiliki rumus H2O dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen (H2) dan oksigen (O2).
5.      Campuran adalah suatu materi yang terdiri atas dua zat lebih dan masih mempunyai sifat zat asalnya.
6.      Koloidmerupakan suatu bentuk campuran (sistem dispersi) dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar (1 - 100 nm), sehingga terkena efek Tyndall (gejala penghamburan berkas sinar (cahaya) oleh partikel-partikel koloid). Contoh aerosol, emulsi, buih, gel.
7.      Suspensi adalah suatu campuran fluida yang mengandung partikel padat. Atau dengan kata lain campuran heterogen dari zat cair dan zat padat yang dilarutkan dalam zat cair tersebut. Partikel padat dalam sistem suspensi umumnya lebih besar dari 1 mikrometer sehingga cukup besar untuk memungkinkan terjadinya sedimentasi.

E.  PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning
                         
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.  Media
Presentasi, Komputer, LCD
2. Alat dan Bahan
Gelas, sendok, gula pasir, tanah/pasir.
3. Sumber Belajar
a) Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013
b) LKS mengelompokkan matari ke dalam unsur, senyawa dan campuran

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama ( 2 JP)
Kegiatan
Langkah-langkah model Discovery
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan


Menciptakan Situasi (Stimulasi)


Pemusatan perhatian :
-  Guru memperlihatkan berbagai benda misalnya emas di atas monas dan emas yang dipakai, karbon isi ulang pensil, air, garam dapur, udara yang kita hirup.  kemudian guru mengajukan pertanyaan seperti :
1)  Bagaimana bentuk emas pada saat ditemukan di alam?
2) Tersusun dari apa semua benda seperti Pensil, buku, meja, kursi, pintu, jendela, pakaian atau udara yang kita hirup?
-  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari konsep unsur, senyawa dan campuran

10 ‘
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah





Observasi

Pengumpulan data

Pengolahan data, analisis

Verifikasi

Generalisasi
-  Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi mengelompokkan materi yang ada di sekitar kita ke dalam, Apa perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran?
-  Membagi siswa menjadi 6 kelompok
-  Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS1 pengelompokan materi yang ada di sekitar kita ke dalam unsur, senyawa dan campuran 
-  mengamati benda/materi yang ada di sekitar kita
-  Siswa mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS1
-  Mengolah dan menganalisis data dari setiap benda yang diamati untuk dikelompokkan ke dalam unsur, senyawa atau campuran
-  Presentasi hasil diskusi
-  Diskusi tentang unsur, senyawa, campuran
-  Membuat kesimpulan tentang konsep unsur, senyawa dan campuran
60’
Penutup

-  Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-  Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-  Siswa menjawab kuis tentang konsep unsur, senyawa dan campuran
-  Pemberian tugas untuk mempelajari pemanfaatan unsur, senyawai-hari dan campuran dalam kehidupan sehari
10’







Pertemuan Kedua ( 1JP)
Kegiatan
Langkah-langkah model Discovery
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan


Menciptakan Situasi (Stimulasi)


Pemusatan perhatian :
-  Guru guru melarutkan gula pasir untuk menujukkan contoh campuran, kemudian guru memperlihatkan berbagai campuran yang lain misalnya, susu cokelat, air sungai, udara, kemudian guru mengajukan pertanyaan seperti :
1)  Diantara campuran ini mana dari campuran tersebut yang merupakan campuran homogen dan heterogen?
2) Bagaimana membedakan campuran homogen dan heterogen?
-  Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari konsep campuran homogen dan heterogen

5 ‘
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Identifikasi Masalah






Observasi

Pengumpulan data
Pengolahan data, analisis

Verifikasi


Generalisasi
-  Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu melakukan praktikum untuk menunjukkan perbedaan campuran homogen dan heterogen. Bagaimana perbedaan campuran homogen dan heterogen?
-  Membagi siswa menjadi 6 kelompok
-  Diskusi kelompok untuk mengkaji LKS2
-   Siswa mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan
-  Melakukan percobaan membedakan campuran homogen dan campuran heterogen
-  Siswa mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS2
-  Mengolah dan menganalisis data yang diamati untuk menunjukkan perbedaancampuran homogen dan campuran heterogen
-  Presentasi hasil diskusi
-  Diskusi tentang campuran homogen dan heterogen
-  Membuat kesimpulan tentang perbedaan campuran homogen dan heterogen
30’
Penutup

-  Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-  Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik
-  Siswa menjawab kuis tentang campuran homogen dan heterogen
-  Pemberian tugas untuk mempelajari pemanfaatan campuran homogen dan heterogen
5’





H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan sikap
Tes Unjuk Kerja
Tes Penilaian Kinerja
Tes Tertulis
Tes Uraian
2. Contoh Instrumen
a. Lembar Pengamatan Sikap

Rubrik Penilaian Perilaku
No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan hati-hati
3. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan

3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

4
Berkomunikasi
3. aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1. aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
5
Menghargai pendapat orang lain
3. Mampu menghargai pendapat orang lain dan tidak pernah memotong pembicaraan dalam diskusi
2. Cukup menghargai pendapat orang lain tetapi tidak pernah memotong pembicaraan dalam diskusi
1. tidak dapat menghargai pendapat dan selalu berbicara dan selalu memotong pembicaraan dalam diskusi
                        b. Lembar Pengamatan Keterampilan Percobaan
                         
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
Pengetahuan tentang prosedur kerja
Ketepatan cara mendapatkan data
Hasil pengamatan
Ketepatan menyusun laporan


Skor yang dicapai


Skor maksimum


Penentuan Kriteria:
Skor 3, dapat ditetapkan kompeten
Skor 2, dapat ditetapkan cukup kompeten
Skor 1, dapat ditetapkan tidak kompeten

                        c. Soal Pengetahuan
1.      Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda check list!
Zat
Unsur
senyawa
Campuran
Gula
Air
Emas
Seng
Larutan gula
                         
                         
                         

2.      Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda check list!
                        Campuran
Campuran Homogen
Campuran Heterogen
Larutan gula
Larutan kanji
Larutan garam
Sirop
Obat batuk
Kabut
                         
                         


Mengetahui,

Subang. Agustus 2014
Kepala SMP Muhammadiyah

Guru  IPA






Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.







Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
NIP : 197106161998021003






























LKS 1

Identifikasi Unsur, Senyawa dan Campuran

Tujuan : Mengidentifikasi benda ke dalam Unsur, Senyawa dan Campuran

Alat dan Bahan : Lingkungan Sekitar

Prosedur
1.      Amati benda-benda yang ada di dalam dan di luar kelas
2.      Catat beberapa benda yang kamu amati tadi ke dalam tabel pengamatan
3.      Identifikasi benda-benda tersebut apakah tergolong ke dalam Unsur, Senyawa dan Campuran dengan memberi tanda check (v)

Data Pengamatan
No
Jenis Benda
Simbol
Unsur
Senyawa
Campuran
1.
Besi
Fe
v


2.
…….




3.
…….




4.
…….




5.
…….




6.
…….




7.
…….




8.
…….























Analisis Data
1.       Berdasarkan data tersebut mengapa kamu menggolongkan benda-benda tersebut ke dalam UNSUR?
………………………………………………………………………………………
2.      Berdasarkan data tersebut mengapa kamu menggolongkan benda-benda tersebut ke dalam SENYAWA?
………………………………………………………………………………………
3.      Berdasarkan data tersebut mengapa kamu menggolongkan benda-benda tersebut ke dalam CAMPURAN?
………………………………………………………………………………………

Kesimpulan
Berdasarkan hasil percobaan dapat kita simpulkan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran sebagai berikut
Sifat
Unsur
Senyawa
Campuran
Zat tunggal/tidak
……………………….
……………………….
……………………….
Dapat diuraikan/tidak
……………………….
……………………….
……………………….
Jenis atom (sejenis/tidak sejenis)
……………………….
……………………….
……………………….
Perbandingan massa zat penyusunnya

-
……………………….
……………………….

LKS 2

Campuran Homogen dan Campuran heterogen

Tujuan : Mengidentifikasi Campuran Homogen dan Heterogen

Alat dan Bahan : Gelas, sendok, Gula, minyak goreng

Prosedur
1.      Masukkan satu sendok gula ke dalam segelas air. Aduk hingga merata dan larut.Beri label Gelas X!
2.      Masukkan satu sendok minyak goreng ke dalam segelas air. Aduk secara optimal. Beri labelGelas Y!
3.      Lakukan pengamatan pada Gelas X! Apakah kalian dapat membedakan air dangula dalam larutan gula tersebut? Jelaskan hasil pengamatan kalian!
4.      Amati gelas Y. Apakah kalian dapat membedakan air dan pasir pada campuran airdan pasir tersebut? Jelaskan hasil pengamatan kalian!
5.      Lakukan diskusi dengan teman-teman kelompokmu. Buatlah kesimpulan dariaktivitas diskusi!

Data Pengamatan
Gelas X
Gelas Y










Analisis Data
1.      Apakah perbedaan antara isi gelas X dan gelas Y?
2.      Apakah gelas X dan Y berisi campuran yang sama?
3.      X adalah campuran …..
4.      Y adalah campuran ….

Kesimpulan
No
Nama Bahan larutan
Hasil yang Tampak
(dapat dibedakan bahan penyusunnya/tidak dapat)
Jenis Campuran
1
Gula + air


2
Minyak goreng + air






1 comment:
Write komentar
  1. selamat malam pak, bagaimana saya bisa melihat postingan bapak? terimakasih pak

    ReplyDelete