Sunday, 10 August 2014

RPP Kurikulum 2013 IPA Kelas VII. Larutan asam, basa, indikator



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                :     SMP Muhammadiyah
Mata Pelajaran                      :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                    :     VII / 1
Topic                                      :     Klasifikasi Benda
Sub Topik                              :     Larutan asam, basa, indikator
 Alokasi Waktu                      :     3 JP
Pembelajaran Ke -                :    5

Kompetensi Inti:                   
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar                 :     1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                                                      2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ; hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
                                                      2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.   
                                                      2.4. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
                                                      4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
                                                      4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.

A. INDIKATOR
1.        Dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil percobaanya
2.        Dapat menjelaskan benda-benda di sekitar yang berupa asam ,basa, dan garam
3.        Dapat mengklasifikasikan benda-benda mana yang termasuk asam,basa dan garam.
4.        Dapat menyimpulkan perbedaan asam, basa, dan garam.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan     mengomunikasikan hasil percobaanya
2.      Peserta didik dapat menjelaskan benda-benda di sekitar yang berupa asam ,basa, dan garam
3.      Peserta didik dapat mengklasifikasikan benda-benda mana yang termasuk asam,basa dan garam.
4.      Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan asam, basa, dan garam

C. MATERI
1.    Larutan Asam,Basa, dan Garam
      (Buku Siswa hal. 40- 42)
2.    Indikator
     (Buku Siswa hal. 42-43 )

D.PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN
1.  Pendekatan       : Scientific
2.  Metode             : Diskusi - Eksperimen
3.  Model               : Discovery Learning

E.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Media
a.   Cuka, larutan detergen, minuman marimas jeruk, larutan gula, larutan shampo
b.   Air
2.Alat
a. Indikator Universal ( pH 1-14 )
3.Sumber belajar
a.   Buku Guru,
b.   Buku Siswa
c.   LKS



F.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama : 3 JP
Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Menciptakan Situasi (stimulation)
Pemusatan perhatian :
Guru member salam dan menyapa peserta didik, menunjukan indicator universal dan bahan-bahan yang ada disekitar kita yang akan digunakan dalam eksperimen, agar siswa tergugah rasa ingin tahunya.
15 menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas dan Indentifikasi Masalah





Observasi








Pengumpulan data



Pengolahan data dan analisis


Verifikasi



Generalisasi
a.Menyampaikan informasi kegiatan yang akan dilakukan dalam eksperimen Asam, Basa dan Garam sesuai petunjuk yang ada dalam LKS.
b.Membagi peserta didik dalam 10 kelompok.
c.Diskusi kelompok melakukan eksperimen.

a).Melakukan pengamatan eksperimen dengan melihat perubahan-perubahan warna pada kertas indikotor universal yang ditetesi larutan bahan –bahan yang dieksperimenkan
b).mencocokan perubahan warna pada eksperimen tersebut dengan skala angka yang terdapat pada indicator universal

*> Siswa mencatat hasil eksperimen kedalam table yang ada dalam LKS.



*> Siawa mengolah dan menganalisis data hasil eksperimen



*>Siswa mempresentasikan hasil eksperimen dan pengamatan.

*>Membuat kesimpulan hasil diskusi yang dipresentasikan tiap kelompok.

80 menit
Penutup

·        Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
·        Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan).
·        Pemberian tugas untuk membuat pelaporan hasil eksperimen secara individu dan dikumpulkan 1 minggu setelah pelaksanaan eksperimen.
20 menit



G.PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Unjuk Kerja
Tes Penilaian Kinerja
Tes Tertulis
Tes uraian

2.  Instrumen
No
Nama
Sikap *)
Jml Skor
Nilai
Keterangan
Rasa Ingin Tahu
Ketelitian dan Kehati-hatian
Ketekunan dan Tanggung Jawab
Berkomunikasi
Kejujuran
1.









2.









3.




























a. Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
Keterangan :
*) Skala penilaian sikap dibuat rentang antara 1 sampai dengan 3.









No
Aspek yang dinilai
Rubrik
A.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3 :

2 :


1 :
menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok
menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
B.
Ketelitian dan kehati-hatian
3 :

2 :

1 :
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, tidak hati-hati dalam melakukan percobaan
C.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3 :

2 :

1 :
tekun dalam menyelesaiakan tugas dengan hasil terbaik yang bias dilakukan, berupaya tepat waktu
berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
D.
Keterampilan berkomunikasi
3 :

2 :

1 :
aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
E.
Kejujuran
3 :
2 :
1 :
Menyajikan hasil percobaan sesuai data pengamatan
Menyajikan hasil percobaan tidak sesuai data pengamatan
Menyajikan hasil percobaan bertolak belakang dengan data pengamatan
Rubrik
Penghitungan nilai :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100%
Jumlah Skor Maksimal

Keterangan :
Nilai

A  =
91 – 100
B  =
81 – 90
C  =
71 – 80
D =
61 – 70
E  =
Kurang dari 61

3. Penilaian  Hasil Eksperimen / unjuk kerja
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jml Skor
Nilai
Keterangan
Hasil Rumusan Pertanyaan
Hasil Pengamatan
Hasil analisis dan kesimpulan
1.







2.







3.























Rubrik
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
A.Hasil Rumusan Pertanyaan/Masalah
Tidak berupa masalah
Ada, dalam bentuk pernyataan namun belum mengarah ke penyelidikan, atau pertanyaan tidak lengkap
Ada, dalam bentuk pertanyaan, mengarah ke penyelidikan
B. Hasil Pengamatan
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan yang cermat, lengkap dan aman
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman; masih mencampurkan data dengan inferensi
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat, lengkap, aman; bebas dari inferensi
C. Hasil Analisis dan Kesimpulan
Tidak melakukan analisis data (hanya menyajikan data, tanpa analisis lebih lanjut)
Ada analisis data, namun tidak melakukan upaya mengkaitkan antarvariabel
Ada analisis dan mengkaitkan antarvariabel yang diselidiki (atau bentuk lain, misalnya mengklasifikasi)
Penghitungan nilai :
Nilai =
Jumlah Skor
x 100%
Jumlah Skor Maksimal

4. Penilaian Tes tertulis
1). Tes Uraian
      (terlampir)

 

Mengetahui,

Subang. Agustus 2014
Kepala SMP Muhammadiyah

Guru  IPA



Lili Hambali. S.Pd.,M.Pd.




Muhamad Fauzi Hamzah, S.Pd
NIP : 197106161998021003



































Lampiran 1.

A. Soal Uraian

1. Apa yang dimaksud dengan asam?
2. Apa yang dimaksud dengan basa?
3. Tuliskan 3 contoh bahan-bahan yang termasuk asam yang ada disekitar kita!
4.Tuliskan 3 contoh bahan-bahan yang termasuk basa yang ada disekitar kita!
5. Apakah garam itu? Jelaskan


B. Kunci Jawaban

1. Asam adalah suatu zat yang melepaskan ion Hidrogen ( H+) ketika dilarutkan dalam air.
2. Basa adalah suatu zat yang melepaskan ion hidroksida (OH-) ketika dilarutkan dalam air.
3. Bahan yang termasuk asam al: cuka, jeruk, apel, anggur
4. Bahan yang termasuk basa al: sabun, kapur, shampo.
5. Garam adalah zat yang terbentuk dari hasil reaksi antara asam dan basa yang saling menetralkan satu sama lain sehingga hasilnya tidak mempunyai sifat asam maupun basa, sering disebut sebagai zat NETRAL.


Lampiran 2. LKS

Mata Pelajaran                        :     Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                      :     VII / 1
Topic                                       :     Klasifikasi Benda
Sub Topik                                :     1. . Larutan asam, basa, indikator
                                                     
Alokasi Waktu                        :     3x 40 (3 jp )

Kompetensi Inti                      :     1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
                                                      2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
                                                      3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
                                                      4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudutpandang/teori.
Kompetensi Dasar                   :     1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                                                      2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu ; objektif ; jujur ; teliti ; cermat ; tekun ; hati-hati ; bertanggung jawab ; terbuka ; kritis ; kreatif ; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
                                                      2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.   
                                                      2.4. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
                                                      4.2. Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
                                                      4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.


A. INDIKATOR
                1 .      Dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil   percobaanya
                2 .      Dapat menjelaskan benda-benda di sekitar yang berupa asam ,basa, dan garam
                3 .      Dapat mengklasifikasikan benda-benda mana yang termasuk asam,basa dan garam.
                4 .      Dapat menyimpulkan perbedaan asam, basa, dan garam.

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, mengidentifikasi, dan     mengomunikasikan hasil percobaanya
2.   Peserta didik dapat menjelaskan benda-benda di sekitar yang berupa asam ,basa, dan garam
3.     Peserta didik dapat mengklasifikasikan benda-benda mana yang termasuk asam,basa dan garam.
4.   Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan asam, basa, dan garam

C. MATERI

Apa yang kamu rasakan ketika kamu mencicipi jeruk nipis? Masam bukan? Tentunya kamu bertanya-tanya dari mana rasa asam itu?, rasa asam dari jeruk berasal dari zat kimia berupa asam sitrat dan termasuk asam. Pembahasan eksperimen kali ini mengenai asam, basa dan garam.

a. Asam
    Asam adalah suatu zat yang melepaskan ion H+ jika dilarutkan dalam air                       .   Berikut ini sifat – sifat asam sebagai berikut:
            1. rasanya masam
            2. jika dilarutkan akan melepaskan ion hydrogen ( H+)
            3. menghantarkan arus listrik
            4. mengubah lakmus biru menjadi merah
            5. pada indicator pH, skalanya 1-6
            6. bersifat korosif terhadap logam

b. Basa
    Basa adalah suatu zat yang melepaskan ion hidroksida (OH-) jika dilarutkan dalam air. Berikut ini sifat-sifat Basa  sebagai berikut :
            1. Berasa pahit
            2. Terasa licin jika terkena kulit
            3. Jika dilarutkan akan melepaskan ion hidroksil ( OH-)
            4. Mengubah lakmus merah menjadi biru
            5. Pada indicator pH,skalanya 8-14
            6. Dapat menetralkan asam
            7. Dapat menghantarkan arus listrik

c. Garam
      Garam adalah zat yang terbentuk dari hasil reaksi antara asam dan basa yang saling menetralkan satu sama lain sehingga hasilnya tidak mempunyai sifat asam maupun basa, sering disebut sebagai zat NETRAL.

D. ALAT DAN BAHAN
1.Media / Bahan
a.   Jeruk, larutan detergen, minuman marimas jeruk, larutan gula, larutan shampo
b.   Air
2.Alat
a. Indikator Universal ( pH 1-14 )
            b.gelas aqua

E. LANGKAH-LANGKAH KERJA
·          Berilah label nama bahan yang diujikan pada gelas aqua yang disediakan.
·         Bahan yang mau diujikan dibuat larutan dengan air.
·          Masukan masing – masing larutan bahan yang diuji sesuai label nama bahan kedalam gelas aqua
·         Masukan/celupkan kertas indicator pH kedalam tiap gelas aqua yang ada larutan bahan yang diuji
·         ambil kertas indicator pH yang sudah dicelupkan dan letakkan pada tissue / kertas .
·         amati perubahan warna pada kertas indicator pH tersebut
·         cocokan warna yang muncul dengan skala pH pada indicator pH
·         catatlah hasil pengamatan anda kedalam table.


F. TABEL PENGAMATAN

NO
BAHAN
PERUBAHAN WARNA KERTAS INDIKATOR
SKALA PADA INDIKATOR
KUALIFIKASI
ASAM
BASA
GARAM
1






2






3






4







Cara pengisian table :
·         pada kolom perubahan warna, ditulis warna yang muncul sesuai    perubahanya
·          pada kolom skala indicator, ditulis angka sesuai warna
·         Pada kolom kualifikasi, diberi tanda “ V “ sesuai kualifikasinya

G. KESIMPULAN
1……………………….
2……………………….
3………………………..

H. EVALUASI
           
1. Apa yang dimaksud dengan asam?
2. Apa yang dimaksud dengan basa?
3. Tuliskan 3 contoh bahan-bahan yang termasuk asam yang ada disekitar kita!
4.Tuliskan 3 contoh bahan-bahan yang termasuk basa yang ada disekitar kita!
5. Apakah garam itu? Jelaskan







2 comments:
Write komentar