LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Tujuan :
1.
Mengklasifikasikan
tumbuhan Spermathopytha ke dalam subdivisi Angiospermae dan Gymnospermae
2.
Membuat fenogram
berdasarkan data hasil pengamatan fenetik/filogenetik divisi angiosperame,
gymnospermae
Alat dan Bahan
1.
Batang, daun, strobilus dari pohon
pinus
2.
Batang, daun, strobilus, biji dari pohon melinjo
3.
Batang, daun, bunga, buah, biji dari pohon mangga
4.
Batang, daun, buah, biji dari tanaman kecipir (jaat)
Cara kerja :
1.
Tentukanlah Unit-unit
Taksonomi Operasional (OTU) yang akan dikaji (berupa marga, jenis, varietas,
individu)
2.
Pilihlah karakter yang
dimiliki/tidak oleh setiap spesies, dan memilih karakter dominan
3.
Berilah simbol (+) untuk karakter tanaman yang dimiliki, simbol (-) untuk karakter tanaman yang tidak dimiliki
4.
Buatlah matriks kesamaan
dengan menghitung (+/-) yang sama lalu konversikan dalam bentuk (%)
5.
Lakukanlah Clustering,
diurutkan dari tanaman yang memiliki angka kesamaan tertinggi hingga terkecil
6.
Buatlah Fenogram
Contoh pembuatan Fenogram :
1.
OTU yang akan dikaji : Spesies
2.
Pilihlah karakter yang
dimiliki/tidak oleh setiap spesies, dan memilih karakter dominan
No.
|
Karakter
|
Kangkung
|
Jambu
|
Eceng gondok
|
Rambutan
|
1.
|
Batang
(berkayu)
|
tidak
|
berkayu
|
Tidak
|
berkayu
|
2.
|
Habitat
( di tempat kering)
|
tidak
|
Di
tempat kering
|
Tidak
|
Di tempat kering
|
3.
|
Bunga (berbunga)
|
berbunga
|
berbunga
|
Berbunga
|
berbunga
|
3.
|
Berilah simbol (+) untuk karakter tanaman yang dimiliki, simbol (-) untuk
karakter tanaman yang tidak dimiliki
No.
|
Karakter
|
Kangkung
(A)
|
Jambu
(B)
|
Pinus
(C)
|
Eceng
gondok (D)
|
1.
|
Batang berkayu
|
-
|
+
|
+
|
-
|
2.
|
Habitat di tempat kering
|
-
|
+
|
+
|
-
|
3.
|
berbunga
|
+
|
+
|
-
|
+
|
5.
|
Clustering, diurutkan
dari tanaman yang memiliki angka kesamaan
tertinggi hingga terkecil
|
A
|
D
|
B
|
C
|
||
A
|
|
|
|
|
||
D
|
75
|
|
|
|
||
B
|
25
|
25
|
|
|
||
C
|
0
|
0
|
50
|
|
Latihan:
MEMBUAT FENOGRAM
Lakukan
pengamatan terhadap bagian-bagian tumbuhan yang telah ditentukan
Sajikan
hasil pengamatan dalam tabel dibawah ini.
1.
OTU yang dikaji
adalah..................................................................................................................................................................................(1)
2.
pilihlah karakter yang
dimiliki/tidak oleh setiap spesies, dan pilihlah karakter dominan (10)
No
|
Karakteristik
(Karakter unggul)
|
Nama Tanaman
( )
|
Nama Tanaman
( )
|
Nama Tanaman
( )
|
Nama Tanaman
( )
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
3.
Berdasarkan tabel diatas, berilah simbol (+) untuk karakter tanaman yang dimiliki dan (-) untuk
karakter yang tidak dimiliki! (5)
No
|
Karakteristik Unggul
|
Tanaman A
|
Tanaman B
|
Tanaman C
|
Tanaman D
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
4.
Buatlah matriks kesamaan
dengan menghitung (+/-) yang sama dikonversikan ke dalam bentuk (%) (5)
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
|
|
|
|
B
|
|
|
|
|
C
|
|
|
|
|
D
|
|
|
|
|
5.
Lakukanlah Clustering
dengan mengurutkan tanaman yang memiliki angka persamaan tertinggi hingga terkecil (5)
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
|
|
|
|
B
|
|
|
|
|
C
|
|
|
|
|
D
|
|
|
|
|
6.
Berdasarkan data yang sudah diperoleh dari langkah 1,2,3,4,5 buatlah
fenogram (5)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Dari fenogram diatas spesies manakah yang berkerabat dekat? Termasuk ke dalam subdivisi manakah spesies tersebut?
......................................................................................................................................................................................................................
(2)
b.
Mengapa spesies diatas dimasukan kedalam kelompok-kelompok tersebut
......................................................................................................................................................................................................................
(2)
RUBRIK LKPD
No.
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
OTU yang dikaji : Spesies
|
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria
benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria
benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
|
Skor 5 jika mencakup 5 kriteria
benar
Skor 4 jika mencakup 4 kriteria
benar
Skor 3 jika mencakup 3 kriteria
benar
Skor 2 jika mencakup 2 kriteria
benar
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria
benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria
benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
|
Skor 5 jika mencakup 5 kriteria
benar
Skor 4 jika mencakup 4 kriteria
bena
Skor 3 jika mencakup 3 kriteria
benar
Skor 2 jika mencakup 2 kriteria
benar
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria
benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria
benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Matrik persamaan
|
Skor 5 jika mencakup 5 kriteria
benar
Skor 4 jika mencakup 4 kriteria
benar
Skor 3 jika mencakup 3 kriteria
benar
Skor 2 jika mencakup 2 kriteria
benar
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria
benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria
benar
|
.
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
CLUSTER
|
Skor 5 jika mencakup 5 kriteria
benar
Skor 4 jika mencakup 4 kriteria
benar
Skor 3 jika mencakup 3 kriteria
benar
Skor 2 jika mencakup 2 kriteria
benar
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria
benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria
benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
Ketentuan
Membuat fenogram
Data fenogram yang dibuat
harus tepat dan benar
Menunjukan kekerabatan dari
angka tertinggi kerendah
Penggunaan absis x dan y harus
benar, x untuk spesies sedangkan y untuk angka persamaan (kekerabatan)
|
Skor 4 jika mencakup 4 kriteria benar
Skor 3 jika mencakup 3 kriteria benar
Skor 2 jika mencakup 2 kriteria benar
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
a.1.Yang berkerabat
paling dekat adalah jeruk dan mangga kemudian jeruk dan mangga lebih
dekat dengan melinjo
2. jeruk dan mangga
kelas Angiospermae sedangkan pinus dan melinjo Gymnospermae
|
Skor 2 jika mencakup 2 kriteria benar
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria benar
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
b.Agiospermae :
karena jeruk dan mangga bijinya diselimuti daging buah
Gymnospermae :
Pinus dan melinjo bijinya tidak diselimuti daging buah
|
Skor 2 jika mencakup 2 kriteria benar
Skor 1 jika mencakup 1 kriteria benar
Skor 0 jika mencakup 0 kriteria benar
|
a.
Dari fenogram diatas spesies manakah yang berkerabat dekat? Termasuk
subdivisi manakah spesies tersebut!
......................................................................................................................................................................................................................
(2)
b.
Mengapa spesies diatas dimasukan kedalam kelompok-kelompok tersebut
......................................................................................................................................................................................................................
(2)
maaf, untuk gambar pada no 6 membuat fenogram berdasarkan data cluster, apakah bisa diperjelas. karena hanya terlihat angka-angka nya saja. dan bisakah dijelaskan bagaimana caranya. karna saya masih belum paham, namun ingin bisa paham. terimakasih
ReplyDelete