Wednesday, 7 February 2018

RPP BIOLOGI KELAS X VIRUS LENGKAP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
                        Nomor                           : 3
Kelas/Semester   : X/1
Materi Pembelajaran     : Virus
Alokasi Waktu   : 6 × 45 menit
Jumlah Pertemuan         : 2 kali

A.     Kompetensi Dasar
1.3  Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan dengan ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.

4.3  Menyajikan data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.

B.     Indikator
1.3.1        Menjelaskan ciri-ciri virus.
1.3.2        Membandingkan siklus litik dengan siklus lisogenik pada reproduksi virus.
1.3.3        Menjelaskan peranan virus dalam kehidupan.
1.3.4        Menjelaskan peranan virus dalam rekayasa genetika.

4.3.1        Merancang model replikasi virus.
4.3.2        Menggunakan rancangan model replikasi virus untuk presentasi atau belajar.
4.3.3        Membuat daftar usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus penyebab penyakit AIDS, SARS, herpes, cacar, flu burung, rabies, demam berdarah, campak, hepatitis, poliomielitis, chikungunya, influenza.

C.   Tujuan Pembelajaran
Afektif
1.         Siswa dapat menunjukkan kekagumannya terhadap salah satu ciptaan Tuhan, yaitu virus yang ternyata sebagian dari jenisnya telah diketahui berperanan penting dalam kehidupan manusia.
2.         Siswa dapat menunjukkan kepekaan dan kepedulian sosial terhadap penanggulangan penyakit-penyakit tertentu yang disebabkan oleh virus. 

Kognitif
1.         Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan kajian pustaka/teori.
2.         Siswa dapat membandingkan siklus litik dengan siklus lisogenik pada reproduksi virus.
3.         Siswa dapat menjelaskan peranan virus dalam kehidupan berdasarkan pengalamannya dan kajian teori.
4.         Siswa dapat menjelaskan peranan virus dalam rekayasa genetika melalui diskusi kelas.

Psikomotorik
1.         Siswa dapat merancang model replikasi virus.
2.         Siswa dapat  menggunakan rancangan model replikasi virus untuk presentasi atau belajar.
3.         Siswa dapat membuat daftar usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus penyebab penyakit AIDS, SARS, herpes, cacar, flu burung, rabies, demam berdarah, campak, hepatitis, poliomielitis, chikungunya, influenza dan berani  mengemukakannya melalui diskusi kelas.

D.   Materi Pembelajaran
1.      Materi Fakta: Terdapat penyakit yang menyerang masyarakat, yang disebabkan oleh virus, seperti flu burung, cacar, polio, AIDS, dan chikungunya.

 
 


200 Ribu Penduduk Indonesia Menderita Positif HIV/AIDS

JAKARTA - Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Seperti kita ketahui bahwa sampai sekarang penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini belum ditemukan obatnya. Penderitanya pun semakin bertambah dari tahun ke tahun, itu pun yang terdata. Belum lagi yang tidak tercatat karena fenomena penderita penyakit ini seperti gunung es, hanya terlihat sedikit di permukaan, namun sebenarnya masih banyak yang tersembunyi di bawahnya.
Jumlah penderita penyakit HIV/AIDS di Indonesia mencapai 26.483 kasus per Juni 2011. Bahkan baru-baru ini, Kementerian Kesehatan mengeluarkan data yang mengejutkan soal penderita HIV/AIDS. Diperkirakan  sebanyak lebih dari 200 ribu penduduk Indonesia menderita penyakit HIV/AIDS. Daerah penderita terbanyak terdapat di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Papua, dan Bali.
Berdasarkan cara penularannya, seks bebas atau berganti pasangan masih menjadi nomor 1 dalam menyumbang angka penderita HIV/AIDS. Sementara itu jika dilihat dari kelompok umur, kasus AIDS terjadi pada kelompok umur 20-29 tahun yakni sebesar 46,4%, disusul kelompok umur 30-39 tahun 31,5 %, dan kelompok umur 40-49 tahun 9,8%.
Dari data tersebut terlihat bahwa penderita HIV/AIDS terbanyak berada pada usia produktif, yang seharusnya masih bisa melakukan hal-hal yang positif. Pemerintah atau Kementerian Kesehatan sudah banyak menghimbau melalui media cetak maupun elektronik agar menjaga diri untuk tidak tertular atau menulari penyakit mematikan ini. (war/ego/ce1). 
Sumber: http://www.sumeks.co.id

2.      Materi Konsep:
·         Sejarah penemuan virus oleh Adolf Mayer, Dimitri Ivanowsky, Martinus Beijerinck, dan Wendell Stanley.
·         Ciri-ciri Virus
-    Bentuk tubuh : batang, bulat, oval, filamen, polihedral,seperti huruf T.
-    Struktur tubuh: kapsid, selubung ekor, dan asam nukleat (DNA/RNA).
-    Cara hidup: parasit intraseluler obligat.
-    Reproduksi terdiri 5 tahap: adsorpsi, penetrasi, sintesis (eklifase), pematangan, dan lisis.
-    Siklus: litik dan lisogenik.
·         Tingkatan takson klasifikasi virus: famili, genus, spesies.
·         Peranan Virus
-    Menguntungkan: rekayasa genetika, vaksin, pengobatan secara biologis.
-    Merugikan: penyebab penyakit pada manusia (gondongan, herpes, cacar variola, cacar air varisela,  hepatitis, influenza dan parainfluenza, morbili, AIDS, poliomielitis, tumor, kanker, karsinoma, kutil, demam berdarah, chikungunya, ebola, flu burung, SARS); penyakit pada hewan (rabies,  mulut dan kuku, tetelo/NCD, tumor/kutil); penyakit pada tumbuhan (tungro, mosaik, TYLC).
·         Pencegahan dan pengobatan penyakit: vaksin, interferon, kemoterapi antivirus.
·         Organisme yang lebih sederhana daripada virus: Viroid dan Prion.

3.      Materi Prinsip
Peranan virus yang menguntungkan dan merugikan.

4.      Materi Prosedural
Membuat model untuk memahami reproduksi virus


E.     Metode Pembelajaran
·         Diskusi kelas dengan presentasi kelompok

F.      Kegiatan Pembelajaran

  1. Pertemuan ke-1
a.      Pendahuluan (15 menit)
·         Guru memberikan salam dan berdoa (sebagai implementasi nilai religius).
·         Mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Guru menggali pengetahuan siswa tentang seluk-beluk virus.
·         Memotivasi: Guru menunjukkan gambar lambang internasional pita merah (kepedulian terhadap penyakit HIV/AIDS). Tahukah kamu tentang lambang ini?
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti (100 menit)
·         Guru mengajak siswa untuk mengamati lambang internasional pita merah (kepedulian terhadap penyakit HIV/AIDS).
·         Siswa secara individu mengamati dan mencari tahu tentang maksud lambang internasional pita merah (kepedulian terhadap penyakit HIV/AIDS).
·         Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·         Siswa secara individual diminta untuk mengemukakan hasil analisisnya.
·         Eksplorasi: Salah satu kelompok presentasi memaparkan ciri-ciri virus, cara reproduksi atau replikasi virus (daur litik dan lisogenik), viroid dan prion.
·         Elaborasi: Pada saat diskusi kelas, kelompok/siswa yang lain bisa menanggapinya atau bertanya kepada penyaji presentasi.
·         Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang ciri-ciri virus, cara bereproduksi virus, viroid dan prion.
·         Siswa membuat model replikasi virus sesuai dengan kreatifitas kelompok, untuk lebih memahami daur litik dan lisogenik.
·         Guru memberikan saran-saran dalam pembuatan model replikasi virus (daur litik dan lisogenik).
·         Secara klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·         Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa.

c.       Penutup (20 menit)
·         Resume: Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang ciri-ciri virus, cara reproduksi virus.
·         Refleksi: Guru memberikan beberapa pertanyaan berkaitan dengan ciri-ciri virus, cara reproduksi atau replikasi virus (daur litik dan lisogenik), viroid dan prion.
·         Tindak lanjut: Penugasan menjawab pertanyaan pada fitur buku paket kuis bio dan diskusi.
·         Rencana pembelajaran selanjutnya: Peranan virus, pencegahan dan pengobatan penyakit oleh virus.

  1. Pertemuan ke-2
a.      Pendahuluan (15 menit)
·         Memberikan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
·         Guru mengabsen, mengondisikan kelas dan pembiasaan (sebagai implementasi nilai disiplin).
·         Apersepsi: Menggali pengetahuan siswa berkaitan dengan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.
·         Memotivasi: Menayangkan film video tentang cara penularan virus (misalnya, penularan virus penyebab flu). Apa maksud film video ini?
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti (100 menit)
·         Guru mengajak murid untuk menganalisis cara penularan virus (misalnya, penularan virus penyebab flu).
·         Siswa secara individu menganalisis cara penularan virus (misalnya, penularan virus penyebab flu).
·         Siswa dimotivasi/diberikan kesempatan menanya sebagai ungkapan rasa ingin tahu.
·         Siswa secara individual diminta untuk mengemukakan hasil analisisnya.
·         Eksplorasi: Salah satu kelompok presentasi tentang peranan virus baik yang menguntungkan maupun yang merugikan, pencegahan dan pengobatan penyakit.
·         Elaborasi: Diskusi kelas tentang permasalahan penyakit AIDS dan penularannya yang dikaitkan dengan pergaulan remaja yang salah (free sex dan narkoba).
·         Diskusi kelas tentang peranan virus dalam rekayasa genetika.
·         Pada saat diskusi kelas, memberikan kesempatan pada kelompok/siswa lainnya menanggapi.
·         Guru mengkonfirmasi bila terjadi perbedaan pendapat tentang peranan virus baik yang menguntungkan maupun yang merugikan, pencegahan dan pengobatan penyakit.
·         Secara klasikal siswa menyepakati hasil pengembangan materi dari kelompok untuk menjadi kesimpulan utuh (secara demokratis).
·         Guru memberikan tambahan informasi sebagai penguatan atas kesimpulan siswa.

c.       Penutup (20 menit)
·         Resume: Guru membimbing siswa menyimpulkan tentang peranan virus baik yang menguntungkan maupun yang merugikan, pencegahan dan pengobatan penyakit.
·         Refleksi: Memberikan pertanyaan berkaitan dengan peranan virus baik yang menguntungkan maupun yang merugikan, pencegahan dan pengobatan penyakit.
·         Tindak lanjut: Mengerjakan soal-soal latihan dari buku paket.
·         Rencana pembelajaran selanjutnya: Archaebacteria dan Eubacteria.


G.    Sumber Belajar/ Bahan ajar/Alat
1.      Sumber belajar:
·         Buku teks Biologi SMA/MA kelas X, Program peminatan kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA), Bab 3.

2.      Bahan Ajar:
·         Bahan presentasi, gambar-gambar/foto/film video, berita/informasi dari media massa.

3.      Alat:
·         Komputer/LCD, VCD/CD player.
·         Peralatan untuk membuat model reproduksi virus dan poster.

H.    Penilaian
  1. Kognitif
a.    Hasil jawaban latihan soal-soal (PR).
b.   Ulangan harian.
                 Contoh soal:           
Ø  Berikut ini yang merupakan ciri-ciri virus adalah ....
a.       tubuh uniseluler
b.      sel prokariotik
c.       sel eukariotik
d.      tubuh multiseluler
e.       tubuh aseluler
Ø  Berikut ini bukan merupakan alasan mengapa virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup adalah ….
a.       kapsidnya terdiri dari protein                                  
b.      dapat dikristalkan                                   
c.       tubuh terdiri atas DNA/RNA
d.      dapat menduplikasi diri
e.       dapat hidup hanya pada sel hidup
Ø  Virus yang berbentuk huruf T adalah….
a.       Adenovirus
b.      Rabdovirus
c.       Ebolavirus
d.      Bakteriofaga
e.       HIV
Ø  Fase-fase dari siklus litik pada reproduksi virus secara berurutan adalah....
a.       lisis – penetrasi – adsorpsi – sintesis – pematangan                 
b.      penetrasi – adsorpsi – lisis – sintesis – pematangan                 
c.       adsorpsi – lisis – penetrasi – sintesis – pematangan                 
d.      sintesis – pematangan – adsorpsi – penetrasi – lisis
e.       adsorpsi – penetrasi – sintesis – pematangan – lisis
Ø  Penyakit pada organisme yang disebabkan oleh virus, antara lain....
a.       tungro, mosaik, dan CVPD
b.      antraks dan chikungunya
c.       kolera, flu burung, dan SARS
d.      kutil, cacar, dan gondok
e.       rabies, AIDS, dan sifilis

2.      Psikomotorik
·         Produk berupa  model replikasi/reproduksi virus.
·         Poster kampanye  bebas penyakit AIDS, flu burung, sars, demam berdarah.

3.      Afektif
Pengamatan sikap dan perilaku saat belajar dan diskusi.











INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PRAKTIK

Indikator                    : Merancang model replikasi virus.
Aspek penilaian          : Psikomotorik
Judul kegiatan            : Membuat model reproduksi virus
Tanggal Penilaian       :
Kelas                           :
                                     
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kesesuaian gambar dengan materi
Inisiatif/kreativitas dalam bekerja
Kontribusi dalam teman kelompok
Hasil model reproduksi virus
1.







2.







3.







4.







5.







6.








Indikator:
Membuat daftar usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus penyebab penyakit AIDS, SARS, herpes, cacar, flu burung, rabies, demam berdarah, campak, hepatitis, poliomielitis, chikungunya, influenza dan berani  mengemukakannya melalui diskusi kelas.

Aspek penilaian          :  Psikomotorik
Judul kegiatan            :  Poster kampanye bebas penyakit AIDS, flu burung, SARS, dan demam berdarah.
Tanggal Penilaian       :
Kelas                           :
                                     
No.
Nama Siswa
Kelompok
Aspek yang dinilai dalam leaflet
Skor
Nilai
Kesesuaian isi dengan tema
Model/Bentuk/Perpaduan warna poster
Kalimat
Ketepatan waktu penyelesaian
1.








2.








3.








4.








5.








6.









Mengetahui,                                                                               ……………..., … Juli 2014                    
Kepala SMA/MA…………...                                                   Guru Mata Pelajaran Biologi,



......................................                                                             ............................................
NIP................................                                                             NIP.....................................


No comments:
Write komentar